outfit ke kantor wanita

Memilih outfit ke kantor untuk seorang wanita tentu sangat penting. Tak hanya untuk menjaga penampilan agar terlihat selalu prima, menggunakan outfit yang tepat juga bisa memberikan kenyamanan saat bekerja. Jadi tak heran kalau kamu wajib juga menentukan outfit ke kantor wanita.

Berbeda dengan zaman dahulu, dimana kantor selalu memberikan seragam khusus untuk setiap pegawainya. Penggunaan outfit yang lebih santai dan casual kini semakin mudah dijumpai. Nah, jika Sedulur tertarik untuk mencari outfit ke kantor wanita yang santai tapi tetap formal dan stylish. Mari simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Outfit Camping Wanita, Stylish dan Nyaman

Tips Pilih Outfit ke Kantor

outfit ke kantor wanita
The Mom Edit

Sebelum melihat inspirasi dan rekomendasi outfit ke kantor wanita. Ada beberapa tips yang bisa jadi bahan pertimbangan Sedulur untuk memilih pakaian kantormu nih. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Pilih warna netral

Warna netral cenderung banyak digemari oleh para independent women untuk menjadi outfit ngantor. Alasannya jelas, warna netral seperti hitam, putih, dan nude lebih mudah untuk dipadukan dengan berbagai jenis aksesori dan pakaian lain sekaligus tetap terlihat profesional.

  • Sesuaikan dengan dresscode kantor

Pastikan untuk memilih pakaian yang sesuai dengan dress code kantor. Dalam hal ini, gaya berpakaian ketika bekerja di perusahaan corporate tentu berbeda dengan start-up. Biasanya karyawan yang bekerja di corporate memiliki dress code formal dan sopan. Sedangkan untuk karyawan startup lebih santai dalam hal memilih OOTD kantor.

  • Mix and match aksesorismu

Selain menggunakan setelan lengkap, tentu tidak akan sempurna tanpa aksesori yang tepat. Jangan lupa untuk memilih aksesori dari segi warna dan kecocokan lainnya agar tidak terlihat norak. Pastikan untuk menggunakan tas, sepatu, dan aksesori yang sesuai dengan pakaian yang kamu kenakan ya!

BACA JUGA: 10 Outfit Celana Pendek Wanita, Simpel dan Anti Gerah!

Inspirasi OOTD ke Kantor untuk Wanita

Nah, agar makin maksimal, yuk langsung simak beberapa ide untuk outfit kerja ke kantor khusus wanita berikut ini!

1. Coba variasi dress polos

outfit ke kantor wanita
Marie Claire

Inspirasi outfit kantor wanita pertama yang bisa Sedulur gunakan adalah gaya simpel dan manis menggunakan dress.  Dalam beberapa film drama Korea, gaya ini memang cukup populer dan tren sehingga banyak diikuti oleh pegawai di Indonesia.

Salah satu yang cukup menarik dicontek adalah gaya  Son Ye Jin dengan dress hitam berpadu camel double-breasted coat. Gaya ini makin cantik dengan syal yang menambah kesan profesional dan modis. Nggak hanya wanita non-hijab saja, bagi kamu yang memakai hijab, tinggal padukan dengan celana panjang saja!

2. Perpaduan warna senada selalu oke

One tone dressing atau tonal menjadi style kantor wanita terbaik yang bisa ditiru dengan sangat mudah. Inspirasi yang satu ini menjadikan setiap perempuan tak perlu bingung mengkombinasikan warna pakaian agar terlihat menarik. Pasalnya, style ini hanya membutuhkan blazer dan celana berwarna senada.

Kamu bisa tambahkan warna lain sebagai aksen, misalnya untuk inner dan sepatu atau aksesori lainnya. Sangat mudah, bukan?

3. Tren rok plisket jangan ketinggalan

Popbela

Ingin tampil feminim? Kamu bisa memadukan kemeja simpel dengan rok plisket berwarna beige seperti inspirasi ini. Nggak hanya cantik, memakai rok plisket akan membuat kamu lebih mudah bergerak di kantor. Pilihan rok ini lebih nyaman dibandingkan saat kamu menggunakan rok pensil atau span.

4. Casual smart ala pegawai startup

Ingin memiliki penampilan casual smart ala pegawai startup? Maka Sedulur bisa mencoba kombinasi kaos yang nyaman, jacket atau outer berwarna, serta celana jeans yang nggak akan pernah fail. Untuk alas kaki, Sedulur bisa menggunakan sneakers atau ankle boots agar penampilan terlihat lebih statement dan formal ketika berada di kantor.

5. Outfit jumpsuit bisa jadi opsi menarik

outfit ke kantor wanita
Evereve with Hearth

Jumpsuit memang memiliki desain yang versatile dan mudah untuk dipadukan dengan berbagai outer seperti blazer dan jas wanita untuk mendapatkan business-friendly look. Tapi, kamu bisa menggunakan jumpsuit lengan panjang jika tidak ingin menggunakan layer berlapis pada pakaian.

Nah, karena desain jumpsuit memang sederhana, maka disarankan untuk menghindari tas dan sepatu yang memiliki desain klasik. Oleh karena itu nggak ada salahnya untuk memadukannya dengan tas tangan berukuran besar dari  dan sepatu dengan hiasan mencolok di depannya.

6. Gunakan white blouse dengan celana kain

Rekomendasi untuk outfit ke kantor wanita selanjutnya adalah kombinasi celana kain dengan blouse putih. Rasanya hampir semua work dress code bisa diakomodasi oleh pants jenis ini karena memang memiliki desain yang versatile dan trendy.

Dengan menggunakan celana kain berjenis wide-leg, Sedulur bisa terlihat profesional dan nyaman sekaligus.

7. Warna pastel biar terlihat adem

outfit ke kantor wanita
Vogue

Nggak perlu susah mix and match pakaian kantor, memakai outfit seperti Kim Ji Won dalam drama Fight For My Way ini juga bisa jadi andalan. Jika kamu menonton drakor tersebut pasti seringkali melihat Kim Ji Won memakai pakaian berwarna pastel seperti inspirasi ini.

Memilih warna pastel nggak salah, soalnya membuat penampilan kamu terkesan rapi dan elegan. Untuk sepatu, pilihlah warna yang lebih gelap supaya memberikan sedikit warna pada outfit kamu.

8. Jangan lupa pakai blazer

Menggunakan blazer yang dikombinasikan dengan dress, blouse, atau kemeja bisa jadi opsi terbaik untuk outfit kerjamu. Perpaduan manis ini bisa menciptakan gaya formal feminin yang pas banget untuk OOTD ngantor.

Sedulur juga bisa mencoba kombinasi dengan turtleneck sweater berwarna netral seperti hitam atau putih biar terlihat smooth dan santai.

9. Vest ala Korea menarik untuk dicoba

outfit ke kantor wanita
InStyle

Kemeja menjadi salah satu item andalan yang sering dipakai ke kantor. Tapi, agar jauh dari kesan membosankan, coba padukan dengan outer berupa vest ala Song Hye Kyo dalam drama Korea Now We are Breaking Up.

Penampilanmu terkesan manis dalam balutan kemeja putih polos. Kombinasi dengan vest warna navy bikin gaya pakaian ke kantor lebih stylish, dan pastinya tetap profesional.

10. Santai pakai chiffon blouse

Salah satu outfit yang menarik untuk dicoba adalah gaya Park Min Young dalam drama What’s Wrong with Secretary Kim. Sedulur bisa melihat bahwa pakaian kantor yang formal tapi elegan bisa didapatkan dengan perpaduan chiffon blouse dan rok.

Dengan sentuhan warna-warna pastel yang cerah, Sedulur bisa menonjolkan aura manis yang elegan saat berada di kantor. Terlebih kalau kamu suka memakai blouse dengan tampilan feminim, cocok banget!

11. Kombinasi perfect kulot, kaos, dan blazer

Brunette from Wall Street

Jika kamu mencari inspirasi outfit yang hijab friendly, kamu bisa menggunakan style yang satu ini, nih! Kamu bisa memadukan celana kulot lebar, dengan kaos lengan panjang atau pendek, kemudian dilapisi dengan blazer.

Oh ya, kamu bisa memilih blazer dengan bahan yang sesuai cuaca, ya. Misalnya, jika cuaca sedang berangin atau hujan, kamu bisa menggunakan kaos lengan panjang yang dilapisi blazer dengan bahan tebal. Sebaliknya, jika cuaca sedang terik, kamu juga bisa menggunakan kaos sleeveless dilapisi dengan blazer berbahan lebih tipis.

12. Midi dress bikin makin elegan

Midi dress adalah salah satu pakaian yang cocok untuk digunakan ke kantor. Namun, perlu diperhatikan juga bagaimana cara mengenakannya agar tetap terlihat profesional dan sopan. Salah satunya adalah dengan memilih midi dress dengan bahan yang nyaman dan tidak terlalu ketat di tubuh.

Bahan yang baik untuk midi dress adalah katun atau linen. Selain itu, pastikan midi dress yang dipilih tidak terlalu transparan atau terlalu berlebihan dalam detail atau aksen.

13. Blazer dan jeans nggak pernah salah

Houzz

Memadukan plaid blazer dengan jeans akan menghasilkan gaya classic chic dan edgy a la street style. Jangan salah, tampilan ini juga tetap akan cocok jika kamu gunakan ke kantor, kok!

Outfit ini juga cocok banget sebagai outfit day to night, yaitu tepatnya jika kamu memiliki agenda acara lain sepulang kantor seperti hangout bersama teman-teman. Pasti keren abis deh!

14. Kemeja dan sweater asik banget

Tampilan ini pas banget kamu gunakan saat cuaca sedang dingin! Layering kemeja dengan sweater tidak hanya membuat tubuh kamu tetap hangat, namun juga memberikan kesan smart casual sehingga masih cocok digunakan untuk ke kantor.

Gunakan kemeja putih jika kamu ingin layering dengan sweater berwarna, ya. Sebaliknya, hindari menggunakan sweater dan kemeja berwarna sama untuk menghindari perpaduan yang terlihat ‘mati’.

15. Kulot dan turtleneck pasti nyaman

Pinterest

Kombinasi antara turtleneck, kulot, dan blazer bisa menciptakan tampilan yang elegan dan modern. Salah satu cara untuk memadukan style ini adalah dengan memilih warna yang serasi antara ketiga item tersebut, misalnya hitam untuk turtleneck, kulot, dan blazer.

Kamu juga bisa memilih warna yang kontras untuk membuat tampilan yang lebih menonjol.

Demikian tadi inspirasi dan rekomendasi outfit ke kantor wanita yang bisa Sedulur coba. Jangan sampai, kamu salah kostum dan membuat aktivitas bekerja di kantor menjadi tidak nyaman. Oia, kamu juga perlu menyesuaikan gaya pakaian ini dengan kultur kantormu. Biar aman dan nggak jadi gosip karyawan dan atasan. Jadi selamat mencoba inspirasi di atas ya!