cara membuka usaha laundry sepatu

Dalam beberapa tahun terakhir,  cuci sepatu atau laundry sepatu menjadi semakin populer. Terlebih kini semakin banyak penggemar sepatu bermerek yang harganya jutaan rupiah. Kondisi ini membuat potensi bisnis laundry sepatu menjadi begitu besar. Apalagi, cara membuka usaha laundry sepatu cukup sederhana dan tidak butuh modal banyak. Tentu saja, Sedulur dapat memanfaatkan peluang bisnis ini untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan. Yuk, simak tips memulai bisnis cuci sepatu di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Pelajar Modal 10K Paling Menguntungkan di 2023

Tips memulai bisnis cuci sepatu

cara membukan usaha laundry sepatu
iStock

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menjalankan bisnis cuci sepatu, tentu Sedulur harus memahami beberapa tips agar dapat memulainya dengan lancar. Penting untuk mengetahui beberapa tutorial bisnis agar tidak salah langkah. Sedulur perlu memperhatikan beberapa cara membuka usaha laundry sepatu seperti berikut:

1. Buatlah rencana bisnis

Rencana bisnis
Pinterest

Sebelum memutuskan rencana bisnis, Sedulur dapat melakukan riset pesaing. Teliti kelemahan dan kekuatan pesaing Sedulur. Susun rencana berdasarkan kelemahan pesain, jadikan kelemahan pesaing sebagai kelebihan Sedulur.

Lalu jadikan kekuatan bisnis yang dimiliki sebagai kekuatan yang mampu bersaing dengan kompetitor. Jangan lupa juga untuk pastikan untuk menentukan nilai jual unik bisnis Sedulur sehingga Sedulur dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Misalnya, dengan pencucian sepatu 15 menit atau pencucian yang terbuat dari sepatu berkualitas tinggi dengan harga yang wajar, dll. Sedulur juga perlu menentukan berapa biaya layanan dan anggaran keuangan bisnis Sedulur.

2. Pelajari teknik perawatan sepatu

bisnis cuci sepatu
The Spruce

Jika Sedulur ingin memulai usaha cuci sepatu, langkah pertama yang perlu Sedulur persiapkan adalah mengetahui cara merawat sepatu yang benar. Ini adalah kondisi yang memungkinkan Sedulur untuk mengalahkan persaingan pasar. 

Jika Sedulur merasa kurang berpengalaman, pastikan untuk meneliti informasi sebanyak mungkin tentang kursus pembuatan sepatu. Sedulur juga bisa merekrut staf yang memiliki pengetahuan yang baik tentang perawatan sepatu jenis tertentu.

Pengetahuan yang cukup tentunya akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap pekerjaan dan pelayanan perusahaan cuci sepatu yang Sedulur jalankan. Sehingga jasa yang Sedulur tawarkan dapat memenuhi kebutuhan dan ekspekstasi pelanggan.

3. Tentukan target pasar

Laundry sepatu
The Spruce

Secara umum, kondisi pasar perawatan sepatu dapat dibagi menjadi sepatu formal, sepatu kasual, sepatu semi formal dan sepatu olahraga. Dari beberapa jenis sepatu tersebut, Sedulur dapat menurunkannya menjadi beberapa kategori pasar. 

Sedulur juga dapat menargetkan  kategori pelajar, perkantoran, dan masyarakat umum. Dengan target pasar yang jelas, Sedulur dapat menentukan jenis iklan yang tepat berdasarkan kriteria usia dan minat target pasar. 

Jika Sedulur membangun kepercayaan pelanggan pada suatu ceruk, Sedulur memiliki peluang yang lebih baik untuk terus mengembangkannya. Salah satu hal penting dalam mengembangkan bisnis yaitu dengan memulai dari menentukan target pasar.

4. Tentukan lokasi

Laundry sepatu
Herald Sun

Sebagian besar pengusaha yang baru memulai bisnis jasa cuci sepatu, pasti memulainya dari rumah agar pengeluarannya tetap rendah.  Sehingga sebagai pebisnis yang menawarkan jasa, Sedulur akan menawarkan menjemput sepatu ke rumah konsumen.

Lalu sepatu konsumen Sedulur cuci sendiri di rumah. Sedulur tidak perlu malu selama layanan yang diberikan merupakan pelayanan yang terbaik. Penting untuk menghemat pengeluaran, ketimbang memikirkan gengsi.

Namun, jika bisnis Sedulur telah berkembang dan ada cukup dana untuk mengembangkan bisnis, maka salah satu hal penting yang harus dilakukan yaitu menyewa tempat. Karena dengan memiliki tempat di lokasi yang strategis bisa memperluas potensi bisnis.

5. Atur ekspektasi pelanggan

Minn Post

Penting bagi Sedulur untuk dapat mengatur ekspektasi pelanggan. Karena dasar dan kunci kesuksesan bisnis jasa berasal dari ekspektasi pelanggan. Hal penting untuk dapat mengatur ekspektasi pelanggan adalah dengan komunikasi.

Komunikasi adalah hal yang penting dalam bisnis. Sedulur juga perlu mengkomunikasikan bahan dan kondisi sepatu yang akan diberikan ke pelanggan. Hal penting jika terjadi sesuatu Sedulur sudah bisa mengantisipasinya.

Selain itu, penting untuk melayani pelanggan dengan ramah dan tegas. Jangan lupa untuk menanggapi keluhan  pelanggan. Kedua hal tersebut menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan yang maksimal.

6. Promosikan bisnis

Pinterest

Media sosial adalah tempat yang bagus untuk memulai bisnis. Gunakanlah media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk memberi tahu pelanggan tentang bisnis dan layanan jasa cuci sepatu yang Sedulur jalankan.

Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai halaman atau profil bisnis saja, tetapi juga berfungsi sebagai saluran rujukan dan testimoni yang bagus untuk menampilkan layanan mencuci sepatu dan layanan menyemir sepatu Sedulur.

Sedulur dapat menarik perhatian dan mempertahankan loyalitas pelanggan dengan memberikan penawaran seperti diskon 50% untuk pelanggan baru dan penawaran menarik lainnya. Banyak promosi yang bisa Sedulur berikan, salah satunya dengan menawarkan hal-hal yang menarik yang tidak bisa ditolak oleh pelanggan.

7. Siapkan alat dan perlengkapan yang sesuai

Business Insider

Saat Sedulur mulai mengiklankan dan mengoleksi sepatu, bersiaplah untuk menerima sepatu yang terbuat dari segala jenis bahan dan kondisi. Sebagai bisnis yang menawarkan jasa dan layanan, tentu hal ini tidak bisa dihindari dan tidak bisa ditolak. 

Sedulur harus siap untuk semua jenis sepatu seperti kanvas, kulit, suede, dan lainnya. Kurangnya pengalaman dalam perawatan sepatu tentu saja dapat merusak bahannya.  Oleh karena itu, penting bagi Sedulur untuk menyiapkan bahan pembersih khusus.

Hal tersebut bertujuan sebagai alat pembersih sesuai dengan jenis sepatu, agar Sedulur dapat membersihkan berbagai jenis sepatu. Bahkan, beberapa sepatu memerlukan perawatan  manual agar tetap dalam kondisi prima.

Ada juga proses pencucian sepatu yang berlangsung sampai berminggu-minggu hingga mencapai satu bulan. Tujuannya agar sapatu dapat tetap terjaga kebersihan dan perawatannya. 

BACA JUGA: Tips Buka Usaha Warung Kopi Rumahan, Untungnya Besar!

Persiapan menjalankan bisnis cuci sepatu

cara membuka usaha laundry sepatu
iStock

Bisnis cuci sepatu bisa berhasil jika dimulai dengan persiapan yang matang. Tanpa  perencanaan dan persiapan, bisnis  tetap berjalan, namun penuh risiko.  Tingkat kegagalan  jauh lebih tinggi. Berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan saat Sedulur mencuci sepatu. 

1. Analisis prospek bisnis 

Tujuannya analisis prospek bisnis adalah agar usaha Sedulu dapat diterima oleh masyarakat. Jalankan survei dan analitik sederhana untuk melihat bagaimana prospek Sedulur merespons. Selain itu, amati orang-orang di sekitar Sedulur, pastikan  mereka adalah konsumen  jasa cuci sepatu yang tepat. 

Biasanya pelanggan layanan ini adalah pelajar, anak sekolah, dan karyawan. Jika tidak banyak orang yang bekerja di daerah, Sedulur harus pindah ke daerah lain. 

2. Lengkapi perlengkapan usaha

Siapkan berbagai alat untuk berbisnis. Beberapa diantaranya adalah rak sepatu, mesin cuci, dan tempat menjemur sepatu, Tempat jemur sepatu  yang Sedulur miliki juga wajib bervariasi agar bisa menyesuaikan menjemur dengan kondisi cuaca seperti apapun

3. Perhatikan kualitas layanan 

Perhatikan layanan yang ditawarkan oleh tempat cuci sepatu terdekat. Periksalah apakah layanan menerima sepatu berbeda dari bahan berbeda atau hanya bahan tertentu.  Nantinya Sedulur bisa menghadirkan layanan cucian sepatu yang disesuaikan dengan bahan yang digunakan, agar awet relatif lama. 

4. Kelebihan bisnis cuci sepatu

Bisnis cuci sepatu juga memiliki beberapa keuntungan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki keuntungan yang cukup besar. 
  • Kekurangan bisnis cuci sepatu
  • Mudah dilakukan karena tidak perlu memiliki kemampuan yang khusus. 
  • Pasarnya terbilang luas terutama pada daerah perkotaan. 
  • Tingkat persaingan yang rendah. 

Kisaran modal bisnis cuci sepatu

cara membuka usaha laundry sepatu
iStock

Setelah Sedulur mengetahui tips dan cara membuka usaha laundry sepatu yang tepat, berikut ini penjelasan mengenai kisaran modal usaha yang dibutuhkan untuk bisnis cuci sepatu ini. Bagi Sedulur yang tertarik dan memang serius menjalankan bisnis ini, harap menyimaknya dengan baik! 

1. Modal awal bisnis cuci sepatu

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis laundry sepatu berbeda dengan bisnis laundry pakaian. Bisnis laundry membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang lebih sederhana. 

Sedangkan laundry sepatu membutuhkan alat dan bahan khusus seperti membersihkan sepatu yang menguning, dan lain sebagainya

  • Mesin cuci sepatu Rp3,5 juta
  • Rak sepatu Rp450.000
  • Peralatan kebersihan seperti sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, parfum sepatu, spons, kain microfiber, jarum sol, kuas sepatu dan lain-lain) Rp2,5 juta
  • Meja dan Kursi Rp600.000
  • AC Rp3 juta
  • Mesin pengering sepatu Rp3,5 juta

2. Biaya operasional

Bisnis Cuci Sepatu Sementara itu, ada biaya yang harus rutin dibayarkan per bulan, seperti: 

  • Biaya listrik d& an air Rp800 ribu
  • Cairan pembersih sepatu Rp500 ribu
  • Kantong sepatu plastik berbagai ukuran Rp250.
  • Biaya karyawan Rp3 juta 
  •  Lainnya Rp300.000

Demikian cara dan tips memulai bisnis cuci sepatu beserta kisaran modalnya. Bisnis yang satu ini masih memiliki prospek yang bagus. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan jasa cuci sepatu. 

Mendirikan jasa tempat cuci sepatu sendiri terbilang tidak memerlukan modal yang mahal. Jadi Sedulur bisa mengembangkan bisnis ini dengan lebih maksimal. Selamat mencoba dan tetap semangat berbisnis, jangan mudah menyerah, ya!