Sepatu pantofel kulit adalah salah satu jenis sepatu yang penting bagi para pria, terutama saat ingin tampil formal dalam acara seperti rapat kerja hingga pernikahan. Namun, sayangnya harga sepatu pantofel kulit kadang begitu mahal dan diluarjangkauan. Sedulur bisa mencoba beberapa brand sepatu pantofel lokal yang memiliki jenis sepatu berkualitas tapi dengan harga yang jauh lebih miring.

Sedulur juga bisa menemukan banyak pilihan jenis sepatu, yang tidak hanya menggunakan kulit asli tapi juga kulit sintetis. Ini bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang tidak ingin repot merawat sepatu kulit dengan treatment khusus. Biar tidak bingung,  langsung saja simak beberapa rekomendasi brand sepatu pantofel lokal terbaik di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Tas Wanita Kulit Asli Lokal Kualitas Terbaik

1. Brodo

Pinterest

Brodo adalah merek sepatu kulit lokal yang dimiliki oleh Putera Dwi Karunia dan Yukka Harlanda. Merek ini bermula dari kesulitan Yukka dalam mencari sepatu dengan ukuran yang pas untuknya. Merek ini menawarkan berbagai model sepatu kulit pria yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Sedulur.

2. Portee Goods

Portee Goods

Selain menyediakan sepatu siap pakai, Portee Goods memungkinkan pelanggan untuk memilih berbagai opsi material kulit, warna kulit, material sol, dan model yang didesain khusus oleh Portee Goods. Meskipun menggunakan kulit asli, harga sepatu Portee sangat terjangkau, dengan rentang harga mulai dari Rp500 ribuan.

3. Txture

Txture Boots

Txture jadi salah satu brand sepatu pantofel lokal terbaik beberapa tahun terakhir. Apalagi, setelah merambah pasar internasional, banyak sekali minat dari masyarakat Indonesia pada sepatu ini. Dengan kualitas yang sangat baik, Sedulur juga bisa mendapatkan banyak model-model terkini dari sepatu Txture yang cocok untuk digunakan dalam acara formal maupun casual.

4. Sagara

Pinterest

Sagara menjamin kekuatan sepatu kulitnya dan memberikan kartu garansi untuk setiap produk yang mereka produksi. Dengan garansi ini, pelanggan tidak perlu khawatir tentang kerusakan sepatu yang sia-sia.

5. Minen Leather

Minen Leather

Jika Sedulur mencari sepatu kulit dan tas kulit yang sangat stylish, Minen Leather adalah pilihan yang tepat. Semua koleksi mereka memiliki keunikan tersendiri yang pasti akan membuatmu jatuh cinta.

6. Mario Minardi

Mariominardi

Mungkin banyak orang mengira bahwa Mario Minardi merupakan merek sepatu asal Italia, padahal kenyataannya sepatu ini merupakan produk buatan Indonesia. Dengan pemotongan yang rapi, jahitan halus, dan banyak model klasik yang berkelas, sepatu Mario Minardi terlihat seperti merek terkenal dari luar negeri.

7. Gino Mariani

Gino Mariani

Gino Mariani dikenal dengan koleksi sepatu kulit pria yang nyaman dan berkualitas. Mereka selalu mengutamakan kenyamanan pemakai dalam setiap desain sepatu mereka.Sepatu formal Gino Mariani terbuat dari kulit sapi pilihan dan dilengkapi dengan bagian upper yang sangat ringan. 

8. Cavallero

Cavallero

Cavallero merupakan merek sepatu dan sandal buatan Indonesia yang terkenal dengan penjualannya secara online. Merek ini tidak hanya menawarkan sepatu formal, tetapi juga berbagai model sandal dan sepatu kasual yang sesuai untuk berbagai kesempatan.

9. Amble Footwear

Amble Footwear

Amble Footwear adalah merek sepatu asal Bandung yang tidak hanya menyediakan sepatu pria, tetapi juga memiliki banyak koleksi sepatu wanita dengan kualitas kulit yang tinggi.

Mereka menawarkan berbagai jenis sepatu seperti loafers, boots, dan sneakers yang diproduksi dengan teliti menggunakan bahan kulit asli. Sedulur dapat memilih sepatu dari Amble Footwear yang sesuai dengan gaya dan preferensi Sedulur.

10. Fortuna Shoes

Frotuna Shoes

Fortuna Shoes mungkin kurang dikenal di Indonesia karena fokus mereka pada pasar luar negeri, terutama di Jepang. Di Jepang, Fortuna Shoes dikenal dengan nama “Jalan Sriwijaya.”

BACA JUGA: 14 Parfum Lokal Terbaik Untuk Wanita, Tahan Lama dan Murah!

11. Kythshoes

Pinterest

Kythshoes, merek sepatu asal Magetan ini, menggunakan bahan kulit asli tipe full grain dan memberikan pilihan sol antara kulit nabati dan foam.

12. Piede

Fimela

Merek ini memiliki berbagai jenis sepatu dengan gaya klasik yang mengadopsi teknik beneuh, yang merupakan keahlian para pengrajin sepatu di Eropa. Detail dan kerumitan teknik ini patut diapresiasi karena menghasilkan sepatu kulit bergaya vintage yang sangat eksklusif.

13. Guten Inc

Pinterest

Guten Inc, merek sepatu asal Bandung, mengambil nama dari bahasa Jerman yang berarti bagus, solid, tajam, dan mampu. Merek ini ingin membuktikan bahwa semua koleksi Guten dapat mencerminkan kegembiraan dan kenyamanan pribadi. 

14. Nappa Milano

Pinterest

Sepatu kulit pria branded Nappa Milano, seperti namanya, terbuat dari kulit berkualitas premium yang dikenal dengan tekstur lembut (Nappa). 

Merek ini menggabungkan gaya formal dan klasik dengan sentuhan tren yang mengikuti selera pria modern. Nappa Milano, merek sepatu asal Jakarta, telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dan mempelajari teknik pembuatan sepatu di Italia.

15. Todo Shoes

IDN Times

Todo Shoes, merek sepatu kulit pria terkenal, juga dikenal karena produksi sepatu kulit bergaya formal yang berkualitas. Didirikan lebih dari 20 tahun yang lalu di Jakarta Utara, Todo Shoes menggunakan kulit asli sebagai bahan utama sepatu mereka. 

16. Artap Footwear

Unsplash

Artap Footwear dibuat oleh para ahli berpengalaman yang menciptakan sepatu dengan kualitas tinggi. Merek ini menggunakan bahan berkualitas dengan kulit asli, bukan bahan sintetis, imitasi, atau palsu. Yang membuat koleksi sepatu kulit Artap menjadi unik adalah adanya sentuhan batik Pekalongan pada lapisan dalam setiap sepatu.

17. Giant Flames

Pinterest

Bagi mereka yang mencari sepatu kulit pria casual maupun formal, Giant Flames bisa menjadi pilihan. Giant Flames memproduksi beragam sepatu kulit pria mulai dari sandal hingga sepatu dengan harga terjangkau. Dengan hanya sekitar Rp200 ribuan, Sedulur sudah bisa mendapatkan sepatu kulit sintetis yang stylish.

18. Chevalier Store

Time International

Merek ini fokus pada produksi sepatu kulit berkualitas premium dengan standar internasional, dan telah berhasil menembus pasar global. Bahan-bahan yang digunakan oleh Chevalier dipasok oleh salah satu pabrik lokal terbaik.

Selain itu, Chevalier juga menggunakan bahan dari Amerika yang berasal dari salah satu pabrik terbaik di dunia, yaitu Horween Leather dan Vibram Sole. 

19. Portblue Shoes

Pinterest

Keunikan dari Portblue adalah mereka berani menawarkan sepatu dengan kategori yang sangat beragam. Selain sepatu kulit pria, Portblue juga menyediakan sneakers yang terbuat dari kulit. Model sepatunya yang sederhana dan minimalis cocok untuk digunakan sehari-hari.

20. Heiden Shoes

Pinterest

Heiden Shoes menjual berbagai jenis sepatu seperti sneakers suede, sepatu formal suede, dan banyak model sepatu lainnya dengan kualitas yang terjamin.

21. Jackwell Store

Unsplash

Dengan harga mulai Rp250 ribuan, Sedulur sudah bisa mendapatkan sepatu kulit berkualitas dari Jackwell Store. Merek lokal ini tidak hanya menjual sepatu kulit, tetapi juga memproduksi sneakers dengan bahan knit yang nyaman. Kamu bahkan bisa membeli dua sepatu sekaligus.

22. Koku Footwear

Pinterest

Koku Footwear terkenal di kalangan pecinta sepatu kulit lokal karena fokus mereka pada pembuatan sepatu dan boots kulit. Sepatu dari Koku Footwear bisa menjadi investasi yang dapat Sedulur pakai dalam berbagai kesempatan. Penting untuk memilih model yang tidak terlalu kaku dan formal.

 23. Akeel Footwear

Unsplash

Akeel Footwear menawarkan berbagai model sepatu kulit, mulai dari yang modern hingga otentik. Meskipun terlihat mewah, sepatu buatan Akeel sangat terjangkau dengan harga sekitar Rp250 ribuan saja!

Selain harganya yang murah, Akeel juga memberikan garansi untuk semua sepatunya. Kamu tidak perlu khawatir lagi tentang kualitasnya.

24. Winshor Shoes

Unsplash

Winshor menyediakan sepatu formal, boots, dan casual yang terbuat dari kulit. Harganya juga terjangkau, hanya sekitar Rp350 ribuan. Menariknya, semua sepatu Winshor dibuat secara handmade atau murni hasil kerajinan tangan.

25. Junkcard Company

Pinterest

Dengan memadukan elemen tradisional dan modern, Junkard telah dikenal secara internasional. Proses produksi sepatu mereka dilakukan oleh tangan-tangan terampil menggunakan bahan kulit asli, jahitan yang kuat, ukiran artistik, dan desain sepatu yang keren.

26. Somearethieves

Opumo

Berbagai model sepatu unik dan modern dari Somearethieves membuat banyak orang mengira bahwa sepatu ini dibuat di luar Indonesia. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Perancang brand sepatu pantofel lokamemiliki latar belakang Italia dan telah lama tinggal di Jakarta. 

27. Footstep Footwear

Pinterest

Brand sepatu pantofel loka Footstep Footwear menawarkan berbagai varian model sepatu dan sandal modern untuk pria dan wanita. Bagi pria yang mencari sepatu kulit, Footstep Footwear menyediakan sepatu model pantofel klasik dengan harga terjangkau sekitar Rp200 ribuan. Brand ini memproduksi sepatu kulit dengan berbagai model, mulai dari pantofel hingga sepatu oxford.

28. Joey Footwear

Unsplash

Satu lagi merek sepatu pantofel dari Bandung yang terkenal dengan kualitas baik. Joey Footwear dikenal dengan harga yang terjangkau namun memiliki desain dan kualitas yang bagus. Merek ini menawarkan beragam produk sehingga kita memiliki banyak pilihan. Untuk mendapatkan sepatu Joey, kita hanya perlu menyiapkan uang mulai dari Rp139.000 hingga Rp300.000 dan dapat memilih model yang disukai.

29. Lederweren

Pinterest

Sepatu ini memiliki desain yang sederhana, elegan, dan terkesan klasik. Outsole yang tebal juga memberikan kenyamanan saat digunakan. Harga sepatu Lederweren berkisar antara Rp260.000 hingga Rp450.000 tergantung pada model yang dipilih.

BACA JUGA: Rekomendasi Jeans Merk Lokal Terbaik, Kualitas Internasional!

30. Brygan

Brygan, brand sepatu pantofel lokalasal Bandung, memulai perjalanannya pada tahun 2012. Mereka berjuang untuk melayani dan mengembangkan produksi sepatu sesuai dengan mimpi mereka. Brygan bahkan memberikan garansi untuk semua sepatunya dan memungkinkan Sedulur untuk menukar sepatu. Harga sepatu buatan Brygan berkisar hanya sekitar Rp285 ribuan saja.

31. Priere Footwear

Priere memiliki desain yang santai namun tetap memberikan sentuhan formal pada sepatu kulit mereka, sehingga Sedulur bisa menggunakannya secara santai. Selain itu, Priere juga memiliki koleksi Commuter yang cocok untuk para pria aktif.

32. Bucheri

Pinterest

Buccheri menawarkan berbagai variasi sepatu kulit berkualitas tinggi, baik dari bahan kulit maupun suede. Merek ini memiliki beragam model sepatu pria, mulai dari oxford, loafers, boots, hingga sneakers.

33. NAH Project

Pinterest

Merek ini menawarkan berbagai model sepatu sneakers yang selalu up-to-date dan tidak kalah dengan desain merek sneakers luar negeri. Harganya juga terjangkau, terutama untuk sepatu sneakers berbahan kulit sintetis atau faux leather.\

34. Yongki Komaladi

Men Journal

Selain dikenal dengan sepatu pantofelnya, brand lokal Yongki Komaladi kini telah meluaskan variasi model sepatunya dengan menghadirkan sepatu sneakers.

35. Suedehead Shoes

Unsplash

Brand sepatu pantofel lokal selanjutnya berasal dari Pulau Dewata dan menawarkan berbagai model sepatu kulit klasik yang bernuansa mewah. Semua sepatu Suedehead Shoes dibuat secara manual.

Itu tadi deretan brand sepatu pantofel lokal dengan harga terjangkau yang dapat membuat Sedulur jadi lebih keren. Agar industri dan bisnis umkm di Indonesia semakin berkembang pesat, tentu sebagai masyarakatnnya kita harus support terhadap brand lokal. Selamat mencoba dan selamat memilih!