serum bulu mata

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik di setiap kesempatan. Itulah kenapa berbagai produk skincare pun akan dicoba untuk mencari yang cocok. Namun tak hanya wajah saja yang diperhatikan, tapi bagian seperti bulu mata juga perlu dijaga dengan menggunakan serum bulu mata.

Apalagi memiliki bulu mata yang lentik, tebal, dan panjang merupakan impian sebagian besar kaum hawa. Selain membuat mata lebih cantik, bulu mata yang lentik dan tebal juga dapat menunjang penampilan. Salah satu upaya untuk bisa mendapatkan bulu mata yang indah adalah dengan menggunakan serum bulu mata.

Agar Sedulur tidak bingung tentang produk kecantikan satu ini. Mari simak ulasan lengkapnya berikut!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Serum Wardah Terbaik Tahun 2023

Mengenal Serum Bulu Mata

Tropic Skincare

Serum bulu mata adalah serum yang dapat merangsang pertumbuhan bulu mata sekaligus membuatnya lebih sehat dan kuat. Serum ini biasanya memiliki bentuk cair dan digunakan secara berkala di sekitar mata.

Pada umumnya, bahan yang digunakan dalam produk ini adalah natural oil seperti argan oil ataupun castor oil, dimana kedua bahan ini dipercaya dapat merangsang pertumbuhan pada rambut.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Rambut Anti Rontok Terbaik 2023

Tips Menggunakan Serum Bulu Mata

Anveya

Bagi beberapa orang mungkin masih belum terbiasa menggunakan serum bulu mata. Tapi tentu saja, bulu mata yang panjang dan lentik akan membuat mata kamu terlihat cantik.

Namun, penggunaan penjepit bulu mata dan eyelash extension dapat membuat bulu mata rapuh dan rontok. Itulah kenapa solusinya, kamu dapat menggunakan serum bulu mata. Untuk itu, berikut ini tips menggunakan serum tersebut.

  • Pastikan area mata bersih dari kotoran

Memastikan riasan mata sudah bersih, terutama mascara, adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum menggunakan serum bulu mata. Hal ini berguna agar serum dapat menyerap lebih maksimal dan juga menghindari terjadinya iritasi pada area mata

  • Tidak menggunakan softlens saat pakai serum

Jika ingin menggunakan eyelash & brow serum pada siang hari, pastikan untuk melepas softlens terlebih dahulu. Ini untuk menghindari agar serum tidak terkena softlens saat serum tidak sengaja masuk ke mata dan mengakibatkan iritasi.

  • Gunakan juga pada area alis

Tak hanya pada bulu mata, serum ini bisa diaplikasikan di area alis. Khususnya untuk yang punya alis tipis, serum ini juga bisa dipakai melebatkan bulu-bulu alis serta membuatnya lebih sehat.

  • Gunakan 2 kali sehari untuk hasil maksimal

Karena serum ini tidak bekerja secara instan, maka dianjurkan untuk rutin menggunakannya selama kurang lebih 2 minggu, 1-2x sehari untuk melihat hasilnya. 

Tapi sebagai catatan, bagi para ibu hamil konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan masing-masing sebelum menggunakan serum bulu mata. Karena ditakutkan ada beberapa bahan yang mungkin sebaiknya dihindari saat masa kehamilan dan akan membahayakan ibu dan janin.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Serum Retinol Terbaik dan Terbaru 2023

Rekomendasi Serum Bulu Mata

Nah kali ini, Aplikasi Super ingin membagikan beberapa tips penggunaan sekaligus rekomendasi produk serum bulu mata dengan penjualan tertinggi di salah satu ecommerce yang bisa kamu pilih.

1. Lash Boss Rapunzel Serum for Lash and Brow

Pinterest

Masuk ke rekomendasi serum bulu mata yang pertama, ada dari merek Lash Boss. Merek yang saat ini hanya khusus menjual serum bulu mata ini merupakan brand lokal yang sudah berdiri sejak 2 tahun lalu.

Dalam dua tahun tersebut, Lash Boss juga telah memperbarui formula dari produknya, lho. Rapunzel serum yang terbaru dari Lash Boss ini, kini diperkaya dengan biotin, sunflower oil, sweet almond oil, dan camelia seed oil.

Lash Boss memiliki klaim bahwa serum ini dapat membantu pertumbuhan, menebalkan, memanjangkan, serta memperbaiki bulu mata dan alis. Tidak heran jika produk ini viral di mana-mana.

Produknya berukuran 5,5 mL dengan No BPOM: NA18211209320. Desain produk simpel dengan sikat bulu mata spoolie dan Q-tip kecil untuk mempermudah pengguna. Dapat membantu pertumbuhan, menebalkan, memanjangkan, serta memperbaiki bulu mata dan alis.

2. Somethinc ASAP Eyelash & Brow Treatment Serum

Selanjutnya ada serum bulu mata yang bagus dari brand yang dijuluki ‘tidak pernah tidur’ dan selalu mengeluarkan produk baru, yaitu Somethinc ASAP Eyelash & Brow Treatment Serum. Merek ini memang sepertinya sudah tidak asing karena banyak produknya yang viral.

Somethinc sendiri adalah brand pertama yang diluncurkan Beautyhaul yang merupakan ecommerce kecantikan pertama di Indonesia. Merek satu ini telah menjadi merek perawatan kulit #1 di dua ecommerce dan toko perdagangan modern terbesar di Indonesia.

Serum bulu mata dan alis dari Somethinc ini memiliki 4x Active Lash & Brow Growth Stimulator yang dapat memanjangkan, menebalkan, menumbuhkan, serta mencegah kerontokan pada bulu mata dan alis. Selain itu, serum ini juga memiliki klaim dapat menambahkan panjang dan volume bulu mata sampai 3x dalam 15 hari. 

Memiliki ukuran 3,5 mL dengan No BPOM: NA18211202333. Di dalamnya terdapat kandungan utama Biotinoyl Tripeptide-1, Tripeptide, Synergrowth, Lash Fertilizer. Desain produk simpel dengan sikat bulu mata spoolie. Terdapat juga fungal acne safe, dermatology tested, non irritation formula, and suitable for teenager.

3. Etude HouseMy Lash Serum

Etude HouseMy Lash Serum memiliki kelebihan cepat meresap dan tidak lengket serta para pengguna mengatakan bulu mata jadi lebih panjang dan lentik. Bulu mata yang mudah rontok memang menyebalkan, apalagi jika sampai masuk ke dalam mata. 

Nah, jika kamu ingin fokus menguatkan akar bulu mata kamu, produk ini adalah salah satu pilihannya. Dengan ginger root extract, serum ini akan membantu menguatkan bulu mata dari akarnya. Adanya kandungan biotin juga akan menutrisi bulu mata kamu.

4. Noera Eyelash & Eyebrow Serum

Bulu mata tetap sehat dan kuat, bahkan untuk yang menggunakan eyelash extention. Rekomendasi produk selanjutnya ini juga tidak kalah viral dari rekomendasi sebelumnya, yaitu dari merek Noera.

Noera by Reisha ini merupakan brand lokal yang awalnya fokus pada suplemen kesehatan sekaligus kecantikan seperti whitening capsule dan slimming tea. Kini, Noera Beauty telah berkembang dan memiliki beberapa produk perawatan kulit dan wajah.

Eyelash & eyebrow serum dari Noera ini memakai argan oil sebagai bahan utamanya. Pada klaimnya, serum ini memiliki formula yang unik, dapat membantu merawat, menutrisi, melembutkan, dan merangsang pertumbuhan bulu mata dan alis.

Serum ini juga direkomendasikan untuk orang yang memakai eyelash extension agar bulu mata tetap sehat dan kuat. Untuk ukurannya 4 mL yang di dalamnya ada kandungan utama Argan Oil, Collagen, Hydrolyzed Keratin, dll.

Desain produk simpel dengan aplikator seperti lip cream. Dapat membantu merawat, menutrisi,memperkuat, melembutkan, dan merangsang pertumbuhan bulu mata dan alis. Eyelash extension friendly ini dan bisa dipakai mulai usia 13 tahun dengan komposisi tanpa pewangi sehingga aman jika terkena mata.

5. Nuff Lab Oilash Lash & Brow Serum

Produk ini memiliki kandungan oil untuk memanjangkan dan memperkuat bulu mata mulai dari akarnya. Serum bulu mata dan alis dari merek Nuff Lab ini bisa menjadi pilihan kamu.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan merek satu ini, karena ini ada nama baru dari brand yang dulunya adalah Pulchra. Selain berganti nama, Nuff Lab juga memperbarui formula dari produk serum bulu matanya yang sudah terjual ribuan pcs.

Oilash Nufflab dengan formula baru ini diramu dengan metode oil blending sehingga dapat memberi hasil yang maksimal. Klaimnya adalah dapat merangsang pertumbuhan bulu mata dan alis, memperkuat akar, dan melentikkan bulu mata.

Dengan desain aplikator berbentuk kuas yang sangat kecil, penggunaan Oilash juga lebih hemat karena hanya perlu dioles pada akar bulu mata dan alis.

Untuk ukurannya tersedia ukuran 10 mL denganNo BPOM: NA18211206031. Di dalamnya terdapat kandungan utama Sweet Almond Oil, Coconut Oil, Castor Oil, Grapeseed Oil, Angelica Extract. Desain produk simpel dengan aplikator bentuk kuas yang super kecil, sehingga lebih hemat penggunaan. 

Dapat juga merangsang pertumbuhan bulu mata dan alis, memperkuat akar, dan melentikkan bulu mata. Oilash aman digunakan untuk segala usia, termasuk anak-anak. Produknya tanpa tambahan bahan kimia termasuk pengawet, pewarna, dan pewangi.

6. Erto’s Eyelash Serum

Lashify

Selanjutnya ada rekomendasi serum bulu mata dari salah satu merek klinik kecantikan ternama di Indonesia, yaitu Erto’s. Brand yang awal fokus usahanya pada klinik kecantikan ini, kini berkembang memproduksi produk perawatan kulit untuk segala jenis permasalahan.

Jenis skincare produknya antara lain untuk mencerahkan, melembabkan, hingga untuk anti aging. Erto’s juga memiliki rangkaian produk makeup, salah satunya Erto’s Eyelash Serum. Eyelash serum ini cukup berbeda dengan rekomendasi sebelumnya yang memiliki bahan utama natural oil. 

Eyelash serum Erto’s memakai bahan utama air dan memiliki konsistensi seperti gel. Meski begitu, manfaat yang diberikan tidak kalah dibandingkan serum bulu mata lainnya. Produk ini sangat cocok untuk orang-orang yang kurang menyukai produk oil based. Ukurannya produknya berukuran 10 mL dengan No BPOM: NA18161200517.    

Kandungan utamanya berupa Air, Tetrapeptide-3, Castor Oil, dll. Desain produknya simpel dengan aplikator seperti lip cream. Dapat membantu juga dalam menutrisi serta merawat pertumbuhan keseluruhan bulu mata dan alis. Tak hanya itu, produk ini aman jika terkena mata.

7. Nutrishe Nutrilash Eyelash & Brow Serum

Kali ini ada rekomendasi serum bulu mata terbaik yang sudah sering di-review oleh banyak selebgram, yaitu Nutrilash dari Nutrishe. Produk ini mengandung bahan alami yang natural untuk kecantikan bulu mata kamu.

Merek yang terinspirasi dari keberagaman masyarakat Indonesia ini memiliki tujuan untuk mengajak orang-orang merangkul kecantikan mereka sendiri dan menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri melalui produk-produknya. Nutrilash ini terbuat dari bahan alami tanpa unsur hewani, pengawet, dan pewarna.

Dengan hero ingredients berbagai jenis natural oil, serum ini dapat merangsang pertumbuhan rambut, alis, dan bulu mata serta menguatkan akarnya. Sangat cocok untuk yang punya kebiasaan menggunakan penjepit bulu mata, bulu mata palsu, maupun pensil alis yang dapat merontokkan bulu mata dan alis.

Untuk ukurannya tersedia 15 mL dengan No BPOM: NA18191232012. Kandungan Utamanya adalah Castor Oil, Argan Oil, Coconut Oil, Rose Oil, Olive Oil, Biotin, dll. Desain produk simpel dengan sikat bulu mata spoolie dan Q-tip kecil untuk mempermudah pengguna.

Produk ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, alis, dan bulu mata serta menguatkan akarnya. Cocok untuk yang hobi memakai maskara, penjepit bulu mata, bulu mata palsu, maupun pensil alis yang dapat merontokkan bulu mata dan alis. Direkomendasikan juga menggunakan serum ini untuk treatment after eyelash extension.

8. MS Glow Eye Lash & Brow Serum

Brand lokal Indonesia, MS Glow, juga tak mau ketinggalan. MS Glow mengeluarkan eye makeup series yang salah satu produknya berupa serum bulu mata dan alis. Hadir dengan kemasan transparan, kamu dapat melihat gel bening dengan serpihan emas di dalamnya. 

Serpihan emas ini berfungsi melindungi bulu mata dan alis agar tidak mudah rontok akibat eye makeup ataupun eyelash extension. Silakan pakai dua kali sehari pada mata dan alis yang sudah dibersihkan dan rasakan keampuhannya. Namun butuh waktu cukup lama sampai efeknya terlihat menurut beberapa pengguna.

9. The Aubree Keratin x Biotin Lash and Brow Booster

Serum bulu mata dari TheAsianarent selanjutnya yaitu ada dari merek The Aubree. Dengan bahan keratin dan biotin, produk ini sangat ringan untuk mendorong pertumbuhan serta memperkuat alis dan bulu mata.

Merek yang merupakan brand lokal ini mengembangkan beberapa produk perawatan wajah yang bisa disesuaikan penggunanya. Konsisten dengan desain kemasan produk yang simpel, The Aubree menghadirkan produk berkualitas namun dengan harga yang sangat terjangkau.

Sesuai namanya, serum bulu mata The Aubree ini memiliki bahan utama keratin dan juga biotin yang tentunya cukup berbeda dibandingkan dengan eyelash serum yang umumnya menggunakan natural oil. The Aubree mengklaim bahwa formula serum ini cukup ringan dan bisa dipakai sebelum maupun setelah makeup. 

Untuk ukuran produknya tersedia 4 mL dengan No BPOM: NA18211205499. Kandungan utamanya adalah Keratin dan Biotin. Desain produknya simpel dengan sikat bulu mata spoolie dan Q-tip kecil dapat mendorong pertumbuhan serta memperkuat alis dan bulu mata. Dengan pengalaman aplikasi yang lebih nyaman, terasa ringan, dan dapat digunakan sebelum makeup atau di atas eyelash extension.

10. BIOAQUA EyeLash Serum Bulu Mata dan Alis

Salah satu brand skincare yang sudah terkenal ini memiliki produk BIOAQUA EyeLash Serum Bulu Mata dan Alis. Serum bulu mata yang akan membuat mata kamu menjadi makin lentik. Cukup gunakan tiga kali dalam sehari secara teratur, dan rasakan bedanya dari hari kehari.

Bukan hanya dapat melentikkan, memanjangkan dan menebalkan bulu mata saja, serum ini juga berguna untuk menebalkan alis kamu sehingga terlihat cantik alami. Sudah terdaftar di BPOM, jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya.

Ukurannya tersedia 7 mL. Produk ini membantu memanjangkan bulu mata secara bertahap, menebalkan dan melebatkan bulu mata serta mampu menguatkan bulu mata sehingga tidak mudah mengalami kerontokkan.

11. Beaudelab Penumbuh Alis dan Bulu Mata Cepat Instant

Chatelaine

Kalau kamu mencari serum bulu mata yang water based, Beaudelab Penumbuh Alis dan Bulu Mata Cepat Instant jawabannya. Serum terbaik dengan tiga bahan aktif ini akan membantu memanjangkan, menebalkan dan menguatkan.

Bukan hanya bisa digunakan untuk bulu mata, tapi juga untuk alis. Aman untuk digunakan ibu hamil dan menyusui, selain itu juga lulus uji FDA dan bersertifikasi BPOM.

Menggunakan serum ini sangat cepat dan instant, kamu hanya perlu rutin pemakaiannya setiap hari. Ini berkat bahan aktif dalam serum yang terdiri dari Biotin, Peptides dan Panax Ginseng. Bulu mata dan alis bukan hanya tebal dan panjang saja, tapi juga kuat. Bila terkena mata, cukup bilas dengan air mengalir saja dan bukan oil based.

12. The Originote 2in1 Lash and Brow Serum Eye Lash

The Originote 2in1 Lash and Brow Serum Eye Lash adalah serum penebal bulu mata dengan kandungan biotin, Peptides dan Ginseng Extract. Bulu mata tidak hanya tebal, tapi juga sangat kuat.

Selain itu, alis dan bulu mata akan lebih terawat dan penampilan kamu terlihat lebih cantik. Cukup gunakan 2 kali sehari untuk hasil terbaik. Jangan lupa diamkan selama 1-2 menit agar meresap dengan sempurna pada bulu mata dan alis. Produk ini tersedia volume produk 10ml dengan volume 7ml dan sudah terdaftar BPOM.

Untuk komposisinya ada water, propylene glycol, glycerin, butylene glycol, glycereth-26, hydrolyzed collagen, propanediol, 1,2-hexanediol, hydroxyacetophenone, sodium hyaluronate, hydroxyethylcellulose, sodium chloride, peg-40 hydrogenated castor oil, xanthan gum, hydrolyzed pea protein, ethylhexylglycerin, tocopherol, panax ginseng root extract, biotin, tripeptide-1, palmitoyl pentapeptide-4.

13. DHC Eye Lash Serum

Eyelash serum yang satu ini pernah dinobatkan sebagai produk terlaris nomor 1 di Jepang! Produk ini memiliki tekstur yang cair dengan aplikator sedikit melengkung sehingga lebih mudah dipakai.

Kandungan bahan alaminya akan menutrisi dan merawat bulu mata yang akan tumbuh. Selain itu, serum ini juga diklaim aman untuk eyelash extension, lho. Produk ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk bulu mata, seperti panthenol dan sodium hyaluronate.

14. Shiseido Adenovital Eyelash Serum

Serum keluaran brand ternama ini menggunakan aplikator chip yang miring dan meruncing. Dengan demikian, pemula pun mudah mengoleskan serum untuk pertama kalinya.

Formula Eyelash Nurturing Complex menjadikan bulu mata kamu lentik sehat. Selain itu, serum bulu mata ini juga mengandung jojoba fruit extract dan glycerin yang baik untuk mata kamu. sayangnya, harganya tergolong pricey untuk isi 6 gram.

15. Girlush Eyelash Enhancing Serum

serum bulu mata
PUCA

Girlush Eyelash Enhancing Serum merupakan serum bulu mata yang tidak menggunakan bahan dasar oil, sehingga jauh lebih aman digunakan untuk bulu mata dengan eyelash extension dan lashlift.

Walaupun tanpa bahan oil, produk satu ini telah diperkaya dengan kandungan propanediol, pea peptide, dan bahan lainnya yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan bulu mata. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Itulah tadi berbagai merek serum bulu mata yang bisa kamu coba. Setiap wanita tentu ingin tampil memesona. Dandan, perawatan, dan olahraga merupakan usaha yang bisa mereka lakukan untuk mencapai hal tersebut. Salah satu bagian dari wajah yang akan membuat kamu tampil menawan adalah bulu mata yang lentik dan tebal. Tak jarang wanita menggunakan pelentik bulu mata atau memakai bulu mata palsu. 

Namun pemakaian bulu mata palsu ini justru akan mengakibatkan mata terasa berat atau gatal-gatal. Salah satu solusi untuk hal ini adalah dengan menggunakan serum bulu mata. Terutama kalau kamu kurang percaya diri karena bulu mata dan alismu terlalu tipis. Serum bulu mata adalah alat kecantikan yang akan menumbuhkan bulu mata, sehingga menjadi lebih indah. Semoga artikel ini bermanfaat ya!