sabun bayi untuk wajah

Bagi Sedulur yang memiliki masalah kulit sensitif, sempat muncul tips bahwa menggunakan sabun bayi untuk wajah bisa dijadikan solusi. Namun, benarkah hal tersebut? Apakah menggunakan sabun bayi untuk wajah aman dan efektif mengatasi masalah sensitif?

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas secara lengkap terkait fakta dan manfaat sabun bayi untuk wajah berjerawat serta sensitif. Seperti apa penjelasannya? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Sabun Cuci Muka, Bagus untuk Remaja!

Manfaat Sabun Bayi untuk Kulit Wajah

facial wash kulit kombinasi
Pure Sense

Siapa sangka, ternyata sabun bayi memiliki cukup banyak manfaat untuk kulit wajah. Khususnya, kulit wajah yang sensitif. Namun, manfaat ini bisa saja memiliki efek yang berbeda tergantung karakter kulit orang dewasa yang menggunakannya.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Sedulur rasakan ketika menggunakan sabun bayi untuk wajah yang dilakukan secara rutin.

1. Kandungan sabun lebih alami

Sabun bayi memiliki formula yang terbuat dari bahan yang jauh lebih alami. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki sifat kulit yang sensitif maka akan sangat cocok dengan sabun bayi. Kamu akan terhindar dari adanya gangguan iritasi sampai tekstur yang tidak merata pada kulit wajah.

Sebenarnya, secara tidak langsung, dapat diketahui bahwa terdapat fakta lain, bahwa sabun untuk pembersih wajah yang pada umumnya digunakan untuk orang dewasa, tidak sedikit yang terdapat kandungan yang tidak alami.

2. Aman untuk kulit sensitif

Memiliki kulit yang sensitif pastinya sangat membuat tidak nyaman. Karena tidak mudah mencari produk perawatan kulit wajah yang cocok. Namun, bisa dapat solusi dengan menggunakan sabun bayi.

Hal ini karena formula yang ada pada sabun bayi mengandung hypoallergenic yang bisa membantu meringankan reaksi iritasi dan reaksi alergi pada kulit wajah.

3. Bisa menjaga kelembaban wajah

Membersihkan kulit wajah dengan sabun bayi juga bantu melembabkan kulit. Kulit wajah yang sangat sensitif sangat membutuhkan perawatan yang bisa melembabkan kulit wajah. Karena kulit sensitif akan mudah terkena reaksi iritasi dan alergi atau semacamnya.

Oleh karena itu, jika menggunakan bahan yang bisa membuat kulit lembab, maka bisa bantu meringankan iritasi pada kulit. Sebab, iritasi bisa mudah teratasi apabila kamu menjaga kulit tetap dalam kondisi yang lembab.

4. Aromanya kalem

Kelebihan lain dari menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa adalah aromanya yang lembut dan tidak terlalu dominan. Ada orang yang tidak cocok dengan aroma pembersih wajah yang terlalu menyengat. Sementara produk sabun bayi biasanya memiliki aroma lembut yang menenangkan.

5. Bebas paraben

Manfaat sabun bayi untuk wajah lainnya adalah aman untuk kulit karena tidak mengandung paraben, zat kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan kulit.

Produk bayi umumnya bebas ftalat dan paraben. Terlebih kulit bayi masih sangat sensitif, kandungan sekecil apapun dalam produk bayi bisa memicu alergi serta ruam kulit. Namun, manfaat ini bisa berbeda-beda untuk orang dewasa karena memiliki kulit yang lebih kuat dan kebal.

BACA JUGA: Wajib Dihindari! Kesalahan Mencuci Muka yang Merusak Kulit

Efek Samping Sabun Bayi untuk Wajah

Nicki Diapers

Soal efek samping menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa, hal ini tentu bergantung pada kondisi kulit setiap orang. Tidak ada yang sama, reaksinya pun berbeda-beda.

Namun secara umum, tidak ada efek samping dari menggunakan sabun bayi untuk membersihkan wajah. Mungkin jika seseorang menggunakan riasan atau makeup yang cukup tebal, sabun bayi saja tidak cukup untuk mengangkat sisa makeup.

Jika ini yang terjadi, maka bisa jadi perlu double cleansing atau membersihkan wajah dalam dua tahap. Intinya adalah kulit harus benar-benar bersih setelah beraktivitas seharian. Selama tidak ada efek samping seperti iritasi, kemerahan, atau gatal, maka tak ada salahnya menggunakan sabun bayi untuk wajah orang dewasa.

BACA JUGA: 

Rekomendasi Sabun Bayi untuk Wajah Berjerawat

sabun bayi untuk wajah
Self

Berikut ini beberapa rekomendasi sabun bayi yang bagus dan aman untuk digunakan pada kulit wajah berjerawat. Langsung simak aja ya!

1. Sebamed Baby Bubble Bath

Sabun bayi yang aman di wajah yang pertama adalah Sebamed Baby Bubble Bath. Produk ini diformulasi dengan ultra-mild dan hypoallergenic yang sangat cocok untuk kulit bayi. Produk ini juga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif sehingga aman dipakai bahkan hingga ke area wajah. 

2. Johnsons Baby Bath

Johnsons Baby Bath ini cocok digunakan untuk bayi dengan kulit yang sangat tipis. Produk yang sudah teruji klinis oleh dokter anak ini dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit dan membantu melembabkan kulit.

Tak hanya tubuh, sabun ini juga bisa digunakan untuk wajah tanpa menimbulkan rasa perih di mata. Produk ini dapat digunakan dari kepala hingga kaki bayi dengan kulit normal hingga kering, mudah dibilas dan tidak licin.

3. Zwitsal Baby Bath Natural

Sabun bayi untuk wajah berikutnya adalah Zwitsal Baby Bath Natural. Sabun cair ini diformulasi dengan minyak telon yang dapat membersihkan kulit dengan lembut sekaligus memberikan kehangatan hingga setelah mandi.

Dibuat dari bahan alami, produk ini akan memberikan kenyaman pada kulit dan menimbulkan sensasi mandi yang menenangkan serta memberikan efek relaksasi bagi si kecil. Produk ini teruji hypo-allergenic sehingga aman digunakan untuk kulit yang sensitif sekalipun.

4. Pure BB Wash Fruity

Pure BB Wash Fruity merupakan sabun mandi cair dengan formula khusus No Added SLS. Produk ini berfungsi membersihkan kotoran mulai dari kepala hingga kaki dan membantu memelihara kulit tetap lembut serta tidak kering.

Produk ini juga sekaligus bisa digunakan di area wajah tanpa menimbulkan rasa perih. Kandungan aloe vera di dalam sabun bayi ini dapat menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari kontaminasi bakteri.

5. Pigeon Baby Liquid Soap

Pigeon Baby Liquid Soap juga salah satu produk sabun bayi untuk wajah. Sabun cair ini berfungsi untuk membersihkan kulit secara lembut.

Diperkaya dengan jojoba, sabun ini dapat menjaga dan melembapkan kulit serta rambut bayi. Selain itu, ada juga kandungan chamomile untuk membantu melindungi kulit dari iritasi ringan.

6. Cetaphil Baby Moist Bath

Cetaphil Exclusive Deals Baby Moist Bath & Wash merupakan produk pembersih dengan sepertiga lotion yang mengandung lidah buaya. Produk ini mampu membersihkan dan melembabkan kulit.

Sabun bayi ini diformulasikan khusus dengan kandungan aloe vera dan almond oil yang dapat membantu membersihkan tubuh dan wajah, menenangkan, dan melembabkan kulit. Produk ini juga sudah teruji secara dermatologis sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit.

7. California Baby Bodywash 

Produk dari California Baby, cocok digunakan untuk bayi dari yang baru lahir, bayi berkulit sensitif, iritasi, dan eczema. Sabun ini mengandung aloe vera yang dapat membantu melembabkan kulit.

Selain itu, ada juga kandungan calendula yang bekerja sebagai antiinflamasi, anti bakteri, memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV, dan mengobati luka. Sabun ini dibuat tanpa mengandung alkohol sehingga aman digunakan tanpa membuat kulit kering.

8. Cussion Baby Bath

Kulit yang kering dan berjerawat biasanya membutuhkan lebih banyak pelembab agar lebih terawat dan lentur. Sabun bayi Cussons diformulasikan khusus untuk melembabkan kulit dengan perpaduan minyak almond untuk membersihkan dan memelihara kelembutan kulit.

Tak hanya itu saja, Sedulur juga bisa mendapatkan kandungan kandungan rose oil yang mampu menenangkan penggunanya saat menggunakan sabun tersebut.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang fakta terkait penggunaan sabun bayi untuk wajah berjerawat. Walaupun terlihat aneh, tapi beberapa hasil pengujian menunjukkan adanya manfaat baik penggunaan sabun tersebut pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Namun, jika Sedulur ingin hasil yang lebih maksimal dan tetap aman. Sebaiknya jangan lupa untuk melakukan perawatan dan konsultasi kepada dermatologis ahli di sekitar tempat tinggalmu ya!