rekomendasi skincare untuk kulit kering

Kebutuhan skincare pada kulit kering memang sangat penting. Tak hanya membuat kulit lembab, skincare bisa mengatasi berbagai macam masalah akibat kulit kering seperti jerawat dan keriput. Namun, tentu Sedulur perlu rekomendasi skincare untuk kulit kering terbaik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam ulasan artikel kali ini, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi skincare untuk kulit kering yang memiliki review baik dan teruji kualitasnya. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir karena semua produknya pasti aman. Berikut ini deretan rekomendasi skincare untuk kulit kering yang bisa kamu coba!

BACA JUGA: 10 Urutan Skincare Wardah Lightening di Pagi dan Malam Hari

Penyebab Kulit Kering

rekomendasi skincare untuk kulit kering
Cosmo

Sebelum kita memberikan rekomendasi skincare terbaik untuk mengatasi kulit kering. Sebaiknya Sedulur mengetahui penyebab kulit kering terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu dalam membuat pola hidup dan rutinitas yang lebih baik untuk menghindari kulit kering.

Beberapa faktor yang cukup umum dan banyak terjadi sehingga membuat kulit kering yaitu:

  • Penggunaan produk yang kurang cocok

Faktor penyebab kulit kering yang pertama adalah penggunaan produk skincare yang tidak tepat. Masalah ini bisa berasal karena adanya skincare yang mengandung alkohol atau bahan agresif yang merusak keseimbangan kelembaban kulit. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat mengurangi minyak alami kulit.

  • Kulit tidak tahan cuaca

Faktor selanjutnya yaitu lingkungan seperti cuaca ekstrem, baik panas maupun dingin, serta paparan sinar matahari berlebihan dapat mengurangi kelembaban kulit. Kondisi kulit yang sensitif juga bisa memperburuk efek dari cuaca dan membuat kulit kering.

  • Faktor genetik

Genetika bisa membuat seseorang memiliki kulit yang cenderung kering, sementara proses penuaan alami mengurangi produksi minyak pada kulit.

  • Pola dan gaya hidup

Kebiasaan seperti merokok, konsumsi alkohol, diet tidak seimbang, atau kurangnya asupan air harian bisa mempengaruhi kelembaban kulit.

Skincare Terbaik untuk Kulit Kering

Berikut ini deretan rekomendasi skincare untukmu.

1. St. Ives Fresh Skin Apricot

rekomendasi skincare untuk kulit kering
IPSY

Butuh rekomendasi skincare untuk kulit kering khususnya pada produk facial scrub? Sedulur bisa mepertimbangkan untuk menggunaan St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub. Produk ini mengandung Glyceryl Stearate, Emollient dan Glycerin yang termasuk kandungan Humectant alias aman untuk kulit kering.

Kandungan Titanium Dioxide, juga membantu produk ini agar aman bagi para pemilik kulit sensitif. Namun, hati-hati saat menggunakan scrub wajah untuk kulit kering ini, karena butirannya cenderung besar dan kasar.

Kemasan scrub ini menggunakan model tube dengan tutup flip top yang menjaga kehigienisan isi produk. Produk ini memiliki wangi buah yang fresh dan memberikan sensasi lebih menyenangkan sewaktu mengaplikasikan scrub.

Rekomendasi produk skincare untuk wajah kering ini sudah teruji secara dermatologis bahwa hypoallergenic, bebas paraben dan juga comedogenic. Dianjurkan untuk tidak memakai scrub wajah ini lebih dari 2 kali dalam seminggu, karena pemakaian yang sering malah bisa memicu iritasi pada kulit.

2. Sukin Signature Original Hydrating Mist Toner

Jika Sedulur memiliki jenis kulit yang kering dan sensitif, maka Hydrating Mist Toner dari Sukin dapat menjadi pilihan terbaik untuk perawatan sehari-hari. Toner ini memiliki bahan-bahan utama alami, seperti ekstrak chamomile dan rose yang sangat baik untuk menenangkan kulit kemerahan.

Produk asal Australia ini juga menawarkan wangi yang menenangkan, sehingga cocok untuk Sedulur yang tidak menyukai toner dengan aroma kuat. Selain itu, salah satu produk skincare terbaik ini di klaim bebas dari alkohol, sehingga tidak perlu khawatir terasa panas atau terjadi iritasi pada kulit Sedulur.

3. The Body Shop Tea Tree Oil

Bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat bisa mencoba menggunakan skincare terbaik dari The Body Shop yaitu Tea tree oil. Produk ini memiliki kandungan bahan alami dari perkebunan sendiri yang bersifat organik.

Penggunaan daun teh pilihan yang diolah selama 12 jam untuk menghasilkan minyak berkualitas tinggi memang cukup ampuh untuk mengurangi efek iritasi berkelanjutan pada kulit.

Minyak ini memiliki kandungan Community Fair dengan 15% tea tree oil, yang efektif menyamarkan tampilan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru, sehingga kulit wajah tampak lebih bersih dan segar.

4. Safi Expert Skin Refiner

Skin Refiner adalah salah satu jenis skincare jenis toner, produk yang bisa Sedulur gunakan sebagai langkah pertama sebelum menggunakan skincare terbaik lainnya. Produk ini berasal dari Malaysia dan telah diklaim sebagai produk yang sudah teruji halal dan aman untuk kulit.

Selain itu, toner ini juga mengandung sedikit bahan, sehingga mengurangi risiko alergi atau iritasi pada kulit. Safi Skin Refiner mengandung tiga bahan unggulan yang berfungsi untuk menyegarkan, melembapkan, dan membersihkan pori-pori, yaitu Habbatussauda dan ekstrak jamur.

Toner ini juga mengandung Allantoin, Castor Oil, Butylene Glycol, dan Betaine yang berfungsi untuk melindungi, menenangkan, dan melembapkan kulit.

5. Cetapil Gentle Daily Cleanser

Cetaphil Cleanser adalah pembersih wajah yang cocok untuk kulit sensitif, bahkan aman digunakan untuk kulit bayi tanpa menimbulkan reaksi kering atau perih. Teksturnya berupa gel berwarna putih dan tidak berbusa, sehingga dapat digunakan dengan atau tanpa air, membuatnya praktis dan fleksibel.

Namun, sayangnya, Cetaphil Gently Cleanser ini masih mengandung SLS meskipun diharapkan bebas dari bahan tersebut. Selain itu, kemasan Cetaphil terbilang besar, sehingga kurang ramah untuk dibawa saat bepergian dan perlu dipindahkan ke wadah lain terlebih dahulu.

6. Dear Klairs Supple Preparation Unscented Toner

rekomendasi skincare untuk kulit kering
iStock

Kamu sensitif terhadap toner yang mengandung wewangian? Cobalah Klairs Supple Preparation Unscented Toner sebagai toner harianmu. Berbeda dari Supple Preparation Facial Toner, Klairs tidak menambahkan essential oil pada hydrating toner ini, sehingga juga aman untuk digunakan pemilik kulit sensitif.

Kandungan Sodium Hyaluronate, Tocopheryl Acetate atau vitamin E, ekstrak Aloe vera dan Centella Asiatica di dalamnya memiliki fungsi untuk mengunci kelembaban. Aplikasikan ulang pada bagian kulit yang sangat kering akan membuat kulitmu terasa terhidrasi dan keremajaan kulit akan lebih terjaga. Namun ingat, manfaat ini tentu akan kamu rasakan apabila digunakan secara rutin.

Supaya tidak terbuang, sebaiknya tuangkan langsung isi produk ke tangan. Toner skin care untuk kulit kering ini dikemas dalam kemasan botol plastik transparan dengan isi 180 ml. Botol transparannya ini memudahkanmu untuk melihat isi bagian dalam toner yang tersisa.

7. Nature Republic Sooting & Moisture Gel

Beberapa tahun yang lalu, Nature Republic menjadi tren karena produk aloe vera gel yang populer. Dengan kemasan berukuran besar dan berbentuk gel, produk ini memiliki berbagai fungsi.

Selain digunakan sebagai gel untuk menenangkan kulit setelah terbakar sinar matahari, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa dicoba, seperti sebagai face mask, hair mask, dan pelembap wajah.

Perlu diingat bahwa Nature Republic Aloe Vera Gel ini masih mengandung ethanol atau alkohol, sehingga bagi mereka yang ingin menghindari produk skincare beralkohol, sebaiknya menghindarinya atau melakukan uji coba terlebih dahulu untuk menghindari risiko iritasi atau alergi pada kulit.

8. Skin Aqua UV Moisturizing Milk

Skin Aqua adalah salah satu merek skincare terbaik yang diproduksi oleh perusahaan Rohto di Jepang. Produk-produk dari Skin Aqua terkenal karena praktis dan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Salah satu produk sun protection dari Skin Aqua yang populer adalah Skin Aqua UV Moisturizing Milk SPF 50+ PA+++.

Sunscreen terbaik dari Skin Aqua ini dirancang khusus untuk pemilik kulit wajah yang cenderung normal hingga kering. Mengandung Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen, produk ini dapat melembutkan, menutrisi, dan menghaluskan kulit.

Selain itu, sunscreen ini memiliki SPF50+ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Kandungan PA plusnya berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mencegah kulit menjadi gelap.

9. Npure Centella Asiatica Toner

Skin Aqua adalah salah satu merek skincare terbaik yang diproduksi oleh perusahaan Rohto di Jepang. Produk-produk dari Skin Aqua terkenal karena praktis dan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Salah satu produk sun protection dari Skin Aqua yang populer adalah Skin Aqua UV Moisturizing Milk SPF 50+ PA+++.

Sunscreen terbaik dari Skin Aqua ini dirancang khusus untuk pemilik kulit wajah yang cenderung normal hingga kering. Mengandung Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen, produk ini dapat melembutkan, menutrisi, dan menghaluskan kulit.

Selain itu, sunscreen ini memiliki SPF50+ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Kandungan PA plusnya berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mencegah kulit menjadi gelap.

10. Wardah Renew You Night Cream

Untuk memenuhi kebutuhan wanita yang ingin tampil cantik dan awet muda, Wardah merilis Renew You Series dengan salah satu produknya, yaitu Wardah Renew You Night Cream.

Produk ini diformulasikan dengan advanced recovery system yang bertujuan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput, garis halus, bintik hitam, dan kulit kering.

Wardah Renew You Night Cream mengandung lima ekstrak bahan alami  yang membantu proses eksfoliasi kulit dan merangsang regenerasi sel kulit. Krim malam ini juga mengandung peptide yang berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen pada kulit wajah.

BACA JUGA: 3 Basic Skincare Routine Buat Pria, Makin Ganteng & Glow Up!

11. Innisfree Green Tea Hydrating Cleansing Foam

urutan skincare
PinkVilla

Sabun wajah merupakan bagian dari skincare dasar sehingga pemilihan produk skincare ini harus dipertimbangkan secara baik dan harus sesuai dengan tipe kulitmu. Nah, bagi kamu yang termasuk dry skin (kulit kering), rasanya perlu untuk mencoba Innisfree Green Tea Cleansing Foam karena kandungan green tea di dalamnya berkhasiat untuk melembabkan kulit.

Dibuat dari biji Green tea Pulau Jeju sabun cuci muka ini cocok digunakan tipe kulit normal to dry, karena selain melembabkan, akan membersihkan wajah sekaligus membuatnya terasa lebih kenyal dan fresh.

Jika kulit Sedulur cenderung berjerawat, produk ini dapat mengobatinya karena  Green tea memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran hingga ke pori-porinya. Cleanser foam ini pun tidak akan meninggalkan residu.

12. Pond’s Vitamin Micellar Water Rose

Rekomendasi skincare remaja selanjutnya adalah POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose. Produk pembersih ini cocok menjadi pilihan Sedulur untuk membersihkan kotoran setelah beraktivitas di luar ruangan maupun untuk menghapus make up sehari-hari.

Mengutip dari laman resmi POND’s, produk ini diklaim mengandung 1 juta micelles dan vitamin B3 yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, ada pula kandungan 100% Organic French Rose Extract yang kaya antioksidan.

Menariknya lagi, POND’S Vitamin Micellar Water Brightening Rose tidak mengandung alkohol dan telah teruji klinis oleh dermatologis.

13. Garnier Serum Mask Hydra Bomb

Rekomendasi skincare berikutnya adalah Garnier Serum Mask Hydra Bomb Green Tea, tissue mask yang diperkaya dengan kandungan ekstrak green tea. Selain itu ada juga kandungan hyaluronic acid yang telah dikenal akan manfaatnya untuk kulit.

Kandungan antioksidan pada masker ini mampu menutrisi kulit secara menyeluruh dan menyeimbangkan kadar minyak sehingga kulit lebih lembab.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari masker ini, Sedulur disarankan menggunakannya setelah mencuci wajah. Kemudian aplikasikan masker pada wajah mengikuti bentuk wajah Sedulur dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya lepas masker dan pijat sisa-sisa serum agar menyerap ke kulit.

14. Emina Creamy Milk Cleansing Lotion

Sebagai pemilik kulit kering, kamu harus mencari first cleanser yang tidak hanya membersihkan, tapi juga melembabkan. Nah, dua kemampuan tersebut ada pada Emina Creamy Milk Cleansing Lotion. Sama seperti namanya, tekstur produk ini cenderung milky dengan cream berwarna putih.

Begitu diaplikasikan, milk cleanser ini tidak akan meninggalkan residu atau membuat wajah terlihat greasy. Kulitmu juga akan langsung terasa segar begitu menggunakannya. Kandungan Glycolic Acid dalam salah satu produk skincare untuk kulit kering remaja ini akan bekerja secara efektif untuk mengangkat kotoran serta sisa makeup, lalu membuat wajah menjadi lebih lembab.

15. Himalaya Purifying Neem Mask

Selain menggunakan skincare dasar seperti pembersih, pelembap, dan sunscreen, Sedulur juga dapat menambah rangkaian perawatan kulit dengan masker. Misalnya dengan menggunakan Himalaya Purifying Neem Mask, masker wajah dengan kandungan Neem yang bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat.

Sekedar informasi, neem merupakan tanaman asli India yang terkenal akan manfaatnya sebagai antibakteri, membantu mengendalikan dan mencegah jerawat kembali.   Produk ini juga mengandung kunyit yang membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan Fuller’s Earth atau multani mitti yang dapat mendinginkan dan menyejukkan kulit.

Melihat dari berbagai kandungan yang sudah diuraikan, bisa diketahui bahwa Himalaya Purifying Neem Mask merupakan pilihan skincare remaja terbaik, terutama untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

16.  Biore Skin Caring Facial Foam

moisturizer untuk kulit sensitif
Unsplash

Membersihkan kulit dengan micellar water tidaklah cukup. Sedulur perlu melakukan double cleansing alias pembersihan ganda dengan melanjutkan tahapan skincare menggunakan sabun wajah. Sedulur bisa memilih Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear yang diformulasikan dengan Skin Purifying Technology dari Jepang.

Produk satu ini memiliki kandungan yang dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih sekaligus membuat kulit wajah menjadi halus serta cerah bercahaya. Manfaat tersebut diperoleh karena Biore Skin Caring Facial Foam Bright and Oil Clear hadir dengan busa dan scrub lembut sehingga lebih efektif untuk membersihkan wajah tanpa membuatnya menjadi kering.

17. Emina Bright Stuff Face Toner

Setelah melakukan double cleansing dengan micellar water dan sabun wajar, Sedulur bisa menggunakan toner bermanfaat untuk menghidrasi wajah. Misalnya Emina Bright Stuff Face Toner, toner wajah yang diformulasikan dengan pH-balance serta mengandung Ekstrak Summer Plum dan niacinamide.

Berbagai kandungan di dalam produk skincare remaja lokal satu ini dapat membantu menghidrasi, menyegarkan, serta mencerahkan wajah. Sehingga kulit wajah Sedulur tetap cerah, glowing, dan kenyal.

18. SKINTIFIC 5X Ceramide Skin Barrier Gel

Sedulur, SKINTIFIC 5X Ceramide Skin Barrier Repair Moisturize Gel adalah salah satu produk pelembab terbaik yang sangat efektif untuk kulit. Kandungan ceramide dalam produk ini memiliki banyak manfaat seperti membantu melembabkan, mengatasi masalah kulit pecah, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.Dengan begitu, kulit menjadi lebih kuat dan tahan terhadap paparan polusi serta sinar matahari.

Produk ini berasal dari produsen kecantikan Kanada dan dihasilkan melalui riset ilmiah dengan teknologi paten yang disebut Triangle Trilogy Effect (TTT), yang terbukti aman untuk kulit. Produk ini menggabungkan tiga bahan aktif sekaligus, yaitu ceramide, hyaluronic acid, dan centella asiatica agar memberikan hasil yang optimal.

19. SK-II Facial Treatment

SK-II Facial Treatment mempunyai salah satu produk andalannya, yaitu SK-II Pitera. Di kalangan konsumen, produk ini juga dikenal dengan nama “miracle water” atau “air ajaib” sejak tahun 1980.

Kisah di balik penemuan Pitera ini ternyata sangat menarik. Pitera berhasil ditemukan berawal dari keingintahuan para peneliti tentang rahasia di balik kulit yang lembut dan awet muda para pembuat sake di Jepang, meskipun mereka memiliki keriput wajah. Para peneliti pun menyelidiki dan menemukan bahwa kunci keajaiban kulit mereka adalah cairan fermentasi khusus yang diproduksi saat pembuatan sake.

Produk SK-II mengandung Natural Moisturizing Factors (NMF) yang seringkali ditemukan pada kulit yang sehat. NMF adalah campuran dari berbagai komponen seperti asam amino, peptida, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit.

20. Vaseline Petroleum Repairing Jelly

Siapa yang tidak kenal produk keluaran Vaseline ini. Ya, Vaseline Petroleum Repairing Jelly merupakan salah satu produk multifungsi favorit banyak orang karena kamu bisa menggunakannya pada bibir, siku, kaki, dan area wajah yang tergolong kering. Bahkan bisa juga digunakan untuk membantu melentikkan bulu mata, lho.

Kandungan Petroleum dalam rangkaian skincare untuk kulit kering ini bersifat Occlusive, sehingga bisa menahan sekaligus meningkatkan kadar air di kulit. Teksturnya yang thick dan mirip seperti tekstur balsam memang meninggalkan sedikit rasa lengket, sehingga kamu perlu untuk mengaplikasikan secara tipis agar tidak meninggalkan kesan berat.

21. Klei & Clay Soothe Face Oil

rekomendasi skincare untuk kulit kering
Sundree

Jika kulit kamu kering banget, kamu bisa mengaplikasikan face oil sebelum moisturizer di malam hari. Salah satu face oil yang cocok untuk kulit kering adalah Soothe Face Oil dari Klei & Clay, karena mengandung Rosehip Oil, Almond Oil yang kaya dengan zat antioksidan.

Produk ini juga bisa mengurangi Post Inflammatory Hyperpigmentation atau PIH. Kandungan Avocado Oil juga dapat memberikan kelembaban pada kulit kering, dan Geranium Oil yang akan mencerahkan kulitmu.

22. Bio Oil Dry Skin Gel

Bio oil sudah sangat dikenal dengan produk oilnya yang dapat membantu menyamarkan bekas luka, selulit, dan melembutkan kulit. Tapi, selain itu, Bio Oil juga memiliki produk bertekstur gel yang diperuntukkan bagi para pemilik kulit kering.

Bio Oil Dry Skin Gel yang melembabkan secara occlusive ini dapat digunakan di badan maupun wajah. Tidak perlu khawatir akan meninggalkan rasa tidak nyaman di kulit, karena tekstur gelnya terasa ringan dan cepat meresap di kulit.

Produk ini memadukan emollients dari shea butter dan humectants glycerine yang bekerja secara efektif dalam melembabkan dan menenangkan kulit. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin B3 di dalamnya.

23. Sulwhasoo First Care Activating Serum EX

bedanya body serum dan body lotion
iStock

Brand high end asal Korea ini memang terkenal akan perawatan untuk kulit kering dan dehidrasi, contohnya adalah First Care Activating Serum EX. Serum ini diformulasikan dengan teknologi JAUM Balancing Complex yang terdiri dari tanaman segel solomon, lily putih, peony, lotus, dan rehmannia.

Serum wajah untuk kulit kering ini dapat membuat kulit terasa lebih kenyal, glowing, dan lembap. Dengan penggunaan secara rutin, kulitmu akan terlihat segar dan awet muda.

Dari segi tekstur, serum Korea ini memiliki tekstur cair dengan warna kecoklatan. Tekstur tersebut membuatnya dapat dengan mudah meresap ke dalam lapisan kulit. Meski memiliki aroma ginseng, tapi tidak terlalu kuat (strong) dan mengganggu.

Demikian tadi deretan rekomendasi skincare untuk kulit kering yang bisa Sedulur coba. Semoga dengan rekomendasi ini, kamu bisa mendapatkan kulit yang halus dan glow up ya!