rekomendasi physical sunscreen

Physical sunscreen menjadi produk kecantikan yang banyak dicari di daerah tropis seperti Indonesia. Hal ini tak lepas dari cukup seringnya paparan sinar matahari yang bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Umumnya, rekomendasi physical sunscreen yang bagus untuk daerah tropis adalah produk dengan tingkat Sun Protection Factor (SPF) tinggi.

Sinar matahari memang memiliki manfaat yang bagus untuk metabolisme tubuh. Namun, kandungan sinar UV jadi salah satu hal yang perlu dihindari. Untuk itu, diperlukan penggunaan physical sunscreen untuk mengeliminasi sinar UV agar tidak langsung mengenai kulit. Penggunaan physical sunscreen juga membantu Sedulur untuk terhindar dari berbagai macam masalah seperti kulit terbakar, kulit belang, kanker kulit, dan lainnya.

Nah, agar Sedulur bisa tetap bisa beraktivitas tanpa harus terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Sebaiknya simak deretan rekomendasi physical sunscreen yang dapat menghalau berbagai macam sinar UV yang berbahaya untuk tubuh berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Terbaik 2023!

Apa itu Physical Sunscreen?

rekomendasi physical sunscreen
Prevention

Physical sunscreen bekerja berbeda dengan chemical sunscreen, di mana ia membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit untuk memantulkan sinar UV. Terbuat dari bahan mineral seperti zinc oxide dan titanium dioxide, physical sunscreen efektif melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Keunggulan utama physical sunscreen adalah kemampuannya dalam melindungi kulit sensitif tanpa menimbulkan iritasi, serta memberikan perlindungan instan begitu Sedulur mengaplikasikannya.

Manfaat Physical Sunscreen

rekomendasi physical sunscreen
Health

Physical sunscreen atau sunscreen fisik adalah produk perlindungan kulit yang menggunakan bahan aktif mineral seperti Zinc Oxide atau Titanium Dioxide untuk menciptakan penghalang di permukaan kulit. Pentingnya menggunakan physical sunscreen adalah karena jenis sunscreen ini memiliki beberapa keunggulan dan manfaat penting dalam melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

  • Memberi perlindungan langsung

Physical sunscreen bekerja dengan cara membentuk lapisan fisik di atas kulit yang langsung menghalangi sinar UV agar tidak langsung mengenai kulit. Hal ini membantu melindungi kulit secara instan dan mencegah sinar UV meresap ke dalam kulit. Keberadaan lapisan fisik ini membuat physical sunscreen efektif dalam menghalangi bahaya sinar UVA dan UVB.

  • Langsung kasih perlindungan sejak digunakan

Keunggulan physical sunscreen adalah tidak diperlukan waktu tunggu untuk efek perlindungannya terjadi. Begitu Sedulur mengaplikasikan physical sunscreen pada kulit, Sedulur mendapatkan perlindungan instan. Ini berbeda dengan beberapa jenis chemical sunscreen yang memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai efektivitas perlindungan penuh.

  • Tahan lama

Physical sunscreen memiliki umur simpan yang lebih lama daripada chemical sunscreen. Ini berarti Sedulur tidak perlu mengganti produk terlalu sering, menghemat waktu dan uang.

  • Cocok untuk kulit sensitif

Physical sunscreen cenderung lebih cocok untuk kulit sensitif karena tidak mengandung bahan kimia yang bisa meresap ke dalam kulit. Ini mengurangi risiko iritasi dan reaksi alergi pada kulit sensitif.

  • Perlindungan untuk semua orang

Karena physical sunscreen tidak diserap oleh kulit dan bekerja di permukaan, produk ini aman digunakan oleh semua orang, termasuk bayi dan wanita hamil. Namun, penting juga untuk diingat bahwa physical sunscreen mungkin meninggalkan jejak putih pada kulit dan memiliki tekstur yang lebih tebal. 

Melihat deretan manfaat physical sunscreen di atas, Sedulur tentu menjadi paham bahwa produk ini bisa memberikan perlindungan instan dan efektifitas melawan sinar UV secara langsung. Physical sunscreen juga menjadi produk yang baik untuk menjaga kesehatan kulit tapi juga penampilan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik Untuk Kamu Coba

Rekomendasi physical sunscreen

Lantas, apa saja rekomendasi physical sunscreen? Berikut ini daftar rekomendasi yang bisa Sedulur pilih.

1. Axis Y Complete Physical Sunscreen

rekomendasi physical sunscreen
Allure

Dalam dunia perawatan kulit, Axis Y Complete No-Stress Physical Sunscreen menjadi pilihan yang luar biasa. Formula inovatif yang digunakan dalam produk ini menggabungkan bahan dasar Mugwort yang dikenal memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi untuk kulit. Kombinasi dengan niacinamide dan Squalane memberikan manfaat tambahan dengan membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. 

Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan Calendula, Green tea extract, dan grape extract yang memiliki sifat menenangkan dan membentuk lapisan pelindung alami di kulit, membantu melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari.

2. Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield

Jika Sedulur tengah mencari rekomendasi physical sunscreen dengan kandungan yang dapat mengatasi permasalahan jerawat dan peradangan, Votre Peau Skin Care Daily Facial Sun Shield mungkin menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya berfokus pada perlindungan dari sinar matahari, produk ini juga mengandung salicylic acid dan tranexamic acid yang membantu melawan jerawat dan peradangan. Dengan tambahan Zinc Oxide dan Titanium dioxide dengan SPF50 PA++, produk ini memberikan perlindungan yang optimal bagi kulit Sedulur.

3. Cosrx Aloe Soothing Sun Cream

rekomendasi physical sunscreen
Health

Mencari sunscreen yang mampu memberikan perlindungan dari sinar matahari sambil tetap menjaga kesejukan dan kenyamanan kulit? Cosrx Aloe Soothing Sun Cream bisa menjadi solusinya. Kandungan aloe vera dalam produk ini memberikan efek menenangkan pada kulit, sementara SPF50 PA+++ melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sebuah kombinasi yang sempurna untuk menjaga kulit tetap terlindungi dan nyaman.

Pengalaman menggunakan produk ini memberikan rasa kenyamanan. Teksturnya yang ringan dan mudah meresap membuat produk ini tidak meninggalkan kesan lengket atau berat di kulit. Ini adalah sunscreen yang nyaman untuk digunakan sehari-hari, baik sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit maupun sebagai dasar sebelum mengaplikasikan makeup.

4. Purito Comfy Water Sun Block

Dalam upaya melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, Purito Comfy Water Sun Block hadir sebagai pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Produk ini tidak hanya menawarkan perlindungan tinggi terhadap sinar UV, tetapi juga memberikan perawatan yang lembut untuk menjaga kesehatan kulit Sedulur. Purito Comfy Water Sun Block memiliki komposisi yang istimewa, dengan kehadiran Centella Asiatica dan Hyaluronic acid.

Centella Asiatica juga dikenal sebagai pegagan, telah lama dikenal karena sifat menenangkan dan penyembuhannya pada kulit.  Ini adalah bahan yang sangat berharga dalam dunia perawatan kulit karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan meredakan kemerahan.

Sementara itu, Hyaluronic acid adalah bahan yang efektif dalam menjaga kelembapan kulit. Dengan kepadatan molekulnya yang tinggi, Hyaluronic acid mampu menarik dan mengunci air, sehingga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Perlindungan dari sinar matahari adalah prioritas utama produk ini, karena sudah teruji dengan adanya sertifikasi SPF50 PA+++.

Purito Comfy Water Sun Block tidak hanya berfokus pada perlindungan saja, tetapi juga pada perawatan kulit secara menyeluruh. Dengan kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit, produk ini membantu mencegah kulit kering dan menjaga elastisitas kulit yang sehat. Mengintegrasikan perlindungan dan perawatan dalam satu produk, Purito Comfy Water Sun Block adalah rekomendasi physical sunscreen yang efektif untuk menjaga kulit Sedulur tetap terlindungi, sehat, dan terawat.

5. Krave Beauty The Beet Shield

Krave Beauty The Beet Shield adalah contoh lain dari rekomendasi physical sunscreen yang tidak hanya menawarkan perlindungan optimal terhadap sinar matahari, tetapi juga memanjakan kulit Sedulur dengan manfaat menenangkan yang unik. Produk ini memiliki komposisi yang memadukan manfaat beet root extract dengan perlindungan maksimal dari sinar UV.

Beet root extract telah lama dikenal karena sifat menenangkannya pada kulit. Ini adalah bahan alami yang kaya akan antioksidan dan vitamin, yang membantu meredakan peradangan dan memberikan kelembutan pada kulit Sedulur. Dengan adanya kandungan ini, Krave Beauty The Beet Shield memberikan pengalaman yang lembut dan menyenangkan saat diaplikasikan pada kulit.

Kemampuan SPF50+ PA++++ pada produk ini memberikan perlindungan penuh dari spektrum sinar UV. SPF yang tinggi membantu melindungi kulit Sedulur dari efek buruk sinar matahari, seperti penuaan dini dan risiko kanker kulit. Perlindungan ini penting terutama ketika kita berbicara tentang sinar UV yang merusak kulit secara perlahan. Selain itu, Krave Beauty The Beet Shield juga menghadirkan kualitas ringan dan mudah meresap pada kulit. Formula ini dirancang untuk tidak meninggalkan rasa berat atau lengket, sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

6. Make Prem UV Defense Me Blue Ray Sun Gel

rekomendasi physical sunscreen
Reader Digest

Dalam dunia perawatan kulit modern, tidak hanya sinar UV yang menjadi perhatian. Sinar biru, terutama yang berasal dari cahaya matahari, juga dapat merusak kulit dan memicu masalah seperti penuaan dini. Di sinilah Make Prem UV Defense Me Blue Ray Sun Gel hadir sebagai solusi yang tepat. Dengan kandungan SPF50 PA+++, produk ini tidak hanya melindungi kulit Sedulur dari paparan sinar UV, tetapi juga menghadirkan perlindungan tambahan terhadap sinar biru.

Sinar biru, atau blue light, dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kulit kusam dan kerutan. Teksturnya yang ringan dan mudah meresap membuat produk ini sangat nyaman digunakan. Tidak hanya memberikan perlindungan, Make Prem UV Defense Me Blue Ray Sun Gel juga membantu menjaga kulit tetap lembap dan tidak kering akibat paparan sinar matahari.

7. Dear, Klairs Soft Airy UV Essence

Mengatasi rasa lengket setelah menggunakan sunscreen adalah masalah umum, tetapi Dear, Klairs Soft Airy UV Essence hadir dengan solusi yang sempurna. Dengan formula berbasis air, produk ini cepat meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket yang mengganggu. Kelebihan lainnya adalah kandungan SPF50+ PA++++ yang memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UV, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Sedulur. 

8. Dr. Jart+ Every Sun Day Mineral Sunscreen

Perlindungan fisik dari sinar matahari adalah fokus utama Dr. Jart+ Every Sun Day Mineral Sunscreen. Dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide, produk ini tidak hanya memberikan perlindungan luas terhadap spektrum sinar UV, tetapi juga melindungi kulit dengan cara yang aman dan efektif. SPF50+ PA+++ menambahkan lapisan perlindungan tambahan, menjadikan produk ini pilihan yang sangat baik untuk kebutuhan perlindungan kulit Sedulur.

9. Neogen Dermalogy Day-Light Protection Sun Screen

rekomendasi physical sunscreen
Allure

Sinar matahari tidak hanya membawa bahaya dari sinar UV, tetapi juga sinar biru yang dapat merusak kulit. Neogen Dermalogy Day-Light Protection Sun Screen hadir dengan solusi ganda untuk melindungi kulit Sedulur. Dengan kandungan rose, lemongrass, dan lavender oil, produk ini tidak hanya melindungi dari sinar UV, tetapi juga menenangkan kulit dari pengaruh buruk sinar biru. 

SPF50 PA+++ memberikan perlindungan tambahan, menjadikan kulit Sedulur tetap terjaga dan terlindungi. Dalam hal ini, produk ini menawarkan perlindungan komprehensif terhadap paparan sinar matahari, termasuk sinar biru yang dapat merusak kolagen kulit.

10. COSRX Aloe Soothing Sun Cream

COSRX Aloe Soothing Sun Cream adalah pilihan rekomendasi physical sunscreen yang menarik bagi mereka yang mencari sunscreen dengan manfaat tambahan. Selain melindungi kulit dari sinar matahari, produk ini juga mengandung aloe vera yang terkenal dengan efek menenangkan dan pelembapannya.

Aloe vera memiliki sifat alami yang membantu meredakan kulit yang teriritasi dan meradang akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kelembapan yang diberikan oleh aloe vera juga membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi selama aktivitas di luar ruangan. Dengan tambahan perlindungan SPF50 PA+++, produk ini memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV yang dapat merusak kulit.

11. Anessa Perfect UV Sunscreen Mild Milk

rekomendasi physical sunscreen
Health

Anessa Perfect UV Sunscreen Mild Milk menonjolkan perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB. Dengan kandungan SPF50+ PA++++, produk ini menjaga kulit Sedulur dari bahaya sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan kanker kulit.

Perlindungan yang tinggi ini penting terutama jika Sedulur sering beraktivitas di luar ruangan. Produk ini juga dapat memberikan kepercayaan ekstra kepada Sedulur ketika Sedulur ingin menjaga kesehatan kulit.

Keunggulan lain dari rekomendasi physical sunscreen ini adalah kemampuan untuk memberikan perlindungan lebih tinggi dari spektrum sinar matahari, termasuk sinar UVA yang dikenal lebih dalam penetrasi dan berpotensi merusak kolagen kulit.

12. Etude House Sunprise Mild Watery Light

Etude House Sunprise Mild Watery Light adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin melindungi kulit sambil memberikan perawatan khusus bagi kulit yang cenderung kering. Produk ini mengandung ceramide dan hyaluronic acid, yang merupakan bahan yang dikenal untuk melembapkan kulit. Ceramide membantu menjaga lapisan pelindung kulit dan mengurangi risiko kekeringan, sementara hyaluronic acid meningkatkan hidrasi kulit.

Dengan perlindungan SPF50+ PA+++, produk ini juga memberikan perlindungan optimal terhadap sinar UV yang dapat merusak kulit.  Memilih produk ini, Sedulur tidak hanya menjaga kulit dari paparan sinar matahari, tetapi juga memberikan perawatan ekstra untuk kulit yang lembut dan sehat.

13. La Roche-Posay Anthelios Melt-In Milk Sunscreen

Kulit kering seringkali membutuhkan perlindungan ekstra dan perawatan lembap. La Roche-Posay Anthelios Melt-In Milk Sunscreen hadir dengan solusi yang sempurna. Dengan SPF60, produk ini memberikan perlindungan tinggi terhadap sinar matahari yang dapat merusak kulit sensitif. Tidak hanya itu, produk ini juga dirancang khusus untuk kulit sensitif, sehingga Sedulur dapat merasa nyaman dan terlindungi sepanjang hari.

14. EltaMD UV Physical Broad-Spectrum SPF 41

Kulit sensitif dan kering membutuhkan perlindungan yang lembut dan efektif. EltaMD UV Physical Broad-Spectrum SPF 41 adalah jawabannya. Dengan mengandung zinc oxide dan titanium dioxide, produk ini memberikan perlindungan fisik yang efektif tanpa iritasi. Formula yang cocok untuk kulit sensitif menjadikannya pilihan yang sempurna untuk Sedulur yang ingin merawat kulit dan melindunginya dari efek buruk sinar matahari.

15. Supergoop! Unseen Sunscreen

Mencari sunscreen yang tidak meninggalkan jejak putih pada kulit dan cocok digunakan sebagai makeup primer? Supergoop! Unseen Sunscreen adalah solusinya. Selain memberikan perlindungan tanpa white cast, produk ini juga menghadirkan perlindungan SPF yang baik. Dengan tekstur yang ringan dan formula yang tidak lengket, Sedulur dapat dengan nyaman menggunakannya sebelum aplikasi makeup.

16. Paula’s Choice Essential Glow Moisturizer SPF 30

Prevention

Perlindungan dari sinar matahari penting, tetapi tidak boleh mengorbankan kelembapan kulit. Paula’s Choice Essential Glow Moisturizer SPF 30 adalah jawabannya. Kandungan ceramides dan antioxidants membantu menjaga kulit dari radikal bebas, sementara memberikan kelembapan yang diperlukan. SPF 30 memberikan perlindungan yang baik sambil menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

17. Troiareuke Acsen Daily UV Protector Essence

Jika Sedulur memiliki kulit berjerawat dan sensitif, Troiareuke Acsen Daily UV Protector Essence adalah pilihan yang tepat. Dengan kandungan tea tree oil, produk ini tidak hanya melindungi kulit dari sinar matahari dengan SPF50+ PA+++, tetapi juga membantu meredakan jerawat dan menjaga kesehatan kulit Sedulur.

18. Bioderma Photoderm Max Aquafluide SPF 50+

Bioderma Photoderm Max Aquafluide SPF 50+ adalah solusi ringan dan nyaman untuk melindungi kulit kering Sedulur. Dengan SPF 50+ dan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB, produk ini memberikan perlindungan optimal tanpa memberikan rasa berat pada kulit. Tekstur yang nyaman dan formulanya yang ringan menjadikannya pilihan yang tepat untuk kesehatan kulit Sedulur.

19. SkinCeuticals Physical Fusion UV Defense SPF 50

Salah satu produk sunscreen yang patut mendapatkan perhatian adalah SkinCeuticals Physical Fusion UV Defense SPF 50. Rekomendasi physical sunscreen ini tidak hanya memberikan perlindungan tinggi dari sinar matahari dengan SPF 50, tetapi juga mengandung plankton extract yang memiliki manfaat tambahan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Plankton extract ini memberikan perlindungan ekstra terhadap radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar UV, sehingga membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit.

20. La Roche-Posay Anthelios Melt-In Milk Sunscreen SPF 100

Jika Sedulur mencari perlindungan super tinggi terhadap sinar matahari, La Roche-Posay Anthelios Melt-In Milk Sunscreen SPF 100 adalah pilihan yang tepat. Dengan SPF 100, produk ini memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV B dan UV A. Perlindungan yang sangat tinggi ini membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, terutama bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap efek buruk sinar UV.

21. Coppertone Pure & Simple Baby Sunscreen Lotion

Byrdie

Melindungi kulit sensitif dan bayi dari sinar matahari menjadi prioritas utama. Coppertone Pure & Simple Baby Sunscreen Lotion adalah pilihan yang dapat diandalkan. Selain memberikan perlindungan dengan kandungan zinc oxide yang efektif, produk ini juga cocok untuk kulit sensitif dan bayi. Formula yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi mereka yang ingin memberikan perlindungan terbaik bagi kulit yang rentan.

22. Neutrogena Sensitive Skin Face Liquid Sunscreen

Kulit sensitif membutuhkan perlindungan tanpa iritasi tambahan. Neutrogena Sensitive Skin Face Liquid Sunscreen adalah pilihan yang tepat untuk kulit yang rentan. Dengan formula yang tidak mengandung pewangi, produk ini menjaga kulit Sedulur terlindungi dari sinar matahari tanpa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Perlindungan yang efektif dan formula lembut menjadikannya pilihan yang cocok untuk kesehatan kulit sensitif Sedulur.

Itu tadi beberapa rekomendasi physical sunscreen yang bisa Sedullur jadikan referensi untuk dibeli. Jangan khawatir karena semua produk physical sunscreen di atas memberikan perlindungan dari sinar matahari dan beberapa di antaranya juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Sedulur ya!