Rekomendasi masker wajah

Masker wajah umumnya diciptakan untuk memberikan banyak manfaat untuk kulit seperti membersihkan, melembapkan, mengurangi minyak berlebih, menenangkan kulit yang sensitif, menyamarkan tanda penuaan, dan lainnya. Untuk bisa mendapatkan semua manfaat itu, Sedulur harus mengetahui rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan yang memiliki kandungan bahan vitamin C, asam kojic, atau asam glikolat.

Namun, Sedulur juga harus paham bahwa penggunaan masker untuk mencerahkan kulit ini tidak bisa instan. Sedulur perlu rutin merawat kulit supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Masker sendiri biasanya tidak digunakan setiap hari, melainkan setiap 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Nah, berikut ini rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan wajah yang bisa Sedulur coba!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Masker Rambut Kering Terbaik, Anti Rontok!

1. Himalaya Purifying Neem Mask

Byrdie

Himalaya Purifying Neem Mask adalah salah satu rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan kulit. Himalaya sering dipilih karena klaimnya yang dapat membantu mengatur sekresi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang mengalami penyumbatan, dan mencegah munculnya jerawat.

-->

Masker ini dirancang untuk membersihkan kulit dan membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat dan komedo dari kandungan Neem. Neem sendiri memiliki sifat sebagai antibakteri yang membantu mengendalikan jerawat. Selain itu, masker ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit, sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi.

2. Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Healthline

Berikutnya, rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan yang juga populer di kalangan para muda-mudi. Dari namanya, kita tahu bahwa masker ini mengandung mugwort. Kandungan mugwort dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk membersihkan sekaligus menenangkan kulit.

Selain itu, klaim lainnya adalah mampu menekan dan menghilangkan jerawat dalam waktu 12 jam! Banyak pengguna masker ini juga menyukai pengalaman menggunakan masker karena mudah diaplikasikan ke wajah, mudah dibilas, dan tidak meninggalkan residu. Setelah dibilas, kulit tidak terasa kering atau ditarik.

3. Innisfree Super Volcanic Pore

Cosmopolitan

Merk dari Innisfree ini dikenal sebagai masker yang mampu menyerap minyak dua kali lebih banyak daripada produk Innisfree yang sebelumnya. Innisfree Super Volcanic Pore memiliki klaim 10 in 1 clay mask.

10 manfaat yang diklaim oleh Innisfree adalah mampu mengencangkan pori-pori, mengontrol sebum, membersihkan keratin, membersihkan debu halus, mengusir komedo, mampu deep cleansing, memberikan cooling effect, melembutkan tekstur kulit, memberikan elastisitas kulit, dan tentunya mencerahkan kulit.

4. Freeman Apple Cider Vinegar

Her Zindagi

Ada empat jenis klaim yang ada pada masker Freeman Apple Cider Vinegar ini. Pertama, masker ini bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dari seluruh kotoran yang menempel di permukaan, serta membersihkan menyeluruh hingga ke pori-pori terdalam. Berikutnya, butiran-butiran halus di dalam krimnya ternyata mampu mengatasi masalah kulit kasar.

Kemudian yang ketiga, masker ini juga salah satu rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan karena mengandung ekstrak cuka apel. Lalu klaim keempatnya adalah mampu menyerap kelebihan minyak di wajah. 

5. Somethinc Skin Goals Wash Off Mask

Penn Medicine

Kandungan bahan-bahan alami pada Somethinc Skin Goals Wash Off Mask dapat membantu membersihkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit wajah. Di dalamnya terdapat kaolin yang memiliki manfaat menyerap minyak berlebih pada kulit, membersihkan pori-pori, dan mengurangi jerawat.

Ada pula kandungan lain seperti SabiWhite yang membantu mencerahkan kulit, bersifat anti-radiasi dan sebagai antioksidan. Kandungan lainnya seperti Alpha Arbutin, Glycyrrhiza Glabra Root (Licorice) Extract, Glutathione, dan lain-lain membantu mengurangi bekas jerawat dan membantu hiperpigmentasi  pada kulit.

6. The Body Shop Tea Tree 3 IN 1

Pinterest

The Body Shop diformulasikan menggunakan tea tree oil yang mampu membersihkan wajah dengan baik. Masker yang satu ini juga mengandung kaolin clay yang membuat kulit terlihat matte bebas minyak, serta perlite dari tanah vulkanik yang bekerja sebagai eksfoliator pada kulit.

7. Laneige Water Sleeping Mask

Pop Sugar

Laneige Water Sleeping Mask adalah masker tidur yang dirancang untuk memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit selama tidur. Masker ini membantu menjaga kelembapan pada kulit selama tidur, sehingga kulit terasa lebih lembut dan kenyal. Selain itu, Laneige Water Sleeping Mask juga ini mengandung ekstrak yuzu, yang membantu meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan tekstur kulit.

Jika Sedulur cocok dengan masker ini, Sedulur juga perlu tahu bahwa di dalamnya juga terdapat formula hipoalergenik bebas minyak, PEG, dan pigmen yang memberikan efek relaksasi pada kulit. Dengan manfaat tersebut, tak heran jika dalam ukuran 70 ml, Laneige dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp470 ribu.

8. Cleora Intensive Glow Mask

InStyle

Rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan berikutnya datang dari merk Cleora. Masker dengan kemasan kuning cantik ini memiliki kandungan ekstrak teh hijau dan mugwort, centella asiatica, aloe vera, dan niacinamide. Bahan-bahan tersebut memiliki manfaat untuk melembutkan kulit, membersihkan pori-pori, menenangkan kulit, dan dapat membantu kulit terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.

9. Oh My Skin! Organic Face Mask

HealthShots

Sesuai namanya, Oh My Skin! Organic Face Mask terbuat dari bahan-bahan organik dan alami yang bermanfaat untuk kulit. Terdapat empat jenis masker dengan manfaat masing-masing yang berbeda. Empat jenis itu adalah matcha, milk, choco, dan coffee.

Masker matcha bermanfaat untuk mencerahkan, mengencangkan, dan menutrisi kulit wajah. Lalu masker milk memiliki klaim mampu membantu wajah menajdi glowing dan kencang. Berikutnya masker choco, baik untuk relaksasi kulit wajah dan menghaluskan kulit. Terakhir adalah masker coffee yang berfungsi mengangkat sel kulit mati.

10. Mustika Ratu Peel Off Mask Lemon

Lifestyle Hong Kong

Merk legendaris yang satu ini juga masuk ke dalam rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan kulit. Dengan tekstur gel, masker akan lebih segar digunakan dalam keadaan dingin. Masker ini mengandung vitamin C dan ekstrak lemon yang membuat akan membuat kulit terasa lebih kencang dan cerah.

11. Viva White Waterdrop Sleeping Mask

Byrdie

Dengan harga yang terjangkau, Viva White Waterdrop Sleeping Mask menawarkan masker yang bisa membantu mengenyalkan kulit, mencerahkan wajah, menghidrasi kulit, dan menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit wajah. Di dalamnya terdapat zat alami sekaligus zat aktif seperti spirulina extract, collagen, licorice extract, aloe vera, dan betaine.

BACA JUGA: Wajib Dicoba! 8 Rekomendasi Masker Pengecil Pori Pori Wajah

12. Namo.id Organic Face Mask

India Today

Terakhir adalah rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan dari merk Namo.id. Masker ini memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan dan menyamarkan pori-pori wajah sekaligus menutrisi kulit. Terdapat varian yang berbeda, diantaranya green tea, charcoal face, coffee face, dan varian cocoa face mask.

Masker wajah dari bahan alami

Selain merk masker wajah di atas, Sedulur juga bisa membuat masker wajah dari bahan alami sebagai alternatif cara yang Sedulur lakukan. Sedulur bahkan bisa membuat sendiri masker wajah dari bahan alami agar lebih hemat.

Nah berikut ini beberapa masker wajah dari bahan alami berikut dengan cara membuatnya. Apa saja? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Masker oatmeal untuk wajah yang kusam

Bahan pertama yang pastinya tak boleh terlewat adalah oatmeal. Ia punya khasiat mencerahkan dan melembutkan wajah yang beberapa bulan ini mungkin menggelap dan kusam karena kurang dirawat dan terus terpapar sinar matahari. Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdm oatmeal
  • 1 sdm madu
  • Sejumput bubuk kayu manis atau bubuk kakao (opsional)

2. Masker dari kunyi dan jeruk lemon

Masker alami untuk memutihkan wajah bisa dibuat dari kunyit dan air perasan lemon. Mudah banget dan dijamin berguna melawan hiperpigmentasi. Kunyit juga bisa meredakan iritasi karena jerawat, sementara lemon mampu membersihkan komedo. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu:

  • 1 sdm kunyit bubuk atau kunyit yang diparut dan diambil airnya
  • 1 sdm perasan jeruk nipis atau lemon
  • Madu atau daging alpukat kalau masker terlalu cair

3. Masker dari yoghurt

Yogurt memiliki kandungan lactic acid yang baik untuk meregenerasi kulit yang kusam. Ditambah kunyit dan madu yang melembabkan dan mencerahkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu:

  • 1 sdm yogurt tanpa pemanis dan perasa
  • 1 sdm bubuk kunyit
  • 1 sdm madu

4. Masker lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam salisilat yang baik untuk meredakan jerawat, ia juga kaya vitamin A, B, C, dan E yang bisa membuat kulit tampak berseri dan lembut, sekaligus melembabkannya. Ditambah bubuk kakao yang bisa membantu membersihkan pori dan mencerahkan wajah. Sementara pepaya dipercaya bisa membantu mempercepat proses eksfoliasi. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya:

  • Daging buah pepaya secukupnya
  • Daging lidah buaya sesuai kebutuhan
  • 1 sdm bubuk kakao

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Merawat Wajah

Deretan resep di atas bisa jadi cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak maupun dewasa. Namun, perhatikan beberapa hal berikut sebelum mengaplikasikannya ke wajah, yaitu:

  • Kita tidak pernah tahu seberapa sensitif wajah kita saat terpapar zat tertentu. Meski alami, tetap lakukan percobaan dulu dengan mengaplikasikan masker buatanmu pada tangan dan tunggu beberapa saat untuk tahu reaksinya. Bila sudah aman, langsung aplikasikan saja pada wajah.
  • Bersihkan wajah dulu sebelum menggunakan masker. Lalu, bersihkan dengan handuk yang bersih sampai kering sebelum mengaplikasikan masker buatanmu tadi.
  • Boleh menggunakan bahan yang hampir kadaluarsa, tetapi jangan yang sudah melewati tanggal maksimal pemakaian.
  • Pakai masker DIY saat itu juga. Mengingat masker ini tidak dilengkapi bahan pengawet, masa pakainya pun sangat singkat. Segera pakai setelah dibuat. Atau simpan dalam kulkas, tetapi jangan dibiarkan berhari-hari.
  • Masker tidak perlu dipakai setiap hari. Proses merawat kulit dengan masker cukup dilakukan 1-2 kali seminggu. Ada beberapa bahan yang justru tidak disarankan untuk dipakai tiap hari, seperti minyak zaitun misalnya.
  • Riset baik-baik tiap bahan yang akan kamu pakai, apakah mereka benar-benar aman dan cocok untuk tipe kulitmu. Bahan seperti minyak kelapa misalnya tidak disarankan untuk pemilik wajah berminyak, begitu pula dengan perasan jeruk lemon yang wajib diwaspadai pemilik kulit kering.
  • Imbangi dengan pola hidup sehat dan skincare kimia. Bagaimanapun kamu tidak akan mencapai wajah sempurna jika tidak mendukung perawatan wajah alami dengan pola hidup sehat dan tentunya bantuan bahan kimia yang sudah teruji dan terkontrol kadarnya. Setidaknya pakai tiga produk perawatan kulit yang esensial, yaitu pembersih wajah, toner, pelembab, dan bila perlu tabir surya.

Demikian rekomendasi masker wajah untuk mencerahkan kulit. Untuk mencapai kulit yang cerah dan sehat, perawatan wajah yang teratur dan seimbang sangat dianjurkan. Hal itu meliputi upaya menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk perawatan wajah yang tepat untuk jenis kulit Sedulur, kemudian ditunjang oleh konsumsi makanan yang sehat dan bergizi.