rambut militer korea

Gaya rambut militer Korea, belakangan ini menjadi salah satu potongan rambut yang sangat populer di kalangan para pria. Selain low maintenance, gaya rambut cepak ini juga mampu membuat penampilan terlihat lebih rapi dan tentu saja macho.

Jika sebelumnya Sedulur berpikir potongan rambut cepak ala militer hanya itu-itu saja, maka hal itu salah besar. Seiring dengan perkembangannya, gaya rambut pendek pria yang satu ini kini memiliki banyak jenis potongan yang beragam.

BACA JUGA: 16 Cara Menghaluskan Rambut Pria Secara Alami

Rekomendasi Rambut Militer Korea

Nah, bagi Sedulur yang memiliki rencana untuk upgrade penampilan dengan gaya rambut baru, atau jika rambut mulai gondrong dan terasa gerah, maka simak beberapa inspirasi rambut militer Korea yang ada di bawah ini!

1. Comb over with drop fade

rambut militer korea
Netflix/D.P

Comb Over with Drop Fade adalah gaya rambut pria yang menggabungkan elemen comb over dengan drop fade. Bagian atas rambut dibiarkan lebih panjang dan disisir dari satu sisi kepala ke sisi lain, sehingga menciptakan tampilan yang teratur dengan bantuan pomade atau gel.

Kemudian pada bagian belakang dan samping, rambut dipangkas dalam gaya drop fade. Drop fade merupakan variasi dari gaya fade di mana panjang rambut secara perlahan memudar turun dari bagian atas ke bagian belakang dan samping, menciptakan efek pucat atau memudar.

2. Buzz cut

Buzz Cut merupakan salah satu gaya rambut militer Korea yang sangat pendek, di mana rambut dicukur hampir rata dengan kulit kepala. Gaya ini dikenal karena kesederhanaannya serta kepraktisannya, dan seringkali memberikan tampilan yang bersih dan teratur.

Meskipun buzz cut pada dasarnya sangat pendek, ada beberapa variasi yang memungkinkan sedikit personalisasi. Sebagai contoh, Sedulur bisa memilih untuk meninggalkan panjang sedikit lebih banyak di bagian atas atau samping.

3. Crew cut

Crew Cut adalah gaya rambut pria yang klasik dan sering menjadi pilihan populer, karena tatanannya yang sederhana dan juga mampu menghadirkan tampilan yang rapi. Bagian samping dan belakang kepala dicukur sangat pendek (fade), sehingga menciptakan kontras dengan panjang di bagian atas kepala.

Kemudian panjang rambut akan bertambah secara bertahap dari bagian belakang hingga ke bagian atas kepala. Untuk bagian atasnya, bisa tetap pendek ataupun dibuat dengan panjang sedang, tergantung pada keinginan dan preferensi Sedulur.

4. Flat top

Flat Top merupakan gaya rambut pria yang khas dengan bagian atas rambut yang rata dan datar. Gaya rambut militer Korea yang satu ini, menciptakan tatanan yang mendatar di bagian atas kepala, sehingga memberikan tampilan yang unik dan terasa dramatis.

Ciri paling mencolok dari gaya rambut flat top sendiri, yakni ada pada bagian atas rambut yang dipotong rata dan datar. Ya, flat top memang kental akan gaya retro dan sering dikaitkan dengan era 1960-an. Kendati demikian, gaya ini masih populer dan sering ditemukan dalam variasi modern.

5. French crop

French Crop adalah gaya rambut pria yang terbilang ringkas, modern, dan juga terlihat rapi. Gaya ini menampilkan potongan rambut yang pendek di bagian samping dan belakang kepala, sementara bagian atasnya tetap sedikit lebih panjang.

French Crop mampu menciptakan tatanan yang simetris dengan bagian atas yang dipoles untuk menciptakan bentuk dan tekstur yang rapi. Gaya rambut ini juga bersifat modern dan trendi. Jadi walaupun memiliki elemen klasik, variasi modernnya membuatnya tetap relevan dan populer.

6. High and tight

High and Tight merupakan gaya potongan rambut pria yang bersifat militer dan bersih. Gaya ini dikenal dengan bagian samping dan belakang yang sangat pendek dengan bagian atas sedikit lebih panjang. Potongan ini memberikan tatanan yang bersih dan rapi, menciptakan tampilan yang disiplin dan terstruktur.

High and Tight juga benar-benar merepresentasikan akan gaya rambut militer dan memberikan kesan maskulin yang kuat. Jadi tidak heran jika gaya rambut ini sering dipilih oleh orang-orang yang menginginkan tampilan yang praktis dan tegas.

BACA JUGA: 30+ Inspirasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping yang Stylish!

7. Ivy league

rambut militer korea
TvN/Crash Landing on You

Ivy League adalah gaya rambut pria yang terkesan klasik dan elegan, terinspirasi oleh tatanan rambut yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa di universitas-universitas Ivy League di Amerika Serikat. Gaya ini menciptakan tampilan yang rapi, teratur, dan profesional.

Ivy League menciptakan potongan rambut yang simetris di seluruh kepala, dengan perhatian khusus pada kesimetrian antara bagian atas, samping, dan belakang. Potongan rambut ini memberikan tampilan yang formal dan profesional, membuatnya cocok lingkungan kerja formal seperti militer.

8. Side swept undercut

Side Swept Undercut merupakan gaya rambut pria yang menggabungkan elemen potongan rambut undercut dengan bagian atas rambut yang disisir ke samping. Gaya ini menciptakan tampilan yang modern, edgy, dan juga sangat trendi.

Side Swept Undercut memberikan fleksibilitas dalam tatanan. Rambut dapat disisir ke samping dengan variasi panjang yang berbeda, memberikan kesan yang santai namun tetap tajam. Gaya ini memberikan kesan yang berani dan modern, menciptakan tampilan trendi sekaligus eksperimental.

9. Texture fade

Texture Fade adalah potongan rambut yang menggabungkan teknik potong dengan efek tekstur. Hal ini melibatkan penciptaan lapisan atau gradasi yang halus dalam panjang rambut untuk menciptakan tampilan yang lebih tekstur dan modern.

Terdapat penekanan yang lebih banyak pada rambut, sehingga menciptakan lapisan atau efek bertekstur. Texture Fade juga memberikan tampilan yang lebih modern dan terstruktur dibandingkan dengan beberapa potongan rambut tradisional, menciptakan kesan yang lebih segar dan bergaya.

10. Short pomp

Short Pomp merupakan gaya potongan rambut yang merujuk pada varian pendek dari model rambut Pompador. Pompador sendiri adalah gaya rambut yang awalnya populer pada tahun 1950-an. Potongan ini memiliki bagian atas yang panjang dan lembut, dengan sisi dan belakang yang lebih pendek.

Nah, versi pendek dari Pompador ini disebut dengan Short Pomp. Meskipun pendek, Short Pomp tetap mempertahankan unsur tekstur dan volume. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan produk styling dan teknik potong yang menciptakan efek bertekstur.

11. Military spiky haircut

Military Spiky Haircut mengacu pada potongan rambut yang terinspirasi oleh standar grooming militer, yang mencerminkan tampilan rapi, singkat, dan teratur. Gaya rambut militer Korea ini sering digunakan oleh banyak pria karena kemudahan perawatannya dan kesan maskulinnya.

Bagian atas rambut, terutama di bagian depan, sering diatur menjadi spike menggunakan produk styling seperti pomade. Spiky styling mampu menciptakan tampilan yang lebih kasual dan modern. Potongan rambut ini juga menekankan kesan keteraturan dan kebersihan.

12. Disconnected skin fade

rambut militer korea
Unsplash/Kenzie Kraft

Disconnected Skin Fade merupakan gaya potongan rambut yang mencakup kombinasi antara efek disconnected dan skin fade. Ini adalah potongan rambut yang modern dan mencolok, yang mampu menampilkan perbedaan yang jelas antara bagian atas rambut, samping, dan belakang.

Bagian atas rambut biasanya dibiarkan lebih panjang untuk menciptakan lapisan dan tekstur. Bisa dibilang jika Disconnected Skin Fade adalah potongan rambut yang berani dan modern, menampilkan perbedaan yang mencolok antara panjang dan pendek, serta menciptakan tampilan yang kuat dan menarik.

Nah, mungkin hanya itu sederet model rambut militer Korea yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Semua gaya rambut yang ada di atas, memang mampu membantu dalam mewujudkan tampilan yang terkesan rapi, bersih, dan juga maskulin.

Kendati demikian, Sedulur juga perlu menyesuaikan model rambut yang dipilih dengan bentuk wajah. Pasalnya, tingkat kecocokan gaya rambut yang dipilih sangat bergantung dengan bentuk wajah yang menerapkannya.