cara menghaluskan rambut secara alami pria

Dibandingkan perempuan, pria tentu saja lebih cuek jika bicara tentang rambut. Ada yang melakukan perawatan dengan hanya menggunakan shampo secukupnya, bahkan ada yang tidak melakukan perawatan sama sekali. Namun, apabila ingin memiliki rambut yang memukau tentu bisa mencoba cara menghaluskan rambut secara alami pria.

Apalagi umumnya rambut pria memang cenderung kasar dan kaku. Dimana masalah ini bisa memicu banyak kerusakan pada rambut, mulai dari kerontokan hingga kebotakan dini. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut perlu diketahui seperti apa cara menghaluskan dan merawat rambut pada pria.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi cara menghaluskan rambut secara alami pria. Seperti apa saja rekomendasinya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minyak Gel Rambut Pria Terbaik yang Anti Lengket!

Cara Menghaluskan Rambut Secara Alami Pria

cara menghaluskan rambut secara alami pria
Unsplash/Elijah Hiett

Terdapat beberapa cara menghaluskan rambut secara alami pria yang bisa jadi pilihan Sedulur. Tentu saja cara alami lebih terpercaya dan lebih aman bagi kesehatan itu sendiri. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama beberapa rekomendasinya.

Berikut ini beberapa tips dan cara menghaluskan rambut secara alami yang bisa jadi pilihan Sedulur:

1. Pilih shampo yang tepat

Cara yang pertama yang perlu Sedulur perhatikan yaitu dengan memilih dan menggunakan produk shampo yang tepat. Hal ini merupakan hal paling pertama yang harus Sedulur lakukan adalah memilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Sedulur.

Saat membeli shampo dan kondisioner pastikan formulanya sesuai dengan  kondisi rambut Sedulur. Misalnya untuk rambut berminyak, kering, atau rusak. Jangan lupa juga perhatikan jenis rambut Sedulur, apakah rambut tebal, lurus atau ikal.

Karena selain formula shampo, jenis rambut juga wajib dipertimbangkan disertai dengan kondisi rambut yang dapat membuat perawatan rambut Sedulur semakin prima dan terhindar dari rambut yang kaku.

2. Jangan keramas setiap hari

Tidak sedikit orang yang justru keramas setiap hari dengan dalih supaya rambut tetap bersih dan sehat. Padahal, keramas setiap hari justru dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Rambut sendiri membutuhkan minyak alami agar tetap sehat.

Dengan keramas setiap hari, rambut tentu akan kehilangan minyak alami untuk kesehatan rambut itu sendiri. Saran lebih baik dan normal yaitu dengan keramas dua atau tiga kali dalam seminggu saja. Namun, jika kondisi rambut sudah sangat kotor, tidak masalah jika Sedulur ingin berkeramas.

3. Gunakan kondisioner

Selain menggunakan shampo, Sedulur juga harus menggunakan kodisioner. Shampo dan kondisioner dapat membuat rambut tetap sehat. Selalu gunakan kondisioner setelah berkeramas. Usapkan kondisioner pada rambut secara merata.

Biarkan selama 2-5 menit, lalu bilas hingga bersih. Hindari menggunakannya sampai kulit kepala, cukup pada ujung rambutnya saja. Kondisioner membantu mengunci kelembapan sehingga rambut menjadi lebih halus dan tampak sehat.

4. Hindari penggunaan air panas

Jangan mencuci rambut dengan air panas.  Air panas justru membuat rambut semakin kering dan kaku. Gunakan air dengan suhu normal atau air dingin saja. Kendati pun rambut jika dibilas dengan air panas dapat memberikan relaksasi, namun akan memberikan efek yang buruk.

Nah, Sedulur harus menghindari penggunaan air panas saat membilas rambut, terutama saat berkeramas. Jika pun ingin, Sedulur jangan setiap hari berkeramas menggunakan air panas. Biasakan dengan menggunakan air dingin atau dengan air suhu normal.

5. Lindungi rambut dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat membuat rambut semakin kering dan kaku. Saat di bawah sinar matahari, lindungi rambut menggunakan topi atau syal.  Hal ini perlu Sedulur perhatikan, terutama bagi Sedulur seringkali beraktivitas di luar.

Bagi Sedulur yang seringkali beraktivitas di lapangan dan di luar ruangan, melindungi rambut dengan menggunakan topi dan syal bisa menjadi pilihan untuk terhindari dari sinar matahari agar rambut tidak kaku.

6. Hindari penggunaan cat rambut

Minimalkan penggunaan pewarna rambut atau perming rambut yang dapat merusak tekstur rambut. Batasi penggunaannya dan tunggu setidaknya 6 minggu di antara dua perawatan rambut tersebut. Walaupun penggunaan cat rambut sedang menjadi tren dan dapat membuat penampilan terlihat gaya.

Namun demi kesehatan rambut, tentu Sedulur harus menghindari penggunaan cat rambut. Hal ini tentu saja demi kebaikan dan kesehatan rambut Sedulur itu sendiri.

7. Menggunakan santan kelapa

Siapa bilang santan hanya bisa dipakai untuk membuat masakan atau resep saja? Sedulur juga bisa memanfaatkan santan untuk melembapkan rambut yang kering dan kaku. Namun, santan yang akan dipakai untuk merawat rambut sebaiknya berupa santan alami yang diperas dari buah kelapa asli.

Berikut adalah cara melemaskan rambut dengan memanfaatkan santan:

  • Peras kelapa yang sudah diparut, lalu ambil air santannya.
  • Oleskan santan ke rambut dan kulit kepala sembari diberi pijatan ringan. Diamkan selama kurang lebih satu jam.
  • Setelah satu jam berlalu, bilas santan di rambut dan kulit kepala, lalu lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo seperti biasa.

8. Menggunakan susu

Sudah menjadi rahasia umum jika susu sering digunakan sebagai salah satu bahan alami pelengkap produk kecantikan atau perawatan diri. Ternyata, selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, susu bisa dimanfaatkan untuk melemaskan rambut secara alami.

 Cara melemaskan rambut kaku dengan susu murni pun terbilang cukup mudah, yakni sebagai berikut:

  • Campurkan susu dan air bersih dengan perbandingan 1:1.
  • Masukkan campuran air susu ke dalam botol semprot (spray).
  • Semprotkan air susu ke rambut yang kering sambil diratakan dengan jari tangan.
  • Diamkan selama satu jam, lalu cuci bersih rambutmu dengan shampo.

9. Lidah buaya

Lidah buaya masuk dalam daftar pelembap alami yang sangat efektif mengembalikan kelembapan rambut yang kering dan kaku. Pasalnya, gel lidah buaya mengandung komposisi kimia yang sama dengan keratin, protein yang berperan besar dalam membentuk rambut.

Gel lidah buaya sendiri bisa didapatkan dari bagian dalam daun lidah buaya, maupun dibeli dalam kemasan yang sudah banyak dijual di pasaran. Lidah buaya alami dapat dipakai untuk melemaskan rambut dengan cara berikut ini:

  • Sisihkan gel lidah buaya dari kulitnya dan tempatkan gel di dalam sebuah wadah sebelum dipakai untuk merawat rambut.
  • Aplikasikan gel lidah buaya ke rambut dari akar hingga ujungnya, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Bilas rambut dengan air bersih dan lanjutkan dengan mencucinya dengan shampo.

10. Menggunkan seledri

Mendengar kata seledri, hal yang langsung mampir di kepala mungkin adalah salah satu jenis sayuran yang digunakan untuk melengkapi masakan. Namun, siapa sangka, tanaman yang identik dengan daun berwarna hijau ini rupanya juga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah rambut kaku.

Cari tahu cara melemaskan rambut dengan memanfaatkan seledri berikut ini:

  • Haluskan seledri secukupnya di dalam blender. Tambahkan sedikit air dan peras. Buang ampasnya dan gunakan air perasan seledrinya.
  • Basuhkan air seledri ke seluruh kulit kepala dan berikan pijatan ringan agar airnya meresap ke dalam kulit kepala.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu cuci rambut dengan shampo.

BACA JUGA: 30+ Inspirasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping yang Stylish!

11. Jojoba oil dan vitamin E

cara menghaluskan rambut secara alami pria
Pexels/Ron Lach

Minyak jojoba adalah salah satu bahan alami yang diekstrak dari tumbuhan jojoba. Sedulur bisa memakai minyak ini untuk melembapkan dan melemaskan rambut yang kaku. Hal ini karena jojoba oil memiliki manfaat alami untuk menghidrasi dan mengunci kelembapan rambut.

Selain minyak jojoba, vitamin E juga menjadi bahan alami lain yang bermanfaat melemaskan rambut. Pengaplikasian minyak vitamin E dipercaya mampu menjadi media sirkulasi bagi rambut, sehingga membuatnya tampak lemas, lembut, dan mudah bernapas.

12. Cuka apel

Mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi rambut, seperti vitamin B, vitamin C, dan kalium. Sifat cuka apel yang sedikit asam dapat mengeraskan lapisan luar rambut dan meratakan kutikula, sehingga menghasilkan rambut yang lembut dan tidak mudah kusut. Cara menghaluskan rambut dengan cuka apel juga cukup mudah, seperti di bawah ini:

  • Siapkan 2-4 sendok makan cuka apel dan 500ml air dingin. Setelah keramas dan membilas rambut, campur cuka sari apel dan air.
  • Tuangkan sedikit demi sedikit campuran air dan cuka apel ke seluruh bagian rambut secara merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 1-2 menit. Bilas rambut dengan air, lalu keringkan rambut menggunakan handuk bersih.

13. Menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis mempunyai fungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu menutup kutikula di sepanjang batang rambut, sehingga menjadikan rambut berkilau, halus, dan mudah diatur.

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen bermanfaat untuk melebatkan dan memanjangakan rambut. Terlebih lagi, sifat asam dari jeruk nipis dapat membuka folikel rambut yang tersumbat dan merangsang folikel yang tidak aktif.

Terbukanya folikel dapat mengatasi kerontokan rambut .Berikut ini adalah cara menghaluskan rambut dengan jeruk nipis yang dapat dilakukan seminggu sekali:

  • Pertama-tama, siapkan 2 sendok makan perasan jeruk nipis dan 1 gelas air.
  • Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduk.
  • Tuangkan campuran air dan jeruk nipis tersebut ke rambut, sambil pijat lembut kulit kepala.
  • Diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas rambut menggunakan air.

14. Wortel

Wortel memang sudah sangat terkenal dengan kandungan vitamin A nya. Wortel ternyata juga sangat bermanfaat untuk rambut. Selain dapat melembutkan rambut, wortel juga dapat mencegah rambut dari kerontokan. Cara menghaluskan rambut dengan masker wortel dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Ini langkah-langkahnya:

  • Ambil 1 buah wortel dan 2 sendok makan minyak kelapa.
  • Haluskan wortel dengan menggunakan blender hingga berbentuk pasta.
  • Campurkan pasta wortel tersebut dengan minyak kelapa.
  • Oleskan campuran ini pada rambut secara merata sambil dipijat-pijat.
  • Diamkan rambut selama 20 menit.
  • Bilas rambut menggunakan air dan sampo, lakukan cara menghaluskan rambut ini seminggu sekali.

Selain mencampurnya dengan minyak kelapa, wortel juga dapat dicampur dengan bawang bombay dan lemon untuk membuat masker rambut. Berikut adalah cara pembuatannya:

  • Siapkan 1 buah wortel, 1 bawang bombay, 2-3 sendok makan jus lemon, dan 2 sendok makan minyak zaitun.
  • Potong-potong wortel dan bawang bombay, lalu haluskan hingga menjadi pasta.
  • Campurkan pasta tersebut dengan jus lemon dan minyak zaitun.
  • Oleskan masker ini pada rambut secara merata.
  • Biarkan masker berada pada rambut selama 20 menit.

15. Pisang

Buah pisang merupakan buah yang sangat mudah didapatkan dan tidak mengenal musim atau selalu ada sepanjang tahun. Penggunaan pisang dapat digunakan sebagai cara menghaluskan rambut. Kandungan silika yang tinggi pada pisang dapat membantu menghaluskan rambut pria. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Persiapkan satu buah pisang susu yang sudah matang dan 2 sendok makan madu. Masukkan pisang susu ke dalam blender, haluskan hingga lembut.
  • Tuangkan pisang yang telah diblender ke dalam mangkok. Setelah itu, tuang madu dan aduk campuran pisang dan madu secara merata.
  • Oleskan campuran pisang dan madu pada seluruh rambut dengan cara dipijat-pijat agar meresap sampai kulit kepala.
  • Diamkan agar campuran benar-benar meresap ke kulit kepala kurang lebih selama 1 jam.
  • Bilas rambut dengan cara mencuci rambut menggunakan sampo, setelah itu keringkan rambut menggunakan handuk.

Cara menghaluskan rambut menggunakan pisang di atas dapat Sedulur dilakukan secara rutin seminggu sekali.

16. Pangkas rambut secara rutin

 Rambut yang kering dan kaku seringkali bercabang di bagian ujungnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Sedulur rutin memangkas rambut untuk  mengurangi ujung bercabang, dan memberi kesan rambut yang lebih sehat.

Jika Sedulur mengalami permasalahan rambut yang tak kunjung usai, Sedulur bisa segera tanya dokter spesialis rambut. Pasalnya, kerusakan rambut seperti kerontokan parah bisa menjadi pertanda suatu penyakit atau kondisi tubuh yang sedang parah.

Nah itulah beberapa rekomendasi cara menghaluskan rambut secara alami pria disertai dengan beberapa hal yang perlu dihindari. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur mengatasi kerusakan rambut.