Outfit naik gunung

Menjelajahi puncak gunung dapat menjadi kegiatan yang direkomendasikan untuk meredakan stres, terutama setelah masa pandemi. Dalam periode new normal ini, kesempatan untuk melepas penat setelah menjalani isolasi mandiri selama ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Tentu saja, ketika melakukan pendakian, pilihan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi outfit yang dapat memberikan kenyamanan pada saat mendaki dan memberikan kesan stylish yang tetap keren.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Outfit Traveling Pria Untuk Inspirasimu

1. Outfit naik gunung pria kece

outfit naik gunung
Pinterest

Mayoritas pendaki gunung adalah pria, namun seringkali mereka kurang memperhatikan fashion saat mendaki. Jika Sedulur juga merasa puas dengan outfit sederhana saat mendaki gunung, tidak masalah. Namun, mengapa tidak mencoba tampil stylish?

-->

Pertama-tama, pastikan jaket gunung yang Sedulur kenakan sesuai dengan postur tubuh Sedulur dan trendi. Pilih kemeja flanel untuk mengurangi rasa panas dan gerah saat mendaki, dan celana kargo yang nyaman dan hangat. Jangan lupa kenakan sepatu gunung yang match dengan outfit Sedulur.

Lengkapi penampilan dengan aksesori seperti buff, syal, dan beanie yang bisa melindungi wajah, leher, dan kepala dari udara dingin.

2. Outfit naik gunung cantik untuk perempuan

outfit naik gunung
Langkung

Outfit yang tepat untuk naik gunung tidak terlalu berbeda antara wanita dan pria. Pilih celana dan jaket parasut yang ringan dan nyaman untuk melindungi tubuh dari suhu dingin di gunung.

Kamu juga bisa memilih kemeja flanel yang menyerap keringat untuk digunakan saat mendaki di siang hari. Pilih sepatu atau sandal dengan desain khusus untuk mendaki gunung yang nyaman dan aman. 

Lengkapi dengan kacamata dan topi untuk melindungi dari sinar matahari dan debu. Bandana juga bisa digunakan sebagai aksesori rambut yang berguna untuk membuatmu terlihat stylish dan rambutmu tetap rapi selama aktivitas mendaki.

3. Outfit naik gunung untuk pengguna hijab

outfit naik gunung
Pinterest

Saat mendaki gunung, hijaber bisa tampil fashionable dan sopan dengan outfit yang nyaman dan sesuai dengan gaya. Kemeja flanel bisa menjadi pilihan utama yang ringan dan trendi, dipadukan dengan celana kargo yang warnanya sesuai dengan kemeja dan sepatu gunung yang pas.

Untuk hijab, pilih warna netral seperti hitam, abu-abu, cokelat, atau merah marun yang bisa disesuaikan dengan outfit. Sebagai pelengkap, gunakan topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari.

4. Outfit gaya old school

outfit naik gunung
Pinterest

Kamu menyukai gaya vintage? Gaya old school bisa Sedulur terapkan dalam baju mendaki. Contohnya, Sedulur bisa mengenakan jaket gunung model parka berwarna oranye pucat yang terkesan vintage. Padukan dengan celana kargo tiga perempat, warna cokelat atau hijau army yang setema dengan jaketnya.

Untuk memberikan kesan vintage, pilihlah celana tanpa kantong luar dan kenakan kaus kaki dengan dinaikkan sampai bawah lutut. Sepatu gunung model ankle boots akan lebih pas untuk digunakan dan lengkapi dengan aksesori beanie untuk melindungi telinga dari hawa dingin di gunung.

Kamu bisa melihat contoh gaya old school dan vintage seperti pada foto. Seru, kan? Kamu akan terasa seperti menjadi pendaki jadul.

5. Pakai komposisi aksesoris yang keren

outfit naik gunung
Eiger

Outfit untuk mendaki gunung tak lengkap tanpa aksesori. Beberapa aksesori yang perlu Sedulur pertimbangkan adalah topi atau beanie, kacamata, sarung tangan, dan bandana. Topi atau beanie dapat melindungi dari sinar matahari dan udara dingin.

Kacamata hitam akan membuatmu terlihat stylish dan melindungi mata dari silau dan debu. Sarung tangan penting untuk melindungi tangan dari udara dingin. Kamu juga bisa mengenakan bandana sebagai syal atau masker untuk melindungi leher dan wajah.

6. Outfit naik gunung kombinasi warna

Pinterest

Untuk outfit mendaki, tidak ada aturan khusus dalam memilih warna. Namun, pilihlah warna-warna tanah seperti hitam, cokelat, hijau, dan abu-abu agar terlihat menyatu dengan alam.

Warna cerah seperti merah, biru, dan kuning juga cocok digunakan. Perpaduan warna yang kontras juga dapat mencerminkan kegiatan outdoor Sedulur. Pilihlah warna yang membuatmu nyaman dan mencerminkan kepribadianmu sebagai pendaki.

7. Pakai outfit dengan bahan yang cocok

Switchback Travel

Ketika mendaki, tubuh akan terkena air dan berkeringat, sehingga penting untuk memakai outfit yang mudah kering. Kain katun tidak direkomendasikan karena menahan kelembapan. Sebaliknya, kain sintetis dan serat alami seperti wol adalah pilihan yang baik.

Kain sintetis cepat kering, kuat, ringan, dan terjangkau, sementara kain wol hangat meskipun basah dan tahan bau, tetapi harganya lebih mahal.

8. Mix & match tekstur pakaian

The Dyrt

Material kain sangat memengaruhi tekstur pakaian. Selain material outfit terbaik untuk mendaki, ada empat jenis kain yang sering digunakan untuk layering baju mendaki. Pertama, wol merino, yang lembut, tebal, cepat kering dan tidak mudah bau.

Kedua, kain sintetis seperti polyester atau nilon, kuat, mudah kering, tapi cenderung mudah berbau. Ketiga, kain sutra yang lembut dan mewah, tapi kurang efisien menyerap lembap dan mudah terkena sinar matahari.

Keempat, kain katun sebaiknya dihindari karena tidak efisien menyerap lembap dan tidak breathable. Base layer dan kaus kaki sebaiknya terbuat dari wol atau kain sintetis.

9. Pilih outfit gunung yang fit dengan bentuk tubuh

Matakosong

Penting untuk memilih outfit mendaki yang pas dengan ukuran tubuh Sedulur. Outfit yang terlalu besar dapat mengganggu gerakan dan memungkinkan udara dingin masuk. Sebaliknya, outfit yang terlalu kecil dapat menyulitkan gerakan dan membuat Sedulur tidak nyaman. Outfit yang pas juga membuat Sedulur bebas bergerak dan terlihat kece.

10. Gunakan konsep layering

Phinemo

Pilihlah pakaian dalam yang breathable dan tidak terlalu ketat, seperti boxer untuk pria dan boy-short cut underwear untuk wanita. Pastikan juga tidak menggunakan katun yang basah akan sulit kering dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Pastikan membawa beberapa pasang underwear dan bra olahraga tanpa pengait logam yang nyaman digunakan. Lalu, tank top atau singlet bisa digunakan sebagai lapisan dalaman yang multifungsi dan idealnya terbuat dari katun, wol halus, atau kain sintetis.

BACA JUGA: 10 Outfit Lebaran Ala Korea Untuk Inspirasi Agar Tampil Stylish

11. Pakai pelindung kepala

Pendaki Cantik

Saat beraktivitas di luar ruangan, penting untuk melindungi kepala dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Ada dua pilihan yang bisa Sedulur pilih, yaitu topi atau bandana. Keduanya sangat berguna untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang menyengat dan menyerap keringat dari kepala serta menahan rambut agar tidak mengganggu.

12. Gunakan sepatu yang tepat

Menilik kepentingan kenyamanan dan keselamatan, sepatu merupakan hal yang perlu diperhatikan saat melakukan aktivitas pendakian. Untuk pendakian yang curam, sebaiknya menggunakan sepatu medium cut atau setinggi atas mata kaki.

Hal ini disarankan agar dapat meminimalisir risiko cedera dan memberikan keamanan. Namun, jika pendakian yang dilakukan bersifat santai, Sedulur bisa menggunakan sepatu jogging yang low cut

Itu tadi outfit naik gunung yang bisa Sedulur jadikan referensi. Ketika merencanakan pendakian gunung, persiapan matang sangatlah penting untuk dilakukan. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain kesehatan fisik, logistik, dan tentu saja pakaian yang nyaman untuk digunakan selama trekking.