Ide outfit lebaran ala korea

Korean wave tengah menjadi tren yang sangat populer di Indonesia, sehingga mempengaruhi banyak hal khususnya gaya pakaian masyarakat. Bahkan, beberapa fashion enthusiast asal Indonesia banyak memberikan modifikasi dengan kebudayaan Indonesia yang didominasi oleh orang-orang muslim. Alhasil munculah gaya outfit lebaran ala Korea yang bisa Sedulur coba.

Nah, masih dalam suasana lebaran ada beberapa rekomendasi outfit ala Korea yang cocok untuk dipadupadankan dengan gaya berbusana hijab. Seperti apa tampilan gaya outfit satu ini yang tetap sopan namun stylish? Yuk mari langsung kita bahas daftar rekomendasi outfit lebaran ala Korea yang bisa jadi inspirasi untuk Sedulur!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Gaya OOTD Jaket Jeans, Cocok Untuk Street Fashion!

1. Horizontal striped T-shirt

IDN Times

Rekomendasi outfit lebaran ala Korea yang pertama yaitu horizontal striped T-Shirt, salah satu rekomendasi outfit yang mudah ditemukan di Korea dan mulai menjamur di Indonesia. Sedulur bisa menggunakan outfit lebaran ala Korea sebagai salah satu rekomendasi.

-->

Sedulur bisa memadukannya dengan bawahan skinny jeans atau hotpants untuk gaya kasual. Atau jika ingin terlihat tetap Islami, Sedulur bisa menggunakan bawahan roll-up jeans, boyfriend jeans, atau maxi skirt dengan hijab berbahan rayon yang lentur dan menyerap keringat. Sedulur juga bisa menggunakan bawahan berwarna terang atau gelap yang bisa disesuaikan dengan warna kaos atau warna hijab.

2. Oversized T-shirt

outfit lebaran ala korea
Brilio

Rekomendasi outfit lebaran ala Korea kedua yaitu oversized T-shirt yang sangat populer di Korea Selatan, begitu pula di Indonesia. Penggunaan kaos berukuran besar dan longgar bahkan saat ini tengah menjadi tren fashion di Indonesia.

Terlihat dengan mudahnya ditemukan kaos atau baju berukuran besar atau longgar di pasaran. Bila ingin mengenakannya, Sedulur bisa memadukannya dengan skinny jeans atau hotpants untuk tampilan yang stylish.

Namun jika menginginkan gaya yang lebih Islami, Sedulur bisa memakai bawahan boyfriends jeans atau roll-up jeans dengan kombinasi hijab pashmina berbahan rayon yang lentur dan menyerap keringat. Agar terlihat lebih stylish, Sedulur bisa memasukkan kaos ke dalam bawahan untuk menambahkan kesan feminin.

3. Denim jaket

IDN Times

Fashion satu ini marak digunakan pada tahun 80-an. Jaket dengan bahan jeans ini sangatlah populer di Korea dan kerap digunakan dalam segala suasana dan kesempatan. Kecenderungan fashion saat ini yang seolah kembali menghidupkan fashion tahun 80-an memperkuat asumsi tersebut.

Jika menginginkan tampilan ala Korea saat lebaran, Sedulur bisa menggunakan outfit ini sebagai outer yang dipasangkan dengan kaos sebagai dalaman. Dengan mix and match seperti ini akan membuat penampilan Sedulur terlihat cool dan stylish.

Tips lainnya yaitu Sedulur bisa menggunakan bawahan long cullotes atau roll-up jeans serta gunakan hijab pashmina simple atau square hijab yang diikat ke belakang. Sedulur juga bisa menggunakan outfit dengan dress yang menggunakan jaket denim.

Dengan penampilan ini, Sedulur dapat terlihat lebih girly dan juga terlihat lebih beda di hari lebaran. Dres terusan dengan rok selutut bakal tetap terlihat cantik dan serasi saat dirangkap dengan luaran jaket jeans. Pilihan jaketnya pun sebaiknya yang tidak terlalu besar atau longgar, dengan ujung lengan yang dilipat hingga tujuh per delapan. Kalau Sedulur tidak ingin terlihat terlalu girly, Sedulur bisa memadukan outfit ini dengan sepatu sneaker atau boots biar lebih edgy.

4. Roll-up jeans pants

Pinterest

Rekomendasi selanjutnya yaitu roll-up jeans pants. Memilih bawahan yang tepat akan sangat mempengaruhi gaya fashion Korea Sedulur. Oleh karena itu, Sedulur bisa memilih model celana roll-up jeans yang sedang hype di Korea.

Celana berbahan jeans ini memiliki model bagian bawah celana yang dilipat keluar sebagai ciri khas. Model celana ini juga bisa dipadukan dengan berbagai gaya seperti chic dan tomboy. Daun untuk tips mix and match-nya, Sedulur bisa menggunakan atasan dengan gaya oversized atau striped T-shirt sebagai padu padannya.

Selain itu, gunakan alas kaki sepatu kets atau heels boots. Tips lainnya yaitu gunakan hijab pashmina berbahan lentur dan menyerap keringat.seperti  jersey atau spandek untuk melengkapi gaya Islami stylish ala korea dengan roll-up jeans pants.

5. Vertical striped pants

outfit lebaran ala korea
Brilio

Outfit lebaran berikutnya yaitu vertical striped pants atau celana bergaris lurus vertikal untuk memberikan efek terlihat lebih kurus dan kaki jenjang bagi pemakainya. Outfit ini cocok bagi Sedulur yang menghadiri acara casual ataupun formal termasuk acara Hari Raya.

Agar terkesan formal, Sedulur bisa memadupadankan degan blouse atau kemeja. Namun bila menginginkan gaya ala Korea yang santai, Sedulur bisa menggunakan sandal atau sepatu sneaker. Untuk menambah kesan islami, gunakan square hijab berbahan satin atau sutra bermotif dengan warna yang sesuai. 

6. Long cullotes pants

Pinterest

Long Cullotes Pants atau celana kulot merupakan salah satu fashion item yang banyak digunakan oleh wanita Korea. Salah satu alasannya yaitu celana kulot ini memiliki ukuran yang lebar sehingga membuatnya nyaman dipakai aktivitas seharian.

Untuk mix and match-nya, Sedulur bisa memadukannya dengan oversized T-shirt atau atasan dengan ukuran yang lebih pas di badan seperti striped t-shirt, white t-shirt, atau blouse berwarna pastel.  Padukan juga dengan square hijab berbahan satin atau sutra bermotif dengan warna yang sesuai.

Lalu, pakai aksesori small clutch bag dan high heels untuk melengkapi style ala Korea dengan long cullotes pants.

7. Long jumpsuit

Pinterest

Jumpsuit juga bisa menjadi salah satu outfit yang digunakan. Jumpsuit sendiri merupakan pakaian terusan berupa atasan dan bawahan berupa celana pendek atau panjang. Modelnya yang simpel dapat membuat penampilan Sedulur terlihat elegan.

Jumpsuit sendiri memiliki berbagai macam motif antara lain garis, floral, dan polos yang bisa dipilih sesuai selera.  Untuk menciptakan kesan Islami, Sedulur bisa menggunakan long jumpsuit berlengan panjang dengan square hijab yang diikat ke belakang atau dimasukan ke dalam jumpsuit.

Jangan lupa untuk menyesuaikan warna hijab dengan motif baju. Jika Sedulur menggunakan jumpsuit bermotif floral, maka Sedulur sebaiknya memakai hijab berwarna polos begitupun sebaliknya. Gunakan juga clutch bag kecil yang bisa membuat jumpsuit Sedulur terlihat lebih stylish ala wanita Korea.

8. Gunakan vest rajut

Fimela

Sedulur juga bisa menggunakan vest rajut sebagai salah satu rekomendasi outfit saat lebaran. Vest rajut akhir-akhir ini sedang tren di Korea bahkan kepopulernya sampai ke Indonesia. Sedulur bisa menggunakan outfit seperti yang dikenakan Ayana Moon.

Ayana Moon memakai vest rajut cokelat, dengan kemeja putih sebagai inner. Dipadukan dengan pleated skirt warna cokelat dan stocking tebal hitam. Rekomendasi gaya yang bisa digunakan untuk tampil trendy saat lebaran nanti.

9. Maxi dress

Pinterest

Gaya oversize dan layering di Korea Selatan juga bisa diaplikasikan dengan mengenakan maxi dress yang dipadukan wide leg pants seperti outfit yang dikenakan influencer, Ana Octarina. Pakaian yang digunakan yaitu dress warna brick dengan model yang simple. Sebagaimana yang dapat dilihat di atas, ditambah dengan detail kancing di bagian depan dan lengan sedikit puff . Dress model ini pun bisa dijadikan outer.

10. Dress dengan lengan puff sleeves

IDN Times

Tren fashion lain yang melanda Korea adalah lengan baju puff sleeves atau lengan balon. Meskipun tren ini tidak hanya ada pada jenis pakaian tertentu, namun dress dengan lengan model balon bisa menjadi ide outfit lebaran selanjutnya.

Pilihlah long dress dengan lengan balon panjang, bisa digunakan untuk para hijabers maupun tidak. Salah satu gaya berpakaian yang bisa gunakan oleh siapapun. Atau Sedulur juga bisa menggunakan dress hitam sebagai salah satu cara untuk tampil gaya saat lebaran.

Rekomendasi yang bisa digunakan yaitu dress satin hitam dari hasil kombinasi dengan oversized coat berwarna khaki. OOTD ini cocok bagi Sedulur yang ingin tamplik edgy. Karena penampilan ini dilengkapi dengan aksesoris serba hitam.

Aksesoris seperti flat shoes, kacamata, hingga hijab akan membuat penampilan Sedulur lebih gaya dan percaya diri. Untuk OOTD ini, Sedulur bisa menggunakannya saat berkunjung ke tempat wisata atau saat liburan ke tempat yang sangat instagramable atau fotogenik.

BACA JUGA: 12 OOTD Inner Dress Hitam Terbaik, Tampil Lebih Stylish!

Tips bergaya di hari raya

Pinterest

Daftar outfit lebaran ala Korea di atas bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk tampil gaya saat lebaran. Tapi, agar Sedulur bisa tampil optimal, Sedulur juga wajib tahu seperti apa tip bergaya di hari raya agar penampilan semakin maksimal.

Dengan mengetahui tips tampil gaya di hari raya, Sedulur tidak perlu memiliki harus membeli pakaian baru untuk bisa tampil gaya. Namun juga bisa tetap gaya meski tidak dengan outfit baru. Lantas seperti apa tips tampil bergaya di hari raya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini.

1. Perhatikan bahan pakaian yang digunakan

Penting untuk memperhatikan bahan yang digunakan, seperti katun, linen, satin, brikat, sifon dan bahan lainnya. Pemilihan bahan yang tepat menjadi salah satu faktor utama dalam mempercantik penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Maka dari itu, kenali bahan apa yang ingin Sedulur gunakan.

Seperti halnya bahan brokat yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang. Memiliki pola motif kaya akan dekorasi dan material kain yang tidak mudah kusut, dapat menciptakan kesan mewah dan tetap on point walaupun di tengah banyaknya aktivitas.

2. Tambahkan fashion statement

Sedulur juga bisa menambahkan fashion statement dalam outfit lebaran, seperti outfit lebaran ala Korea yang digunakan oleh banyak orang sebagai fashion statement. Akan berpengaruh dalam mengubah penampilan saat lebaran.

Jika Sedulur memiliki fashion statement yang unik seperti sepatu boots, blazer atau pun aksesoris yang menganggur di lemari, sangat boleh digunakan untuk mix and match saat penampilan di hari lebaran. Dijamin bisa membuat Sedulur tampil beda dan bergaya.

Nah itulah daftar outfit lebaran ala Korea yang bisa jadi rekomendasi penampilan Sedulur saat lebaran nanti. Dijamin dengan mengikuti beberapa rekoendasi gaya di atas, penampilan Sedulur akan berbeda saat silaturahmi di hari raya.