makeup wisuda natural ala korea

Wisuda menjadi momen penting dan berharga bagi banyak orang. Setelah menempuh pendidikan selama bertahun-tahun, momen ini jadi puncak sebelum memasuki dunia kerja. Jadi tak heran jika saat wisuda penampilan harus maksimal. Belakangan ini, tren makeup wisuda semakin beragam dan yang cukup populer adalah makeup wisuda natural ala Korea.

Memang kultur Korea semakin banyak diadaptasi oleh masyarakat Indonesia karena dianggap cocok dan keren. Jika Sedulur tertarik untuk mencoba makeup wisuda natural ala Korea, kami sudah menyiapkan beberapa inspirasi look-nya nih. Kira-kira seperti apa? Yuk, langsung Sedulur simak dalam ulasan di bawah ini ya!

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Sensitif Terbaik 2023

Alasan Natural Look Makeup ala Korea Disukai

makeup wisuda natural ala korea
CoverClap

Gaya makeup perempuan di Korea banyak digemari karena memiliki wajah yang terlihat mulus dan cantik alami. Padahal sebenarnya mereka juga memakai makeup. Tetapi, produk dan teknik yang digunakan cukup berbeda dengan di Indonesia.

Untuk bagian wajah, orang-orang Korea sering memakai foundation dengan finish dewy look agar kulit terlihat lembab dan berkilau. Sedangkan untuk alis, biasanya mereka menggambarnya dengan bentuk yang lurus. Tujuannya agar wajah terkesan lebih muda dan kecil.

Namun, tak hanya masalah cantik saja. Ada beberapa alasan lain kenapa makeup ala Korea ini begitu disukai, yaitu:

  • Tampil fresh minimalis

Tampil fresh, tapi tidak berlebihan adalah salah satu hal utama yang ditawarkan oleh Korean natural look. Untuk kamu yang disibukkan dengan aktivitas bekerja, tampil fresh adalah tuntutan. Daripada menggunakan makeup tebal yang membuat kulitmu lelah dan bisa membuatmu tampak kurang segar.

  • Riasan simple dan ringan

Pengaplikasian Korean natural look sangat ringan dan sederhana, jadi cocok untuk digunakan sebagai makeup look sehari-hari. Tampilan fresh ala artis Korea yang tidak berlebihan ini digemari bukan cuma karena cantik, namun juga memberi kesan muda dan segar pada wajah.

  • Kebutuhan produk makeup tidak banyak

Biasanya, Korean natural look tidak membutuhkan terlalu banyak jenis makeup. Tentunya ini bisa menekan bujet dan membuatmu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan riasan yang maksimal.

Beberapa produk yang biasanya digunakan untuk makeup ala Korea ada seperti pelembab, sunscreen, BB cushion, eye makeup, dan blush on. Agar Sedulur tidak bingung, simak 10 tips mendapatkan makeup wisuda natural ala Korea berikut ini.

BACA JUGA: Urutan Make Up Simple untuk Pemula yang Benar!

1. Gunakan blush on peach merona

makeup wisuda natural ala korea
Pinterest

Riasan dengan gaya dreamy look sedang tren di Korea. Tampilan ini bisa membuat kamu tampak lebih menawan dan berkesan lembut. Untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang coba aplikasikan tampilan ini dengan membaurkan blush on warna peach di pipi.

Agar penampilanmu semakin mirip dengan perempuan dan seleb Korea coba gunakan blush on dengan tekstur creamy. Blush on jenis ini bisa membuat tampilan wajahmu lebih glowing dan berkesan basah atau dewy ala Korea.

Salah satu trik saat mengaplikasikan blush on ala Korea adalah mulai pakai dari apple cheeks hingga ke atas tulang pipi kemudian balurkan di bawah mata supaya ronanya semakin natural dan mempesona.

2. Pilih shade foundation sesuai skin tone 

Salah satu tips penting agar makeup wisuda ala Korea-mu bisa berhasil adalah dengan meratakan warna kulit di sekitar wajah hingga leher. Jadi pastikan Sedulur memilih foundation yang sesuai dengan skin tone.

Jangan sampai salah memilih warna supaya wajah tidak terlihat belang. Selain itu, pastikan kamu memakai foundation yang full coverage sehingga bisa menutupi kemerahan di wajah.

3. Persiapkan bulu mata agar panjang dan lentik

makeup wisuda natural ala korea
Pinterest

Rasanya tidak lengkap jika Korean makeup look tidak diikuti dengan bulu mata yang lentik. Pakai produk mascara favoritmu yang diaplikasikan dengan teknik thin lashes. Hanya saja, disarankan memilih maskara waterproof.

Supaya tidak mudah luntur dan bikin riasan mata menjadi lebih tahan lama selama acara wisuda berlangsung. Supaya lebih lentik, jangan lupa untuk dijepit dulu ya.

4. Teknik shadow smokey eyes bikin makin on point

Untuk kamu yang ingin tampil beda dan lebih bold saat wisuda bisa coba tampilan dengan gaya smokey eyes yang dramatis. Namun, supaya tampilan wajahmu tetap terlihat segar ketika memakai makeup smokey eyes coba pilih yang warnanya cenderung cerah seperti kecokelatan dan oranye.

Gradasikan kedua warna tersebut hingga membuat tampilan smokey eyes yang kamu inginkan.

5. Opsi warna bibir gradasi

Tumblr

Bibir gradasi adalah teknik K-beauty yang populer yang terdiri dari penerapan warna yang lebih gelap pada bibir bagian dalam, yang kemudian memudar di bagian tepinya atau dicampur dengan warna lain. Yang kamu butuhkan hanyalah lipstik cair matte dan kuas shader datar untuk mengaburkan tepinya.

Kamu juga dapat menggunakan ujung jari untuk memudarkan tepi dan menyelesaikannya dengan kilap di tengah bibir agar terlihat lebih cemberut. Bibir gradien terlihat hidup, menggemaskan, dan menambah pesona awet muda pada tampilan riasan.

Untuk menciptakan gradasi dan ombre lips, gunakan lipstik dengan shade warna coral, peach orange baby pink, atau nude cerah.  

6. Bentuk dan gambar alis lebih lurus

Bentuk alis yang lebih lurus adalah rahasia K-beauty untuk terlihat lebih muda juga. Selebriti Korea terkenal dengan kebiasaan ini, mereka cenderung menggambar alis mereka lurus, dengan lengkungan yang sangat kecil di ujungnya. Juga, pastikan untuk mengisinya dari sudut dalam ke luar, meruncingkan bulu alis ke satu titik.

Alis makeup ala Korea memiliki ciri khas lurus dengan pangkal yang kotak. Isi tipis pada bagian tengah alis. Gambar pinggiran alis terlebih dahulu dan isi dengan mengarsir alis tipis-tipis agar natural. Pilih warna pensil alis yang mirip dengan warna alis dan rambut. 

7. Jangan lupakan eyeliner agar makin berkarakter

Soompi

Dalam sebuah acara penting seperti wisuda, tentu Sedulur harus berani tampil all out dan bold. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan eyeliner yang tegas pada matamu.

Penggunaan riasan seperti artis-artis Korea ini cukup efektif. Dimana Sedulur bisa terlihat lebih segar, berkarakter, dan membuat mata jadi lebih berbinar. Jadi jangan lupa makeup ini ya!

8. Tampil lebih ceria dengan glitter liner

Liner berkilau yang cocok dengan warna kulit kam udan cukup dekat dengan garis air agar terlihat seperti kamu baru saja menangis, adalah tampilan K-beauty yang populer. Menambahkan kilau tipis di pipi dan kelopak mata untuk efek dewy skin dan mata yang cerah. Tambahkan kilau peachy ke mata yang halus dan nampak natural.

9. Red lip on, siapa takut!

Lipstik merah tidak pernah salah. Warna yang sangat mencolok ini memang bisa menonjolkan kesan pop up dan berani. Sedulur tidak perlu khawatir dengan warna kulit yang gelap, karena lipstik merah tetap bisa menyatu dengan harmonis dalam riasanmu.

Penggunaan lipstik warna ini juga bisa membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Apa lagi jika Sedulur padukan dengan tampilan mata yang edgy ala smokey eyes sebelumnya. Dijamin penampilan kamu akan lebih fierce saat wisuda.

10. Selesaikan riasan makeup dengan cushion

Pinterest

Cushion compacts, yang menampung alas bedak cair, bedak padat, dan bahkan blush on yang berkilauan, adalah pilihan aplikator untuk make up ala Korea. Ini karena spons rias lebih mudah dikontrol, memadukan produk lebih cepat dan memberikan hasil akhir yang sempurna pada kulit tanpa garis lipatan dan bercak noda.

Aplikator cushion juga bagus dalam mencampurkan produk secara merata karena mudah dikontrol aplikasi.

Demikian tadi tips makeup wisuda natural ala Korea. Gaya riasan satu ini memang sedang digandrungi karena penggunaan makeup yang minimalis tapi tetap bisa menampilkan hasil maksimal. Semoga dengan ulasan kali ini, Sedulur bisa menemukan makeup natural look ala Korea terbaik ya!