Model kacamata untuk wajah bulat tentu berbeda dengan kacamata biasa untuk jenis wajah lainnya. Bila salah memilih, bukan tidak mungkin Sedulur akan tampil kurang maksimal dan malah terlihat lucu di hadapan orang-orang.

Oleh karena itu, sebaiknya Sedulur mengetahui beberapa bentuk kacamata yang cocok untuk wajah bulat. Tak hanya membuat penampilan jadi lebih cakep, tapi juga bisa menambah kepercayaan diri Sedulur ketika bertemu dengan orang lain. Berikut beberapa rekomendasi model kacamata untuk wajah bulat yang bisa Sedulur coba. Yuk, disimak!

BACA JUGA: 20 Model Rambut Pria Jepang yang Keren dan Bisa Kamu Tiru!

1. Rectangular frame

Model kacamata untuk wajah bulat
BonLook

Salah satu model kacamata yang sangat diminati adalah kacamata rectangular atau rectangle. Pasalnya, frame ini punya desain yang sederhana dan cocok untuk semua bentuk wajah, bahkan wajah bulat sekalipun. 

-->

Menggunakan frame kacamata dengan bentuk persegi juga dapat memberikan ilusi wajah yang lebih panjang dan tirus.  Agar terlihat elegan dan tidak monoton, pilihan yang tepat adalah memilih kacamata rectangle dengan warna frame yang gelap, seperti hitam, coklat tua, atau marun.

2. Cat-eye frame

Model kacamata untuk wajah bulat
Titan Eye

Model kacamata ini telah menjadi favorit bagi mereka yang memiliki wajah bulat selama bertahun-tahun. Sebutan “kacamata cat-eye” karena bentuknya yang lancip di ujungnya menyerupai bentuk mata kucing. 

Dengan desain ini, tercipta ilusi wajah yang lebih tirus pada pipi dan dagu yang lebih lancip. Kacamata cat-eye memang lebih umum digunakan oleh wanita, baik yang berhijab maupun tidak. Mengenakan kacamata ini akan memberikan kesan yang cerdas dan anggun pada penampilan.

3. Wayfarer frame

Glasses

Model kacamata untuk wajah bulat selanjutnya adalah Wayfarer Frame. Model kacamata wayfarer awalnya diperkenalkan oleh merek RayBan dan menjadi terkenal berkat Mary Kate. Wayfarer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk wajah bulat karena bentuknya yang lebar dan persegi, yang memberikan kontras pada bentuk wajah bulat.

Namun, kacamata ini juga cocok untuk berbagai bentuk wajah. Tampilan pertama yang terpancar dari kacamata ini adalah fashionable dan berkelas.Meskipun cocok digunakan oleh pria maupun wanita, wayfarer lebih populer di kalangan pria.

4. Oversized frame

Nasty Gal

Kacamata oversized adalah salah satu model kacamata yang dulu sangat populer. Sebenarnya, model kacamata ini sudah ada sejak tahun 50-an dan diperkenalkan oleh merek-merek ternama seperti Gucci dan Dior.

Kacamata ini umumnya digunakan untuk bergaya dan sangat cocok dipakai saat pergi ke pantai. Frame yang besar memberikan efek ilusi wajah yang lebih tirus dan panjang. Jika Sedulur memiliki wajah bulat, sebaiknya pilih frame yang tipis dengan warna gelap atau transparan.

5. Geometric frame

Model kacamata untuk wajah bulat
Pinterest

Sedulur ingin mengganti gaya kacamata yang monoton? Cobalah kacamata geometric untuk tampil beda. Kacamata geometris memiliki bentuk unik, seperti hexagon. Meskipun banyak yang menganggap bentuknya aneh, sebenarnya kacamata geometric bisa menjadi pilihan menarik untuk pemilik wajah bulat.

Sudut-sudut pada kacamata ini akan memberikan kontras pada wajah bulat. Selain itu, kacamata ini juga akan menarik perhatian pada area mata. Untuk tampilan yang lebih keren, pilihlah kacamata geometric dengan frame metal berwarna silver atau rose gold!

6. Aviator atau Navigator

Pinterest

Model kacamata untuk wajah bulat berikutnya adalah aviator Kacamata aviator atau navigator awalnya digunakan oleh pilot militer, sesuai dengan namanya. Namun, seiring perkembangan zaman, kacamata aviator mulai menjadi tren dalam dunia fashion.

Terutama setelah dipopulerkan oleh Tom Cruise dalam film Top Gun. Bentuk kacamata yang lebar ke bawah ini sangat cocok untuk pemilik wajah bulat, persegi, atau hati. Dengan memilih warna lensa yang gelap seperti hitam, merah tua, hijau tua, atau biru dongker, penampilanmu akan terlihat lebih keren.

7. Square frame

Model kacamata untuk wajah bulat
New York Magazine

Kacamata square juga sangat populer di pasaran. Namun, terkadang penampilan bisa terlihat kurang menarik dan membosankan karena bentuknya yang kotak. Namun, kacamata square ini sebenarnya sangat cocok untuk pemilik wajah bulat.

Bentuk frame yang kotak akan menciptakan kontras dengan bentuk wajah, sehingga wajah terlihat lebih tirus.

8. Browline frame

Pinterest

Ingin tampil segar dan stylish? Cobalah memilih kacamata browline. Kacamata ini memiliki ciri-ciri frame tebal di bagian atas (sepanjang alis) dan tipis di bagian bawah. Meskipun desainnya sederhana, frame yang tipis di bagian bawah akan memberikan ilusi pipi terlihat lebih tirus.

Kacamata browline cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita, terutama bagi wanita yang suka tampil kasual dan boyish!

9. Big cat frame

Pinterest

Model kacamata untuk wajah bulat selanjutnya adalah big cat frame. Kacamata ini menggabungkan elemen dari kacamata cat-eye dan oversized. Frame yang besar dengan ujung atas yang lancip memberikan kesan gaya yang stylish.

Model kacamata ini lebih cocok digunakan oleh wanita yang suka bergaya kasual namun tetap ingin terlihat mewah. Agar terlihat lebih keren, pilih lensa berwarna gelap dengan frame yang tipis.

10. D-Frame

Pinterest

Jika Sedulur merasa bosan dengan frame kacamata model rectangle atau square, Sedulur bisa mencoba kacamata model D-frame. Bentuknya hampir sama dengan rectangle, namun bagian bawahnya melengkung membentuk huruf D terbalik.

Kacamata model ini akan memberikan kesan modern dan chic, cocok untuk dipadukan dengan gaya busana apapun. Bagi pemilik wajah bulat, kacamata model D-frame dapat membantu membuat pipi terlihat lebih tirus.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Model Baju Lebaran yang Kekinian di 2023

Cara memilih kacamata untuk wajah bulat

Model kacamata untuk wajah bulat
Pinterest

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi model kacamata bulat di atas, tentu Sedulur harus tahu bagaimana tips dan cara memilih kacamata agar tidak salah beli. Berikut ini adalah beberaoa cara memilih kacamata untuk wajah bulat:

1. Ketahui model frame yang cocok

Agar wajah bulat terlihat lebih proporsional saat menggunakan kacamata, perlu memilih bentuk bingkai kacamata yang tepat. Wajah bulat ditandai dengan tulang pipi dan dagu yang bulat, sehingga penting untuk memilih kacamata yang dapat memberikan efek yang menguntungkan pada bentuk wajah tersebut.

2. Hindari kacamata dengan frame gelap

Lebih baik menghindari memilih kacamata dengan frame terlalu tebal jika memiliki wajah bulat. Bingkai kacamata yang gelap dan terlalu tebal bisa memberikan kesan wajah terlalu penuh dan terlihat lebih besar.

Meskipun menutupi sebagian besar wajah, pemilihan bingkai yang terlalu tebal dapat memberatkan kontur wajah, sehingga disarankan untuk dihindari bagi pemilik wajah bulat.

3. Pilih ukuran kacamata dengan tepat

Ukuran kacamata berperan penting bagi pemilik wajah bulat. Sesuaikan ukuran kacamata dengan ukuran wajahmu untuk menghindari kesan wajah terlihat lebih lebar.  Pasalnya, kacamata yang terlalu kecil bisa tidak nyaman digunakan, menyebabkan sakit di area mata dan telinga, serta sakit kepala.

4. Pilih frame berwarna netral untuk yang berhijab

Bagi Sedulur yang menggunakan hijab, pilihlah frame kacamata dengan warna netral seperti hitam, metal, atau cokelat untuk mudah dipadukan dengan warna hijab. Penting juga untuk Sedulur memilih gagang kacamata yang tipis dan antikarat untuk menghindari kacamata terimpit hijab dan kenyamanan saat berkeringat.

5. Sesuikan warna Lensa

Kacamata terdiri dari kacamata baca (eyeglasses) dan kacamata hitam (sunglasses) dengan beragam warna lensa seperti hitam, abu-abu, cokelat, dan kuning. Setiap warna lensa memiliki fungsi yang berbeda, termasuk melindungi mata dari sinar UV dan memberikan efek wajah lebih tirus.

Kacamata baca umumnya memiliki lensa bening, tetapi saat ini juga tersedia lensa yang berubah menjadi gelap saat terkena sinar matahari untuk perlindungan dari sinar UV. Ada pula kacamata baca dengan lensa cokelat untuk menyaring sinar berlebih ke mata.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi model kacamata untuk wajah bulat serta tips memilihnya yang bisa Sedulur coba saat memilih kacamata. Agar penampilan semakin gaya dengan fungsi penglihatan yang normal, tentu penting untuk menggunakan kacamata yang tepat.

Semoga penjelasan dalam artikel di atas dapat membantu Sedulur, terutama yang ragu saat hendak mengganti kacamata!