ide baju lebaran

Hari Raya Idul Fitri selalu jadi momen bahagia yang ditunggu banyak orang, khususnya muslim di seluruh dunia. Ada banyak kegiatan khas yang dilakukan saat merayakan kegiatan ini. Diantaranya berkumpul bersama keluarga, membuat kue lebaran, berlibur, hingga menjadikan ini sebagai waktu membeli baju baru. Tak heran, ada banyak orang yang mencari ide baju lebaran.

Jika Sedulur familiar dengan dress cantik untuk perempuan saat lebaran, maka Sedulur wajib tahun ide baju lebaran berikut ini. Tak hanya berbentuk dress atau terusan, Sedulur juga bisa loh tampil menawan di hari raya dengan mengenakan mix and match pakaian yang tak hanya terusan. Dengan demikian, yuk simak ide baju lebaran dan steal the look saat hari raya nanti!

BACA JUGA: 12 OOTD Inner Dress Hitam Terbaik, Tampil Lebih Stylish!

1. Abaya

ide baju lebaran
Pexels

Model sederhana, pilihan warna yang kalem, menjadi daya tarik abaya yang akhir-akhir ini mengambil hati para perempuan. Desainnya yang lurus, membuat pengguna terlihat lebih tinggi dan berpenampilan elegan. Untuk bahan, abaya hadir dari material satin, kaos spandex, brokat, shiffon, higga sutera.

Baju yang memiliki nuansa Timur Tengah ini lebih umum berwarna hitam, namun kini banyak pilihan warna menarik yang bisa mempercantik penampilan saat mengenakan abaya. Abaya juga diinovasikan dengan tambahan manik-manik payet dan layer untuk mempercantik pakaian. Dengan abaya, Sedulur tak usah khawatir nampak tua karena abaya cocok digunakan oleh kalangan usia berapa pun.

2. Tunik

ide baju lebaran
Pinterest

Pilihan ide baju lebaran berikutnya adalah tunik. Pakaian manis yang akan membuat Sedulur nampak feminin. Selain itu, tunik seringkali menjadi pilihan karena modelnya yang bisa di-mix and match dan dapat nyaman dikenakan dengan celana maupun rok. Model tunik juga fleksibel jika hendak digunakan untuk berbagai jenis event, formal maupun casual.

Pemilihan tunik bisa didasari oleh jenis aksesori yang menempel pada tunik itu sendiri. Biasanya tunik akan hadir dengan tambahan variasi ruffle di bagian dada atau lengan atas. Desain itu membuat tunik menjadi lebih modern. Tak hanya baju sepanjang paha atau lutut. Tunik juga biasanya menambah kerutan di tangan untuk menampilkan kesan yang lebih girly.

3. Gamis

ide baju lebaran
Pexels

Selanjutnya adalah gamis, jenis pakaian yang sudah pamor sejak dulu hingga sekarang. Hingga saat ini, model gamis semakin beragam mengikuti perkembangan jaman. Modelnya ada yang lurus, ruffle, bertali, hingga bermacam model gamis lainnya. Warna gamis juga beragam, Sedulur hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

Sedikit tips untuk memilih gamis. Pilihlah warna gelap ketika Sedulur ingin terlihat lebih ramping saat mengenakan gamis. Sebaliknya, pilihlah warna terang ketika Sedulur ingin nampak lebih berisi. Padu-padankan juga gamis-gamis polos dengan aksesori atau hijab cantik. Sedangkan gamis bermotif bisa digunakan dengan kerudung polos yang cocok dikenakan dengan gamis yang tengah dipakai.

4. Kaftan

ide baju lebaran
Pexels

Sejak muncul di kalangan warga Indonesia, kaftan sampai saat ini masih sering digunakan. Awalnya kaftan dikenal sebagai pakaian mahal yang glamor, namun nampaknya banyak juga jenis kaftan dengan harga yang terjangkau.

Jenis pakaian ini mudah dikenali. Lengan kelelawar menjadi salah satu ciri khas dari model yang satu ini. Mobilitas saat mengenakan kaftan juga cukup leluasa karena lengannya yang lebar. Selain menjadi salah satu ide baju lebaran, kaftan juga cocok dikenakan di acara keluarga atau ketika Sedulur ingin tampil anggun di suatu acara.

5. Hanbok dress

ide baju lebaran
Pinterest

Seperti di Korea, kini baju hanbok juga menjadi salah satu fashion item pilihan yang menjadi ide baju lebaran. Pakaian ini memberikan kesan anggun dan cocok dipadukan dengan hijab. Tapi tenang, tidak seperti pakaian tradisional kok, Sedulur.

Hanbok dress yang ini seringkali dilengkapi dengan tali atau ditambah akses lain sehingga akan lebih mendukung penampilan Sedulur di hari raya. 

6. Outer

ide baju lebaran
IDN Times

Satu lagi fashion item yang harus Sedulur punya, ialah outer. Penggunaan outer bisa membuat penampilan jadi mudah di-mix and match. Outer yang panjang juga bisa menjadi pertimbangan untuk dikenakan di hari raya.

Outer ini bisa dipasangkan dengan kulot, rok, atau dress. Di dalamnya ditambahkan inner, maka penampilan Sedulur sudah cukup, simple dan nyaman digunakan. Sedulur bisa memilih outer yang terbuat dari rajut untuk memberikan kesan manis atau outer dengan model mantel jika ingin terlihat lebih bold di hari raya nanti.

7. One set

IDN Times

Siapa diantara Sedulur yang senang mengenakan one set? Bukan tanpa alasan, one set ini dapat memudahkan kita untuk memilih pakaian. Tak perlu lagi bingung memilih atasan dan bawahan, one set menyediakan seperangkat pakaian yang siap dikenakan. Tak hanya itu, atasan dan bawahan yang tersedia juga bisa dipakai dengan pasangan lain di hari lain.

One set biasanya tersedia dengan motif polos. Jika demikian, Sedulur bisa menambah warna dari pemakaian hijab atau tas. Jika sudah siap, one set sudah bisa Sedulur gunakan untuk ootd dan menjalani hari raya dengan nyaman.

8. Silk dress

Pexels

Pilih pertama jika Sedulur ingin tampil glamor tanpa mengenakan perhiasan yang berlebihan, tentu silk dress. Model ini menjadi salah satu ide baju lebaran. Silk atau satin memiliki warna yang cantik dan mengkilap. Hal itu menambahkan kesan mewah pada pakaian yang terbuat dari satin.

Selain itu, silk dress juga nyaman dikenakan. Bahannya tidak tipis atau menerawang, sehingga saat dikenakan pun tidak akan membuat Sedulur kepanasan. Jika ingin menambah pernik lain, silk dress bisa dipakai juga dengan brokat di bagian yang Sedulur inginkan. Dengan silk dress, Sedulur sudah bisa tampil ala princess di hari raya nanti.

BACA JUGA: 10 Ide OOTD Blazer Hitam Hijab, Simpel Tapi Elegan

9. Bordir lace dress

Pinterest

Salah satu ide baju lebaran lain ialah bordir lace dress. Saat ini, lace sedang banyak digunakan pada pakaian, membuat baju menjadi tampak lebih cantik. Penggunaan lace yang transparan seringkali dipadukan dengan tekstur bordir yang timbul memberikan kesan elegan pada penampilan.

Bordir lace dress ini cocok Sedulur kenakan dengan inner dan aksesoris tambahan yang memiliki warna senada. Tak hanya untuk lebaran, dress juga siap digunakan untuk acara-acara formal seperti undangan, pertemuan arisan, dan acara formal lainnya.

10. Blouse organza

Hipwee

Hari lebaran juga ternyata cocok dirayakan dengan mengenakan blouse. Namun jika Sedulur ingin tampil beda tanpa ribet, blouse berbahan organza bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan ini memiliki warna yang berkilau dan transparan. Blouse hanya tinggal dipadukan dengan dress polos atau rok dengan furing agar penampilan tampak semakin manis.

Nah, itulah rekomendasi ide baju lebaran untuk Sedulur dan keluarga. Ada baiknya dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar Sedulur bisa tampil percaya diri saat lebaran nanti. Pemilihan baju juga menjadi momen yang tepat untuk tampil kompak dengan keluarga. Jadi, Sedulur sudah tau akan mengenakan baju lebaran yang mana?