model celana formal pria

Di era seperti saat ini, fashion menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup, baik itu wanita maupun pria. Salah satunya soal model celana formal pria, dimana bawahan tersebut menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari.

Namun berbeda dengan fashion wanita, pria kerap mempunyai style fashion yang terbilang lebih simple. Ya, dalam hal fashion, biasanya pria hanya perlu memikirkan atasan entah itu baju atau kemeja, kemudian bawahannya sudah pasti celana.

Dalam pemilihan celananya sendiri, tentu saja harus disesuaikan dengan atasan dan juga acara yang harus dihadiri. Khusus untuk acara-acara formal, biasanya pria akan mengenakan kemeja dengan celana formal yang umumnya bertekstur halus.

Sementara untuk model dari celana formal pria, saat ini memang mudah ditemukan di pasaran. Namun pastinya tidak semuanya memiliki kualitas yang baik dan nyaman dikenakan. Bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi celana formal, berikut ini beberapa di antaranya!

BACA JUGA: Rekomendasi Outfit Kemeja Hitam Pria Bikin Kamu Makin Keren

1. Pleated dress pants

model celana formal pria
Esquire

Pleated dress pants sendiri berarti dress pant dengan lipit di bagian atasnya. Jenis celana yang satu ini akan membuat para pemakainya terlihat modis, selama Sedulur tahu cara untuk memilihnya. Jadi yang harus diketahui, yakni pilihlah celana pleated dengan ukuran yang benar-benar pas.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesan yang tidak terlalu gombrong dan terlihat kuno. Selain itu, pastikan pula detail pada lipitnya jatuh sempurna. Perhatikan juga bagian ujung celana, pastikan terlihat lancip untuk menambahkan kesan tegas melalui celana yang dikenakan.

Untuk memberikan kesan yang lebih trendy dan modern, Sedulur juga dapat memilih celana dengan ujung celana yang lebih kecil. Namun jangan terlalu kecil atau sempit, pasalnya bisa membuat pemakai merasa tidak nyaman ketika mengenakannya.

Nah, untuk melengkapi tampilan agar lebih sempurna dan semakin menawan, Sedulur bisa mengenakan ikan pinggang berbahan kulit. Selain itu, gunakan pula aksesoris pendukung lain seperti kacamata, jam tangan, dan lain sebagainya.

2. Flat front dress pants

Bisa dibilang jika model celana formal pria ini hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja tampilannya lebih flat. Tampilan yang terkesan flat tersebut bisa terjadi karena tidak adanya lipit seperti yang ada pada model pleated dress pants.

Model celana ini memang terlihat formal, namun tidak seformal pleated dress pants. Sehingga tetap cocok dikenakan di berbagai acara yang sifatnya semi-formal. Sedulur tetap bisa memadukannya dengan atasannya yang lebih “santai” untuk terlihat tetap menawan.

Oh iya, saat memilih model flat front dress pants, Sedulur bisa memilih celana dengan cutting slim fit. Sebenarnya tidak ada salahnya dengan model reguler fit, hanya saja tampilan yang terlalu halus tanpa lipit akan membuat tampilan terasa sangat polos.

Jadi sebaiknya pilihlah cutting slim fit untuk celana yang dikenakan, begitu juga dengan atasannya yakni kemeja slim fit. Dijamin, penampilan Sedulur akan terlihat sempurna.

3. Chinos pants

model celana formal pria
Werd

Bisa dibilang jika chinos menjadi salah satu model celana formal pria yang paling sering menjadi pilihan. Model celana ini memang cocok dikenakan oleh segala usia. Kendati demikian, Sedulur juga harus memperhatikan acara yang akan dihadiri, agar terlihat lebih serasi.

Jenis dari celana chinos sendiri cukup banyak, mulai dari skinny, slim fit, regular fit, boot cut, dan lain sebagainya. Sementara di Indonesia sendiri, jenis chinos yang sering dipilih oleh masyarakat adalah jenis slim fit dan regular fit.

Nah, untuk jenis slim fit biasanya dikenakan dalam acara-acara yang sifatnya lebih santai atau casual. Sementara untuk acara yang bersifat formal, Sedulur dapat memilih celana chinos dengan potongan lurus alias regular fit.

Ya, celana chino sendiri hadir dengan warna yang sangat beragam. Namun, untuk memberikan kesan formal, pilihlah warna yang cenderung gelap seperti hitam, abu-abu, atau cokelat. Kemudian padukan dengan kemeja dengan warna yang senada agar terlihat lebih matching.

4. Denim jeans

Siapa yang bilang jika celana berbahan jeans tidak cocok dikenakan di acara-acara formal? Ya, jenis celana yang satu ini memang sudah sangat familiar bagi pria ataupun wanita, terutama di Indonesia. Kesan yang ditimbulkan oleh jenis celana ini memang lebih ke casual atau santai.

Meskipun begitu, jenis celana jeans juga menghadirkan karakteristik yang berbeda-beda, sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Bagi yang ingin tampilan lebih formal dengan mengenakan celana jeans, maka bisa memilih bahan denim.

Jenis denim tersebut akan terlihat sangat cocok dipadukan dengan kemeja dan dasi. Bahkan penggunaan jas juga akan membuat tampilan Sedulur lebih lengkap. Namun tetap pastikan agar warna antara satu dengan yang lainnya tetap berkesinambungan.

Berhati-hatilah saat memilih warna, karena pemilihan warna yang kurang tepat justru bisa membuat tampilan tidak enak untuk dipandang.

5. Corduroy pants

model celana formal pria
Opumu Magazine

Sesuai dengan namanya corduroy pantas adalah jenis celana yang dibuat dari bahan corduroy. Ciri khas dari model celana yang satu ini, yakni ada pada tekstur kainnya yang tampak seperti dibuat dari beberapa tali yang sejajar kemudian dijahit bersamaan.

Mode celana corduroy ini memang cocok digunakan untuk berbagai jenis acara santai, mulai dari acara santai hingga acara yang sifatnya formal sekalipun. Namun bagi yang ingin mengenakannya di acara formal, pastikan untuk memilih warna-warna gelap seperti hitam atau navy.

Selain itu, Sedulur juga bisa memilih warna celana senada dengan warna jas yang dikenakan. Kemudian lengkapi tampilan dengan sepatu pantofel serta aksesoris lain seperti kacamata, jam tangan, dasi, dan lain sebagainya.

Oh iya, perlu diketahui jika celana corduroy ini dibuat dari bahan yang terbulang tebal. Jadi, sebaiknya hindari untuk menggunakannya pada saat musim panas karena bisa menimbulkan rasa gerah yang tidak nyaman.

6. Drawstring pants

Biasanya orang akan mengenakan celana drawstring untuk kegiatan-kegiatan santai seperti bermain, berolahraga, atau bahkan saat tidur. Walaupun kesan yang ditimbulkan terlihat santai, namun model celana ini tetap memiliki nuansa stylish yang cocok digunakan untuk acara-acara formal.

Bagi yang ingin coba mengenakan celana drawstring untuk acara formal, bisa memilih yang model slim fit. Selain itu, pilih warna-warna yang terkesan lebih kalem seperti abu-abu atau cokelat muda. Sandingkan dengan kemeja favorit Sedulur, dijamin akan menghasilkan tampilan yang keren.

Namun sebelum itu, perlu untuk diketahui bahwa model celana yang satu ini memiliki tali pengencang di bagian pinggangnya. Nah, biasanya tali pengencang tersebut yang membuat celana tidak cocok dikenakan dalam acara formal.

Untuk itu, Sedulur bisa mengakalinya dengan cara tidak memasukkan kemeja ke dalam celana. Atau bisa juga dengan mengenakan jas untuk menutupi bagian tali pengencang di pinggang.

7. Relaxed-legged pants

Uniqlo

Dapat dikatakan jika model celana formal pria yang berikutnya ini sangat bertolak belakang dengan mode celana skinny. Ya, jadi relakxed-legged pants merupakan celana longgar yang belakangan mulai disukai oleh para pria.

Bukan karena tanpa alasan, model celana ini mampu membuat tampilan style pria terlihat lebih keren dan juga maskulin. Selain itu, relaxed-legged pants juga sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis dan model sepatu.

Sifat dari relaxed-legged pants yang longgar dari ujung lubang kaki sampi atas, juga membuat para pengguna celana ini merasa tetap nyaman. Berbeda dari celana mode skinny yang terasa sangat “mengikat” kaki penggunanya.

Hal ini membuat relaxed-legged pants cocok digunakan untuk berbagai acara dan aktivitas, tanpa perlu takut merasa tidak nyaman.

8. Cropped pants

Hampir sama seperti relakxed-legged pants, akhir-akhir ini cropped pants mulai banyak disukai oleh para pria. Ya, sebelumnya cropped pants memang seringkali digunakan oleh kaum wanita. Namun tidak dengan saat ini, dimana dunia fashion telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Termasuk dengan celana, dimana para pria banyak yang menggunakan model cropped pants. Model celana ini memiliki potongan yang tidak menutupi kaki hingga penuh. Penggunaan dari cropped pants ini akan memberikan kesan yang memamerkan kaos kaki penggunanya.

Meskipun itu, celana ini tentu saja bisa digunakan di dalam acara formal sekalipun. Sedulur bisa coba mengenakan cropped pants ini untuk menghadiri acara berbagai acara yang bersifat formal seperti meeting, kondangan, kerja kantor, dan lain sebagainya.

Sedulur hanya perlu memakai kemeja polos dengan cara dimasukkan ke dalam celana, maka tampilan yang formal sekaligus stylist akan tercipta!

9. Tartan pants

model celana formal pria
Pinterest

Mungkin masih banyak yang tidak menyangka jika celana tartan ternyata cocok digunakan dalam outfit formal. Ya, celana tartan memang mempunyai ciri khas berupa motif kotak-kotak dengan balutan warna merah yang terlihat keren.

Selain itu, biasanya orang menggunakan model celana tersebut untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya cenderung santai. Namun seiring dengan perkembangannya, saat ini celana dengan motif tartan sudah memiliki warna yang lebih beragam.

Tidak hanya nyaman ketika dikenakan, celana tartan juga memiliki sifat yang fleksibel. Dalam artinya, model celana yang satu ini cocok digunakan untuk berbagai acara, baik itu santai ataupun formal. Sedulur bisa mengombinasikannya dengan kemeja berwarna netral dan minim motif.

Untuk bisa mendapatkan tampilan, Sedulur dapat menggunakan sepatu formal atau yang biasa disebut dengan pantofel. Jangan lupa pula dengan berbagai aksesori pendukung yang akan membuat gaya berpakaian semakin menawan.

10. High-waisted pants

Sama halnya seperti cropped pants, dulunya high-waisted pants juga hanya dikenakan oleh kaum hawa. Namun tidak dengan saat ini, dimana tidak sedikit pria yang memanfaatkan model celana satu ini ke dalam inspirasi OOTD mereka.

Sesuai dengan namanya, high-waisted pantas adalah jenis celana pria yang mempunyai potongan cukup tinggi di atas pinggang. Berbeda dengan model celana formal pria pada umumnya, yang potongannya biasanya hanya sebatas garis pinggang saja.

Dengan karakteristik yang terbilang cukup unik, model celana bahan ini bisa Sedulur padukan dengan berbagai pakaian. Mulai dari kemeja polos, kemeja motif, atau bahkan jas sekalipun, mampu membuat orang-orang yang melihat langsung terkesan.

Pasalnya Sedulur tidak hanya menampilkan kesan yang keren dan maskulin, namun juga terdapat sisi unik yang mampu menarik perhatian.

BACA JUGA: Cara Menggulung Lengan Baju Kemeja Mudah dan Rapi

11. Skinny-fit pants

The Wall Street

Ingin kaki Sedulur terlihat lebih kurus dan jenjang? Cobalah untuk mengenakan celana panjang dengan potongan skinny-fit. Ya, potongan dari model celana ini membuatnya benar-benar menempel di kaki secara ketat, hingga menunjukkan bentuk kaki penggunanya.

Biasanya model celana skinny-fit dibuat dari bahan stretch yang dapat melar sesuai dengan pergerakan pengguna. Penggunaan dari bahan yang melar tersebut, ditujukan untuk tetap menjaga kenyamanan dan terhindar dari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan seperti celana yang robek.

Walaupun begitu, namun sayangnya model celana pria ini memiliki saku yang sempit. Jadi tidak memungkinkan jika diisi dengan banyak barang. Untuk menghasilkan kesan formal, Sedulur bisa padukan dengan kemeja yang lengannya digulung sebatas siku.

Jangan lupa untuk mengenakan sepatu pantofel dan aksesoris lainnya agar tampilan terlihat semakin keren dan stylish!

12. Slim-fit pants

Model celana formal pria slim-fit juga mempunyai potongan mata kaki yang lebih kecil, dengan bentuk yang mengikuti lekuk kaki penggunanya. Oleh sebab itu, model celana ini lebih cocok dikenakan oleh Sedulur yang memiliki bentuk kaki tidak terlalu besar.

Mungkin masih banyak yang salah kaprah mengenai slim fit dan skinny fit. Padahal kedua model celana tersebut sangat berbeda. Untuk model skinny fit, bahan kain benar-benar menempel ketat di kaki, sementara untuk slim fit masih ada ruang antara celana dan kaki.

Jadi bisa dikatakan jika model celana slim-fit tidak “seketat” celana skinny-fit. Namun meskipun begitu, tetap disarankan untuk memilih celana slim-fit dengan bahan stretch tebal agar gerak tidak terbatas dan kenyamanan tetap terjaga.

Model celana slim-fit juga sangat cocok dipadupadakan dengan berbagai pakaian dan juga sepatu, untuk menghasilkan tampilan keren yang maksimal.

13. Wide leg pants

model celana formal pria
Pinterest

Biasanya wide leg berbentuk celana panjang yang lebar serta lurus dari bagian bawah hingga pinggang. Bisa dibilang jika celana yang satu ini memiliki model pipa lebar dan sempat populer di era 1950-an. Untuk ini, banyak trend klasik yang mulai booming dan digemari banyak orang.

Termasuk juga dengan tend dalam gaya berpakaian, dimana wide leg pants kembali digemari oleh orang-orang. Bukan hanya wanita saja, para pria juga tidak mau ketinggalan trend kembali ke masa lalu dengan mengenakan wide leg pants.

Model celana ini dapat Sedulur manfaatkan untuk memberikan tampilan retro yang super trendy. Sedulur dapat mengombinasikan model celana tersebut dengan kemeja oversized yang juga sempat menjadi trend di masa lalu.

Jika tampilan yang terkesan lebih unik, coba gunakan jas oversized dengan warna dan juga motif yang senada dengan celana.

14. Cargo pants

Apabila dilihat dari desainnya, cargo pants mungkin yang paling mudah untuk dibedakan karena memiliki lebih banyak saku dibandingkan jenis celana lainnya. Selain itu, cutting dari celana cargo sendiri biasanya dibuat longgar sehingga pengguna lebih nyaman dan leluasa saat bergerak.

Semua itu dilakukan karena celana cargo sebenarnya memang didesain untuk kegiatan atau aktivitas di luar ruangan. Ya, dapat dibilang jika celana cargo sendiri merupakan spin-off dari celana militer yang utilitarian dan juga lebih praktis.

Akan tetapi, untuk saat ini model celana kargo pun sudah sangat beragam, dan dapat digunakan di berbagai macam kegiatan. Bahkan untuk kegiatan formal sekalipun, Sedulur bisa memanfaatkan celana cargo untuk memberikan tampilan yang berbeda.

Hanya perlu menyandingkannya dengan kemeja polos dan sepatu boots, Sedulur sudah bisa tampil formal, keren, dan tentunya lebih macho.

15. Work pants

Pinterest

Jika penggunaan celana cargo terkesan terlalu kaku bagi Sedulur, maka bisa menjadikan work pants sebagai alternatif lainnya. Jadi bisa dibilang jika work pants ini hampir sama seperti celana cargo, hanya saja jumlah sakunya tidak sebanyak celana cargo.

Hal ini akan membuat model celana tersebut terlihat lebih halus dan santai, namun tetap cocok dikenakan untuk acara-acara yang bersifat formal. Kemudian untuk potongan atau cutting-nya juga menggunakan model straight-fit, alias lurus dari atas sampai bawah.

Dengan cutting yang digunakan, tentu saja membuat para pengguna bisa lebih leluasa saat bergerak. Sedulur tidak perlu takut celana akan robek atau muncul rasa yang tidak nyaman karena pergerakan terbatas oleh cutting celana yang terlalu sempit.

Model work pants tersebut juga menjadi pilihan banyak pria akhir-akhir ini. Selain cocok digunakan di berbagai acara, kenyamanan menjadi hal utama yang dihadirkan.

Fashion style yang semakin berkembang, tentu saja menuntut setiap orang untuk selalu mengikuti trend yang sedang berlangsung. Menggunakan model celana formal pria yang sedang digemari saat ini, juga menjadi salah satu bentuk nyata bahwa Sedulur tidak pernah ketinggalan trend fashion.

Nah, beberapa model celana formal pria yang sudah disebutkan di atas, bisa menjadi rekomendasi outfit yang wajib untuk dicoba. Jangan lupa untuk memadukan dengan atasan dan juga sepatu yang sesuai, untuk menghasilkan penampilan yang benar-benar maksimal.