minyak rambut pria

Bukan hanya wanita, tidak jarang para pria juga seringkali mengalami masalah pada rambut. Jika biasanya wanita akan pergi ke salon ketika menemui masalah rambut, maka tidak dengan pria. Umumnya, mereka lebih memilih untuk menggunakan produk minyak rambut pria sesuai dengan masalah yang dialami.

Perlu untuk diketahui, bahwa minyak rambut (hair oil) sendiri sebenarnya telah digunakan oleh masyarakat India sejak lama, tepatnya dalam praktik Ayurveda. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan rambut, mencegah kerontokan, dan membuat batang rambut menjadi kuat.

Selain itu, minyak rambut juga sering digunakan karena didalamnya terkandung asam lemak yang membantu menggantikan lipid rambut yang hilang karena styling, perawatan kimia, atau bahkan polusi. Lipid berperan penting dalam membuat rambut menjadi lebih sehat, dan menjaga kilau rambut.

Menariknya lagi, ada beberapa jenis minyak rambut yang biasa digunakan untuk membantu menata rambut alias hairstyle. Nah, bagi yang sedang mencari minyak rambut pria, berikut ini rekomendasinya!

BACA JUGA: 30+ Inspirasi Semir Rambut Pria Terpopuler 2023

1. Pomade Waterbased Najpra

minyak rambut pria
Pinterest

Di urutan pertama ada Pomade Waterbased Najpra, yang dapat Sedulur pilih untuk menata sekaligus menjaga kesehatan pada rambut. Sesuai dengan namanya, produk yang satu ini dibuat dari bahan dasar air sehingga keamanannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Pomade Waterbased Najpra hadir dengan berbagai macam kandungan yang mampu memberikan manfaat bagi rambut. Di antaranya seperti petroleum jelly, beeswax, minyak kelapa, castor oil, minyak zaitun, minyak ulin, minyak habbatussauda, jojoba oil, candlenut oil, dana juga vitamin E.

Jika Sedulur ingin menggunakan minyak rambut pria besutan Najpra ini, tentu keuntungan yang didapatkan cukup banyak. Dari rambut yang akan terhindar dari kerontokan, rambut menjadi ternutrisi dengan baik, akar rambut yang lebih subur, hingga mencegah dan mengatasi ketombe.

Bahkan peradangan kulit kepala yang terjadi akibat ketombe juga bisa diminimalisir, lho. Tidak hanya sampai disitu, bagi yang memiliki masalah rambut rontok hingga kebotakan juga bisa memanfaatkan pomade berbahan dasar air ini untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

2. Pomade Clay Caladium

Rekomendasi minyak rambut pria yang dapat Sedulur coba gunakan berikutnya adalah Pomade Clay Caladium. Berbeda dari yang sebelumnya, minyak rambut ini terbuat dari bahan dasar berupa lilin atau yang lebih sering disebut dengan clay.

Pomade Clay Caladium bisa Sedulur digunakan untuk menata rambut pria, sehingga terlihat lebih matte dan tampak tidak terlalu kering. Berbeda dengan pomade oil based maupun pomade water based, bahan clay tersebut sangat mudah untuk dicuci dan dibersihkan.

Dengan begitu, maka penggunaanya akan terasa sangat pas bagi Sedulur yang memiliki rambut dengan tipikal tipis, lemas, ataupun tebal. Pomade ini aman digunakan sehari-sehari, dan bisa langsung dibersihkan ketika sudah tidak dibutuhkan lagi.

Pokoknya sangat cocok bagi Sedulur yang suka dengan rambut yang terkesan rapi, gandrung dengan gaya undercut. Bahkan bagi yang memiliki rambut pendek, tetap bisa tampil secara maksimal dengan bantuan Pomade Clay Caladium ini.

3. Active Men Hair Gel

Active Man Hair Gel menjadi rekomendasi minyak rambut pria yang dapat dipilih berikutnya. Bagi Sedulur yang sedang mencari produk untuk rambut pria yang halal dan juga aman digunakan, maka Active Men Hair Gel bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Minyak rambut berbentuk gel yang berasal dari Mesir ini, memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang bisa membantu rambut untuk menjadi lebih kuat. Tidak hanya kuat, rambut juga akan lebih mudah ketika ditata sesuai dengan hairstyle.

Nah, menariknya, pada saat digunakan Active Men Hair Gel ini tidak akan menimbulkan kerak pada kulit kepala. Gel ini juga tidak membuat rambut menjadi kering, sehingga tatanan rambut akan lebih mudah dilakukan dan dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Hal ini bisa terjadi karena adanya formula extra strong hold, yang diklaim mampu mempertahankan tatanan rambut secara lebih kuat dan juga lama. Jadi Sedulur tidak perlu repot untuk terus mengatur ulang tatanan rambut ketika bepergian ke luar.

4. Mandom Hair Cream

Mungkin untuk produk minyak rambut pria yang satu ini sedikit berbeda dari beberapa produk yang sebelumnya. Ya, sesuai dengan namanya, Mandom Hair Cream adalah produk styling rambut yang berbentuk cream atau krim.

Kendati demikian, Mandom Hair Cream ini bisa diandalkan dalam perawatan dan styling rambut Sedulur. Produk ini memiliki kemampuan untuk merawat, merapikan, dan juga memudahkan rambut ketika diatur. Bahkan mampu menghasilkan tampilan rambut yang tampak alami.

Selain itu, aroma yang dihadirkannya pun terasa sangat segar. Jadi rambut tidak hanya akan terlihat lebih stylish saja, namun juga tetap wangi. Dengan begitu, maka Sedulur bisa merasa lebih percaya diri ketika bepergian dengan rambut yang ditata menggunakan Madom Hair Cream.

Kepercayaan diri tersebut juga didukung dengan tampilan rambut yang lebih terlihat berkilau. Pada intinya, andalkan produk satu ini untuk menghasilkan tatanan rambut yang rapi, dan menjaga tatanannya dalam waktu hingga seharian.

5. Gatsby Treatment Hair Cream

Masih dengan produk hair cream, kali ini ada Gatsby Treatment Hair Cream yang menjadi pilihan produk minyak rambut pria lainnya untuk Sedulur. Produk perawatan rambut yang populer ini, mampu menjaga kesehatan rambut dan juga membuatnya lebih mudah ditata.

Gatsby Treatment Hair Cream sendiri memiliki dari 2 varian. Yang pertama ada Treatment Hair Cream Normal, dengan kandungan Pearl Protein yang akan memberikan kelembaban serta kilau alami, dan menghindarkan rambut dari kekeringan.

Gatsby Treatment Hair Cream Normal juga diklaim dapat menyatu dengan rambut dengan mudah, sehingga rambut akan menjadi lebih lembut, halus, dan mudah ditata. Kemudian yang kedua adalah Gatsby Treatment Hair Cream Anti Dandruff yang memiliki kandungan Zpt dan Octopirox.

Selain itu, varian Gatsby Treatment Hair Cream Anti Dandruff juga mengandung Pearl Protein yang akan memberikan kilau alami dan kelembaban pada rambut, serta menjaga rambut agar tetap sehat. Silahkan pilih varian mana yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

6. O’Douds All Natural Water Based Pomade

minyak rambut pria
Mens Journal

O’Douds All Natural Water Based Pomade adalah produk pomade berbasis air, sehingga membuatnya mudah untuk dicuci tanpa meninggalkan residu yang berat. Tentu saja Sedulur akan merasa lebih nyaman untuk menggunakannya kapan saja dan dimana saja.

O’Douds All Natural Water Based Pomade juga hadir dengan formula yang menggunakan berbagai macam bahan alami. Ya, pomade ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi Sedulur yang sedang mencari produk perawatan rambut alami yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, produk ini juga dirancang untuk memberikan daya tahan tinggi, sehingga bisa membantu menjaga gaya dan tatanan rambut sepanjang hari. Sangat cocok bagi yang membutuhkan kontrol secara ekstra terhadap rambut yang dimiliki.

Walaupun dapat memberikan daya tahan tinggi, pomade yang satu ini diklaim tidak membuat rambut terasa menjadi berat. Nah, beberapa varian produk styling rambut O’Douds hadir dengan aroma yang menyegarkan, yang akan menambah pengalaman pengguna dalam menggunakan pomade.

7. Layrite Superhold Pomade

Layrite Superhold Pomade hadir dengan kelebihan berupa kemampuannya untuk memberikan daya tahan super tinggi pada rambut. Minyak rambut pria satu ini dirancang untuk menjaga gaya rambut tetap enak dipandang sepanjang hari, tanpa perlu pengaturan berulang-ulang.

Pomade ini mampu memberikan kontrol terhadap rambut secara maksimal, memungkinkan Sedulur untuk membentuk dan menjaga gaya rambut sesuai dengan keinginan. Tentu saja hal ini sangat cocok untuk gaya rambut yang membutuhkan kekuatan ekstra untuk mempertahankan bentuknya agar tahan lama.

Kendati demikian, Layrite Superhold Pomade juga memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan berbagai produk styling rambut lain dengan daya tahan tinggi yang serupa. Kilau sedang yang dihasilkan, mampu memberikan tampilan yang bersih dan sehat tanpa adanya kilau berlebih.

Layrite Superhold Pomade juga berbasis air, sehingga mudah untuk dicuci tanpa meninggalkan residu yang berat. Dengan begitu, maka Sedulur akan merasa lebih nyaman untuk menggunakannya dan membersihkannya kapan saja.

8. Baxter of California Clay Pomade

Baxter of California Clay Pomade merupakan produk styling rambut yang populer di kalangan pria karena kemampuannya dalam memberikan kontrol, tekstur, dan juga daya tahan untuk berbagai model dan gaya rambut. Pomade ini mengandung tanah liat sebagai bahan utamanya.

Tanah liat sendiri dikenal dapat memberikan tekstur yang terkesan alami pada rambut dan membantu menciptakan gaya yang terasa lebih kasual. Ya, Baxter of California Clay Pomade memang segaja dirancang untuk memberikan daya tahan tinggi, memastikan gaya rambut tetap tertata sepanjang hari.

Hal ini tentu saja sangat cocok untuk Sedulur yang menginginkan kontrol rambut lebih lama. Kelebihan lain yang dihadirkan oleh produk ini yakni memberikan kilau matte. Dengan begitu, maka akan membuat tampilan rambut terlihat lebih natural.

Tidak terlalu kurang berkilau jika dibandingkan dengan produk-produk lain. Pengaplikasian Baxter of California Clay Pomade pada rambut juga cukup mudah, memungkinkan para pengguna untuk membentuk dan merapikan gaya rambut sesuai dengan keinginan mereka.

9. Hanz de Fuko Claymation

Hanz de Fuko Claymation adalah produk yang terbuat dari bahan campuran antara lilin dan tanah liat, sehingga memberikan manfaat dari kedua bahan tersebut. Lilin mampu memberikan kilau, sementara untuk tanah liat akan memberikan tekstur dan daya tahan.

Salah satu kemampuan dari Claymation ini adalah memberikan daya tahan tinggi, sangat cocok untuk gaya rambut yang memerlukan kontrol secara ekstra. Pomade satu ini memberikan kontrol maksimal pada rambut, sehingga pengguna bisa membentuk dan merapikan gaya rambut sesuai keinginan.

Selain itu, Claymation juga mampu memberikan tekstur yang terlihat alami pada rambut, dan menciptakan tampilan yang tidak terlalu kaku. Oleh sebab itu, hasil akhir yang diberikan benar-benar tampak lebih natural dan terkesan casual.

Formula yang terkandung di dalamnya, dapat membantu mengendalikan minyak berlebih yang biasanya muncul pada rambut. Hal ini menjadikan produk tersebut sangat cocok untuk Sedulur yang mempunyai rambut berminyak dan ingin mengurangi kilau secara berlebih.

10.Uppercut Deluxe Pomade

Bagi Sedulur yang senang menerapkan hairstyle atau gaya rambut klasik seperti slick back atau pompadour, maka bisa menggunakan Uppercut Deluxe Pomade. Produk dari Uppercut Deluxe ini berbasis air, sehingga mudah untuk dicuci tanpa bantuan berbagai produk pembersih rambut.

Uppercut Deluxe Pomade memberikan daya tahan menengah, tidak terlalu soft dan tidak juga terlalu hard. Sehingga sangat cocok untuk gaya rambut sehari-hari tanpa perlu kontrol yang terlalu tinggi. Rambut juga tidak akan menjadi terlalu kaku ketika produk ini dikenakan.

Nah, pomade ini memberikan kilau yang terbilang sedang pada rambut. Dengan begitu, maka akan menghasilkan tampilan yang bersih dan sehat tanpa adanya kilau berlebih. Cocok untuk berbagai gaya rambut termasuk pompadour dan slick back, seperti yang sebelumnya dikatakan.

Selain itu, Uppercut Deluxe Pomade hadir dengan aroma yang menyegarkan, yang akan memberikan kesan kesegaran pada rambut sepanjang hari. Jadi jangan ragu untuk mengandalkan produk ini untuk kebutuhan penataan rambut sehari-hari.

Produk yang satu ini hadir dalam kemasan yang menarik dan juga terkesan klasik, sehingga menciptakan kesan produk perawatan pria yang premium. Tentu saja Sedulur akan merasakan sensasi yang berbeda dan istimewa jika menggunakannya.

BACA JUGA: 20+ Cara Meluruskan Rambut Pria Alami, Cepat dan Mudah!

11. Suavecito Firme Hold Pomade

Vitaman

Rekomendasi minyak rambut pria berikutnya adalah Suavecito Firme Hold Pomade. Produk styling ini dikenal banyak pria karena kemampuannya dalam memberikan daya tahan tinggi dan kontrol secara maksimal pada gaya rambut.

Ya, para pengguna dapat membentuk dan merapikan gaya rambut dengan presisi. Karena dirancang untuk memberikan daya tahan tinggi, maka Suavecito Firme Hold Pomade diklaim mampu menjaga gaya rambut tetap tertata sesuai keinginan sepanjang hari tanpa perlu pengaturan ulang.

Firme Hold Pomade juga dapat memberikan kilau pada rambut dengan tingkatan sedang. Jika Sedulur menggunakannya, maka akan mendapatkan tampilan yang terlihat bersih dan sehat tanpa adanya kilau rambut yang berlebihan.

Suavecito Firme Hold Pomade juga mudah diaplikasikan pada rambut. Konsistensinya memungkinkan produk ini bisa dengan mudah merata di seluruh rambut. Produk ini juga berbasis air, sehingga Sedulur tidak akan kesulitan ketika mencuci dan membersihkannya.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, ternyata Suavecito Firme Hold Pomade dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi Sedulur bisa menjadi produk ini sebagai minyak rambut andalan untuk penggunaan harian.

12. Moroccanoil Texture Clay

Moroccanoil Texture Clay merupakan sebuah produk pomade oil based yang dirancang untuk memberikan volume, tekstur, dan juga daya tahan tinggi pada rambut. Produk yang satu ini diformulasikan untuk memberikan tekstur tambahan pada rambut.

Selain itu, produk ini juga dapat membantu menciptakan gaya yang tampak lebih bervolume dan dimensi. Dengan ini, maka rambut akan memiliki daya tahan tinggi, sehingga Sedulur tidak perlu kerepotan untuk mengatur ulang tatanan rambut secara terus-menerus.

Kilau matte yang dihadirkan oleh Moroccanoil Texture Clay, akan memberikan tampilan yang lebih terkesan natural dan tidak berkilau berlebih. Pokoknya produk clay ini memudahkan para pengguna untuk menata rambut sesuai dengan gaya yang dikehendaki.

Sebagian besar produk Moroccanoil Texture Clay ini juga diperkaya dengan minyak argan. Bagi yang belum tahu, minyak argan adalah jenis minyak yang dikenal dengan sifatnya yang melembapkan dan memberikan kilau sehat pada rambut.

Kemudian soal aroma, Moroccanoil Texture Clay menghadirkan aroma yang harum dan menyenangkan. Dijamin Sedulur tidak akan merasa bosan selama menggunakannya.

13. Redken Brews Outplay Texture Pomade

Diformulasikan untuk memberikan tekstur tambahan pada rambut, Redken Brews Outplay Texture Pomade mampu menciptakan tampilan yang lebih dimensi dan juga bervolume. Konsistensi yang dihasilkan oleh pomade ini memudahkan penataan rambut sesuai dengan gaya yang diinginkan oleh para pengguna.

Sedulur bisa menciptakan tekstur dan bentuk yang diinginkan dengan mudah ketika, menggunakan produk minyak rambut pria yang satu ini. Redken Brews Outplay Texture Pomade juga memiliki keunggulan dapat dicuci dengan mudah, dan tidak meninggalkan residu yang terlalu berat.

Berbeda dari kebanyakan produk pomade yang ada, Redken Brews Outplay Texture Pomade cenderung tidak lengket. Dengan begitu, maka Sedulur bisa menciptakan rambut yang terkesan tetap fleksibel dan juga terlihat rapi secara alami.

Bagi Sedulur yang ingin menerapkan gaya rambut yang lebih kasual, seperti tekstur berantakan ataupun gaya rambut yang tidak terlalu rapi, maka Redken Brews Outplay Texture Pomade merupakan produk terbaik yang bisa coba digunakan.

14. American Crew Heavy Hold Pomade

American Crew Heavy Hold Pomade hadir dengan formula berbasis minyak dan air, sehingga Sedulur bisa memilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Namun pada umumnya, produk pomade ini mampu memberikan kontrol ekstra pada rambut.

Sedulur bisa dengan mudah menata gaya rambut seperti yang diinginkan dan mempertahankan dalam waktu yang lama. Dalam urusan kilau, bisa dibilang produk ini memberikan kilau yang moderate. Jadi tampilan yang dihasilkan terlihat sehat dan tidak terlalu berlebihan.

Kebanyakan produk dari American Crew Heavy Hold Pomade ini umumnya menghadirkan aroma yang maskulin, sehingga menambah sentuhan maskulinitas selama digunakan. Sedulur bisa mengandalkan produk pomade ini untuk berbagai macam kesempatan.

Selain itu, American Crew Heavy Hold Pomade juga cocok untuk berbagai macam gaya rambut, khususnya yang memerlukan kontrol dan daya tahan ekstra seperti slick back atau pompadour. Namun tidak ada salahnya menggunakan produk ini untuk menghasilkan gaya-gaya rambut yang lebih kasual.

15. Axe High Hold Matte Hair Styling Wax

Pinterest

Rekomendasi minyak rambut pria yang terakhir Axe High Hold Matte Hair Styling Wax. Produk ini dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis rambut. Mulai dari jenis rambut keriting, rambut bergelombang, rambut tebal, rambut lurus, atau bahkan rambut tipis sekalipun.

Pada saat digunakan pada rambut, AXE High Hold Matte Wax akan memberi kontrol sekaligus tekstur yang Sedulur inginkan. Tidak usah khawatir akan keamanannya, mereka telah mengklaim formula yang digunakan benar-benar aman untuk penggunaan harian.

Pengaplikasian dari AXE High Hold Matte Wax pada rambut sangat mudah. Konsistensi yang dimiliki, memungkinkan produk yang satu ini bisa langsung merata di seluruh rambut hanya dengan beberapa langkah saja. Sedulur tidak butuh waktu yang lama ketika ingin menggunakannya.

Selain itu, AXE High Hold Matte Wax juga mudah dibilas. Sehingga Sedulur bisa langsung membersihkannya dengan cara membilas dengan air ketika sudah tidak dibutuhkan. Menariknya lagi, minyak rambut ini juga tersedia dengan harga yang terjangkau, lho.

Nah, itu dia beberapa minyak rambut pria yang direkomendasikan. Semua produk yang disebutkan di atas telah teruji keamanannya, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir untuk menjadikannya sebagai minyak rambut andalan yang digunakan sehari-hari.

Kendati demikian, pastikan untuk menguji terlebih dahulu minyak rambut pada sebagian kecil rambut untuk memastikan jika produk yang dipilih tersebut cocok dengan jenis dan kondisi rambut Sedulur. Selain itu, jangan pernah lupa untuk selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk.