Cara meluruskan rambut pria

Rambut panjang tak hanya boleh dimiliki oleh perempuan saja. Para pria pun boleh merawat rambutnya hingga menjuntai panjang. Namun, karena karakter rambut pria kebanyakan ikal dan bergelombang. Tentu diperlukan cara meluruskan rambut pria secara alami supaya rambut panjang juga bisa terlihat apik.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa tips dan cara meluruskan rambut pria dengan berbagai cara. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak tips dan cara meluruskan rambut pria yang bisa dilakukan!

BACA JUGA: 17 Model Rambut Anak Laki Laki yang Keren dan Terkini 2023!

1. Pakai shampoo khusus rambut lurus

BACA JUGA: 28 Model Rambut Pria Ikal, Bikin Penampilan Jadi Lebih Keren!
StyleSeat

Cara meluruskan rambut pria yang pertama yaitu dengan menggunakan shampoo khusus rambut lurus. Terutama bagi Sedulur yang memiliki rambut yang sulit diatur dan selalu megar. Salah satu cara teraman untuk membuat rambut ikal tampak lurus dan gampang diatur adalah keramas dengan shampoo khusus.

Ada banyak jenis shampoo pelurus rambut yang beredar. Sedulur hanya perlu jeli meneliti kandungannya. Disarankan, pilih shampoo dengan keratin. Kalau perlu, sekalian saja dengan conditioner pasangannya.

2. Mencoba perawatan keratin di salon

Jika ingin cara meluruskan rambut pria denga  cepat dan permanen, Sedulur bisa melakukan perawatan keratin di salon. Perawatan keratin di salon memberi hasil lurus yang mirip dengan smoothing atau rebonding. Namun, keratin treatment jauh lebih aman dan sehat untuk rambut Sedulur.

Hasilnya juga terlihat lurus alami. Jika tertarik dengan cara meluruskan rambut pria cepat dan permanen seperti keratin ini, siapkan bujet lebih, karena biaya untuk melakukan perawatan ini bisa mencapai ratusan ribu untuk sekali penggunaan.

3. Membuat hair smoothing di rumah

Pinterest

Bagi Sedulur yang tidak sempat ke salon untuk melurskan rambut, Sedulur tidak perlu khawatir dan bisa mendapatkan gaya rambut lurus seperti di salon dengan membuat hair smooting di rumah. Gunakan saja produk hair smoothing atau krim pelurus rambut instan.

Saat ini, sudah banyak peralatan DIY Hair Smoothing Kit yang bisa ditemukan di ecommerce. Cara penggunaannya juga mudah, biasanya sudah ada panduan dan langkah-langkah yang lengkap.

Sedulur bisa mulai dengan keramas lalu keringkan rambut menggunakan hairdryer bila perlu. Catok rambut terlebih dahulu. Campurkan cream dan neutralizer secara merata. Aplikasikan ke seluruh rambut dengan sisir khusus. Bagi rambut sedikit demi sedikit, lalu oleskan krim ke tiap bagian.

Tunggu hingga 1 jam sebelum membilasnya dengan bersih. Keringkan kembali dengan hairdryer dan selesai. Meskipun rambut jadi halus dan mudah diatur, satu masalah rambut yang sering muncul setelah smoothing adalah rambut jadi bercabang.

4. Blow dry pakai hairdryer

Meski hasilnya cuma bertahan sehari, cara meluruskan rambut pria dengan blow dry berguna banget untuk Sedulur yang punya rambut medium atau panjang. Yang punya rambut pendek, harap mundur dulu. Cara rambut lurus pria ini bisa dilakukan setelah keramas.

Keringkan rambut dengan handuk sampai tidak terlalu  basah. Siapkan hairdryer dan sisir bulat dengan diameter kecil. Keringkan sambil menyisir rambut dari dalam. Tidak perlu terlalu menggulung rambut agar hasilnya masih terlihat alami.

5. Gunakan masker telur dan susu

Sedulur juga bisa menggunakan masker rambut yang terbuat dari telur dan susu. Jangan khawatir, Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah. Hasilnya mungkin tidak akan lurus seperti hasil smoothing, tapi rambutmu dijamin akan jauh lebih lembut dan mudah diatur.

Sedulur bisa coba perpaduan protein telur dan susu untuk membantu meluruskan rambutmu secara natural. Mulai dengan campurkan putih telur dan 2 cangkir susu sapi murni. Ratakan pada rambut, diamkan selama 15 menit lalu bilas. Lakukan minimal 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Conditioner Terbaik untuk Rambut Kering

6. Masker cuka apel

BACA JUGA: 28 Model Rambut Pria Ikal, Bikin Penampilan Jadi Lebih Keren!
GQ

Cuka apel juga efektif meluruskan rambutmu secara alami. Namun, jika Sedulur punya kulit yang sensitif, sebaiknya coba dulu mengaplikasikannya di belakang telinga sebelum ke kulit kepala, karena bisa menyebabkan iritasi.

Caranya juga sangat mudah yaitu mulai dengan ambil beberapa sendok cuka apel dan campurkan dengan air putih. Diamkan 30 menit, lalu bilas bersih. Jika dilakukan rutin, rambutmu akan berkilau dan halus!

7. Masker lidah buaya

Ini dia solusi murah meriah yang bisa Sedulur coba untuk meluruskan rambut! Jika punya gel lidah buaya di rumah, Sedulur tinggal mengaplikasikan masker lidah buaya selama 30 menit setiap hari. Jika dilakukan rutin, rambut akan terasa lebih subur dan halus.

8. Masker minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menutrisi dan melembapkan batang rambut agar lebih mudah diatur. Sedulur bisa pakai minyak zaitun sebagai pre-wash atau langsung pada rambut. Gunakan selama 20 menit sebelum keramas, lalu bilas dengan shampoo.

Agar sisa minyak terangkat sempurna, disarankan untuk keramas pakai shampoo CLEAR ini. Dengan formula yang dilengkapi dengan 3 Zero Tech dan scalp vitamin, shampoo ini akan membersihkan dan mengatasi ketombe. Rambutmu juga tidak akan kesat karena ada vitamin di dalamnya!

9. Pisang dan minyak zaitun

Kombinasi dua bahan ini berfungsi sebagai perawatan pengondisian dari dalam yang membantu meningkatkan kualitas dan tekstur rambutmu. Campuran ini akan membantu membuat rambutmu menjadi lurus dan kuat.

Caranya blender 2 pisang matang, campur dengan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada rambutmu, diamkan sekitar setengah jam. Setelah itu cuci sampai bersih dengan air dingin.

10. Gunakan sari apel

Membilas rambut dengan sari apel ini sangat baik untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran yang menumpuk dari rambutmu. Sari apel dapat membantu menghilangkan keriting dan membuat rambutmu terlihat lurus dengan kilau sehat.

Siapkan 2 sendok makan sari apel dan satu gelas air putih. Campurkan keduanya dalam baskom kemudian sisihkan. Setelah itu bilas rambutmu dengan sampo terlebih dahulu, lalu bilas rambut dengan sari apel tadi.

BACA JUGA: 28 Model Rambut Pria Ikal, Bikin Penampilan Jadi Lebih Keren!

11. Santan dan jus lemon

BACA JUGA: 28 Model Rambut Pria Ikal, Bikin Penampilan Jadi Lebih Keren!
Bran AU

Sedulur perlu menyiapkan seperempat gelas santan dan satu sendok makan lemon yang sudah diperas. Caranya campurkan santan dengan jus lemon dan aduk rata. Kemudian diamkan campuran tersebut selama semalaman.

Pada pagi hari, Sedulur bisa mulai mengoleskannya pada rambut dari akar hingga ke ujung. Lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan sampo.

12. Minyak jarak

Campurkan satu sendok makan minyak jarak dan minyak kelapa, kemudian hangatkan beberapa detik. Setelah itu oleskan minyak ke kepala rambutmu, sambil pijat kulit kepalamu sekitar 15 menit.

Kemudian diamkan minyak tersebut selama 30 menit di kepala. Setelah itu cuci rambutmu dengan air dingin dan sampo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

13. Cuka dan air

Cuka dan air ternyata adalah kolaborasi yang menarik sebagai cara meluruskan rambut pria secara alami. Perpaduan keduanya sudah cukup dikenal dapat membuat rambut lebih mudah diatur. Namun perlu diperhatikan, penggunaan cuka dan air ini harus tepat agar hasil maksimal.

Masukkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air. Aplikasikan pada helai rambut Sedulur Pijat lembut sambil dibentuk dengan posisi rambut yang diluruskan. Biarkan sebentar, lalu keramasilah rambut Sedulur.

14. Seledri

Selain ampuh untuk mengatasi ketombe, kerontokan, dan penyembuhan setelah rambut rontok, seledri juga digunakan untuk mempercantik mahkota Sedulur. Cara meluruskan rambut pria dengan seledri adalah hal yang harus Sedulur coba karena bisa sangat efektif apabila diaplikasikan secara rutin.

Siapkan seledri secukupnya, tambahkan secukupnya air lalu masukkan ke dalam blender dan haluskan. Oleskan jus seledri pada batang rambut Sedulur, lalu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan semalaman. Pagi harinya, keramasi rambut Sedulur dengan shampo dan air hangat.

15. Tepung beras dan telur

Cara meluruskan rambut pria berikutnya adalah dengan menggunakan kombinasi antara tepung beras dan telur. Bahan alami ini diyakini dapat meluruskan rambut wanita maupun pria dengan efektif.

Siapkan satu butir telur, pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning. Masukkan putih telur ke dalam wadah, lalu tambahkan 5 sendok makan tepung beras, aduk sampai rata dan mengental. Aplikasikan pada rambut Sedulur, kemudian sisirilah rambut Sedulur. Biarkan dulu selama 1 jam, lalu keramasilah rambut dengan shampo dan air hangat.

16. Minyak goreng

BACA JUGA: 28 Model Rambut Pria Ikal, Bikin Penampilan Jadi Lebih Keren!
Bran AU

Mungkin terdengar aneh. Namun cara meluruskan rambut keriting dengan menggunakan minyak goreng terbukti khasiatnya. Lantas bagaimana caranya?  Sediakan minyak goreng Masukkan minyak goreng secukupnya ke dalam satu wadah.

Oleskan minyak goreng ke seluruh bagian rambut Pijat rambut secara perlahan dan merata Diamkan sejenak, kurang lebih 20-30 menit Bersihkan rambut dengan shampoo, bilas sampai bersih Keringkan rambut dengan handuk Lakukan secara rutin, 1-3 kali dalam seminggu.

17. Gunakan pepaya

Buah pepaya nyatanya bisa Sedulur masukkan dalam daftar cara meluruskan rambut keriting secara alami. Meskipun terdengar tidak mungkin, namun pepaya cukup manjur. Berikut ini adalah cara yang bisa Sedulur terapkan untuk meluruskan rambut keriting secara alami menggunakan bahan pepaya:

Sediakan 3-5 potong pepaya dan 1 sdm madu Lumat pepaya menggunakan blender. Campurkan madu ke pepaya yang sudah dihaluskan, aduk hingga merata Oleskan secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai sari pepaya benar-benar meresap Bilas rambut menggunakan air bersih dan bersihkan dengan shampoo Keringkan rambut dengan handuk Lakukan secara rutin seminggu sekali.

18. Menyisir rambut yang basah hingga kering

Dari cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, cara meluruskan rambut keriting secara alami yang terakhir ini mungkin yang paling mudah dilakukan. Sedulur hanya perlu menyisir rambut yang masih basah sampai rambut kering.

Setelah keramas, rambut yang masih basah disisir terus menerus sampai benar-benar kering Tarik, kemudian pegang bagian rambut selama beberapa detik Gunakan medium kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan rambut sehingga tidak terlalu banyak membuang waktu.

19. Minyak kedelai

Minyak kedelai bisa Sedulur pakai sebagai cara meluruskan rambut ikal. Akan tetapi Sedulur harus mencampurkannya dengan minyak jarak. Nah, bagaimana cara mencampurkannya?

Siapkan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak. Masukkan ke dalam wadah, lalu campurkan ke dua bahan tersebut Panaskan sebentar, lalu biarkan sampai menjadi dingin.

Oleskan pada helai rambut Sedulur, juga pada kulit kepala, sambil memijit dan mengurutnya. Diamkan selama 30 menit. Keramasi rambut dengan shampo dan air hangat.

20. Yogurt dan telur

All Things Hair

Cara meluruskan rambut pria terakhir yaitu dengan menggunakan yogurt yang dicampur dengan telur sudah bukan hal yang baru. Khasiat dari dua bahan ini jika disatukan bisa sangat efektif untuk membuat rambut Sedulur lurus.

Siapkan putih telur saja dari 3 butir telur ayam. Tambahkan 3 cangkir yoghurt Aduk sampai kedua campuran di atas merata dan terbentuk menjadi pasta. Oleskan pasta masker pada batang rambut Sedulur dari ujung ke bawah, lalu tutupi rambut Sedulur dengan shower cap. Diamkan selama 20 menit lalu bilas air hangat.

Nah itulah beberapa cara meluruskan rambut pria yang bisa Sedulur coba. Ada cara alami yang bisa dilakukan, hingga ada cara menggunakan beberapa alat yang umum digunakan untuk mendapatkan rambut yang lurus. Semoga penjelasan di atas membantu dan bermanfaat, ya!