micellar water untuk kulit sensitif dan kering

Kebutuhan micellar water untuk kulit sensitif dan kering sangat penting untuk Sedulur yang memiliki kulit kombinasi. Beruntung, sekarang sudah ada cukup banyak produk micellar water yang bisa menghilangkan makeup dengan cepat tanpa membuat iritasi.

Jika Sedulur mencari produk micellar water untuk kulit sensitif dan kering, maka artikel kali ini bisa menjadi solusi untukmu. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk micellar water terbaik yang aman di kulit.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare Terbaik untuk Kulit Kombinasi

Manfaat Micellar Water

micellar water untuk kulit sensitif dan kering
Master Class

Micellar water biasanya terbuat dari bahan-bahan yang bermanfaat untuk membersihkan wajah seperti air murni (purified water), gliserin, atau surfaktan ringan. Nantinya, molekul dari surfaktan ini akan membentuk micelles, struktur kimia berbentuk bola yang akan membantu menarik kotoran serta minyak di kulit.

Tak hanya berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan pembersih makeup, berikut manfaat micellar water lainnya:

  • Membersihkan sisa minyak di wajah
  • Membersihkan pori-pori
  • Mengencangkan kulit
  • Meningkatkan hidrasi
  • Mengurangi iritasi dan kenyal
  • Menghaluskan kulit

Jangan lupa membersihkan wajah kembali dengan facial wash setelah menggunakan micellar water agar tidak ada sisa kotoran yang tertinggal.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Toner untuk Wajah Berjerawat dan Berminyak

Tips Memilih Micellar Water

micellar water untuk kulit sensitif dan kering
Gemma Etc

Dalam memilih micellar water yang aman untuk kulit sensitif, ada beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan saat memilih micellar water.

  • Hindari bahan yang memiliki resiko mengiritasi kulit seperti alkohol, parfum, AHA, dan BHA.
  • Pilihlah micellar water sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bisa dilihat dengan menyesuaikan pada jenis kulitmu, apakah itu kering, berminyak atau berjerawat.
  • Ukuran kemasan micellar water juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sedulur bisa memilih beberapa produk yang memiliki ukuran simpel dan mudah dibawa.

BACA JUGA: Jangan Keliru! Ini Cara Memakai Serum Wajah yang Benar

Rekomendasi Micellar Water untuk Kulit Sensitif

Nivea

Setelah mengetahui apa itu micellar water dan tips memilihnya. Simak beberapa rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif dan kering berikut ini.

1. Nivea Pearl Bright Micellar

Rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif yang pertama adalah Nivea Pearl Bright Micellair. Nivea Pearl Bright Micellar mengandung 0% alkohol sehingga aman untuk kulit sensitif dan tidak menimbulkan iritasi kulit.

Nivea Pearl Bright Micellar dikombinasikan dengan Licorice Extract yang bermanfaat untuk melembabkan dan membantu mencerahkan kulit.

Ada juga kandungan Pearl White Extract untuk membantu meregenerasi kulit dan memberikan efek cerah serta Tropical Cherry Extract untuk mencegah penuaan dini dan menenangkan kulit.

2. Emina Bright Stuff Micellar Water

Ingin mencari produk micellar water terbaik yang aman di kulit? Cobalah Emina Bright Stuff Micellar Water. Produk dari brand Emina ini sudah teruji secara dermatologis dan memiliki formula brightening yang mampu mencerahkan kulit.

Selain mencerahkan, produk ini juga dapat melindungi kulit dari polusi, debu, dan kotoran. Memiliki tekstur yang tidak lengket maupun berminyak, produk yang tersedia dalam kemasan travel friendly ini akan membuat wajah menjadi lebih halus dan lembut setelah digunakan.

Menariknya lagi, micellar water ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Selain mengandung summer plum extract, produk ini juga bebas dari bahan aditif, paraben, alkohol, dan silikon.

3. Wardah Lightening Oil-infused Micellar Water

Rekomendasi micellar water terbaik berikutnya hadir dari brand Wardah, yaitu Wardah Lightening Oil-Infused Micellar Water. Memiliki klaim mampu menghapus make up waterproof, produk ini menjadi solusi yang tepat bagi para pengguna riasan wajah waterproof dalam kesehariannya. 

Tak hanya ampuh membersihkan makeup waterproof, produk micellar water ini juga mampu melembabkan kulit. Hal ini karena adanya kandungan empat minyak botani, yaitu macadamia oil, jojoba oil, avocado oil, dan soybean oil.

Selain itu, kandungan allantoin dan advanced niacinamide juga sekaligus memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit. Cocok digunakan untuk pemilik tipe kulit normal hingga kering.

4. Senka All Clear Water Micellar Fresh

Sedang mencari produk micellar water yang dapat membersihkan tiga masalah kulit, mulai dari polusi, makeup tebal, dan minyak berlebih pada wajah? Sedulur bisa memilih produk Senka All Clear Water Micellar Fresh.

Terlebih bila Sedulur merupakan pemilik kulit kombinasi yang cenderung berminyak, produk ini merupakan solusi terbaik yang bisa dipilih. Micellar water dari Senka ini dilengkapi dengan kandungan white cocoon essence, green tea, dan hyaluronic acid yang mampu membersihkan wajah dengan sekali usap tanpa membuat kulit kering dan merasa tertarik.

5. Bioderma Sensibio H2O Micellar Water

Byrdie

Selanjutnya adalah dari Bioderma Sebium H2O yang mempunyai klaim soap free. Sehingga, ketika menggunakan produk ini bisa mengurangi produksi sebum dan juga tidak terlalu berbusa.

Produk ini memiliki wangi yang segar dan enak, tidak membuat kulit menjadi kering dan breakout serta cocok untuk dipakai baik kulit kombinasi, berjerawat  maupun berminyak.

Partikel seperti debu,  kotoran, dan sisa kosmetik yang menempel akan dibersihkan oleh produk ini sehingga wajah akan terbebas dari sisa kotoran yang menempel. Dengan menggunakan botol yang terbuat dari plastik, produk dari Bioderma ini aman serta tidak mudah tumpah.

6. Marina Micellar Water Purifying & Softening

Rekomendasi produk micellar water terbaik berikutnya adalah Marina Micellar Water Purifying & Softening Blue. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dan memiliki harga yang super terjangkau.

Tak hanya mampu menghapus riasan, minyak, dan kotoran dari wajah, produk dari Marina ini juga tidak menimbulkan rasa perih bila digunakan diarea mata.  Kandungan ekstrak tanaman witch hazel dan argan oil akan membantu merawat kulit sensitif dan berjerawat.

Selain itu, kulit akan menjadi lebih lembut dan pori-pori akan tampak lebih bersih daripada sebelumnya. Lebih dari itu, Marina Micellar Water Purifying & Softening Blue juga ampuh menghapus make up waterproof tanpa menghabiskan banyak kapas.

Menariknya lagi, Sedulur tidak perlu membilasnya lagi dengan air maupun sabun pencuci muka setelah menggunakan produk micellar water ini. Dengan begitu, Sedulur bisa langsung mengaplikasikan toner dan serum sebelum tidur dengan mudah.

7. POND’S Vitamin Micellar Water

Produk micellar water dari POND’S ini memiliki kandungan 100% organic fresh rose yang berfungsi untuk mencerahkan wajah dan membuat kulit tampak bercahaya. Produk ini juga diperkaya Vitamin A (Retinol), vitamin B3 (Niacinamide), C, B5, dan E yang berfungsi membuat kulit menjadi glowing.

Ribuan partikel yang terkandung di dalam produk ini digunakan untuk membersihkan make up, membersihkan kotoran, serta menutrisi kulit sehingga kulit akan tampak lebih bersih, bercahaya, dan berkilau.

Gunakan pembersih wajah ini sebagai langkah utama sebelum menggunakan POND’S White Beauty Facial Cream, untuk hasil yang maksimal. 

8. Y.O.U Makeup Micellar Cleansing Water

Salah satu produk pembersih wajah rekomendasi selanjutnya adalah Y.O.U Makeup Micellar Cleansing Water yang diperkaya glycolic acid sehingga kelembaban wajah tetap terjaga bahkan setelah penggunaan produk ini.

Dengan kandungan lain yaitu AHA, produk ini mampu menutrisi sekaligus menghapus makeup dan kotoran di wajah secara lembut dan juga gentle. Selain itu, pembersih ini juga mampu menetralkan radikal bebas yang berada di wajah sehingga akan menjadi lebih sehat dan cerah. 

9. Clear & Clear Micellar Water

Pinterest

Rekomendasi pembersih wajah selanjutnya adalah Clean and Clear yang diformulasikan khusus Triple Micellar Technology, serta diperkaya ekstrak lidah buaya untuk melembabkan kulit.

Produk ini mempunyai klaim mengangkat riasan wajah 99% efektif bahkan untuk riasan yang tahan air sekalipun, serta minyak dan kotoran yang berlebih.

Produk ini juga lembut di mata, sehingga aman ketika membersihkan sisa riasan yang ada di sekitar mata. Produk ini adalah micellar water untuk kulit berjerawat, berkomedo, normal, kering, hingga berminyak. 

10. Maybeline Micellar Water

Produk rekomendasi terbaik selanjutnya adalah Maybelline. Pembersih wajah ini mampu menjaga kulit agar tetap terhidrasi serta menghilangkan riasan wajah sampai bersih.

Bahan dasar air dalam formulanya mampu membersihkan makeup dalam satu kali usap saja. Selain itu, micellar water ini juga bisa mengangkat sisa kotoran dan debu dan cocok digunakan untuk kulit yang sensitif karena diklaim tidak menggunakan pengharum dan alkohol.

11. Somethinc Reset Gentle Micellar Cleansing Water

Somethinc Reset Gentle Micellar Cleansing Water adalah micellar water dari produk lokal yang cocok untuk kulit sensitif. Formula vegan dengan non-ionic surfactant aman digunakan setiap hari.

Formulanya juga tidak meresap ke dalam kulit dan tidak menarik minyak alami kulit, sehingga tidak membuat kulit terasa kering ataupun merusak skin barrier.

Dilengkapi dengan kandungan PEG-6 caprylic, ekstrak aloe vera, mugwort, dan panthenol yang bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan sisa minyak dan menenangkan kulit.

12. Safi Micellar Water Cucumber

Berikutnya adalah Safi Micellar Water Cucumber. Produk micellar water yang cocok untuk jenis kulit normal ini mampu mengangkat kotoran yang ada pada wajah dengan sangat baik. Tak hanya itu, produk ini juga memberikan efek melembapkan sehingga wajah tetap terhidrasi sepanjang malam. 

Dengan kandungan ekstrak mentimun, efek yang akan dirasakan adalah mendinginkan, menenangkan, dan membuat kulit selalu segar dan terhidrasi. Oleh karena itu, wajah akan menjadi kenyal, lembab, dan cerah ketika bangun di esok hari. Bila Sedulur rajin menggunakannya, produk ini juga diklaim mampu membantu mencegah munculnya jerawat.

13. Garnier Micellar Cleansing Water Pink

micellar water untuk kulit sensitif dan kering
Pinterest

Pilihan terakhir yang Sedulur tidak bisa lewatkan adalah Garnier Micellar Cleansing Water Pink. Pembersih wajah all-in-one untuk jenis kulit sensitif ini memiliki tekstur yang ringan, tidak berminyak atau lengket, serta sangat lembut ketika membersihkan wajah. Tak hanya membersihkan, produk ini juga berguna untuk menyegarkan wajah, lho!

Micellar water dari Garnier ini diklaim cocok untuk kulit sensitif karena tidak ada kandungan parfum di dalamnya. Selain itu, produk ini juga bebas dari bahan aditif dan memiliki kandungan utama berupa glycerine.

Demikian tadi deretan rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif dan kering. Semoga dengan referensi di atas, Sedulur mendapatkan produk terbaik untuk kulitmu ya!