Urutan memakai serum

Produk perawatan kulit yang populer saat ini adalah serum, karena mereka memiliki kemampuan untuk merawat dan memperbaiki kondisi kulit secara efektif.  Serum tersedia dalam berbagai jenis, dengan masing-masing mengandung bahan aktif yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. 

Dibuat dengan teknologi canggih, serum adalah produk yang sangat konsentrasi dan ampuh, sehingga hanya sedikit yang dibutuhkan untuk memberikan manfaat yang signifikan pada kulit wajah.

Namun, penggunaan serum yang tepat sangatlah penting agar manfaatnya dapat dirasakan oleh kulit wajah. Mengingat konsentrasi dan kemampuan aktif serum, penggunaan yang tidak tepat dapat mengakibatkan efek yang berbeda pada kulit. 

BACA JUGA: 5 Cara Membuat Masker Kopi yang Bikin Wajah Glowing

-->

Cara memakai serum yang benar

urutan menggunakan serum
iStock

Serum berfungsi maksimal bila digunakan dengan benar. Produk perawatan kulit ini mengandung konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi. 

Dengan mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan serum, sedulur dapat memperoleh manfaat optimal dari produk skincare yang sedulur gunakan dan mencapai kulit wajah yang lebih sehat dan bercahaya.

Pada dasarnya, serum dirancang dengan berbagai jenis bahan aktif yang berbeda, yang masing-masing memiliki manfaat khusus dan ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kerutan, jerawat, bintik-bintik, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, sebelum membeli serum, sangat penting untuk memilih serum yang sesuai dengan kondisi kulit sedulur. Untuk memperoleh manfaat optimal dari serum, sangat penting untuk menggunakan serum dengan benar. 

Tahapan penggunaan serum yang tepat biasanya dimulai dengan membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut, kemudian menggunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit, dan kemudian baru menggunakan serum. 

Setelah mengaplikasikan serum ke wajah, biarkan serum menyerap dengan baik sebelum melanjutkan perawatan kulit berikutnya.

Dengan memperhatikan penggunaan serum yang tepat, sedulur dapat memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh produk perawatan kulit yang sedulur gunakan dan mencapai kulit wajah yang lebih sehat, bersih, dan bercahaya. 

Karena konsentrasi bahan aktif yang tinggi, penggunaan serum yang tepat dapat memberikan hasil yang luar biasa dalam waktu yang singkat. 

Oleh karena itu, serum dapat menjadi produk perawatan kulit yang sangat efektif dan sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit sedulur. Berikut urutan menggunakan serum yang benar untuk Sedulur:

BACA JUGA: Tips Usaha Memulai Warung Kopi Sederhana Modal Kecil

1. Bersihkan wajah

urutan menggunakan serum
iStock

Agar serum dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kulit wajah sedulur, sangat penting untuk memperhatikan langkah-langkah penggunaannya dengan seksama. 

Namun, penting untuk diingat bahwa konsentrasi bahan aktif yang tinggi ini juga dapat membuat serum kurang efektif jika digunakan pada kulit yang tidak bersih. Hal ini disebabkan oleh adanya kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa make-up yang menempel pada kulit wajah, sehingga menghambat penyerapan serum ke dalam kulit.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan serum, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci muka dengan sabun yang lembut dan air hangat. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori pada kulit, sehingga memudahkan penyerapan serum ke dalam kulit.

Pastikan untuk menghilangkan semua sisa sabun dari wajah sedulur, karena sisa sabun dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. 

Setelah mencuci muka, keringkan wajah sedulur dengan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuk kulit, dan tunggu beberapa saat hingga kulit benar-benar kering sebelum melanjutkan penggunaan serum.

Dengan memperhatikan langkah-langkah penggunaan serum yang benar, sedulur dapat memaksimalkan manfaat yang diberikan oleh serum untuk kulit wajah sedulur. 

Dalam jangka waktu yang singkat, kulit wajah sedulur dapat terlihat lebih bersih, lebih segar, dan lebih bercahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci muka dengan benar sebelum menggunakan serum untuk mencapai kulit wajah yang sehat dan bercahaya.

2. Gunakan serum di wajah yang lembab

urutan menggunakan serum
iStock

Langkah-langkah perawatan kulit yang benar dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit wajah sedulur. Setelah membersihkan wajah dengan sabun dan air hangat, penting untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada kulit wajah. 

Salah satu cara yang baik untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan produk toner. Toner membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak dari kulit wajah sedulur, serta memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit sebelum menggunakan serum. Tunggu selama 1-2 menit setelah menggunakan toner, sehingga kulit wajah masih dalam keadaan lembab, namun tidak terlalu basah.

Setelah itu, teteskan beberapa tetes serum pada wajah sedulur dan ratakan dengan lembut menggunakan jari-jari sedulur. Pada saat wajah masih setengah lembab setelah penggunaan toner, maka ini adalah waktu yang paling ideal untuk menggunakan serum. 

Karena kulit wajah sedulur telah dibersihkan dan diberikan hidrasi dengan toner, maka serum dapat menyerap lebih baik dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kulit wajah sedulur.

Dalam jangka panjang, penggunaan serum secara teratur dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah, memperbaiki tekstur kulit, dan memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit. 

3. Gunakan serum secukupnya

urutan menggunakan serum
iStock

Untuk memaksimalkan hasil dari penggunaan serum wajah, bukan berarti sedulur harus menggunakan produk tersebut dalam jumlah yang banyak. Sebelum menuju urutan menggunakan serum yang tepat, sedulur harus tahu mengenai pemakaiannya.

Sebaliknya, kebiasaan ini akan membuat sedulur boros tanpa memberikan hasil yang signifikan bahkan mengalami kerusakan kulit.

Karakteristik tersebut memungkinkan serum untuk menyerap dengan lebih cepat dan lebih menyeluruh ke dalam kulit wajah. Oleh karena itu, menggunakan 1 – 2 tetes serum sudah cukup dalam rangkaian perawatan kulit sedulur.

Saat menggunakan serum, penting untuk memperhatikan jumlah produk yang digunakan. Jika sedulur menggunakan terlalu banyak serum, kulit wajah sedulur akan terasa lengket atau berminyak setelah penggunaan. 

Hal ini menunjukkan bahwa sedulur menggunakan serum dengan cara yang salah. Serum tidak akan terserap dengan baik ke dalam kulit jika jumlahnya terlalu banyak. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan serum dengan benar dan menggunakan jumlah produk yang tepat dalam rangkaian perawatan kulit sedulur.

4. Gunakan dengan cara ditepuk dan dipijit

iStock

Setelah meneteskan serum ke wajah, ratakan dengan lembut menggunakan gerakan menepuk-nepuk dan memijat perlahan dari bagian tengah wajah hingga garis rambut. Gerakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bahan aktif dalam serum tersebar merata dan menembus ke dalam kulit.

Selanjutnya, berikan beberapa saat untuk serum menyerap dengan baik sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam perawatan kulit. Pada tahap ini, kulit seharusnya terasa kenyal dan lembut tanpa kesan lengket atau berminyak. 

Hal ini menandakan bahwa serum telah diserap dengan sempurna dan kulit siap menerima perawatan berikutnya.

5. Memakai produk skincare lainnya

urutan menggunakan serum
iStock

Setelah sedulur memastikan bahwa serum telah terserap dengan sempurna, lanjutkan dengan aplikasi produk perawatan wajah lainnya. Ini termasuk krim mata, pelembap, atau produk lain yang sedulur gunakan dalam rutinitas perawatan kulit sedulur.

Tidak hanya produk perawatan kulit yang penting, namun juga perlindungan dari sinar matahari. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya dengan minimal SPF 30. 

BACA JUGA: 60 Kata Bijak Filosofi Kopi yang Memotivasi dan Penuh Makna

6. Sabun pencuci wajah

urutan menggunakan serum
iStock

Setelah mengetahui cara memakai serum, urutan menggunakan serum yang selanjutnya adalah mencuci wajah dengan facial foam atau sabun pencuci wajah. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua kotoran dan sisa-sisa produk perawatan wajah terangkat dengan sempurna. 

Selain itu, mencuci wajah dengan air juga dapat memberikan kesegaran pada kulit. Pastikan sedulur menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit sedulur. Jangan terlalu sering mencuci wajah karena dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan kulit. 

Sebaiknya gunakan facial foam (sabun pencuci wajah) dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur. Setelah selesai mencuci wajah, keringkan dengan handuk lembut dengan menepuk-nepuk secara perlahan. 

Jangan menggosok kulit terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi. Setelah itu, kulit sedulur akan terasa bersih, segar, dan siap untuk dilanjutkan dengan tahapan skincare selanjutnya.

7. Gunakan micellar water atau makeup remover

iStock

Penting untuk selalu membersihkan wajah dengan menggunakan micellar water atau makeup remover sebelum mencuci wajah dengan sabun pembersih. 

Terutama jika sedulur menggunakan makeup, karena mencuci wajah langsung dengan sabun tidak cukup untuk mengangkat semua sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Jika tidak membersihkan wajah dengan baik, sisa kotoran dan makeup bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat atau komedo.

8. Menggunakan essence

iStock

Essence adalah produk perawatan kulit yang memiliki manfaat utama untuk memberikan kelembaban pada wajah. Dengan menggunakan essence, kulit wajah akan siap untuk menerima manfaat dari produk perawatan yang digunakan selanjutnya. 

Essence mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi dalam bentuk cairan yang ringan, sehingga dapat meresap ke lapisan epidermis kulit dengan lebih mudah. Hal ini membantu untuk merawat kulit dari dalam, memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, dan mengefektifkan pemakaian serum .

9. Memakai sheet mask

iStock

Untuk memberikan nutrisi dan kelembaban pada kulit wajah, sheet mask sangat bermanfaat. dapat menggunakan sheet mask sebanyak tiga kali seminggu atau ketika kulit membutuhkan perawatan ekstra. Sehingga, memakai sheet mask merupakan urutan menggunakan serum yang tepat.

Sebelum menggunakan makeup untuk acara penting atau ketika kondisi kulit sedang sangat kering. Hal ini dapat membantu membuat serum lebih efektif diterapkan dengan menghindari kulit kering yang dapat merusak perawatan.

BACA JUGA: Daftar Harga Kopi Sachet Terbaru dan Terbaik 2022

10. Memakai sunscreen saat keluar

iStock

Urutan skincare terakhir adalah penggunaan sunscreen pada pagi hari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa merusak kulit dan membuat kulit mengalami penuaan dini. 

Sedulur bisa menggunakan sunscreen atau pelembab yang mengandung sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV dari matahari. Paparan matahari bisa merusak perawatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Demikianlah beberapa urutan menggunakan serum wajah yang benar. Ingatlah bahwa kunci dari perawatan wajah yang efektif adalah konsistensi dan kesabaran. Jangan berharap hasil instan, karena perawatan wajah yang baik membutuhkan waktu dan kesabaran.

Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super yang menyediakan beragam produk perawatan kulit atau skin care yang meliputi pelembap, sunscreen, face mask, dan lain sebagainya. Selain lengkap, ada banyak promo spesial dari Aplikasi Super seperti diskon dan cashback yang bikin belanja skincare makin hemat.

Ditambah, ada layanan pengiriman gratis ongkir sehingga Sedulur tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk berbelanja. Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!