Cukup banyak cara mengatasi sol yang licin. Ini bisa Sedulur coba terapkan kepada sepatu Sedulur yang sudah terkikis dan menjadi rata. Gerigi yang sudah habis pada sepatu memanglah bisa membuat sepatu menjadi licin. Bukan hanya itu, sol licin juga bisa terjadi pada tipe sepatu baru yang Sedulur beli, seperti flat shoes.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sol yang licin pada sepatu atau sandal? Yuk, simak beberapa tipsnya agar Sedulur bisa mengatasi masalah ini supaya lebih nyaman saat bepergian.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

1. Pakai karet grip

American Duchess

Solusi yang bagus untuk mengatasi sol sepatu yang mulai menipis dan membuatnya jadi licin adalah dengan menggunakan karet grip. Penggunaan karet grip dinilai lebih efektif untuk mencegah sepatu agar nggak licin ketika sedang digunakan. Sedulur hanya perlu memasang karet grip pada bagian sol sepatu.

Salah satu hal yang membuat sepatu menjadi licin adalah karena solnya sudah mulai menipis. Ini hal yang wajar karena seiring dengan waktu penggunaan, sepatu yang sering digunakan akan membuat sol jadi lebih tipis dibandingkan dengan kondisi awal sepatu tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal ini, Sedulur bisa menggunakan karet grip. Penggunaan karet grip sangat ampuh untuk mencegah sepatu agar tidak licin saat sepatu Sedulur gunakan.

2. Gesek sol sepatu ke permukaan benda kasar

cara mengatasi sol licin
Pinterest

Selain Menggunakan karet grip, Sedulur juga bisa menggesekan sepatu ke permukaan benda kasar. Cara ini umumnya dilakukan juga oleh para pemain futsal agar sepatu tidak licin saat mereka gunakan.

Sedulur bisa menggesek sol sepatu ke arah jalan atau aspal yang banyak terdapat kerikilnya. Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa menggunakan amplas untuk membuat sol sepatu lebih kasar. 

Cara mengatasi sol ini pun sangat praktis karena Sedulur hanya perlu menggesekkan sol sepatu ke benda dengan permukaan kasar. Tetapi, sebaiknya Sedulur juga berhati-hati ketika sedang menggeseknya. Pasalnya, jangan sampai kaki Sedulur cedera karena hal ini.

3. Gunakan grip spray

cara mengatasi sol licin
WikiHow

Solusi lain yang bisa Sedulur coba adalah dengan menggunakan grip spray. Cairan ini memang terbuat khusus untuk melapisi sol sepatu yang sudah menipis agar daya cengkram sepatu tetap baik.

Cara mengatasi sol licin dengan spray inipun terbilang mudah. Sedulur hanya perlu menyemprotnya ke bagian sol sepatu secara merata ke semua permukaan. Cairan spray ini bisa Sedulur beli mulai dari harga Rp100 ribuan. Jadi, masih cukup terjangkau!

4. Tambahkan cat timbul

cara mengatasi sol licin
WikiHow

Selain menggunakan grip spray Sedulur bisa mencoba alternatif lain, salah satunya adalah menggunakan cat timbul. Cat timbul sendiri sangat umum penggunaannya untuk membuat berbagai karya seni dan kerajinan seperti kaos.

Nah, Sedulur bisa memanfaatkan cat timbul sebagai solusi yang ampuh untuk mengatasi sol licin. Pasalnya, cat timbul mempunyai tekstur kasar ketika mengering.

Oleh karena itu, penggunaan cairan ini pada soll sepatu bisa meningkatkan daya cengkram. Cara pemakaian pun terbilang mudah. Sedulur hanya perlu menambahkan cat timbul pada bagian sol sepatu.

Setelah itu, Sedulur bisa diamkan sepatu tersebut beberapa saat. Apabila cat timbul sudah mengering sehingga memiliki tekstur kasar, Sedulur pun bisa menggunakannya.

5. Pakai lakban

cara mengatasi sol licin
Portal Informasi

Cara mengatasi sol licin yang ini terbilang unik. Pasalnya banyak orang mengira lakban tidak bisa dimanfaatkan untuk memperkuat cengkraman pada sepatu.

Pita perekat pun sebenarnya cukup ampuh untuk mengatasi sepatu yang punya sol licin. Ini karena lakban memiliki sifat perekat yang kuat. Sedulur bisa menggunakannya dengan menempelkan lakban ke sol sepatu dengan bentuk “X’. Setelah itu, coba Sedulur gunakan sepatu dan rasakan perbedaannya!

6. Manfaatkan plester luka

Grid.ID

Plester luka pun ternyata tidak hanya berfungsi untuk menutup luka pada bagian tubuh Sedulur, lho. Sedulur bisa memanfaatkan plester luka sebagai cara ampuh mengatasi sol sepatu yang licin. Cara penggunaan pun terbilang sangat mudah.

Sedulur hanya perlu menempelkan plester luka pada bagian sol sepatu Sedulur. Setelah menempel, sepatu Sedulur akan memiliki tekstur sehingga tidak terlalu licin saat Sedulur gunakan. Bukan hanya ampuh mengatasi sepatu yang licin, cara ini pun terbilang sangat terjangkau karena plester luka umumnya memiliki harga yang sangat murah.

7. Pakai pengikir kuku

Cara yang satu ini juga bisa mengatasi masalah sol sepatu yang licin. Sedulur hanya perlu mengikir sol sepatu dengan pengikir kuku agar permukaannya menjadi tidak datar.

Namun, cara yang ini memerlukan kesabaran yang ekstra. Pasalnya, Sedulur harus mengikir sepatu dengan waktu yang tidak sebentar. Semakin lama mengikir sepatu, semakin tidak rata hasil yang didapat sehingga sepatu Sedulur pun tidak akan licin lagi.

8. Biarkan sol sepatu menjadi kasar seiring pemakaian

CBC

Sebenarnya, untuk sepatu baru seperti flat shoes Sedulur tidak perlu memakai cara tertentu agar tidak licin. Pasalnya,  sol sepatu khususnya untuk jenis tertentu justru bisa menjadi lebih kasar kalau sering Sedulur gunakan.

Nah, jadi selama masih terasa licin, untuk beberapa jenis sepatu Sedulur bisa sering menggunakannya agar bagian sol sepatu menjadi tidak licin seperti semula.

9. Pakai lem tembak

WikiHow

Rupanya, lem tembak bisa Sedulur manfaatkan juga sebagai salah satu cara mengatasi sol sepatu yang licin. Caranya pun terbilang mudah karena Sedulur hanya perlu menempelkan lem tembak ke arah sol sepatu.

Pastikan lem yang Sedulur tembak membuat permukaan sol sepatu jadi tidak merata. Caranya Sedulur bisa menembaknya pada bagian tertentu saja. Setelah itu, Sedulur hanya perlu menunggu lem tersebut mengering dengan sempurna. Nantinya, pada bagian sol sepatu yang permukaannya kasar akan membuat sepatu Sedulur menjadi tidak licin lagi.

10. Semprotkan hairspray pada permukaan sol

Instructable

Cara mengatasi sepatu licin yang satu ini terbilang aneh. Tetapi meskipun demikian cara ini cukup ampuh lho mengatasi sol sepatu licin.

Caranya pun terbilang mudah. Sedulur hanya cukup semprotkan hairspray ke bagian sol sepatu sebanyak-banyaknya. Nantinya cairan ini bisa membuat sepatu Sedulur jadi lebih lengket. Sayangnya cara ini hanya bisa jadi solusi pendek  Sedulur saja

Jika ingin semprotan yang lebih awet, Sedulur bisa memakai traction spray atau grip spray. Kedua jenis cairan tadi memang khusus diformulasikan untuk melapisi sol sepatu agar tidak licin. Namun, produk ini memang pastinya lebih mahal dari harga hairspray biasa.

BACA JUGA: 8 Cara Mudah Membedakan Sepatu Ori dan KW, Jangan Salah!

11. Ganti sol baru

Sneaker Freaker

Selain beberapa cara di atas, Sedulur juga bisa membawa sepatu ke tempat reparasi sepatu untuk mengganti solnya. Ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Sedulur yang sedang menghemat sehingga enggan membeli sepatu yang baru. 

Sedulur juga akan mendapatkan informasi yang jelas juga terkait cara perawatan sepatu bola membawanya ke tempat reparasi sepatu.

12. Perbaiki ke tukang sol sepatu

Long Beach Post

Selain ke tempat reparasi sepatu, Sedulur juga masih bisa memperbaikinya ke tukang sol sepatu yang masih lewat ke komplek-komplek perumahan.

Cara terakhir ini tentunya relatif lebih mudah dan praktis untuk Sedulur lakukan. Pasalnya, Sedulur tidak perlu kemana-mana, karena sepatu akan diperbaiki di rumah Sedulur. Sedulur hanya menyiapkan dana perbaikan nantinya.

Itu tadi beberapa cara mudah mengatasi sepatu atau sandal agar tidak licin. Apakah trik dan tips di atas ada yang pernah Sedulur coba? Jika semua cara di atas pernah Sedulur coba dan sepatu masih licin, demi keamanan Sedulur bisa hati-hati menggunakannya. Atau demi memperbaharui setiap barang yang Sedulur gunakan, termasuk sepatu, tidak ada salahnya untuk membeli sepatu yang baru!