kebaya biru dongker cocok dengan jilbab warna apa

Kebaya sudah mengalami banyak transformasi mode dalam dunia fashion di Indonesia. Baju tradisional ini sekarang bisa dikombinasikan dengan model hijab yang mulai banyak digandrungi. Namun, saat memilih warna, seperti kebaya biru dongker cocok dengan jilbab warna apa. Ternyata masih banyak yang bingung, lho.

Jika Sedulur termasuk sosok yang bingung dengan kombinasi jilbab tersebut, mari simak ulasan lengkap tentang ide mix and match-nya berikut ini!

BACA JUGA: 22 Model Kebaya Muslim 2022 yang Simple untuk Kondangan

Tips Memilih Kebaya Berhijab

baju biru dongker cocok dengan jilbab
Pinterest

Kebaya Muslim modern diciptakan untuk memenuhi nilai dan kepercayaan wanita Muslim. Merangkul siluet sederhana, kebaya Muslim modern memberikan keseimbangan antara tradisi budaya dan ketaatan beragama. Percampuran ini menghasilkan busana yang indah.

-->

Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk Sedulur perhatikan ketika memilih kombinasi kebaya dengan hijab.

  • Siluet sederhana

Kebaya Muslim modern sering kali menampilkan kebaya yang lebih longgar dan lebih santai dibandingkan versi tradisional. Panjang blus biasanya diperpanjang hingga menutupi pinggul atau bahkan lebih panjang untuk menutupi lebih banyak.

  • Kerah tinggi

Garis leher kebaya muslim modern biasanya dinaikkan untuk memberikan cakupan tambahan pada area dada. Ini dapat dicapai melalui kerah yang lebih tinggi atau penambahan panel kesopanan.

  • Lapisan dalam

Untuk mematuhi pedoman kesopanan, wanita Muslim sering mengenakan lapisan dalam di bawah kebaya. Lapisan dalam ini, dikenal sebagai “kamisol” atau “blus dalam”, membantu menutupi leher, dada, dan lengan sekaligus melengkapi kebaya luar.

  • Kain yang tidak transparan

Sementara kebaya tradisional sering dibuat dari batik atau kain bordir, kebaya Muslim modern dapat menggabungkan kain yang lebih luas. Ini termasuk bahan yang ringan dan bernapas seperti sifon, georgette, atau renda, yang nyaman dipakai di iklim hangat.

Rekomendasi Warna Kebaya Biru Dongker

Berikut ini deretan rekomendasi warna hijab yang bisa dikombinaskan dengan kebaya birumu.

1. Baby blue

kebaya biru dongker cocok dengan jilbab warna apa
Pinterest

Kombinasi warna gelap dengan turunan yang lebih terang memang jadi formula fashion yang tidak pernah salah. Hal ini bisa Sedulur gunakan ketika ingin mencari perpaduan hijab yang cocok untuk baju kebaya birumu.

Salah satu warna yang menarik untuk dicoba adalah biru muda. Cobalah untuk mengenakan kebaya panjang atau pendek, lalu kombinaskan warna biru navy dan baby blue. Dijamin, perpaduan warna yang dihasilkan akan terlihat cantik, dan cocok dikenakan untuk acara santai atau bahkan formal sekalipun.

2. Putih

Rekomendasi selanjutnya adalah putih. Warna ini termasuk salah satu pilihan  netral yang cocok dipadukan dengan berbagai warna lain, termasuk kebaya biru dongker. Bagi Sedulur yang suka dengan gaya minimalis namun ingin tetap terlihat agak bold, bisa mencoba jilbab warna putih sebagai pilihan.

Sebagai contoh, Sedulur dapat mengenakan kebaya dengan warna biru dongker dengan dikombinaskan bersama  hijab segi empat putih yang ditata menutup dada.

3. Hitam

Siapa yang bilang kalau baju biru dongker terlihat kurang menarik jika dipadukan dengan hijab warna hitam? Ternyata hal itu salah, Sedulur! Walaupun kedua warna tersebut sama-sama bersifat gelap, tetapi keduanya dapat dimainkan dengan detail outfit supaya tampilan terlihat tidak membosankan.

Coba saja kenakan kebaya dengan kain terang, kemudian sempurnakan tampilan dengan hijab pashmina berwarna hitam polos yang pemakaiannya diikat ke belakang leher. Dijamin kesan yang timbul akan terasa menawan!

4. Navy

Tidak ada salahnya jika Sedulur ingin mengenakan jilbab yang warnanya sama-sama matching dengan baju kebaya. Namun jangan salah, karena ada trik tersendiri agar tampilan tidak terkesan monoton. Sedulur bisa mencoba pilihan jilbab warna biru navy yang sedikit lebih gelap dibandingkan dengan warna baju kebayamu.

Jadi walaupun baju dan juga hijab yang digunakan sama-sama berwarna biru dongker, kombinasi warna gradasi yang timbul akan menimbulkan kesan yang serasi. Ini adalah opsi yang sangat tepat bagi yang bingung baju biru dongker cocok dengan jilbab warna apa.

5. Grey

Salah satu warna jilbab untuk baju biru dongker yang perpaduannya paling pas adalah abu-abu. Padukan baju biru dongker dengan kerudung warna abu-abu yang punya tone mendekati warna kebiruan.

BACA JUGA: 16 Model Kebaya Modern Hijab untuk Tampil Lebih Cantik

6. Beige 

Selain nude, ada juga beige atau krem. Saat kamu memadukan warna jilbab beige pada outfit biru dongker akan menciptakan tampilan yang minimalis dan classy. Supaya tidak terlalu monoton, tambahkan warna kontras pada aksesori, seperti kaos kaki warna brick atau merah bata.

7. Nude

kebaya biru dongker cocok dengan jilbab warna apa
Pinterest

Turunan dari warna cokelat lain yang dapat dicoba adalah nude, salah satu warna yang menjadi favorit para hijabers. Warna kontras tersebut tetap mampu menghasilkan outfit hijab yang stylish dan juga menarik, kok.

Sementara untuk gaya hijab, Sedulur dapat memilih style hijab pashmina ala Malaysia yang terkesan simple. Atau bisa juga menggunakan gaya hijab segi empat syar’i yang menutup dada.

8. Taupe

Warna taupe sendiri dihasilkan dari perpaduan warna abu-abu dan cokelat sehingga terlihat sangat unik. Tentu saja warna ini sangat cocok dipadukan dengan baju navy dan juga jaket jeans. Kelebihan dari warna taupe ini juga mampu membuat wajah terlihat lebih cerah, lho!

9. Motif

Masih jadi pencinta hijab motif? Karena warna biru dongker cukup mudah di-mix dengan warna-warna netral, jadi sebaiknya kamu memilih hijab motif yang berwarna dasar cokelat, denim atau kebiruan. Memadukan kebaya dongker dengan hijab motif seperti ini juga bikin tampilanmu terlihat lebih anggun.

10. Coklat

Pinterest

Turunan warna cokelat juga menjadi pilihan warna hijab yang sangat populer belakangan ini. Tak hanya bisa dikombinasikan dengan warna yang lebih pop up, warna ini bisa menyatu dengan alami pada badanmu.

Misalnya saja hijab warna coklat, yang biasa dikenakan oleh para hijabers masa kini. Sedulur bisa mengenakan pashmina inner berwarna cokelat, kemudian padukan dengan kebaya warna biru dongker dan kamu akan menjadi perhatian banyak orang.

Demikian tadi deretan rekomendasi warna untuk kebaya biru dongker cocok dengan jilbab warna apa ya Sedulur. Semoga kamu sudah tidak bingung lagi dan bisa menemukan pilihan outfit terKira-kira warna hijab warna mana yang akan dipilih sebagai signature style? Intinya, jangan pernah takut akan terlihat kurang menarik dengan baju warna biru dongker, ya! Karena baju biru dongker akan tetap terlihat keren dan menarik jika dipadukan dengan warna jilbab yang pas.