jus untuk mencerahkan kulit

Selain perawatan dari luar, kulit juga membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat supaya tetap sehat dan terlihat cerah. Untuk perawatan dari luar, Sedulur bisa memakai pelembap dan tabir surya secara rutin. Sementara dari dalam, pastikan untuk selalu mengonsumsi jus untuk mencerahkan kulit.

Bisa dibilang jika buah-buahan mampu menunjang kecerahan pada kulit. Nutrisi yang diberikan mampu bekerja dengan baik dari dalam tubuh, baik itu kulit lapisan atas maupun bawah. Tidak hanya dapat mencerahkan kulit, ternyata ada manfaat lain dari mengonsumsi buah untuk kulit yang tidak kalah penting.

Manfaat tersebut adalah mampu mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari yang mengganggu proses pemecahan kolagen. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari minuman sehat berupa jus untuk mencerahkan kulit, berikut ini beberapa di antaranya.

BACA JUGA: Resep Es Campur Buah, Hidangan Segar Untuk Berbagai Acara

1. Delima

Healthshots

Jus untuk mencerahkan kulit yang pertama adalah jus delima. Bukan hanya mencerahkan, buah delima juga dapat membantu menyamarkan garis-garis dan juga bintik-bintik pada wajah apabila dikonsumsi secara teratur, lho.

Buang delima sendiri memiliki kandungan polifenol yang bisa melawan radikal bebas serta meningkatkan aliran darah. Hal ini tentu saja akan membuat kulit menjadi lebih sehat karena proses detoksifikasi. Selain itu, delima juga mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dari matahari.

2. Pisang

Pisang mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kulit, berkat kandungan asam amino yang diketahui mampu meningkatkan elastisitas kulit. Buah yang satu ini juga mengandung seng dan kalium. Seng bermanfaat untuk mencegah jerawat serta melawan infeksi bakteri.

Sementara kalium, memiliki manfaat untuk menghidrasi kembali kulit yang dehidrasi. Selain buahnya, kulit pisang ternyata juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting. Bagian dalam kulit pisang bisa Sedulur gosokkan pada kulit untuk membantu kecerahannya.

3. Semangka

jus untuk mencerahkan kulit
Better Home & Garden

Perlu untuk diketahui bahwa jus semangka tidak hanya dapat membuat tenggorokan terasa segar. Namun juga memberikan manfaat yang baik untuk kulit. Semangka diketahui mengandung zat yang mampu mengencangkan kulit secara alami.

Buah semangka juga dipercaya dapat merevitalisasi kulit yang kusam menjadi lebih cerah. Buah yang satu ini juga mengandung lycopene, antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari serta meredakan peradangan.

4. Pepaya

Jus untuk mencerahkan kulit yang berikutnya adalah pepaya. Ya, mungkin sebelumnya pepaya diketahui mampu mengatasi masalah pigmentasi. Namun ternyata tidak hanya itu saja, buah pepaya yang ditumbuk dipercaya dapat membantu menghaluskan kulit yang kasar.

Setelah itu, dijamin kulit Sedulur akan terasa lebih kenyal dari sebelumnya. Selain dikonsumsi, pepaya juga dimanfaatkan sebagai masker yang diaplikasikan di wajah. Masker dari pepaya ini dapat mengatasi permasalahan kerutan yang biasanya datang lebih dini.

5. Kiwi

Salah satu kandungan yang ada di dalam buah kiwi adalah asam lemak omega-3. Menurut penelitian, kandungan asam tersebut mampu melindungi kulit dari berbagai jenis kuman. Buah kiwi juga terbukti dapat menghindarkan Sedulur dari infeksi kulit dan juga mencegah kulit yang mengendur.

Buah kiwi juga mengandung vitamin yang membantu memproduksi kolagen dan mencerahkan kulit. Antioksidan dalam buah kiwi seperti quercetin dan lutein, juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.

BACA JUGA: Ini 7 Jus Buah Untuk Menambah Berat Badan Secara Alami!

6. Jeruk

jus untuk mencerahkan kulit
Carb Manager

Jika Sedulur memiliki masalah seperti halnya kulit kusam dan komedo, maka dapat mengatasinya dengan mengonsumsi jus jeruk secara rutin. Jus untuk mencerahkan kulit yang satu ini, dikenal mampu meringankan alias mencerahkan warna pada kulit.

Tidak hanya itu, kandungan yang ada di dalamnya juga diklaim dapat mengurangi noda dan mengobati jerawat. Dengan begitu, maka bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi jus jeruk atau buah jeruk secara teratur dapat membuat kulit Sedulur menjadi lebih cerah serta bercahaya.

7. Apel

Beberapa penelitian mengatakan jika buah apel ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit, lebih tepatnya mampu memberikan efek yang cerah pada kulit. Buah yang satu ini dapat bekerja secara efektif pada kulit dengan menghilangkan minyak dan patogen yang berlebih.

Apel juga mengandung antioksidan seperti quercetin, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan air yang ada pada buah apel juga dinilai dapat membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

8. Bayam

Pexels

Rekomendasi minuman jus yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah selanjutnya adalah jus bayam. Bayam termasuk dalam daftar jus buah dan sayuran hijau yang mampu memberikan efek baik buat kulit. Hal ini karena bayam mengandung vitamin A dan vitamin C yang dipercaya mampu mencerahkan kulit.

Di samping itu, kandungan vitamin E yang ada di dalam bayam juga dinilai dapat melembabkan dan juga menutrisi kulit dari dalam. Jadi untuk bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah dan juga sehat, Sedulur bisa mengkonsumsi jus bayam secara rutin.

9. Tomat

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tomat sering dimanfaatkan sebagai masker untuk mencerahkan wajah. Nah, tidak hanya sebagai masker, ternyata manfaat baik dari tomat juga bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikannya minuman jus.

Jus tomat mampu membantu mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit Sedulur. Kandungan vitamin C yang di dalamnya bekerja meregenerasi sel-sel kulit mati, kemudian menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru. Manfaat lain dari mengonsumsi jus tomat secara rutin, yakni dapat menurunkan berat badan.

10. Mangga

jus untuk mencerahkan kulit
Precious Core

Jus mangga menjadi jus untuk mencerahkan kulit yang direkomendasikan terakhir. Mangga memiliki kandungan beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Nah, vitamin A tersebut penting untuk pertumbuhan sel kulit baru dan dapat membantu menjaga kulit tetap sehat.

Mangga juga kaya akan vitamin C, antioksidan yang bertugas untuk melawan radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Perlu untuk diketahui, bahwa kolagen sangat penting untuk kekenyalan dan elastisitas pada kulit.

Itulah beberapa jus untuk mencerahkan kulit yang direkomendasikan. Penting untuk diingat jika hasil yang didapatkan, tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor lain. Misalnya saja seperti pola makan secara keseluruhan, gaya hidup, dan juga kebersihan kulit.

Selain itu, pastikan kulit selalu mendapatkan perlindungan dari sinar matahari yang berlebihan. Dengan begitu, maka kerusakan dan penuaan kulit bisa dicegah.