jerawat di bawah hidung

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang membuat seseorang kurang percaya diri, terlebih lagi jerawat di bawah hidung. Jerawat yang terletak di bawah hidung tak jarang menimbulkan nyeri yang membuat rasa tidak nyaman ketika sedang beraktivitas.

Biasanya, jerawat muncul karena adanya perubahan hormonyang menyebabkan produksi minyak berlebih dan menyumbat folike. Nah, jika Sedulur sedang mengalami jerawat di hidung,  berikut penjelasan tentang penyebab jerawat di bawah hidung dan juga cara mengatasinya. 

BACA JUGA : Jangan Sampai Lewat! Ini 8 Urutan Skincare Pria

Jenis jerawat di hidung

CNN

Sebelum beranjak ke pembahasa tentang penyebab jerawat di hidung, yuk kenali dulu jenis-jenis jerawat yang biasa muncul di hidung. 

-->

1. Acne vulgaris

Acne vulgaris merupakan sebuah kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat dengan sel kulit mati, bakteri, dan minyak (sebum). Folikel yang tersumbat ini akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit, di antaranya jerawat, komedo hitam dan putih, hingga jerawat kistik. Tak hanya di hidung, acne vulgaris juga dapat memicu kemunculan jerawat di wajah atau area tubuh lainnya, misalnya punggung.

2. Acne rosacea

Jenis jerawat di hidung yang selanjutnya adalah acne rosacea. Sesuai namanya, acne rosacea adalah sejenis masalah kulit bernama rosacea. Kemunculan acne rosacea ditandai dengan timbulnya ruam kemerahan pada kulit dan pembengkakan pada area wajah. Gejala acne rosacea bisa terjadi pada hidung.

Pada awalnya, bagian hidung dapat kelihatan membesar karena peradangan. Setelah itu, jerawat akan muncul di atas permukaan kulit yang mengalami ruam kemerahan. Selanjutnya, jenis jerawat ini dapat menyebar ke area wajah lain, seperti dahi dan pipi.

Penyebab jerawat di hidung

jerawat di bawah hidung
Freepik

Biasanya jerawat muncul karena adanya perubahan hormone pada tubuh yang menyebabkan produksi minyak berlebih. Minyak yang berlebih tersebut nantinya akan bercampur dengan sel-sel kulit mati yang menyebabkan penyumbatan folikel. Jika sumbatan ini terinfeksi bakteri normal yang ada di atas, maka akan terjadi peradangan berupa jerawat.

Demikian halnya pada bagian dalam hidung yang terdiri dari banyak pori-pori dan folikel rambut. Meski biasanya jerawat timbul di atas permukaan kulit, jerawat di hidung bagian dalam juga bisa terjadi. Terdapat dua jenis infeksi yang mungkin terjadi ketika seseorang merasakan jerawat di dalam hidung, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Nasal vestibulitis

Pada nasal vestibulitis, infeksi umumnya disebabkan oleh adanya bakteri Staphylococcus. Pada kondisi ini akan muncul seperti jerawat atau sekumpulan jerawat yang kemerahan di bagian ujung lubang hidung. Nasal vestibulitis akut juga akan menyebabkan kemerahan pada kulit, pembengkakan, dan juga terasa sakit saat disentuh.

2. Nasal furuncles

Nasal furuncles merupakan jenis bisul atau benjolan berisi nanah yang sangat besar dan biasanya terletak pada bagian hidung yang lebih dalam. Kondisi ini disebabkan oleh adanya bakteri Staphylococcus aureus.

Nasal furuncles ini harus segera ditangani dokter, karena infeksi yang parah akan menyebabkan selulitis. Selulitis sendiri dapat menyebar hingga pembuluh darah ke otak dan juga dapat menimbulkan meningitis.

3. Cavernous sinus thrombosis (TSC)

Dalam kasus yang lebih parah lagi , jerawat di hidung akibat adanya infeksi bakteri di dalam hidung ini berisiko menyebabkan adanya sumbatan pembuluh darah otak. Kondisi ini sering disebut juga dengan cavernous sinus thrombosis. Gejalanya yaitu  sakit kepala, gangguan penglihatan, bola mata menonjol, hingga demam tinggi.

Adapun hal lain yang menyebabkan adany jerawat pada hidung di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Pencemaran udara
  • Kamar tertutup dan lembab
  • Adanya masalah pencernaan yang menyebabkan usus menjadi bengkak
  • Kurang menghirup udara segar

BACA JUGA :Demi Hasil Maksimal, Urutan Skincare Ini Harus Diikuti dengan Benar

Cara mengatasi jerawat di hidung

Setelah mengetahui penyebab jerawat pada hidung, berikut cara mengatasinya yang dapat Sedulur lakukan.

1. Beri antiotik

Freepik

Jika jerawat yang timbul karena adanya infeksi bakteri, biasanya dokter akan memerikan antiobiotik berupa salep seperti bacitracin atau mupirocin. Tak hanya itu, dokter mungkin akan memberikan obat antiobiotik yang harus diminum atau memberikan keduanya agar mempercepat penyembuhan jerawat.

Jika jerawat di hidung sudah menjadi infeksi berat, pengobatan antibiotik perlu diberikan melalui infus di rumah sakit. Bahkan, terkadang perlu dilakukan tindakan bedah drainase (pengeluaran nanah) untuk mencegah pembengkakan di area infeksi pada jerawat di hidung bagian dalam.

2. Kompres hangat

Kumparan

Tak hanya pegobatan antiotik, nasal vestibulitis juga dapat diatasi dengan memberikan kompres hangat pada bagian hidung sebanyak 3 kali dalam sehari selama 15-20 menit. Kompres hangat ini bertujuan untuk membantu mengeringkan jerawat serta meredakan rasa nyeri.

3. Pemberian obat pereda nyeri

Freepik

Biasanya jerawat juga akan menimbulkan rasa nyeri. Sedulur dapat mengonsumsi obat pereda nyeri agar tidak semakin parah. Akan tetapi, sebelum mengonsumsinya, Sedulur harus berkonsultasi kepada dokter mengani obat yang akan dikonsumsi, speerti paracetamol atau ibuprofen.

4. Mengoleskan minyak esensial

jerawat di bawah hidung
Kompas

Menggunakan minyak esensial atau minyak atsiri bertujuan untuk memberikan sensasi lega pada bagian dalam hidung. Akan tetapi, Sedulur perlu memperhatikan penggunaan minyak esensial, karena beberapa orang memiliki alergi terhadap minyak ini. Berikut beberapa rekomendasi minyak esensiall yang dapat Sedulur gunakan.

  • Thyme
  • Kayu manis
  • Rosemary
  • Tea tree oil
  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa

5. Mengoleskan salep

jerawat di bawah hidung
Freepik

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang ada di bawah hidung atau bagian lainnya adalah dengan mengoleskan salep jerawat.  Salep yang dimaksud adalah salep yang mengandung antiseptik atau retinoid. Sedulur juga bisa menggunakan salep jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida untuk membersihkan pori-pori agar lebih bersih dan mengurangi tampilan jerawat.  Sebelum menggunakan salep, Sedulur perlu melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat jerawat oles sesuai dengan jenis jerawat yang ada di hidung

Demikianlah penjelasan tentang penyebab jerawat di hidung dan juga cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.