jenis jenis topi

Topi menjadi aksesori mode yang populer selama bertahun-tahun. Bahkan, untuk beberapa jenis topi menjadi salah satu elemen fesyen dengan nuansa klasik yang elegan.  Selain sebagai aksesori mode, topi memiliki fungsi utama sebagai pelindung kepala dari paparan sinar matahari. Namun agar bisa menggunakan topi sesuai dengan fungsinya, Sedulur perlu mengetahui jenis jenis topi yang ada di dunia.

Ragam topi memang cukup banyak. Mulai dari jenis topi casual dengan bagian penutup di depan, hingga topi bucket yang memiliki pelindung matahari dengan bentuk melingkar. Jika Sedulur ingin menyelami lebih dalam tentang jenis jenis topi yang ada dan menemukan variasi yang sesuai dengan gaya, tujuan, dan musim. Coba simak ulasan lengkap artikel berikut ini!

BACA JUGA: Ini 5 Tips Memilih Jaket yang Cocok untuk Pria Gemuk!

1. Jenis topi fedora

jenis jenis topi
Laird Hatters

Topi yang terbuat dari kain tebal atau biasanya bahan felt dari bulu halus. Fedora bisa menjadi salah satu topi pilihan Sedulur untuk melengkapi outfit sehari-hari nih. Karena, untuk saat ini fedora sudah menjadi salah satu aksesoris yang populer di kalangan influencer dan seleberitis. Dengan menggunakan topi jenis fedora, Sedulur akan memiliki penampilan yang unik dan elegan.

2. Topi beanie

jenis jenis topi
iStock

Sedulur pasti suda tidak asing lagi dengan jenis topi yang satu ini. Jenis topi ini biasanya terbuat dari bahan yang berserat tebal ataupun dari bahan berjenis wol sehingga akan memeberikan efek nyaman dan juga hangat.

Beanie merupakan topi yang dapat menunjang penampilan Sedulur.  Selain sebagai aksesoris untuk membuat outfit sehari-hari Sedulur lebih menarik, topi jenis beanie ini juga sangat cocok digunakan  ketika musim dingin atau ketika Sedulur sedang berada di daerah dingin. Jadi, topi beanie pun bisa menjadi aksesoris untuk menghangatkan area kepala dan juga telinga.

Sedulur bisa mendapatkan dua keuntungan ketika menggunakan jenis topi beanie ini, selain sebagai penghangat, topi ini juga bisa membuat Sedulur tetap stylish untuk melengkali penampilan sehari-hari.

3. Topi baseball

jenis jenis topi

Topi yang memiliki sifat universal ini, dapat Sedulur gunakan untuk menambahkan daya tarik tersendiri pada pada outfit yang akan Sedulur kenakan. Dengan mengusung desain yang fleksibel serta tidak kaku pada bagian mahkota yang akan membuat nyaman.

Terutama jika ditambah dengan menggunakan brim yang kuat pada bagian depan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Oleh sebab ini, sekarang ini baseball hat tidak hanya digunakan untuk berolahraga tetapi bisa juga digunakan untuk membuat penampilan Sedulur lebih menarik dan fashionable.

4. Topi flat caps

Lock Hatters

Jenis topi flat caps ini berasal dari Britania Raya, khusunya di Inggris dan juga Irlandia. Topi yang terbuat dari bahan wol atau katun dengan lapisan ekstra di dalamnya untuk menambah kenyamanan dan kehangatan jika dikenakan saat musim dingin.

Dengan model bundar ditambah dengan brim kecil dibagian depan yang kaku. Flat caps ini bersifat unisex sehingga dapat digunakan oleh laki-laki atau perempuan. Biasanya, topi ini digunakan untuk mereka yang suka dengan gaya retro. Topi ini sangat cocok sebagai aksesoris tambahan dalam menunjang penampilan sehari-hari.

5. Topi trucker

jenis jenis topi
Pinterest

Pada umumnya, topi jenis trucker ini sering digunakan oleh laki-laki. Dengan model yang cukup sederhana membuat topi ini nyaman untuk digunakan, terdapat bagian jaring-jaring pada bagian belakang topi yang akan menambah sirkulasi udara membuat kepala menjadi tidak terlalu gerah. Dengan model yang diusung ini lah, topi trucker sangat cocok digunakan oleh Sedulur yang tinggal di Indonesia yang mana mempunyai iklim cukup panas.

6. Topi snapback

Into the AM

Topi ini cukup populer di Indonesia, apalagi dikalangan anam muda urban. Dengan mengusung model yang mengarahkan bibir topi ke belakang akan membuat penampilan Sedulur lebih stylish. Selain itu, topi snapback juga erat kaitanya dengan musik hip-hop dan pop culture.

Snapback hadir dengan mewarkan berbagai warna, sehingga akan cocok jika dipadukan dengan outfit yang Sedulur gunakan. Contohnya, Sedulur bisa memadukan tapi snapback ini dengan seater ataupun jaket.

7. Topi bucket hat

iStock

Selanjutnya ada jenis topi bucket hat yang bisa Sedulur gunakan sebagai aksesoris untuk outfit yang akan dikenakan. Mengusung model yang lebar dengan bagian luar topi mengikat dan tidak kaku, bucket hat terbuat dari bahan yan cukup tebal seperti kanvas, katun, denim, dan lain sebagainya.

Selain itu, bucket hat hadir dengan berbagai macam pilihan tidak hanya yang polos tetapi ada juga yanf memiliki pola. Hal ini tentu saja dapat menambahkan kepercayaan Sedulur dalam menentukan outfit agar terlihat lebih stylish dan tidak membosankan.

8. Topi boater

iStock

Topi yang sudah populer sejak tahun 1920-an ini biasanya dikenakan ketika musim panas dengan dipadukan blazer. Meskipun cenderung ke topi semi formal, topi boater tetap bisa Sedulur gunakan untuk melengkapi outfit sehari-hari.

Terbuat dari material yang dianyam akan menampilkan kesan yang mewah namun tetap sederhana. Pada awal abad 20an topi ini sering dipadukan dengan blazer, tapi seiring berkembangnya zaman Sedulur bisa memadukan dengan gaya yang sesuai dengan tren zaman sekarang.

9. Jenis breton

iStock

Topi breton atau sering dikenal dengan nauticak hat, dulunya sering digunakan oleh para nelayan atau pekerja pertanian di Prancis. Jenis topi yang sering kali dipadukan dengan atasn bergaris dengan pola biru putih atau biru merah ini masih sangat cocok untuk Sedulur kenakan dalam menunjang penampilan sehari-hari. Topi breton ini juga dulunya sempat di populekan oleh Coco Chanel salah satu desainer kondang.

BACA JUGA: Rekomendasi Bahan Jaket yang Adem dan Nyaman Digunakan

10. Jenis topi koboi

Jaxon & James

Sedulur tentu saja sudah sangat familiar dengan jenis topi yang satu ini. Selain sebagai aksesoris untuk menunjang penampilan, Topi koboi juga menjadi salah satu ciri khas peternak di bagian Amerika Serikat barat dan selatan.

11. Jenis topi jerami

Stetson

Topi selanjutnya merupakan ikon salah satu anime Jepang paling populer saat ini, yaitu One Piece. Bahan utama dari topi ini adalah jerami atau bahan sintetis, dibuat dengan menggunakan tenkin anyaman yang detail. Selain menjadi aksesoris untuk menunjang penampilan, jenis topi ini juga digunakan untuk melindungi kepala dari sinar matahari. Topi jerami juga digunakan sebagai bagian dari seragam.

12. Topi newsboy

jenis jenis topi
Birmingham Live

Topi dengan gaya kasual dan memiliki bentuk yang mirip dengan flat cap. Newsie atau newsboy ini memiliki bagian luar topi yang kaku dan kuat di bagian depan. Topi ini dirancang dengan bagian atas yang lebih bervolume dengan sentuhan akhir sebuah kancing di bagian atas topi menjadi ciri khasnya.

13. Topi baret

jenis jenis topi
Laulhere

Topi ini sangat cocok dipadukan dengan gaya kasual maupun gaya dengan tema high fashion. Topi baret dibuat dengan menggunakan bahan wol dengan cara ditenun atau dirajut langsung menggunakan tangan, memiliki mahkota berbentuk bulat sebagai sentuhan akhirnya. Topi yang awalnya muncul di negara Prancis dan Spanyol ini sampai sekarang masih sering digunakan dan menjadi tren di negara tersebut.

14. Topi pork pie

Pinterest

Topi yang popoler pada abad 19-an ini akan memberikan Sedulur kesan elegan, modern dan juga artistic ketika menggenakannya. Dengan memiliki bentuk yang bulat dan tidak kaku, topi jenis pork pie ini sangan cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari dengan gaya yang santai dan sederhana.

15. Jenis topi wide-brimmed

jenis jenis topi
iStock

Jenis topi yang memilik desain hampir mirip dengan fedora. Hanya saja yang membedakan adalah bagian depan topi yang cenderung lebih besar. Wide-brimmed hat ini mempunyai bahan dasar yang lunak, sehingga memberikan efek bergelombang dan detail tali yang menyerupai pita pada bagian atas yang membuat topi ini terkesan elegan dan mewah.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Jaket Denim Pria Kualitas Terbaik 2023

16. Topi jenis panama

jenis jenis topi
iStock

Topi yang terbuat dari sejenis pohon palem dengan proses dianyam ini hadir dengan warna-warna yang terang seperti putih dan krem. Topi panama ini cenderung lebih ringan dan tidak gerah ketika digunakan. Topi ini sangat cocok Sedulur gunakan dengan busana jas bermaterial linen atau sutra.

17. Topi bowler

iStock

Menjadi salah satu ciri khas dari gaya Inggris, yang dipopulerkan oleh Charlie Chaplin, Curly Howard dan John Cleese. Topi dengan ciri pinggir yang sempei dan keras ini dikenal juga dengan nama derby. Topi bowler ini sangat cocok jika Sedulur padukan dengan gaya formal.

Itulah jenis-jenis topi yang bisa Sedulur gunakan untuk menunjang penampilan agar lebih kekinian. Sedulur, ingat bahwa selalu penting untuk memilih topi yang sesuai dengan bentuk wajah. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan pakaian yang Sedulur kenakan. Topi yang dipadukan dengan tepat dapat menjadi aksen gaya yang kuat dan menarik perhatian positif. Selamat mix and match!