bahan jacket dingin

Jika Sedulur tinggal kawasan atau wilayah dengan cuaca tropis, maka harus memilih pakaian yang tepat. Apalagi cuaca tropis memiliki suhu udara panas tapi dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Alhasil, akan membuat seseorang mudah berkeringat. Sehingga perlu mengetahui bahan jaket yang adem walaupun berada dalam kondisi gerah. Pemilihan jaket ini akan membantu Sedulur untuk tetap nyaman saat beraktivitas.

Selain itu, mengetahui jaket yang tepat sesuai kondisi cuaca suatu daerah akan membantu Sedulur tetap memiliki stamina yang prima. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bahan kain yang adem adalah keringanan tekstur dari jaket tersebut. Tentu ada cukup banyak pilihan bahan yang bisa Sedulur temukan, seperti bahan kanvas, polyester, denim, hingga kulit.

Tapi kira-kira bahan manakah yang terbaik untuk membuat jaket yang adem di wilayah tropis? Mari kita simak penjelasan berbagai macam bahan pembuatan jaket berikut ini.

BACA JUGA: Tips Membuka Usaha Jahit dan Alasan Kenapa Menguntungkan

1. Polyester

Pinterest

Polyester adalah salah satu bahan jaket yang memberikan kesan adem karena memiliki jenis material plastik yang dirancang sedemikian rupa agar menjadi bahan yang lembut dengan proses polimerisasi. Keistimewaan bahan polyester terdapat pada sifatnya yang tahan air dan angin, sehingga mudah kering, lebih awet, serta tidak rentan terhadap pertumbuhan jamur. 

Selain, polyester juga memiliki bobot yang sangat ringan sehingga memberikan kenyaman dan tidak menghambat pergerakan  tubuh Sedulur saat mengenakannya. Maka, tidak heran jika jenis polyester ini sering digunakan sebagai bahan jaket yang adem.     

2. Kanvas

Meskipun kanvas memiliki tekstur material yang sedikit lebih berat dan tebal, namun cukup sering dijadikan karena memiliki ketahanan yang baik dan termasuk bahan jaket yang adem.

Material kanvas pun memiliki karakteristik serat yang bagus dan cenderung kuat sehingga membuatnya tahan lama. Biasanya jenis kain kanvas digunakan untuk baju hangat seperti outer, Sedulur tentu bisa mengenakannya saat menerapkan gaya fashion kasual dan semi formal.

3. Taslan

Taslan merupakan salah satu jenis bahan jaket yang memiliki sifat anti air atau waterproof. Sehingga Sedulur jangan heran, ketika banyak produksi jaket bahan taslan ini digemari banyak orang. Sedulur pun bisa menemukan berbagai bahan jaket jenis taslan, seperti taslan salur dan taslan milky.

Selain itu, taslan pun memiliki karakteristik bahan yang lembut dan ringan, sehingga bisa jadi salah satu bahan yang adem bagi Sedulur. Pada umumnya, bahan taslan ini banyak digunakan oleh produsen jaket bomber atau rompi touring, karena memiliki kekuatan juga untuk digunakan saat beraktivitas diluar ruangan.

4. Fleece

Jenis kain fleece ini memiliki serta yang lembut, halus dan hangat membuatnya cocok untuk dijadikan bahan jaket yang adem, terutama model hoodie. Untuk materialnya, fleece terbuat dari dua campuran serat yaitu katun dan wol. 

Fleece banyak disukai para penggunanya karena memiliki kemampuan menyerap air dan tidak kaku saat digunakan sehingga tetap menjaga mobilitas sang pengguna. Maka Sedulur jangan heran, jika outer dari bahan fleece ini sering digunakan sebagai baju hangat oleh para pendaki gunung karena menjadi salah satu bahan jaket yang adem.

5. Denim

Pada awalnya, dingin lebih sering digunakan menjadi salah satu bahan dalam pembuatan celana jeans. Namun seiring perkembangan zaman, bahan denim pun kini mulai digunakan untuk bahan jaket yang adem, serta bahan outer hingga kemeja denim.

Teksturnya yang agar berat dan kaku, namun memiliki corak yang khas membuatnya sangat populer dan memiliki banyak peminat di kalangan Sedulur kawula muda. Bagi Sedulur yang ingin berpenampilan kasual, makan mengenakan jaket, outer, hingga kemeja berbahan denim adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Bahan Pengganti Susu UHT Untuk Membuat Kue, Tetap Lembut!

6. Parasut

Pinterest

Jika Sedulur termasuk orang yang sering beraktivitas diluar ruangan, jaket berbahan kain parasut adalah pilihan yang tepat. Kain parasut sering dikenal memiliki ketahanan yang baik terhadap cipratan air dan terpaan angin. 

Kain parasut yang memiliki gramasi kain yang tipis, sehingga bisa menjadi nyaman saat digunakan oleh Sedulur.  Namun, kekurangannya bahan ini tidak termasuk bahan jaket yang adem. Sehingga, Sedulur disarankan untuk tidak memakainya saat suhu udara sedang panas.

7. Bebby Terry

Bebby terry menjadi salah satu bahan jaket yang sedang banyak diminati saat ini, terbuat dari material katun sehingga memiliki daya serap yang tinggi. Dengan permukaan yang sedikit berbulu, membuatnya terasa lembut saat dikenakan.

Meskipun cukup tebal, Sedulur tidak perlu khawatir bahan ini tetap nyaman karena menjadi salah satu bahan jaket yang adem saat dikenakan. Selain itu, biasa bahan bebby terry pun sering digunakan untuk membuat handuk atau sweater anak-anak.

8. High Twist

Meski kain high twist  tidak termasuk jenis bahan jaket yang adem, tetapi jenis kain ini memiliki kelebihan permukaannya yang halus, dan memberikan sentuhan yang nyaman pada kulit Sedulur. Selain itu, kain ini memiliki kecenderungan untuk tidak mudah kusut.

Kain yaang memiliki kecenderungan tidak mudah kusut akan meminimalkan kebutuhan akan penyetrikaan. Kain high twist sering dipilih untuk membuat outerwear karena kekuatan dan ketahanannya.

Kain ini terbuat dari bahan sintetis yang  memberikan daya tahan yang baik terhadap cuaca, sehingga cocok untuk digunakan dalam pakaian luar seperti parka, rompi, dan blazer. Bisa jadi rekomendasi bahan untuk jaket Sedulur ya!

9. Corduroy

Kain corduroy memiliki tekstur yang khas dan terasa lembut saat disentuh. Garis-garis tali berumbai yang terlihat membentuk pola atau jalinan pada permukaan kain, yang memberikan tampilan unik dan mengesankan. Pola garis-garis ini juga memberikan dimensi visual yang menarik pada pakaian atau jaket yang terbuat dari corduroy.

Kain corduroy memiliki keunggulan dalam hal kehangatan dan ketahanan. Karena serat kapas yang digunakan, corduroy menjadi salah satu bahan jaket yang adem dan mampu memberikan rasa hangat serta nyaman saat dikenakan. 

10. Kulit atau Leather

Bagi Sedulur yang memiliki hobi reading menggunakan motor, pasti tidak asing dengan jaket berbahan kulit. Meski sudah tidak saing, Sedulur perlu mengetahui bahwa jaket kulit terdiri dua jenis bahan yaitu kulit sintetis dan kulit asli yang diperoleh dari kulit sapi, kambing, ataupun kulit kerbau.

Kulit termasuk salah satu bahan jaket yang adem saat digunakan. Kualitas material bahan jaket ini ditentukan dari tiap lapisannya. Biasanya, lapisan atas merupakan yang paling kuat dan tahan air. Namun, yang perlu Sedulur ketahui juga, ketika memiliki jaket kulit tentu harus melakukan perawat khusus seperti tidak mencucinya menggunakan mesin cuci.

BACA JUGA: 21 Resep Tumis Sayur Berbagai Bahan, Mudah dan Praktis!

11. Micro Fiber

Pinterest

Apakah Sedulur seorang yang sering melakukan aktivitas outdoor? Jaket yang terbuat dari bahan micro fiber ini adalah pilihan tepat. Bahannya terbuat dari benang polyester yang permukaannya dihaluskan sehingga bahan jaket yang adem dapat dihasilkan dengan menggunakan bahan micro fiber ini. 

12. Micro Bintik

Bahan micro bintik cocok digunakan sebagai bahan jaket yang adem, khususnya jaket olahraga. Bahan ini termasuk jenis kain parasut dengan ciri utama tekstur bintik atau titik-titik di bagian permukaannya, terasa lembut saat dipegang, dan ringan saat dipakai. 

13. Micro Ripstop

Bahan micro ripstop termasuk jenis kain parasut yang halus, lembut, dan ringan, terbuat dari benang sintesis yang diselingi benang lain yang ukurannya lebih besar. Kelebihan utama dari bahan micro ripstop ini adalah tidak mudah robek dan lebih tahan air

14. Despo 

Jenis bahan despo bisa menjadi pilihan lain bagi Sedulur yang akan membuat jaket motor yang memiliki jenis bahan jaket yang dingin. Kain despo termasuk jenis kain parasut, namun lebih tebal dibanding polyester, meski begitu tidak panas saat terkena sengatan cahaya matahari, tetap hangat pada saat cuaca sedang dingin, serta anti air.

BACA JUGA: Resep Sambal Goang 4 Bahan, Bisa Dibuat Dadakan!

15. Lotto

Pinterest

Secara umum, bahan lotto sering digunakan untuk pembuatan kaos olahraga team sepakbola. Namun, ada juga dalam pembuatan jaket menggunakan bahan lotto, karena termasuk bahan jaket yang adem. Teksturnya elastis dan lembut, serta tidak mengkilap.

16. Polar

Bahan polar cocok Sedulur gunakan untuk membuat jaket musim dingin, sweater, dan jaket anak-anak. Dalam proses pembuatan, kain polar terbuat dari campuran serat viscose, cotton, polyester, dan serta sintetik lainnya. 

Untuk teksturnya, kain ini seperti benang woll dengan teknik cabut sehingga memiliki alur yang tidak rata, kadang terlihat seperti menggumpal juga, sedikit kasar, akan tetapi tetap membuat hangat termasuk bahan yang dingin.

17. Twill 

Bahan twill bisa juga menjadi bahan alternatif untuk Sedulur gunakan dalam membuat jaket parka, jaket kasual, rompi, dan lainnya. Jenis bahan ini, memiliki kemiripan dengan kain drill yang berserat garis-garis miring.

Namun, bedanya kain twill memiliki tekstur yang lentur dan lebih tebal dengan jalinan benang yang menjadi dasar bahan ini memiliki kekuatannya yang terbilang cukup kuat dan tahan lama, tentu cocok juga menjadi bahan jaket yang adem.

18. Tropical

Material kain tropical ini terbuat dari bahan katun dan polyester dengan perbandingan bahan katun yang lebih dominan, sehingga menjadi jaket yang tetap dingin saat dipakai. Tekstur saat dipegang akan teras kain tenunan halus, memiliki ketebalan yang cukup tepat.

Bukan hanya itu, material kain tropicaka juga memiliki tekstur yang lentur, dan nyaman saat dipakai, serta memiliki daya tahan warna yang awet. Sangat cocok digunakan sebagai bahan jaket atau pakaian di Indonesia dengan iklim tropis.

19. Kain Adidas

Merupakan kain yang umum digunakan untuk pembuatan jaket olahraga karena identik dengan produk-produk milik brand Adidas. Jenis kainnya memiliki bahan yang bersifat ringan, dapat menyerap keringat, cocok menjadi salah satu bahan jaket yang adem.

Jika Sedulur ingin membuat pakaian, terutama jaket dengan kualitas sebaik pakaian yang dikeluarkan oleh Adidas, maka jenis kain ini bisa jadi rekomendasi Sedulur. Dijamin tahan lama dan bermanfaat untuk tubuh!

20. Kain Diadora

Salah satu bahan jaket adem ini tentu sangat cocok digunakan Sedulur saat membuat jaket sporty, sweater, dan training olahraga. Bahan diadora hampir mirip dengan bahan fleece, namun bahan kain diadora lebih mengkilap ketika terkena sinar matahari.

Dinamakan Diadora karena tekstur kainnya memiliki kemiripan dengan bahan yang sering digunakan oleh perusahaan sport Diadora saat membuat produknya. 

Itulah rangkuman berbagai macam jenis bahan jaket yang adem atau pun tidak, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan bagi Sedulur dalam mencari rekomendasi bahan jaket yang adem. 

Pada intinya, bahan jaket yang baik adalah bahan jaket yang adem, dapat menahan panas sehingga membuat tubuh Sedulur terasa hangat, kuat dan tidak mudah robek, mudah dibersihkan, serta teras ringan saat digunakan oleh Sedulur.

Jika Sedulur masih bingung dalam menentukan jenis bahan apa yang cocok untuk digunakan bahan jaket yang adem untuk sedulur produksi, Sedulur disarankan berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli desainer ataupun langsung mendatangi toko penyedia bahan jaket yang adem dan mintalah penjelasan secara rinci.