jenis jaket pria

Ada banyak jenis jaket pria yang bisa jadi pilihan untuk digunakan agar penampilan Sedulur lebih gaya dan tampil menarik. Jaket sendiri merupakan salah satu jenis apparel yang digunakan sebagai outer atau luaran. Biasanya digunakan untuk menahan angin atau cuaca yang dingin.

Beberapa jenis jaket pria dilengkapi dengan bukaan tambahan, sepeti reseleting atau kancing. Jenis jaket pria bukan hanya digunakan untuk hawa dingin namun juga sebagai salah satu item fashion yang penting saat ini. Namun, pastikan Sedulur tidak salah pilih jenis jaket ya.

Bagi Sedulur yang kesulitan memilih jenis jaket pria, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas daftar jenis jaket yang bisa jadi pilihan Sedulu. Yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Rekomendasi Outfit Kemeja Hitam Pria Bikin Kamu Makin Keren

-->

1. Leather jacket

jenis jaket pria
Insider

Jenis jaket pria pertama yaitu leather jacket atau jaket kulit. Bahan kulit yang digunakan sebagai jaket merupakan bahan yang kedap air, maka dari itu jaket kulit sangat cocok digunakan karena tahan pada suhu dingin, berkabut dan berangin. Bahkan jaket kulit tahan saat kondisi hujan.

Maka dari itu, jaket kulit atau leather jacket seringkali jadi pilihan pengguna motor. Umumnya, pemotor banyak menggunakan jaket kulit yang berwarna gelap seperti berwarna hitam dan cokelat. Merupakan warna-warna maskulin yang dapat menunjukan kesan gaya dan gentle.

Sedulur bisa memadukan jaket kulit dengan menggunakan celana jeans dan baju kaos casual. Penampilan Sedulur bisa terlihat lebih gaya tanpa harus menghilangkan fungsi dari jaket itu sendiri.

2. Jaket bomber

Detik

Jenis jaket pria ini dikenal juga dengan nama flight jacket atau jaket penerbangan. Awalnya, jaket bomber dibuat untuk kebutuhan seragam awak pesawat Angkatan Udara Amerika. Bentuk bomber outer umumnya cukup pendek sampai ke pinggang dengan ritsleting di bagian depannya.

Desainnya yang keren membuat jaket bomber disukai banyak orang, pilihan sempurna untuk gaya kasual yang nyaman dan hangat. Beberapa tahun belakang, jaket bomber banyak digunakan oleh masyarakat, bahkan Presiden Joko Widodo pun seringkali menggunakan jaket jenis ini.

3. Jaket denim

jenis jaket pria
Viva

Rekomendasi jenis jaket pria selanjutnya yaitu jaket denim. Selama bertahun-tahun, outer dari bahan denim telah menjadi tren di masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Karena sifatnya yang kuat, apparel dari bahan denim awet digunakan dalam waktu lama.

Selain itu, jaket denim ini cocok digunakan untuk membuat penamilan semakin tampak gaya. Selain itu, bagi Sedulur yang seringkali mendatangi acara-acara casual, jaket denim sangat cocok untuk Sedulur gunakan. Jaket denim juga sangat efektif menahan udara dingin, lho.

4. Jaket parka

Hipwee

Rekomendasi jenis jaket pria selanjutnya yaitu jaket model parka. Jaket model parka adalah opsi terbaik bagi Sedulur yang ingin tetap merasa hangat di cuaca apapun. Jaket  ini menawarkan perlindungan maksimal dari angin, air, serta suhu dingin untuk penggunanya.

Tersedia beragam pilihan warna klasik yang umumnya dipilih. Mulai dari hitam, hijau army, hingga biru navy. Sedulur bisa memadukan parka dengan sweater, jeans, serta sepatu boots di kala cuaca dingin. Jaket ini juga cocok digunakan dengan berbagai jenis celana.

5. Jaket varsity

jenis jaket pria
Hai Online

Jaket pria gaya varsity hadir dalam desain cukup menarik, umumnya jaket varsity dibalut dengan warna yang berbeda di bagian badan dan lengan. Juga dilengkapi dengan motif horizontal stripes pada bagian pergelangan tangan dan kerah untuk memberikan kesan sporty.

Varsity jacket pada awalnya adalah apparel almamater sebuah kampus ternama. Ciri khasnya terdapat pada bordiran huruf berukuran cukup besar di bagian dada sebelah kiri atau kanannya. Jika berniat membuat apparel untuk komunitas kampus atau sekolah, varsity bisa menjadi opsi tepat.

6. Jaket harrington

IDN Times

Jenis jaket selanjutnya yaitu jaket harrington. Jenis jaket pria harrington dikenal juga sebagai jaket golf. Ciri khasnya terdapat pada ukurannya yang pendek dengan manset elastis pada bagian pergelangan tangan dan pinggang.

Biasanya, harrington jacket terbuat dari bahan yang tahan air (waterproof) dan ringan. Pada bagian depan harrington jacket terdapat bukaan berupa ritsleting. Salah satu rekomendasi jenis jaket yang dapat digunakan untuk berpergian menggunakan motor.

7. Jaket trucker

jenis jaket pria
Dropshipper

Jenis jaket trucker mungkin masih terdengar asing. Bagi Sedulur yang belum tahu, trucker adalah tipe jaket pria dengan kancing depan yang biasanya dilengkapi saku ganda di bagian dada. Jaket trucker biasanya dibuat dari bahan denim, katun, atau kulit sintetis.

Bahkan, bahan kanvas yang biasa diproduksi sebagai tas kain juga bagus untuk dijadikan jaket trucker. Warna yang digemari adalah hijau army, hitam, serta aneka shade coklat seperti caramel dan beige. Karena modelnya yang simpel, trucker jacket sempurna dijadikan outer untuk berakhir pekan bersama pasangan.

8. Jaket fleece

WaitStuff

Jika dilihat dari bagian depan, fleece coat tampak sangat lembut dan nyaman. Jaket ini juga memiliki sifat hangat, halus dan memiliki kesan sedikit berbulu sehingga ketinga diraba akan terasa sangat lembut dan halus di bagian permukaan.

Model jacket yang menggunakan bahan fleece biasanya adalah hoodie, sweater, dan crewneck. Berbeda dengan bahan denim atau kulit, fleece jacket tidak kaku dan dapat mengikuti bentuk tubuh. Sehingga cocok untuk digunakan bagi berbagai bentuk tubuh.

9. Puffer coat

jenis jaket pria
Entertaiment Tonight

Puffer banyak disebut sebagai jaket gunung karena sering dipakai oleh pecinta alam atau pendaki. Karena sifatnya yang sangat hangat, sebaiknya Sedulur tidak mengenakan puffer coat saat cuaca panas terik agar tidak kepanasan.

Biasanya, puffer coat banyak dicari oleh komunitas yang akan melakukan perjalanan ke negara-negara beriklim dingin. Puffer dikenakan sebagai lapisan tambahan untuk denim atau jenis jaket lainnya. Karena memang fungsinya untuk membuat tubuh lebih hangat.

10. Coach jacket

Kompas

Varian coach jacket identik dengan permukaan yang tampak halus dan bersih. Bagian pergelangan tangannya dilengkapi bahan karet sehingga terasa elastis dengan karet. Selain itu, model ini memiliki bukaan berupa kancing depan.

Meskipun bahannya terlihat tipis, jenis jaket pria ini dirancang untuk menahan terpaan angin. Sifatnya yang tahan air juga membuatnya pas digunakan di lingkungan lembab dan sedikit basah. Jaket coach adalah satu model apparel yang banyak digemari organisasi atau komunitas anak-anak muda.

Umumnya, bagian belakangnya diberi logo atau aksen tertentu sebagai identitas komunitas. Ada juga yang menambahkan tulisan besar di bagian lengannya, menyuguhkan look keren dan unik. Tampilannya tidak berat, sangat pas untuk gaya casual dan aktivitas sehari-hari.

11. Jaket chore

jenis jaket pria
Gear Patrol

Umumnya, chore coat dibuat dari material kain yang kuat dan tahan lama seperti kanvas. Namun, banyak model chore coat yang memakai kain twill, denim, serta katun.

Ciri utama chore coat adalah satu atau dua saku di bagian dada, dua saku lapang di bagian pinggang, kerah yang tampak runcing, serta bukaan berupa kancing depan.

12. Field jacket

Werd

Terinspirasi dari military jacket M65 yang ikonik, jenis jaket pria ini dilengkapi dengan ritsleting depan serta kerah yang bisa dikancingkan. Fungsinya adalah untuk memberi perlindungan yang maksimal bagi pemakainya.

Umumnya, jaket lapangan dibuat dari bahan anti air dengan setidaknya empat kantong di bagian luar, dan beberapa saku tambahan di bagian dalamnya. Model jaket ini makin populer setelah aktor Robert De Niro memakainya dalam film Taxi Driver.

Karena pada awalnya didesain untuk kebutuhan seragam militer, field jacket sering dibalut warna hijau army, moss, olive, dan forest green. Namun, banyak brand clothing yang menghadirkan suasana baru dengan warna-warna menarik lainnya.

13. Jaket Anorak

jenis jaket pria
Milworld

Rekomendasi jenis jaket selanjutnya yaitu jaket anorak. Jaket ini mitip dnegan jaket parka yang memiliki lapisan water resistant. Bedanya, jaket anorak menggunakan fitur half zip dan memiliki tali di penggang. Jaket ini menghadirkan kesan kasual dan terlihat ringkas seperti hoodie.

Model jaketnya seperti hoodie dengan halfzip di bagian depan. Serta dilengkapi dengan hoodie, saku kanga, dan manset di bagian lengan untuk menambah fleksibilitas. Terbuat dari 100% nilon yang terasa ringan dan nyaman dipakai.

14. Jaket raincoat

HiConsumption

Rekomendasi selanjutnya yaitu raincoat. Raincoat adalah jaket yang didesain khusus untuk melindungi tubuh dari terpaan hujan. Sehingga bahannya dilapisi material waterproof yang ringan. Namun jaket ini tidak akan tahan angin, hanya tahan terhadap air saja.

Jaket raincoat terbuat dari poliester yang di dalamnya terdapat lapisan empuk untuk menambah kehangatan. Jaketnya juga dilengkapi tudung, manset elastis, dan leher tinggi yang stylish dan melindungi tubuh agar tidak kedinginan.

15. Coat jacket

jenis jaket pria
Hearstapps

Jaket berbentuk mantel dengan ukuran lebih panjang dari jaket biasanya, yaitu melewati paha sampai lutut. Selain pelindung tubuh dari cuaca dingin, coat jacket juga sering dimanfaatkan sebagai outer penambah gaya layaknya blazer atau kardigan.

Coat jacket terbuat dari  linen berlapis dengan teknologi khusus yang tahan air dan mampu menjaga sirkulasi udara dengan baik. Dilengkapi penutupan ritsleting dan jepret, saku penutup, serta lapisan blok warna yang membuatnya terlihat elegan.

16. Jaket overcoat

Mensjournal

Overcoat terdiri atas beragam varian, tapi rata-rata berdesain panjang, terbuat dari material yang hangat, dan dirancang untuk dikenakan sebagai outer. Overcoat termasuk fashion item yang sangat fleksibel, dapat dikenakan saat santai, semi formal, hingga formal.

Kunci agar memiliki jaket overcoat yang cocok dan pas yaitu dengan memilih desain dan warna yang tepat. Agar tetap matching digunakan kapan untuk acara apapun.

17. Jaket peacoat

jenis jaket pria
MLDSpot

Peacoat adalah sejenis mantel pendek dengan kerah lebar dan kancing ganda di bagian depan. Umumnya coat ini terbuat dari wol tebal, berwarna navy, berkancing besar, serta memiliki kantong vertikal atau diagonal.

Sedulur bisa mengenakan peacoat dalam acara semi formal dengan mengombinasikannya bersama celana chino atau jeans. Jaket peacoat sangat cocok untuk memberikan kesan penampilan yang casual dan semi formal.

18. Jaket model utility

Trend Hunter

Rekomendasi jaket pria selanjutnya yaitu utility. Selain jaket puffer, pria urban juga bisa memilih jaket utility yang kental dengan nuansa edgy sekaligus maskulin. Untuk tampilan yang modern, coba kenakan jaket utility dengan motif abstrak serta warna yang cerah.

Jaket utility biasanya memiliki ciri khas berupa banyaknya kantong di keseluruhan area jaket. Model jaket pria ini cocok banget digunakan bagi pemilik leher yang jenjang supaya penampilannya semakin keren.

19. Mantel crombie

jenis jaket pria
Rox.UK

Sebenarnya, Crombie merupakan nama brand asal Inggris. Namun, seiring waktu, Crombie justru dijadikan sebutan untuk mantel dengan panjang tiga perempat badan. Mantel ini umumnya terbuat dari wol dengan kerah beludru berwarna kontras.

Jaket ini sangat cocok dikenakan dalam acara bisnis dan formal. Karena kesan yang dapat dimunculkan saat menggunakna mantel crombie yaitu kesan yang elegan dan kelas atas. Oleh karena itu, mantel ini banyak digunakan oleh orang dari kalangan atas.

20. Jaket hoodie

Okezone

Ada juga jaket hoodie yang memiliki ciri khas dengan tudungnya. Selain denim, jaket hoodie juga wajib dimiliki pria. Kelebihan jaket ini yaitu memiliki tudung kepala alias hoodie dan cocok untuk gaya casual. Selain keren, jaket ini juga multifungsi dan praktis.

Jaket ini memiliki banyak desain seperti sweater, bomber, puffer, dan lainnya. Tujuan dan fungsi utama dari jaket ini yaitu untuk memberikan kehangatan saat cuaca dingin.

21. Track jacket

jenis jaket pria
Soccer Bible

Rekomendasi terakhir yaitu track jacket, yang dapat memberikan kesan sporty. Track jacket cocok dikenakan saat berolahraga karena jaket ini memiliki desain yang nyaman dan ringan, serta dilengkapi zip di bagian depan dan manset pinggang.

Kesan sporty yang dimiliki jaket ini membuatnya sangat cocok untuk gaya athleisure. Sedulur bisa mengombinasikannya dengan celana track serupa atau celana jeans untuk tampil beda.

BACA JUGA: 15 Inspirasi OOTD Kemeja untuk Hangout Keren Ala Selebgram

Tips memilih jenis jaket pria yang tepat

iStock

Setelah Sedulur mengetahui beberapa jenis jaket pria di atas, tentu Sedulur juga harus tahu bagaimana tips memilih jaket agar tidak salah pilih dan menggunakan jaket yang tepat untuk setiap kondisi. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

1. Perhatikan bahannya

Tips pertama saat memilih jenis jaket pria yaitu dengan memperhatikan bahannya. Setiap jenis jaket pria dibuat menggunakan berbagai bahan berbeda. Sedulur bisa memilih bahan jaket tersebut sesuai dengan kenyamanan memakainya.

Sebaiknya, pilihlah jenis jaket pria yang dibuat menggunakan bahan yang memiliki sirkulasi udara bagus agar Sedulur tidak mudah gerah dan tetap adem ketika memakainya.

2. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Tips saat membeli jaket yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan jenis jaket dengan bentuk tubuh. Ada banyak jenis jaket yang bisa digunakan yang disesuaikan dengan bentuk tubuh. Ada jaket yang cocok untuk tubuh ramping dan ada jaket yang cocok untuk tubuh yang agak berisi.

3. Pertimbangkan penggunaan

Dalam memilih jaket, Sedulur harus mempertimbangkan penggunaan jaket. Ada banyak jenis jaket pria dengan berbagai fungsi dan tujuan penggunaan. Ada yang untuk kegiatan outdoor yang dapat menahan cuaca dingin, angin dan air.

Ada juga jaket kulit atau jaket denim yang biasa digunakan oleh pengguna motor karena dapat menahan angin lebih kuat.

4. Periksa fitur tambahan

Tips selanjutnya yaitu periksa fitur tambahan. Biasanya brand cloting jaket akan menambahkan sejumlah fitur seperti saku, model kancing atau fitur-fitur lainnya. Tetapi, semakin banyak fitur tambahan biasanya membuat jaket semakin mahal.

Namun jangan sampai fitur-fitur tambahan yang ada pada jaket membuat jaket kehilangan fungsi utamanya dan malah membuat Sedulur tidak nyaman menggunakannya.

5. Sesuaikan budget

Tips terakhir dalam memilih jenis jaket pria yang tepat yaitu dengan menyesuaikan budget. Apapun jenis jaket pria yang membuat Sedulur menarik, tetapi budget menjadi pertimbangan penting untuk Sedulur. Jangan sampai membeli jaket dengan mengabaikan kebutuhan penting lainnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan jenis jaket pria terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur adalah dengan membuat sendiri. Terutama jika membuat dalam jumlah besar, karena biasanya akan lebih murah harga per satu jaketnya.

Nah itulah rekomendasi jenis jaket pria yang bisa Sedulur pilih, Seduur bisa memilih jenis jaket yang cocok dan sesuai dengan Sedulur. Jangan lupa juga perhatikan tips memilih jaket yang telah dijelaskan di atas, agar Sedulur tidak salah pilih jaket.

Jaket yang tepat bisa membuat penampilan Sedulur lebih baik dan menarik lagi. Sempurnakan penampilan Sedulur dengan menggunakan skin care dan peralatan lain untuk menunjang penampilan. Nah, Sedulur bisa melengkapi kebutuhan dan peralatan untuk menunjang penampilan di Aplikasi Super.

Tersedia lengkap berbagai kebutuhan dan peralatan di Aplikasi Super yang dapat membuat penampilan Sedulur lebih sempurna. Yuk, cek Aplikasi Super sekarang juga, bagi yang belum download Aplikasi Super bisa segera download di Playstore, ya!