jenis baju gamis

Berkembang pesatnya dunia fashion muslim di Indonesia berdampak pada beragamnya jenis baju gamis yang tersedia di pasaran. Namun, jenis baju gamis yang ada juga tidak bisa sembarangan dan harus disesuaikan dengan pemakainya.

Jika Sedulur ingin mencari tahu lebih dalam tentang jenis baju gamis yang ngetren sekarang ini. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ya!

BACA JUGA: 20 Inspirasi Baju Ungu Tua Cocok dengan Jilbab Warna Apa Saja!

Jenis Gamis Paling Populer

Pinterest

Berikut ini beberapa jenis baju gamis yang populer dan sedang banyak disukai banyak wanita muslim di tahun 2023. Sedulur bisa menjadikan 10 jenis baju gamis ini sebagai pondasi untuk mencari model gaya baju gamis yang cocok dengan style-mu.

1. Gamis syar’i

Bagi Sedulur yang sudah mantap untuk menutup aurat dengan mengenakan pakaian syari, tentu gamis syar’i menjadi model gamis paling dicari. Bertujuan untuk menutup aurat dan tidak menunjukkan lekuk tubuh, jenis gamis ini memiliki desain yang longgar. Biasanya, gamis syar’i juga dilengkapi dengan hijab yang menjadi pasangannya sehingga lebih praktis.

2. Gamis kaftan

Beberapa tahun ke belakang, gamis kaftan menjadi model gamis lainnya yang populer di kalangan perempuan muslim. Biasanya, model gamis ini hadir berupa terusan panjang, namun dengan model lengan batwing, sehingga cocok dipakai oleh bentuk tubuh apapun. Sedulur yang belum berhijab pun akan terlihat modis dan menawan dengan gamis model ini.

3. Gamis slit

Gamis slit kerap dijadikan pilihan oleh mereka yang ingin tampil trendy dan kekinian. Seperti namanya, model gamis ini ditandai dengan belahan di salah satu atau bahkan kedua sisinya. Agar aurat tetap tertutup saat memakai gamis slit, kamu bisa memadupadankan gamis ini dengan legging atau rok.

4. Gamis tali pinggang

Model gamis lainnya yang tak kalah populer adalah gamis tali pinggang, sebab ia bisa memberikan kesan manis. Tali pada pinggang pada gamis model ini juga bisa memberikan kesan ramping karena mempertegas siluet tubuh. Talinya pun dapat Sedulur sesuaikan, jadi tak perlu takut akan merasa sesak saat memakai gamis ini!

5. Gamis ruffle

Gamis ruffle belakangan ini banyak diminati karena dapat memberikan kesan penampilan yang feminin. Aksen ruffle pada model gamis ini biasanya hadir di berbagai area, misalnya saja bahu, lengan, ataupun bagian bawah.

6. Gamis kemeja

gaya berfoto yang keren untuk wanita berhijab dari belakang
Pinterest

Gamis dengan model kemeja kancing depan yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Biasanya, gamis kemeja kancing depan ini terbuat dari bahan yang ringan seperti katun, sehingga sangat nyaman dipakai saat beraktivitas. Sedulur yang merupakan ibu menyusui juga akan dipermudah dengan adanya kancing pada gamis ini.

7. Gamis lengan lonceng

Gamis lengan loncent merupakan salah satu jenis baju gamis yang memiliki lengan melebar dan mengembang. Dengan bentuk lengan yang cukup mirip lonceng tersebut, Sedulur bisa lebih leluasa dan tidak perlu merasa khawatir dengan ketatnya pakaian.

8. Gamis busui

Gamis busui adalah gamis yang dirancang secara khusus untuk membantu para ibu yang sedang menyusui. Umumnya, jenis baju gamis satu ini dilengkapi dengan beberapa item seperti kancing baju atau resleting dengan bukaan depan.

9. Gamis peplum

Gamis peplum adalah jenis baju gamis yang cukup simpel dan sederhana. Ini merupakan salah satu jenis baju gamis modern yang banyak disukai anak muda. Detail gamis peplum sendiri ada pada ilusi ramping yang membuat tubuh pemakainya menjadi lebih tinggi.

10. Gamis cape

Jenis baju gamis yang terakhir adalah gamis cape. Jenis ini merupakan model yang cukup unik karena memiliki sebuah jubah kecil yang menutup pada bagian badan atas. Desain potongan cape-nya  longgar juga bisa memberikan kenyamanan sekaligus menutup lekuk tubuh Sedulur secara maksimal.

BACA JUGA: 5 Perbedaan Gamis dan Dress, Pakaian Serupa tapi Tak Sama!

Inspirasi Outfit Gamis Terkini

Agar pemilihan baju gamis makin mudah, Sedulur bisa menyimak beberapa inspirasi jenis baju gamis paling kekinian berikut ini.

1. Model gamis gingham

Pinterest

Buat Sedulur yang tak ingin terlihat kaku saat memakai gamis, bisa memilih yang bermotif gingham. Motif ini sekarang cukup banyak diminati karena terkesan stylist dan tidak ketinggalan zaman. Sementara untuk modelnya, Sedulur bisa memilih gamis yang berpotongan A-line serta panjang lengan yang tanggung.

2. All black gamis

Warna hitam tak pernah gagal membuat Sedulur tampil lebih menawan! Jika Sedulur ingin menampilkan sisi glamor namun juga elegan, Sedulur bisa memilih gamis berwarna hitam. Jika mengenakan hijab, bisa pilih juga hijab dengan warna senada untuk penampilan yang maksimal.

3. Gamis peplum dress

Sedulur yang ingin tampil elegan namun sekaligus ingin terlihat santai, gamis yang memiliki model peplum seperti ini bisa menjadi pilihan. Model baju gamis terbaru peplum bisa dibilang tak monoton karena ada aksen mekar di bagian perut. Sebagai pemanis, Sedulur bisa tambahkan tali yang bisa diikat dengan simpul pita di bagian perut.

4. Long outer gamis

Jika bosan dengan model gamis yang itu-itu saja, Sedulur bisa memilih model yang dipadukan dengan long outer. Sedulur tinggal memilih gamis dan luaran yang memiliki panjang yang sama. Agar tidak terkesan terlalu ramai, lebih baik pilih warna baju dan outer yang senada. Kesan chic akan makin terlihat dengan sepatu kets yang memiliki kesan santai.

5. Model 2in1

Buat Sedulur yang suka model yang tak biasa, gamis 2 in 1 akan sangat cocok. Konsep 2in1 sebenarnya sama dengan long outer, namun bedanya outer yang digunakan adalah berbentuk long dress tanpa lengan. Untuk dalamannya, Sedulur bisa memadukan dengan kemeja atau kaos

6. Model renda

merk gamis terbaik
Pinterest

Bosan dengan gamis yang modelnya polos? Sedulur bisa coba nih gamis dengan aksen renda. Kesan feminin dan manis akan sangat terpancar saat mengenakan gamis model ini. Pilih juga warna-warna kalem seperti warna pastel agar penampilan tidak terlalu mencolok.

7. Mode gamis kimono

Model baju gamis terbaru yang bisa Sedulur adalah gamis kimono. Selain unik, gamis model ini juga bisa digunakan untuk acara santai maupun semi formal. Tampilan Sedulur juga tidak akan membosankan.

8. Kombinasi gamis brokat

Siapa bilang kain brokat hanya untuk kebaya saja? Ternyata brokat bisa juga lho disulap menjadi gamis yang cantik. Model baju gamis pesta ini bisa membuat penampilan Sedulur semakin cantik dan menawan.

9. Gamis lengan balon

Kalau Sedulur suka model baju gamis yang tak biasa, maka gamis lengan balon harus menjadi pilihan. Bagian lengan yang lebar ini akan membuat penampilan menjadi unik dan modis.

10. Model gamis asimetris motif

Model baju gamis semakin beragam dan tentunya semakin membuat modis bagi Sedulur yang mengenakan. Salah satunya model gamis floral asymmetric ini. Model bagian atas berupa wrap di bagian pinggang, sementara bagian bawah dibuat asimetris. Sehingga Sedulur bisa menambahkan legging sebagai dalaman.

11. Gamis batik

jenis baju gamis
Popbela

Model baju selanjutnya yang menarik untuk dicoba adalah gamis batik. Kain batik merupakan kebanggaan Indonesia, sering digunakan sebagai kombinasi kebaya dan pakaian formal. Bukan hanya itu, kain batik juga sangat cocok dijahit dengan model gamis karena bisa dikombinasikan untuk kesan elegan dan unik.

Motif batik yang digunakan bisa memberikan kesan yang unik dan memperkaya motif. Hal tersebut bisa menambah kepercayaan diri ketika menggunakan gaun satu ini. Ditambah lagi kesan nasionalisme akan muncul dengan menggunakan batik yang merupakan warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

12. Model gamis polkadot

Gamis jenis ini sangat tepat digunakan di luar rumah, seperti pergi ke taman bermain atau ke wisata alam. Meskipun motif terlihat penuh, namun gamis dengan motif polkadot ini tidak menimbulkan kesan terlalu ramai. Selain itu, model kerutan pada tangan juga membuat gamis jenis ini nyaman digunakan tanpa khawatir tersingkap terlalu tinggi.

13. Style gamis polos pastel

Selanjutnya adalah model baju gamis simple dengan warna pastel polos. Gamis jenis ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan. Hal ini karena desain rok bawahnya yang dapat dibuka dengan lebar. Meskipun begitu, jangan lupa menggunakan celana panjang, ya.

14. Gamis ruffle samping

Masih tentang model baju gamis polos, gamis dengan ruffle samping ini jangan sampai terlewatkan. Memiliki warna pastel seperti taupe dan nude pink, gamis ini dapat digunakan oleh semua jenis warna kulit. Dengan desain yang tidak terlalu berlebihan, gamis ini juga tentu sangat cocok digunakan dalam berbagai acara semi formal. 

15. Gamis dua warna

Selanjutnya adalah model baju gamis kombinasi dengan warna bumi atau earth tone. Perpaduan dua warna dengan salah satu warna dominan tentu membuat kesan yang tidak membosankan. Apalagi dengan adanya kancing aksesoris berukuran cukup besar, membuat model gamis terlihat sangat berani.

16. Model gamis span

merk gamis terbaik
Pinterest

Gamis selanjutnya adalah gamis dengan kombinasi model pada atasan dan model simpel pada bawahan. Gamis ini sangat cocok digunakan untuk acara-acara semi formal karena tidak terlalu ramai namun tetap menarik perhatian. Memiliki model rok pan, gamis ini sebaiknya digunakan dalam kegiatan yang tidak terlalu banyak bergerak bebas.

Model bagian atas dibuat sangat unik. Terdapat kerutan pada bawah dada dengan panjang penutup yang saling bertumpuk. Adanya kancing kecil berwarna keemasan juga menambah kesan mewah pada bagian dada dan tangan. Gamis ini sangat cocok dipadukan dengan kerudung polos dengan warna senada.

17. Style gamis kotak bunga

Selanjutnya adalah gamis bermotif kotak dan bunga yang dipadukan dalam warna pastel. Sangat manis karena gamis ini memiliki desain lengan lonceng mini pada bagian siku dan satu lapis ruffle pada bagian bawah.

Gamis ini sangat cocok dipadukan dengan kerudung polos pastel berwarna lebih gelap. Sedulur juga dapat memadukannya dengan aksesoris seperti jam tangan maupun tas anyam berwarna coklat. Selain digunakan untuk berkunjung ke rumah sanak saudara, gamis ini juga cocok digunakan untuk menghadiri acara non formal lainnya.

18. Kombinasi gamis tile

Sedulur juga bisa mencoba gaya gamis simple elegan dengan desain polos yang dikombinasikan dengan tile polkadot. Kombinasi tile pada bagian lengan dan tali pinggang ini membuat gamis nampak sangat elegan ketika digunakan. 

Dengan model atasan semi kimono membuat gamis ini sangat cocok ketika digunakan dalam acara-acara semi formal. Gamis jenis ini nampak seperti pakaian potongan dan membuat tampilan pinggang menjadi lebih ramping. Sedulur dapat memadukannya dengan kerudung polos dengan warna senada.

19. Model gamis crop top

Model crop top menjadi tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat. Tak perlu khawatir karena bagi para muslim, gamis model crop top juga tersedia. Gamis model crop top dengan bahan crinkle ini tentu sangat modis ketika digunakan oleh siapapun.

Gamis model ini sangat cocok digunakan oleh orang-orang dengan tinggi badan sedikit rendah, karena akan memberikan kesan lebih tinggi. Dengan tali kerutan bawah dada, Sedulur juga bisa menyesuaikan tingkat keketatan gamis saat digunakan. Gamis ini cocok dipadukan dengan pashmina berwarna senada.

20. Inspirasi gamis satin ikat

Gamis satin tanpa outer ini juga cocok digunakan sebagai model baju gamis pesta yang cantik. Dengan model atasan semi kimono dengan bagian pinggang yang diikat ke belakang lalu ke depan, gamis ini dapat menyesuaikan ukuran pemakainya ketika digunakan.

Sedulur dapat memadukannya dengan kerudung berbahan satin dengan warna senada untuk kesan lebih elegan. Bisa juga menggunakan tas dengan nuansa keemasan agar terkesan lebih mewah.

21. Gamis potongan A-Line

Pinterest

Gamis dengan potongan A-line dan aksen belt di perut bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Gamis model ini menampilkan kesan mewah karena modelnya yang mirip gaun putri kerajaan. Padukan dengan heels maka penampilanmu akan semakin sempurna.

22. Kombinasi gamis plisket

Model satu ini menampilkan model plisket dari atas sampai bawah. Terlihat simpel namun tetap terlihat modis. Cocok untuk Sedulur yang ingin badannya tampak berisi. Agar semakin terlihat chic, bisa tambahkan outer dan belt di perut.

23. Tren gamis denim

Pecinta denim mana suaranya nih? Gamis berbahan denim cocok banget nih buat Sedulur. Model gamis berbahan denim juga tak akan lekang oleh waktu. Karena bahan denim akan selalu diminati.

24. Gamis ala vest Korea

Gamis ternyata bisa juga dipadukan dengan knit vest yang kini sedang nge-tren lho Sedulur. Meski terkesan simpel, namun penampilan Sedulur dijamin tetap akan mencuri penampilan. Nah, gaya seperti ini cocok nih buat jadi outfit  ke kantor.

25. Gamis lengan kelelawar

Baju dengan lengan kelelawar memang semakin banyak diminati. Selain nyaman dipakai, lengan kelelawar juga ampuh menyamarkan lengan besar. Sehingga cocok dikenakan untuk Sedulur yang memiliki badan cukup berisi. Selain itu, ada baiknya memilih warna gamis yang kalem seperti warna-warna pastel.

26. Gamis ceruti semi midi

Pinterest

Selanjutnya adalah gamis berbahan ceruti dengan model rok semi midi. Gamis ini juga nampak seperti baju potongan sehingga dapat membuat pemakainya terlihat sedikit lebih tinggi. Dengan warna pastel yang sedang booming akhir-akhir ini, gamis ceruti ini sangat manis dikenakan dalam berbagai acara.

Terdapat hiasan mutiara yang dirangkai pada beberapa titik juga menambah kesan manis gamis ini. Selain itu, model atasan yang dibuat menggantung juga sangat pas untuk aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan. Sedulur dapat mengkombinasikan dengan kerudung berwarna senada untuk kesan lebih elegan.

27. Kombinasi gamis tile tutu

Gamis ini memiliki kerutan pada pergelangan tangan untuk mengunci bagian lengan agar tidak bergerak kemana-mana ketika digunakan beraktivitas. Selain dilengkapi dengan tali pinggang yang dapat digunakan untuk menyesuaikan bentuk tubuh, gamis ini juga dilengkapi lengan sayap pada bagian kanan kirinya dari tile tutu.

28. Gamis kombinasi sport

Gamis ini dilengkapi resleting depan hingga bawah dada sehingga sangat cocok digunakan oleh ibu menyusui. Dengan hiasan bunga pada bagian atas dada dan bagian bawah rok membuat gamis ini nampak manis.

Sedulur dapat memadukannya dengan kerudung berwarna hitam atau warna lain yang senada dengan bagian lengan atau badan gamis. Padukan dengan sepatu putih dengan hak sedikit tinggi untuk menambah kesan elegan ketika digunakan. Bagian pergelangan tangan yang menggunakan kerutan sport membuat tampilan lebih bersemangat.

29. Gamis putih mekar

Bagi pecinta warna putih, maka gamis putih mekar ini jangan sampai terlewatkan. Dengan kerutan pada pinggang yang menambah kesan fit to body membuat pemakainya tampil dengan anggun dan memesona. Sedulur dapat memadukannya dengan kerudung berwarna apapun sesuai dengan selera masing-masing. 

Lengan yang semi balon juga dapat membuat kesan elegan ketika dipadukan dengan aksesoris seperti jam tangan dan gelang. Ketika menggunakan gamis ini, sebaiknya gunakan tas berwarna putih dengan kombinasi warna emas untuk menambah kesan mewah.

30. Gamis polos tumpuk samping

Pinterest

Model gamis terakhir adalah gamis polos tumpuk samping dengan lengan bishop yang sangat cocok digunakan dalam menghadiri acara semi formal. Sedulur dapat memadukannya dengan kerudung berwarna pastel sehingga warnanya tidak mati. Kombinasi flat shoes putih dan tas berwarna silver juga sangat manis ketika dipadukan. 

Demikian tadi ulasan lengkap tentang jenis baju gamis dan inspirasi mode yang bisa Sedulur coba. Semoga dengan ide-ide di atas, kamu bisa menemukan gamis yang paling cocok untuk digunakan ya!