perbedaan gamis dan dress

Gamis dan dress merupakan jenis pakaian yang berbeda, walaupun keduanya termasuk pakaian dengan tampilan panjang. Masih banyak orang yang kesulitan untuk memahami perbedaan gamis dan dress. Padahal dengan mengetahui perbedaannya, Sedulur bisa menyiapkan outfit yang lebih cocok dan pas untuk sebuah acara.

Selain itu, mengetahui perbedaan gamis dan dress juga mengantisipasi kesalahan saat pembelian. Tentu hal ini sangat penting karena jika salah membeli, maka Sedulur akan membuang uang dengan percuma. Apalagi ketika pakaian yang sudah dibeli akhirnya tidak bisa digunakan. Nah, agar Sedulur tidak salah pilih kostum dan bisa menentukan mana pilihan yang tepat. Mari simak ulasan lengkap tentang perbedaan gamis dan dress berikut ini!

BACA JUGA: 11 Tips Pakaian Interview Kerja yang Baik dan Disukai HRD

1. Pengertian gamis

perbedaan gamis dan dress
Pinterest

Gamis merupakan pakaian wanita yang sangat dekat dengan muslimah atau pemeluk agama Islam perempuan. Jika dilihat dari pengertian atau definisinya, gamis sendiri adalah jubah atau pakaian panjang yang umumnya dikenakan oleh masyarakat di negara Islam.

Pakaian ini lebih sering ditemukan di wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi. Tapi di negara mayoritas Islam lainnya seperti Indonesia juga banyak yang menggunakannya. Istilah gamis yang digunakan di Indonesia berasal dari kata khomis. Istilah tersebut bisa diartikan sebagai baju kurung dengan lengan yang panjang, serta baju yang panjang pula hingga menyentuh bagian mata kaki. Gamis tidak hanya digunakan oleh wanita, di Timur Tengah juga banyak dijumpai pria menggunakan gamis.

2. Pengertian dress

perbedaan gamis dan dress
Pinterest

Perbedaan gamis dan dress selanjutnya dapat dilihat dari pengertian dress. Setelah mengetahui pengertian dari gamis, tentu Sedulur harus mengetahui pengertian dari long dress atau dress. Long dress bisa diartikan sebagai terusan atau baju panjang yang bisa menyesuaikan bentuk badan pemakainya. Umumnya punya model yang pop up dan elegan. Model dari long dress sendiri akan disesuaikan dengan jenis material yang digunakan.

Misalnya saja untuk jenis long dress formal acara pesta, maka beberapa material bahan yang cukup populer digunakan adalah scuba. Bahan ini akan membuat dress memberikan tampilan yang elegan dan mewah pada penggunanya. Namun, bahan ini juga akan mengekspos lekuk tubuh pemakainya agar lebih terlihat jenjang dan proporsional.

3. Panjang baju

Pobela

Perbedaan gamis dan dress selanjutnya yaitu dari panjang bajunya. Baik gamis dan long dress keduanya merupakan pakaian perempuan yang sama-sama panjang. Dari panjang baju ini yang membuat banyak orang sulit membedakan gamis dan dress itu sendiri.

Namun jika Sedulur perhatikan dengan seksama, tentu tidak sulit untuk menemukan perbedaan gamis dan dress dari panjangnya. Gamis didesain memiliki panjang yang melebihi mata kaki. Sementra untuk dress, panjangnya tidak sampai mata kaki. Panjangnya dress hanya berada di antara lutut hingga mata kaki.

Selain dari panjangnya, Sedulur juga bisa melihat dari cutting kedua pakaian ini. Umumnya, gamis memiliki potongan yang longgar. Meski sebagian long dress juga punya cutting yang longgar, tapi sebagian besar akan menunjukkan lekuk tubuh pemakainya saat dikenakan.

4. Model pakaian

perbedaan gamis dan dress
Pinterest

Selanjutnya terkait model pakaian yang bisa jadi poin penting bagi Sedulur untuk lebih mudah mengetahui perbedaan kedua jenis pakaian. Umumnya gamis dibuat dengan potongan A-line. Artinya, bagian atas lebih kecil, tapi baju akan semakin lebar di bagian bawahnya.

Potongan baju seperti ini akan menutupi bentuk tubuh pemakainya sehingga tidak terlihat sama sekali. Sementara itu, long dress memiliki lebih banyak model. Sebagian besar long dress memang didesain untuk membentuk lekuk tubuh pemakainya.

Namun tidak sedikit juga long dress yang memiliki cutting lebih longgar dan flowy. Karena model gamis yang terbatas, dulunya pakaian ini sangat identik dengan ibu-ibu. Para remaja cenderung menghindari penggunaan gamis ketika menghadiri acara-acara formal. Namun sekarang sudah mulai ada pergeseran. Banyak yang menggunakan gamis dan model baju ini menjadi salah satu yang banyak digandrungi untuk menghadiri acara formal.

Ada banyak gamis yang dijual di pasaran dengan model yang beragam sehingga banyak anak mudah yang tertarik menggunakan gamis. Berbanding jauh dengan sebelumnya yang tidak begitu menyukai gamis karena ragam modelnya yang kaku.

5. Tujuan dan maksudnya

Pinterest

Hal terakhir yang menjadi perbedaan gamis dan dress adalah maksud serta tujuan pembuatan kedua jenis pakaian ini. Secara umum, seluruh pakaian yang dibuat memiliki tujuan untuk menutup tubuh para penggunanya.

Tapi long dress dan gamis ternyata memiliki tujuan pembuatan yang cukup berbeda. Gamis adalah pakaian muslim dan muslimah yang memang sejak awal digunakan untuk menutupi aurat sesuai dengan ajaran agama. Sehingga aurat pemakainya tidak terlihat, maupun terbentuk karena pakaian yang ketat.

Sementara untuk long dress, pembuatan pakaian ini ditujukan untuk membuat pemakainya tampil menarik ketika hadir dalam sebuah pesta atau acara formal lainnya. Oleh karena itu, tidak sedikit long dress yang dibuat ketat agar lekuk tubuh indah pemakainya bisa terekspos.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian Paling Ampuh!

Kesimpulan

perbedaan gamis dan dress
Liputan6

Dari penjelasan di atas terkait perbedaan gamis dan dress yang telah dijelaskan, tentu ada banyak poin yang bisa diambil sebagai inti dari perbedaan gamis dan dress. Namun untuk merangkum penjelasan di atas, berikut ini beberapa perbedaan dari gamis dan long dress yang perlu dipahami:

  • Gamis memang diperuntukkan bagi muslimah yang ingin menutupi aurat. Sedangkan long dress dapat digunakan oleh siapa pun, bahkan long dress dengan cutting lebih flowy bisa dipakai seorang muslimah untuk mix n match dan dilengkapi manset atau outer.
  • Jika dilihat dari ukutan, long dress bisa saja panjangnya hanya di bawah lutut bahkan hingga menjuntai menyentuh lantai. Sementara gamis panjangnya hingga mata kaki saja, tujuannya agar tidak kotor menyapu lantai.
  • Cutting gamis selalu sama, yakni potongan lurus atau A line. Sedangkan long dress, punya potongan yang sangat beragam, mulai dari menunjukkan lekuk tubuh, hingga lebih flowy.

Nah itulah perbedaan gamis dan dress yang perlu Sedulur ketahui. Dari penjelasan di atas, tentu kini Sedulur tidak akan kesulitan lagi membedakan dress dan gamis, dan tentu saja Sedulur tidak boleh salah lagi menyebut kedua pakaian di atas ya!