jenis bahan jaket parasut

Jaket merupakan salah satu pakaian yang dibutuhkan oleh setiap orang, bukan hanya saat memasukin musim hujan saja, namun untuk setiap cuaca jaket berperan penting. Hal yang sangat berpengaruh yaitu dari bahan jaket itu sendiri. Salah satunya dari jenis bahan jaket parasut.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa jenis bahan jaket parasut yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk berbagai jenis cuaca, terutama untuk cuaca dingin. Seperti apa jenis bahan jaket yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Menghilangkan Bulu Kucing di Baju dengan Mudah

1. Kain parasut ripstop

Uniqlo

Jenis bahan jaket parasut pertama yaitu kainparasut ripstop. Kain parasut ripstop merupakan jenis kain yang memiliki coating (lapisan anti air) bening/transparan dengan tektur kotak-kotak. Kain parasut ini umumnya bersifat water resistant.

Selain itu, jenis parasut untuk jaket ini memiliki kelebihan, di antaranya yaitu memiliki daya tahan yang cukup kuat, tidak mudah rusak, tahan air, ringan dan tips lalu tidak mudah menyerap suhu panas sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan jaket.

2. Kain parasut bening

Rekomendasi dari jenis bahan jaket parasut yang kedua yaitu bening. Kain parasut bening merupakan jenis kain yang mempunyai coating bening (transparant) di bagian luar bahan kainnya sementara bagian luar kainnya tetap berwarna.

Kain parasut bening ini bersifat water-resistant jadi bisa digunakan dan sangat bermanfaat saat digunakan di musim hujan seperti saat ini.

3. Kain parasut kusut

Casual Classics

Kain parasut kusut sebenarnya hampir sama dengan jenis kain lainnya. Sama seperti jenis kain parasut lainnya, kain ini memiliki kelebihan tahan air. Bahannya juga tipis dan memiliki ciri khas yang mudah dikenalin, yaitu kusut.

Kain ini umumnya tidak memiliki sifat waterproof maupun water-resistant sehingga lebih sering dipakai untuk menahan hujan. Untuk memberikan kesan tebal bisa dikombinasikan dengan dakron. Selain untuk jaket, bahan ini juga digunakan untuk membuat tas.

4. Kain parasut super

Kain parasut super merupakan jenis kain yang permukaannya mengkilap dan lebih tebal dari parasut tipis, tapi sama-sama tidak memiliki sifat anti air. Jenis kain ini lebih unggul dibandingkan dengan jenis kain lainnya, oleh karena itu diberi nama kain parasut super.

5. Kain parasut milky

Kain parasut milky merupakan jenis kain yang mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir bukan menggenang). Kain parasut ini mempunyai coating milky (warna putih susu). Biasanya bahan ini seringkali digunakan untuk bahan jas hujan dan jaket tahan air.

Kain ini memiliki coating yang berwarna seperti susu, sehinggi diberi nama parasut milky. Kekuatan dari kain parasut ini sangat kuat, tidak mudah rusak dan mampu menahan air. Perawatan untuk bahan ini pun sangat mudah.

BACA JUGA: 12 Pilihan Warna Jilbab yang Cocok untuk Baju Salem

6. Kain parasut wajik

jenis bahan jaket parasut
Glue Store

Kain parasut wajik (parasut diamond ripstop) merupakan jenis kain yang memiliki lapisan bening anti air dan permukaannya tampak agak mengkilap dengan motif wajik atau belah ketupat. Karena motifnya tersebut kain parasut ini diberinama demikian.

7. Kain parasut loreng biway

Kain parasut loreng biway merupakan jenis kain yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway). Kain parasut ini juga merupakan jenis kain yang cukup umum digunakan sebagai bahan jas hujan karena kemampuannya menahan air.

Selain itu, kainnya juga cukup ringan namun tidak dapat menyerap keringat karena kain yang tahan terhadap air. Kelebihan lain kain ini yaitu tidak berat dan tidak mudah meninggalkan bau.

8. Kain parasut loreng bening

jenis bahan jaket parasut
Celebs Jacket

Kain parasut loreng bening merupakan jenis kain yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna bening/transparant. Rekomendasi terakhir kain ini, cukup mudah ditemui sebagai bahan jaket dan bahan jas hujan.

Nah itulah beberapa jenis bahan jaket parasut yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur gunakan saat memilih jaket parasut. Semoga dengan mengetahui beberapa jenis bahan parasut, Sedulur tidak akan salah memilih jaket lagi, ya!