Gaya rambut messy hair

Tak selalu harus rapi, gaya messy hair atau gaya rambut acak juga bisa membuat penampilan pria terlihat lebih keren dan menarik perhatian. Untuk mendapatkan gaya rambut messy ini, Sedulur bisa mencoba berbagai model potongan rambut, mulai dari potongan rambut klasik, faux haux, undercut, quiff, hingga pompadour

Gaya rambut messy cocok untuk pria yang memiliki rambut tipis karena dapat memberikan tampilan lebih bervolume dan tebal. Jika ingin mencoba gaya rambut messy hair ini, Sedulur dapat mengikuti beberapa cara yang akan dibagikan di bawah ini.

BACA JUGA: 18 Gaya Rambut Taper Fade Terpopuler yang Disukai Wanita

1. Beritahu model rambut ke kapster

gaya rammbut messy hair
iStock

Jika Sedulur menginginkan tampilan rambut yang berbeda dan lebih trendy, maka gaya rambut messy hair bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan untuk mendapatkan hasil potongan rambut yang maksimal sesuai dengan gaya messy hair yang Sedulur inginkan.

-->

Pertama-tama, Sedulur bisa meminta bantuan dari kapster yang ahli dalam potongan rambut gaya messy hair. Sedulur bisa menunjukkan foto atau gambar gaya rambut messy hair yang Sedulur inginkan sebagai referensi kepada kapster. 

Dengan begitu, kapster bisa memahami dengan lebih jelas tentang gaya rambut yang Sedulur inginkan. Selain itu, Sedulur juga bisa meminta kapster untuk menggunakan gunting sasak saat memotong rambutmu. 

Gunting sasak adalah jenis gunting yang memiliki mata pisau bergelombang sehingga dapat menghasilkan potongan rambut yang lebih natural dan berantakan, yang sesuai dengan gaya messy hair.

2. Memakai produk rambut berupa wax atau matte pomade

gaya rambut messy hair
iStock

Untuk merawat tampilan rambut Sedulur yang acak-acakan, salah satu cara efektifnya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut. 

Pilihlah produk seperti pomade atau wax yang tidak membuat rambut Sedulur terlalu berkilau, sehingga tampilan berantakan akan lebih terlihat. Sebaiknya hindari penggunaan produk yang membuat rambut terlalu berkilau, seperti gel atau pomade biasa.

Pastikan untuk mengaplikasikan produk rambut secukupnya pada awalnya agar rambut tidak menjadi terlalu berminyak. Setelah itu, aplikasikan pada rambut Sedulur dan ratakan dengan jari-jari untuk mencapai tampilan berantakan yang diinginkan.

3. Acak menggunakan jari-jari tangan

gaya rambut messy hair
All Things Hair

Untuk mencapai tampilan rambut yang berantakan atau messy hair yang maksimal, sebaiknya Sedulur menggunakan jari-jari untuk merapikan rambut, bukan sisir. Penggunaan jari-jari akan memberikan gaya rambut messy hair yang lebih alami. 

Selain itu, dengan menggunakan jari-jari, Sedulur dapat dengan mudah menata posisi rambut dengan gaya acak-acakan yang diinginkan.

Sedulur dapat merapikan rambut dengan jari-jari dan membiarkan rambut tumbuh secara alami. Sedulur juga dapat menggunakan jari untuk menyisir rambut ke arah alami rambut dan membiarkan rambut rontok pada posisi alaminya. 

4. Kurangi pemakaian shampo

gaya rambut messy hair
iStock

Untuk mendapatkan gaya rambut messy hair yang lebih alami dan optimal, disarankan agar Sedulur mengurangi frekuensi keramas. Cukup mencuci rambut dengan shampoo sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu sudah cukup.

Dengan mengurangi frekuensi keramas, rambut Sedulur akan terasa lebih tebal dan tidak terlalu kering karena minyak alami di kulit kepala tidak tersapu habis oleh shampoo. Hal ini akan memudahkan Sedulur dalam menciptakan tampilan messy hair yang alami. 

Jika Sedulur kesulitan untuk mengurangi frekuensi keramas, maka dapat mencoba menggunakan shampoo kering untuk menjaga kelembaban rambut.

5. Pakai hair dryer untuk efek alami

gaya rambut messy hair
iStock

Selain dapat dibentuk dengan jari-jari, rambut juga dapat dibuat terlihat berantakan dengan bantuan hair dryer. Setelah mandi, biarkan rambut Sedulur tetap lembab dan gunakan hair dryer untuk mengeringkan sambil menata rambut untuk membuat gaya rambut messy hair.

Arahkan hair dryer ke semua sisi rambut Sedulur sambil membantu jari-jari Sedulur dalam menciptakan tampilan yang lebih alami dan berantakan. Biarkan angin dari hair dryer menggerakkan rambut Sedulur secara bebas seperti terkena angin alami. 

Hindari mengarahkan hair dryer ke satu sisi rambut Sedulur karena ini akan membuat rambut Sedulur terlihat kurang berantakan.

6. Melindungi rambut dari panasnya alat styling

iStock

Sebelum membuat tampilan rambut messy hair, penting bagi Sedulur untuk menjaga rambut tetap sehat dan terlindungi dari panas alat styling. Alat styling dapat memberikan tampilan yang diinginkan, tetapi juga dapat merusak rambut jika tidak dilindungi dengan benar.

Untuk melindungi rambut, Sedulur dapat menggunakan produk pelindung rambut seperti vitamin rambut atau spray pelindung panas. Produk-produk ini dapat membantu menjaga kelembaban rambut dan melindunginya dari kerusakan akibat panas alat styling

7. Membagi rambut dengan bantuan jepit

iStock

Setelah Sedulur mengaplikasikan vitamin atau heat protect spray pada rambut, langkah selanjutnya adalah membagi rambut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dalam proses styling

Pastikan untuk menggunakan jepit rambut yang tepat agar tidak mengganggu bagian rambut lainnya saat Sedulur menata. Pilihlah jepit rambut yang tidak terlalu besar atau kecil, sehingga tidak terlalu mencolok dan memberikan kesan yang berlebihan.

Sedulur juga dapat mencoba untuk menggulung rambut dengan jepitan bebek atau klip kecil untuk menciptakan tekstur dan volume yang lebih dalam pada rambut. Hal ini penting untuk membuat gaya rambut messy hair Sedulur lebih teratur.

8. Memakai suhu terendah pada pelurus rambut

All Things Hair

Setelah meratakan rambut Sedulur dengan pelurus, Sedulur bisa mulai menata rambut menjadi messy hair dengan menggunakan alat penata rambut. Gunakan sisir bergigi jarang atau jari-jari tangan untuk merapikan rambut yang sudah diacak-acak. 

Setelah itu, Sedulur bisa mengambil bagian kecil rambut dan memutarinya dengan jari-jari tangan atau dengan bantuan pengering rambut. Lakukan pada seluruh bagian rambut Sedulur hingga mendapatkan tampilan yang diinginkan.

9. Acak rambut untuk menciptakan kesan messy yang lebih natural

iStock

Jika Sedulur ingin memiliki gaya rambut messy hair, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengacak-acak rambut setelah mengoleskan wax atau gel. Prosesnya dimulai dengan menyisir rambut secara merata di bagian belakang, depan, dan samping.

Trik ini memberikan kesan clutter pada rambut Sedulur namun tetap terlihat rapi. Penting untuk diingat bahwa proses pengacakan rambut harus dilakukan dengan cepat sebelum wax atau gel yang digunakan mengeras. Jangan lupa untuk menggunakan produk berkualitas agar hasilnya lebih optimal.

10. Bersihkan rambut untuk menjaga kesehatan

iStock

Menciptakan gaya rambut tertentu memang membutuhkan usaha ekstra dalam perawatan rambut. Maka dari itu, menjaga kesehatan rambut dengan mencuci rambut secara menyeluruh sangatlah penting. 

Terutama saat Sedulur ingin menata rambut menjadi messy hair, produk penataan rambut tentunya akan diperlukan. Namun, menggunakan produk penataan rambut pada rambut yang kotor dan berminyak tidak akan memberikan hasil yang maksimal. 

Oleh karena itu, membersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin sangat penting untuk menghindari munculnya masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok. Rambut yang bersih dan sehat lebih mudah ditata daripada rambut yang kotor dan berminyak.

BACA JUGA: 15 Gaya Rambut Quiff yang Cocok untuk Pria Indonesia

11. Gaya rambut messy untuk rambut medium dan gondrong

Kumparan

Tampilan rambut messy yang keren tidak hanya terbatas pada pria dengan rambut pendek. Potongan rambut medium pun dapat dengan mudah dibuat menjadi rambut messy dengan hasil yang memuaskan. 

Salah satu keuntungan dari gaya rambut ini adalah tidak memerlukan alat catokan. Sedulur hanya perlu mengacak-acak rambut dengan tangan agar terlihat berantakan. Jangan lupa untuk menggunakan wax atau gel rambut untuk menjaga tatanan rambut tetap terjaga sepanjang hari, bahkan saat Sedulur sibuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Membuat rambut messy yang terlihat natural dan tidak berlebihan membutuhkan teknik yang tepat. Jangan terlalu banyak menggunakan produk styling, karena dapat membuat rambut terlihat berminyak dan lepek. 

Sedikit produk styling yang diaplikasikan dengan benar akan memberikan hasil yang lebih baik. Selain itu, perawatan rambut yang rutin juga diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut dan memaksimalkan tampilan rambut messy Sedulur.

12. Coba gaya rambut afro atau spike

50 Best Afro Hairstyles for Men Ideas for 2022 (Trendy Pictures)

Gaya rambut messy hair tidak hanya cocok untuk rambut pendek atau medium, tapi juga bisa diterapkan pada gaya rambut afro dan spike.  Untuk rambut afro, bisa diacak-acak menggunakan jari dan ditambahkan sedikit produk styling seperti wax. Sedangkan untuk rambut spike, gunakan gel rambut dan pisahkan rambut ke atas agar terlihat lebih berantakan dan edgy.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menciptakan gaya rambut messy hair yang keren dan trendi. Dari cara menggunakan produk penataan rambut hingga teknik mengacak-acak rambut dengan tangan, semua bisa dilakukan dengan mudah. 

Namun, ingatlah untuk selalu merawat rambut dengan baik dan teratur untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan gaya rambut yang tepat, Sedulur bisa tampil lebih percaya diri dan stylish.