foundation untuk kulit sawo matang

Memilih foundation yang tepat tidaklah mudah. Sedulur harus memperhatikan banyak aspek, salah satunya warna kulit. Sementara itu, di Indonesia, kebanyakan masyarakat memiliki warna kulit kuning dan sawo matang atau agak kecokelatan. Tentu memilih foundation untuk kulit sawo matang bisa jadi pilihan terbaik ketika Sedulur ingin make up.

Sebenarnya ada cukup banyak produk foundation yang diperuntukkan untuk orang-orang dengan warna kulit cokelat. Namun, agar Sedulur tidak bingung dan bisa memiliki produk foundation untuk kulit sawo matang terbaik. Mari simak ulasan rekomendasi berikut ini!

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Physical Sunscreen Tanpa White Cast Terbaik!

Tips Memilih Foundation

foundation untuk kulit sawo matang
Unsplash/Element5 Digital

Sebelum kita membahas rekomendasi foundation yang bagus untuk kulit sawo matang. Ada baiknya Sedulur memahami teknik dasar memilih foundation yang tepat. Apalagi pengetahuan ini bisa menjadi dasar untuk Sedulur menentukan mana pilihan foundation terbaik di kulitmu.

-->

1. Cek warna undertone kulit

Undertone adalah rona di bawah permukaan kulit yang mempengaruhi keseluruhan warna kulit di permukaan. Ada tiga undertone, yaitu cool, warm, dan netral. Untuk mengetahuinya, coba cek warna urat nadi di pergelangan tangan Baebellines di bawah cahaya alami.

Jika nadi berwarna kebiruan, artinya Baebellines memiliki cool undertone. Kehijauan berarti warm undertone; dan biru kehijauan atau keunguan berarti neutral undertone.

2. Sesuaikan dengan warna wajah

Setelah menemukan undertone, cara memilih warna foundation selanjutnya adalah menyesuaikan dengan warna kulit wajah.

  • Cool undertone

Ivory dan classic ivory untuk kulit putih; creamy beige untuk kulit kuning langsat; true beige, pure beige, dan light honey untuk kulit medium; natural tan dan spicy brown untuk kulit sawo matang; serta deep bronze dan espresso untuk kulit gelap.

  • Warm undertone

Light beige untuk kulit putih; classic ivory dan warm nude untuk kulit kuning langsat; natural beige dan soft tan untuk kulit medium; sun beige, golden, toffee, golden caramel, warm sun, dan cappucino untuk kulit sawo matang; serta warm coconut, latte, truffle, deep golden, dan java untuk kulit gelap.

  • Neutral undertone

Ivory untuk kulit putih; soft sand, nude beige, dan buff beige untuk kulit kuning langsat; classic beige dan natural buff untuk kulit medium; classic tan dan warm honey untuk kulit sawo matang; serta coconut, mocha, dan nutmeg untuk kulit gelap.

3. Coba terlebih dahulu sebelum pengaplikasian

Apabila Sedulur masih ragu, maka cara memilih warna foundation yang paling mudah adalah mencobanya terlebih dulu. Cobalah di garis rahang dengan membuat garis tegak lurus mulai dari rahang ke arah leher.

Jika warna menyatu dengan kulit dan membuat foundation terlihat transparan, maka itu adalah warna yang cocok buat Baebellines. Lakukan di bawah sinar alami agar warnanya natural.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cushion Terbaik dan Terlaris

Jenis Foundation

Pexels/Cottonbro Studio

Terdapat beberapa jenis foundation yang beredar di pasaran. Jenis-jenis foundation harus diketahui dan dipahami agar bisa memilih sesuai dengan jenis kulit. Jika foundation sudah sesuai dengan jenis kulit, hasilnya akan lebih maksimal. Berikut ini beberapa jenis foundation make up yang cukup umum di pasaran.

  • Tinted moisturizer

Tinted moisturizer adalah pelembab yang ditambahkan warna sehingga termasuk dalam kategori foundation. Jenis ini adalah foundation yang paling ringan dan efek akhirnya sangat tipis. Tinted moisturizer cocok untuk remaja, orang yang baru belajar rias, dan sebagainya.

  • Liquid foundation

Liquid foundation adalah salah satu jenis yang terpopuler. Jenis foundation ini dibagi lagi menjadi tipe ringan, sedang, dan tebal. Tipe liquid foundation bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Cream foundation

Cream foundation memiliki tekstur yang padat dan tebal. Foundation ini bisa membuat kulit wajah terlihat mulus dan lembut.

  • Powder foundation

Sesuai namanya, powder foundation berbentuk bubuk. Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih sempurna, gunakan kuas bedak berukuran besar.

BACA JUGA: Tutorial Makeup Kondangan yang Simple dan Elegan

Rekomendasi Foundation untuk Kulit Cokelat

Pexels/Adrienn

Setelah mengetahui banyak informasi penting tentang foundation. Sudah saatnya Sedulur mengetahui beberapa rekomendasi terbaik foundation untuk kulit sawo matang.

1. Olay Te Touch of Foundation SPF 15

Rekomendasi foundation untuk kulit sawo matang yang pertama adalah Olay Te Touch Of Foundation SPF 15, yang cocok dipakai untuk semua jenis kulit, baik kering maupun berminyak. Diformulasikan tak hanya sebagai alas bedak bertekstur ringan saat diaplikasikan di wajah, Olay Total Effect (TE) Of Foundation SPF 15 juga mampu memberikan manfaat mengurangi kerutan halus, serta melindungi wajah dari paparan buruk sinar matahari.

Teksturnya ringan karena merupakan CC cream, juga mudah sekali diaplikasikan di muka dan diblend memakai jari, brush, ataupun beauty blender. Produk foundation dari Olay ini sebaiknya digunakan apabila Sedulur memiliki kulit berwarna sawo matang tapi cenderung cerah agar hasilnya tidak abu-abu. 

2. Pixy Stay Last Serum Foundation

Foundation dari Pixy juga cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit sawo matang. Produk unggulannya adalah Pixy Stay Last Serum Foundation shade 04 Golden Tan dan 05 Rich Tan. Hasil make up apabila memakai alas bedak satu ini tak akan terlihat abu-abu, justru semakin cantik karena finishnya glow look.

Produk foundation dari Pixy ini termasuk serum foundation yang teksturnya cair dan menghasilkan tampilan dewy finish atau berkilau. Meski hasilnya dewy look dan bentuknya serum, make up tetap bisa tahan lama seharian dan tak gampang oksidasi.

Produk ini karena mengandung serum, cocok sekali dipakai oleh pemilik kulit kering agar lebih lembab dan tak mudah crack. Adanya serum tersebut selain melembabkan, juga mampu menutrisi kulit dengan cukup baik.

3. The Body Shop Moisture Foundation

Rekomendasi foundation untuk kulit sawo matang dengan karakter kering yang bisa Sedulur coba adalah The Body Shop Moisture Foundation. Produk ini hadir dengan tekstur cair yang ringan sehingga cocok untuk Sedulur yang memiliki kulit cenderung kering.

The Body Shop Moisture Foundation juga diperkaya dengan kandungan vitamin E, community trade marula oil, dan organic beeswax yang bermanfaat untuk melembapkan kulit. Selain itu juga dapat melindungi kulit dari bahaya akibat paparan sinar matahari dengan SPF 15.

4. Maybelline Fit Me

Warna foundation untuk kulit sawo matang sebenarnya tidak hanya satu atau dua saja, sebab disesuaikan pula dengan undertone kulitnya. Oleh karena itu, alas bedak Maybelline Fit Me untuk kulit sawo matang merupakan rekomendasi terbaik karena produk ini menyediakan lebih banyak pilihan shade agar kulit gelap atau sawo matang bisa menyesuaikan, yakni ada 40 shades.

Shade foundation Maybelline Fit Me untuk pemilik kulit gelap atau sawo matang, dapat memilih shade 338 (Spicy Brown), 330 (Toffee), 320 (Natural Tan), 335 (Classic Tan), 340 (Cappuccino), dan 332 (Golden Caramel) menyesuaikan tingkatan warna kulit dan undertone-nya.

Termasuk Matte Foundation, Maybelline Fit Me ini merupakan salah satu foundation yang cocok untuk kulit berminyak. Meskipun begitu, untuk hasil yang lebih baik, tetap disarankan untuk menggunakan pelembab.

5. Mineral Botanica Loose Foundation

Rekomendasi foundation yang tahan lama adalah Mineral Botanica Acne Care Loose Foundation. Foundation ini berfungsi seperti bedak two way cake, yang menggabung bedak dan foundation dalam bentuk bedan compact.

Produk ini punya serbuk di dalamnya yang mengandung sebagai mineral. Bagi Sedulur yang mempunyai masalah pada kulit sensitif dan juga berminyak, Mineral Botanica Acne Care Loose bisa menjadi salah satu pilihan, lho.

Kandungan yang dimilikinya mampu mengurangi jerawat di wajah serta minyak yang berlebih pada wajah bisa berkurang. Produk yang memiliki 3 varian warna yaitu rose, natural, dan beige.

6. Focallure Fluid Foundation

Rekomendasi foundation tahan lama selanjutnya yaitu Focaliure Fluid Foundation. Sebagai foundation, Focallure sangat nyaman digunakan sebagai alas wajah sebelum make up, terutama bagi Sedulur yang memilki kebutuhan menggunakan make up dalam waktu lama.

Foundation satu ini sangat cocok digunakan serta wajib jadi pilihan Sedulur. Lebih menguntungkan lagi, foundation ini sangat murah dan terjangkau.

7. Make Over Ultra Cover Liquid Matt

Rekomendasi foundation terbaik untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation yang teksturnya cair namun ringan ketika diaplikasikan.

Produk ini meskipun matte finish, namun tidak menyebabkan muka kering dan crack setelah dipakai selama beberapa jam. Justru hasilnya bagus dan wajah terlihat lebih mulus karena fungsinya juga menyamarkan noda hitam dan kerutan halus.

Tak hanya itu, foundation Make Over Cover Liquid Matt ini cocok sekali untuk pemilik kulit muka berminyak. Simak pula bacaan dari Smartalog mengenai tips memilih foundation untuk kulit berminyak agar tidak membuat muka kusam dan riasan jadi awet sepanjang hari.

Alas bedak Make Over yang teksturnya cair ini mudah sekali diaplikasikan dan diblend, ketahanannya pun awet seharian. Produk foundation dari Make Over tidak cepat oksidasi, sehingga tak akan membuat wajah kusam jika dipakai sepanjang hari. Pilih shade W42 Warm Sand dan C62 Rich Cocoa untuk kulit gelap atau sawo matang.

8 BLP Face Base Foundation

Jika Sedulur mencari foundation kulit kering yang cocok untuk warna sawo matang, maka ada Face Base Foundation merek BLP Beauty yang jadi rekmoendasi selanjutnya. Sekadar informasi, BLP Beauty adalah merek kosmetik yang didirikan oleh Elizabeth Christina Parameswari atau lebih dikenal sebagai Lizzie Parra.

Sementara itu, BLP Face Base Foundation adalah foundation dengan formula sangat ringan yang non-komedogenik dan hasil akhir semi-matte. Meski diformulasikan untuk menghasilkan make up semi-matte, produk foundation ini mengandung ekstrak chamomile, kafein, dan allantoin yang bermanfaat untuk kulit. Face Base juga dibuat tanpa pewangi dan telah teruji secara dermatologis sehingga aman.

9. Viva Liquid Foundation

Brand Viva Cosmetics sudah sejak puluhan tahun lalu telah dipercaya dalam dunia kecantikan dan menghasilkan produk kosmetik terbaik yang disesuaikan dengan kulit orang Indonesia. Salah satu produknya adalah foundation Viva untuk kulit gelap (sawo matang) maupun cerah. Tekstur alas bedak ini termasuk cukup cair namun mudah menempel di kulit. 

Foundation Viva untuk kulit sawo matang bisa memilih shade Natural karena warnanya tidak terlalu terang juga tidak kuning seperti shade Pengantin. Finishnya termasuk semi-matte atau menghasilkan glow look yang kesannya natural.

Harga alas bedak cair dari brand Viva sangat terjangkau, hanya kurang dari 10 ribu rupiah saja sudah bisa mendapatkan produknya. Hasil make upnya pun tak kalah bagus dari produk mahal, sebab sejak zaman dahulu hingga kini pun masih sering dipakai sebagai riasan pengantin maupun untuk sehari-hari. 

10. Dear Me Beauty Airy

Rekomendasi berikutnya datang dari merek lokal, yaitu Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation. Produk ini diformulasikan dengan beragam keunggulan. Di antaranya adalah memiliki tekstur ringan, non comedogenic, mendukung hasil make up medium to full coverage, dan mudah untuk diaplikasikan pada kulit.

Tak berhenti sampai di situ, Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menghidrasi kulit sekaligus menjaga kelembapannya. Produk ini juga dilengkapi dengan SPF 18 sehingga bisa melindungi dari bahaya akibat paparan sinar matahari.

11. Wardah Color Fit

Wardah Colorfit Matte Foundation juga merupakan pilihan terbaik dan banyak direkomendasikan karena kualitasnya bagus serta harganya termasuk terjangkau. Pilihan shades untuk kulit gelap pun cukup banyak, bahkan disesuaikan dengan kulit orang Indonesia. Wujud alas bedak ini cair dikemas dalam tube, benar-benar travel friendly dan praktis untuk dibawa kemanapun.

Foundation Wardah untuk kulit sawo matang, Sedulur bisa memilih shade 33W Olive Beige, 42N Natural Sand, 43W Golden Sand, dan 52N Almond. Finishnya matte dengan ada sedikit glow, namun tak akan membuat muka jadi kusam meskipun dipakai seharian karena oksidasinya tidak terlalu parah.

Demikian tadi deretan rekomendasi foundation untuk kulit sawo matang yang bisa Sedulur coba. Jangan khawatir Sedulur bisa menemukan produk foundation dan skincare seperti di atas dengan mudah di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.