creambath di rumah

Creambath merupakan salah satu jenis perawatan salon yang sangat populer di kalangan para wanita. Namun, harganya yang cukup mahal terkadang membuat para wanita berpikir dua kali untuk melakukannya secara rutin. Beruntung sekarang sudah ada banyak sekali trik creambath di rumah yang sangat menarik untuk dilakukan serta mudah.

Creambath sendiri memiliki manfaat yang cukup besar pada penampilan seorang wanita. Perawatan ini akan membantu rambut menjadi lebih sehat. Selain itu, pijatan ringan pada bagian kepala juga akan memberikan relaksasi yang bisa menyegarkan kulit kepala.

Nah, bagi Sedulur yang ingin melakukan creambath di rumah secara mandiri. Berikut ini ada beberapa tips dan trik melakukannya!

BACA JUGA:  12 Jenis Perawatan di Salon yang Patut Dicoba, Pasti Worth It!

-->

Cara Melakukan Creambath di Rumah

Secara sederhana creambath adalah perawatan rambut dan kulit kepala menggunakan krim khusus, untuk menutrisi dan melembabkan rambut. Jadi tidak heran jika perawatan ini merupakan salah satu hal penting bagi seorang wanita untuk menjaga kesehatan rambutnya.

Berikut ini beberapa langkah melakukan creambath sendiri di rumah yang bisa Sedulur lakukan.

1. Persiapkan kebutuhan creambath

creambath di rumah
Pexels/Monstera Production

Sebelum memulai perawatan creambath di rumah. Sedulur perlu untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan rambut satu ini.

Ada cukup banyak bahan creambath yang bisa dipersiapkan. Namun, umumnya bahan dasar creambath adalah minyak rambut dan minyak kelapa. Sedulur juga bisa menambah bahan lain seperti madu atau lidah buaya untuk memberikan manfaat ekstra pada rambut agar makin halus dan lebat.

2. Mulai dengan basahi rambut dan keramas

Sebelum memulai creambath rambut, pastikan rambut dan kulit kepalamu sudah bersih serta basah. Jadi Sedulur bisa memulai dengan keramas dengan shampoo yang sesuai dengan tipe rambutmu.

Sehabis keramas, jangan buru-buru mengeringkan rambutmu dengan hair dryer. Cukup keringkan rambut sampai setengah kering dengan handuk untuk mengurangi sisa air yang menetes. Nutrisi dari krim creambath akan lebih mudah menyerap pada rambut yang basah.

3. Oleskan creambath pada rambut secara merata

Ambil secukupnya creambath yang sudah dipersiapkan pada awal langkah tadi. Sedulur lalu bisa mengoleskan secara merata ke seluruh rambut dari akar hingga ujung. Oia, pastikan Sedulur mengoleskan setiap cream yang digunakan dengan lembut agar tidak merusak rambut ya.

4. Berikan pijatan ringan selama beberapa menit

Unsplash/Adam Winger

Salah satu kunci perawatan creambath yang maksimal adalah kepala menjadi lebih rileks dan ringan. Untuk itu, Sedulur tidak boleh melewatkan memberikan pijatan kecil selama proses creambath. Sedulur bisa melakukan pijatan dengan jari, mulai dari area depan menuju belakang.

Lakukan dengan ritme teratur untuk memperlancar aliran darah. Cara creambath seperti ini sangat dianjurkan karena sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Pijatan selang-seling ke arah sebaliknya, sambil menyisir rambut dengan jari.

Trik ini bisa dilakukan jika Sedulur sedang bermasalah dengan rambut rontok. Tujuannya, agar rambut tidak tertarik ke satu arah, sehingga dapat meminimalkan kerontokan saat sedang creambath.

5. Diamkan agar rambut terhidrasi

Setelah melakukan pijatan, biarkan creambath bekerja pada rambutmu selama beberapa waktu. Waktu yang diperlukan biasanya tidak terlalu lama sekitar 15 menit saja. Selain itu, Sedulur juga bisa membalut kepala dengan handuk hangat untuk membuka kutikula.

Langkah ini cukup penting karena akan membantu penyerapan vitamin dan melembutkan rambutmu. Untuk proses membalut rambut ini, Sedulur bisa mendiamkannya selama 5-6 menit, suhu hangat pada handuk juga bisa memperlancar aliran darahmu. Jadi total proses mendiamkan rambut ini bisa sekitar 20 menit.

6. Bilas rambut sampai bersih

Setelah creambath meresap pada rambut, bilaslah rambutmu dengan air hangat hingga bersih. Pastikan tidak ada residu creambath yang tertinggal di rambut. Sedulur juga sebaiknya memijat seluruh area kulit kepala untuk memastikan semua krim terangkat bersih agar tak menumpuk menjadi ketombe.

7. Pakai conditioner agar rambut makin sehat

Setelah melakukan creambath, gunakan kondisioner untuk mengunci kelembaban pada rambutmu. Oleskan kondisioner secara merata ke seluruh rambut, diamkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. Penggunaan conditioner ini sebenarnya bisa menjadi langkah tambahan. Namun, akan lebih baik apabila memang Sedulur lakukan.

BACA JUGA: 16 Cara Menghaluskan Rambut Pria Secara Alami

Manfaat Creambath Sendiri

creambath di rumah
Pexels/Cottonbro Studio

Tak hanya membuat rambut lebih halus dan sehat, ada beberapa manfaat lainnya yang berguna untuk Sedulur lho. Apabila kamu penasaran, simak beberapa manfaat creambath sendiri di rumah berikut ini.

  • Menjadikan rambut lebih lembut
  • Menghaluskan dan memberi nutrisi pada rambut
  • Memperbaiki rambut rusak
  • Mengatasi rambut kering dan mengembang
  • Menguatkan batang rambut
  • Mengatasi kerontokan
  • Memberi efek relaksasi
  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah
  • Bisa melakukan creambath kapan saja

Demikian tadi deretan cara creambath di rumah yang mudah dilakukan. Semoga dengan ulasan di atas Sedulur bisa melakukan perawatan rambut yang maksimal tanpa harus khawatir merogoh bujet yang terlalu besar ya. Semoga membantu!

Oia, Sedulur juga tidak perlu khawatir karena ada beberapa bahan creambath, shampoo, dan  juga conditioner yang bisa dibeli dengan mudah di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.