celana orange cocok dengan baju warna apa

Tren warna colorful semakin menjamur di kalangan hijabers tanah air. Salah satu warna yang cukup diminati, khususnya di akhir tahun 2023 ini adalah warna orange. Namun, masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk menemukan kombinasi yang tepat untuk menjawab celana orange cocok dengan baju warna apa.

Warna yang memiliki aura warm ini memang perlu treatment khusus agar bisa menghasilkan gaya yang apik. Nah, agar Sedulur tidak salah kostum dan tetap bisa tampil ciamik dengan menggunakan celana berwarna orange dengan kombinasi baju ang pas. Mari simak inspirasi outfitnya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju Orange, Makin Stylish!

Tips Fashion Pakai Warna Cerah

celana orange cocok dengan baju warna apa
Unsplash/Houcine Ncib

Orange merupakan warna cerah yang cukup disukai. Apalagi warna ini bisa memberikan kesan semangat dan ceria pada pemakainya. Namun, sebagai salah satu warna cerah, tentunya warna orange perlu perpaduan yang tepat agar tidak terjadi campuran warna norak.

Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Sedulur lakukan untuk menciptakan gaya fashion dengan warna-warna cerah.

  • Perpaduan dengan warna netral

Cara terbaik untuk memakai warna-warna terang agar tidak terkesan terlalu cerah adalah dengan menyeimbangkan warna tersebut dengan warna-warna netral. Misalnya warna seperti putih atau abu-abu. Kombinasikan warna netral dengan warna cerah dengan baik, maka Sedulur tidak perlu khawatir untuk memakai warna-warna berani.

  • Kombinasi denim

Denim plus warna cerah adalah pasangan yang baik. Denim membantu untuk menyeimbangkan warna cerah kemudian membuat tampilan lebih menarik. Sedulur bisa menggunakan atasan yang cerah dengan celana jeans atau dress cerah dengan ditemani dengan jaket atau kemeja denim. Mereka akan menjadi teman yang baik dalam penampilan kamu.

  • Sesuaikan dengan warna kulit

Sebelum bereksperimen dengan berbagai macam warna, Sedulur harus mengetahui dulu warna cerah mana yang cocok untuk kamu. Setelah mengetahui warna cerah yang jadi favorit kamu, akan lebih mudah melawan rasa takut akan memakai warna terang. Dengan begitu, Sedulur akan menemukan gaya pakaian yang dapat membuat penampilan lebih fresh.

  • Berikan kombinasi warna lembut

Warna yang lebih lembut seperti pastel atau warna-warna earth tone juga cocok untuk dipadukan dengan celana warna orange. Warna yang lembut akan memberikan kesan yang lebih tenang dan cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

  • Tonjolkan warna cerah

Cara lain untuk memakai warna cerah adalah untuk membiarkan warna tersebut menjadi pusat perhatian. Warna hitam menjadi pilihan untuk menurunkan keramaian dari warna cerah yang dipakai. Apalagi untuk Sedulur yang biasa menggunakan warna gelap, warna hitam yang sudah membuat Sedulur nyaman dapat Sedulur pakai bersama dengan warna cerah. Misalnya, gunakan jaket warna hitam dengan dress warna merah muda cerah kamu. Dengan begitu, penampilan Sedulur bisa terlihat lebih chic, elegan, tetapi tetap terlihat berani.

  • Buat color blocking

Color blocking adalah cara yang berani untuk Sedulur memadukan warna cerah yang satu dan yang lain. Lupakan dulu soal pola saat melakukan color blocking. Sedulur bisa melakukan ini setelah mengetahui warna yang bagus untuk Sedulur dan warna yang bagus untuk dikombinasikan. Misalnya, Sedulur bisa menggunakan kombinasi atasan warna merah dan rok warna pink.

BACA JUGA: 15 Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang, Wajah Lebih Cerah!

Rekomendasi Baju Cocok dengan Celana Orange

Ada cukup banyak warna baju yang bisa dikombinasikan dengan celana orange. Sedulur bisa menyimak beberapa inspirasi kombinasinya pada daftar berikut ini ya.

1. Biru denim

Pexels/Jeys Tubianosa

Biru denim yang versatile juga cocok dengan warna orange. Kombo ini sempurna bagi yang ingin tampilan yang santai, tetapi tetap terlihat trendi. Rumus mudahnya adalah dengan mengenakan atasan orange dengan bawahan denim.

Untuk meningkatkan level pada tampilan yang sederhana ini, kalian bisa memainkan tekstur dan detail. Contohnya, dengan mengenakan fluffy polo orange seperti pada gambar. Tekstur fluffy dan detail garis berwarna pink menyala membuat atasan tidak terlihat membosankan.

Selain itu, bisa juga gunakan denim bermotif atau yang berpotongan unik, seperti rok denim frills. Sementara untuk sepatu atau tas, bisa gunakan warna orange atau biru denim lagi. Bila ingin menambahkan warna, kenakan warna hitam, putih, krem, ataupun cokelat.

2. Hitam

Warna apa yang tidak cocok dengan hitam? Jawabanya, nyaris tidak ada. Bahkan orange yang dinilai mencolok pun terlihat bagus bila dikombinasikan dengan orange. Warna hitam akan membuat warna orange semakin menonjol dan otomatis menjadikannya pusat atensi.

Hitam bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikolaborasikan dengan orange, apabila kalian baru ingin bermain dengan warna ini dan tidak ingin orange mendominasi penampilan. 

Contohnya, dengan mengenakan busana serba hitam dengan tas berwarna orange, seperti pada gambar. Tas orange tersebut menjadi highlight yang membuat orang seketika menengok.

Sedikit detail pada busana lainnya, seperti adanya warna pada atasan, slit pada pinggir celana, dan ornamen di atas sepatu, membuat tampilan ini menjadi lebih dinamis.

3. Krem

Krem yang merupakan turunan putih juga terlihat cocok dengan orange. Krem sendiri adalah bagian dari warna netral, sehingga warna ini menjadi pilihan aman untuk dikombinasikan oleh orange yang mencolok. 

Ingin tampil nyaman dan modis kala cuaca dingin? Contek gaya yang ada di atas. Hoodie dan sweatpants berwarna krem dilapisi dengan jaket checkered dengan detail garis orange dan cokelat. Bagi yang menggunakan hijab, kombo ini bisa kalian modifikasi. Caranya, gunakan atasan berwarna orange, seperi tunik, kemeja, ataupun rajutan.

4. Ungu

Ungu yang menjadi tren warna pada tahun 2023 juga cocok bila dikombinasikan dengan warna orange. Sama seperti biru, orange dan ungu merupakan warna komplementer, yang bila dipadukan akan menciptakan kontras yang sangat eye-catching.

Jadi, ungu bisa menjadi pilihan selain biru untuk yang suka dengan tampilan warna-warni yang berani. Sweater dengan motif kotak ungu dan orange ini bisa dikombinasikan dengan celana denim flare atau yang berpotongan lurus.

Opsi lainnya, bisa juga kenakan atasan rajut atau cardigan ungu dengan rok midi berwarna orange. Lalu, kombinasikan dengan sepatu boots hitam atau cokelat. Bila ingin terlihat lebih kasual, bisa ganti dengan sepatu kanvas berwarna serupa. 

5. Kuning

Jika Sedulur ingin tampil lebih trendy dan menjadi fashion-forward, mengenakan warna senada bisa jadi pilihan menarik. Salah satu kombinasi yang bisa dicoba adalah orange dan kuning.

Kombinasi ini akan memberikan kesan yang cerah dan playful pada penampilan Sedulur. Outfit atasan dengan warna kuning akan memberikan kontras yang menonjolkan pada celana warna orange. Kombinasi ini cocok untuk acara santai atau acara musim panas.

Sedulur dapat memadukan gaya busana berwarna kuning mulai dari crop top, gamis, atau jump suit untuk tampilan yang lebih kasual. Tambahkan aksesoris seperti topi atau sepatu sneakers untuk memberikan sentuhan akhir pada penampilan Sedulur.

6. Sage

Unsplash/Alex Jiang

Sage yang merupakan jenis hijau hasil pencampuran dengan abu-abu juga masuk dalam daftar warna yang cocok dengan warna orange. Untuk mencocokan dengan sage yang redup, kalian bisa menggabungkannya dengan jenis warna burnt orange atau terakota.

Contoh mudahnya adalah dengan menggunakan kaos lengan pendek hijau sage dengan rok jeans pendek berwarna orange. Detail kancing pada bagian tengah rok menambah aksen menarik pada tampilan.

7. Cokelat

Rekomendasi celana orange cocok dengan baju warna apa selanjutanya adalah cokelat. Sedulur bisa mengkombinasikan baju orange yang colorful dengan outfit atasan warna cokelat yang netral. Penampilan ini bisa memberikan keseimbangan dan meminimalisir resiko tabrak warna yang salah.

Perpaduan dua warna ini juga bisa memenuhi kebutuhan Sedulur yang ingin mencoba warna-warna earth tone dalam penampilan. Dan bila Sedulur tidak terlalu suka warna bajunya yang terlalu cerah, Sedulur bisa meredamnya dengan menggunakan outfit warna yang lebih tua seperti cokelat.

8. Putih

Selain hitam, warna outfit yang juga sangat cocok untuk celana orange adalah putih. Sama seperti warna hitam, putih juga bisa memberikan kesan tampilan yang lebih outstanding.

Warna putih pada celana orange akan memberikan kesan lebih girly dan feminin pada outfitmu. Apalagi kombinasi atasan seperti tshirt atau crop putih dan warna colorful memang tidak pernah salah karena akan menjadi penampilan yang sempurna.

Sedulur juga bisa membuat tampilan ini lebih seimbang dengan kombinasi aksesoris dengan warna biru seperti gelang, kalung, kaos kaki, atau sweater yang akan memberikan dimensi pada penampilanmu.

9. Maroon

Jika Sedulur ingin tampil dengan kesan bold dan berani, maka kombinasi yang tepat untuk celana warna orange milikmu adalah merah maroon. Kombinasi ini akan memberikan kesan elegan tapi penuh energi yang begitu deep lho.

Sedulur dapat memilih baju atau sweater berwarna merah maroon dengan tidak banyak kombinasi warna agar terjadi keseimbangan pada warna orange yang pop up. Kombinasi ini tak hanya cocok dalam berbagai acara formal, tapi juga bisa Sedulur terapkan untuk acara casual seperti nongkrong dan bertemu teman-teman di cafe.

10. Nude

Ternyata celana warna orange juga cocok dengan outfit berwarna nude lho Sedulur. Baik hijab, baju atau jaket dengan warna ini menjadi corak yang paling banyak dicari dan digunakan oleh para wanita karena warnanya yang netral.

Warna nude sendiri cukup beragam, tapi sebaiknya untuk kombinasi dengan celana berwarna orange, Sedulur bisa menggunakan pilihan seperti nude beige. Kombinasi warna ini akan memberikan kesan manis yang warm dan bisa membuat wajah terlihat lebih cerah.

11. Peach

Outfit berwarna peach dan celana orange adalah perpaduan menarik buat Sedulur yang menyukai OOTD pastel. Kombinasi keduanya dapat menciptakan look yang feminin. Terlebih, jika Sedulur memakai gaya baju dengan detail lengan balon atau batwing maka penampilanmu akan tampak lebih anggun. 

OOTD ini bisa Sedulur pakai untuk menghadiri acara pesta indoor maupun outdoor. Lengkapi penampilan dengan heels guna memberikan sentuhan classy pada penampilan kamu. Pasti tampilan Sedulur juga akan kelihatan lebih elegan dan menarik. 

12. Biru langit

celana orange cocok dengan baju warna apa
Pexels/Thirdman

Jika kalian belum berani dan merasa terintimidasi dengan kombinasi biru dan orange, warna biru langit bisa menjadi alternatif yang bagus. Keduanya masih bisa menciptakan kontras yang menawan. Namun, tidak terlihat terlalu menyala seperti biru dan orange.

Sedulur bisa menciptakan monochromatic look dengan biru langit. Lalu, orange akan berperan sebagai fashion statement-nya. Atasan rajut berlengan pendek dengan warna biru langit dan celana pendek berwarna sama. Kemudian, tambahkan shoulder bag rajut orange dan sneakers putih.

Duo warna ini juga bisa digunakan untuk yang ingin tampil classy, tetapi tidak terlihat kaku. Caranya, kenakan tweed dress dan kombinasikan dengan platform heels atau stilettos orange. Kemudian, sempurnakan dengan clutch orange dan aksesoris mutiara atau silver.

Demikian tadi beberapa rekomendasi outfit untuk celana berwarna orange. Semoga dengan inspirasi dan ulasan di atas, pertanyaan seputar celana orange cocok dengan baju warna apa sudah terjawab ya Sedulur.