cara meniruskan pipi

Tentu Sedulur perlu tahu bagaimana cara meniruskan pipi secara alami. Hal ini bisa jadi pilihan cara alami bagi Sedulur untuk mengecilkan pipi yang tembem agar tidak terlihat gemuk. Pipi yang tembem sendiri bisa muncul karena karakter rahang dan tumpukan lema yang berlebihan di bagian wajah.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama seperti apa cara meniruskan pipi secara alami yang bisa Sedulur lakukan. Kemu juga tidak perlu khawatir karena ada cukup banyak cara meniruskan pipi dengan cara alami dan hanya perlu konsistensi saja. Seperti apa rekomendasi cara meniruskan pipi yang bisa Sedulur lakukan? Yuk mari langsung simak caranya berikut ini!

BACA JUGA: 20 Cara Cepat Mengecilkan Pipi Secara Alami, Patut Dicoba!

1. Cheek puff

cara meniruskan pipi
iStock

Cara meniruskan pipi yang pertama yaitu dengan menggunakan cheek puff. Cheek puff merupakan latihan yang cocok untuk membuat wajah tirus. Latihan ini juga mengencangkan otot pipi. Ini merupakan salah satu cara meniruskan pipi yang cukup banyak dilakukan.

-->

Latihan ini mirip seperti cara berkumur. Tarik napas dalam-dalam, dan tahan udara di pipi kanan selama enam detik. Kemudian, pindahkan udara ke pipi kiri, dan tahan selama enam detik. Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari.

2. Jaw release

cara meniruskan pipi
Medical News Today

Jaw release bisa membantu membentuk tulang pipi yang tajam dan tegas. Salah satu gerakan atau cara meniruskan pipi. Gerakan ini merupakan peregangan otot di sekitar bibir, rahang, dan pipi. Berdiri tegak, rapatkan bibir, dan gerakkan rahang bawah dengan gerakan melingkar searah jarum jam dan sebaliknya.

Selanjutnya, buka mulut lebar-lebar dan tahan ujung lidah di belakang gigi bawah. Tarik dan hembuskan napas. Tahan selama tiga sampai lima detik. Ulangi sampai 10 kali dan lakukan cara ini secara disiplin agar mendapatkan pipi yang tirus

3. Mengunyah permen karet tanpa gula

cara meniruskan pipi
iStock

Mengunyah permen karet juga bisa membantu menghilangkan banyak lemak di wajah. Mengunyah permen karet bisa mengencangkan otot rahang dan pipi. Kunyah permen karet bebas gula selama sekitar 15-20 menit dua kali sehari.

Mengunyah permen karet merupakan salah satu gerakan atau cara meniruskan pipi yang paling sederhana dan tidak begitu sulit dilakukan. Hal tersebut karena Sedulur sambil mengunyah permen karet. Jangan lupa pilih permen karet yang tidak ada gulanya ya.

4. Pijatan wajah

iStock

Sedulur juga bisa melakukan cara meniruskan pipi dengan pijatan. Caranya gunakan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak pijat lainnya. Mulai dengan memijat dengan telapak tangan dari dagu dan bergerak ke atas pipi.

Sedulur bisa melakukan pijatan wajah secara teratur dan disiplin. Selain dapat meniruskan wajah dengan mengurangi lemak di wajah, juga bisa membuat saraf wajah lebih sehat karena aliran darah bisa mengalir dengan lancar.

5. Mengonsumsi air putih

iStock

Minum cukup air bisa menjadi sangat penting terutama jika ingin menghilangkan lemak wajah. Minum segelas air sebelum makan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang. Ini dapat membantu mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi seseorang. Minum air cukup dapat menurunkan berat badan secara bertahap. Efek ini bisa membantu meniruskan pipi dan wajah dengan baik dan secara alami.

6. Tidur dan istirahat cukup

iStock

Tidur cukup dapat membantu menurunkan berat badan. Tidur dapat membantu menghilangkan lemak wajah. Tidur yang cukup dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Ini, pada gilirannya, dapat membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan di wajah.

7. Olahraga kardio

iStock

Seringkali, kelebihan lemak di wajah disebabkan oleh kelebihan lemak tubuh. Menurunkan berat badan dapat meningkatkan penurunan lemak dan membantu meniruskan pipi yang tembem. Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, berjalan, bersepeda, dan berenang. Bukan hanya untuk meniruskan wajah saja, olahraga kardio bisa juga untuk menguruskan badan serta membuat tubuh menjadi lebih sehat.

8. Konsumsi serat

cara meniruskan pipi
Better Me

Berolahraga tanpa makan dengan benar bisa menjadi hal yang sia-sia. Makan dalam jumlah yang tepat karbohidrat, lemak, protein, dan serat makanan sangat penting untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan. Konsumsi serat sangat penting untuk mencegah makan berlebihan.

Salah saru cara meniruskan pipi yang sekaligus merupakan program diet. Karena dengan mengonsumsi serat, bagian lemak pada wajah bisa berkurang. Bukan hanya pada bagian wajah saja namun juga pada bagian tubuh lainnya.

9. Kurangi asupan garam dan gula

iStock

Pola makan tinggi garam menyebabkan tubuh menahan air. Retensi air menyebabkan pembengkakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Ini bisa memberi ilusi lemak wajah berlebih. Selain garam, pola makan tinggi gula juga perlu dikurangi.

Gula berlebih dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan penumpukan lemak tubuh. Mengkonsumsi gula berlebih juga dapat membuat tubuh bisa terkena penyakit yang berbahaya yaitu diabetes.

10. Kurangi karbohidrat olahan

Detik

Karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, dan pasta adalah penyebab umum penambahan berat badan dan peningkatan penyimpanan lemak. Jenis karbohidrat ini telah banyak melalui proses pengolahan dan menghilangkan nutrisi dan seratnya. Karena mengandung sangat sedikit serat, mereka dicerna dengan cepat, menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah dan risiko makan berlebih yang lebih tinggi.

11. Senam lidah

cara meniruskan pipi
Suara

Bukan hanya pijat wajah, ada gerakan lain yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara meniruskan wajah, yaitu dengan melakukan senam lidah. Senam lidah juga bisa dilakukan dan terbukti ampuh dan efektif untuk mengecilkan pipi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggerakan lidah ke kanan, ke kiri, dan ke atas. Biasanya dilakukan sesaat sebelum dan setelah tidur. Jangan lupa untuk melakukannya secara teratur.

12. Senam meniup pipi

cara meniruskan pipi
Sultranow

Gerakan lainnya yang bisa dilakukan yaitu senam meniup pipi. Senam unik berikutnya untuk cara mengecilkan pipi adalah dengan meregangkan pipi. Buatlah pipi menggembung dan lakukan secara berulang, minimal 15 kali sehari pada satu waktu.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Buka Klinik Kecantikan yang Sukses? Baca Ini!

13. Meniup balon

cara meniruskan pipi
Tribunnews

Sama halnya dengan senam meniup pipi, kali ini cara mengecilkan pipi dengan menggunakan balon sebagai propertinya. Dengan meniup balon, otot-otot di pipi akan lebih aktif sehingga diharapkan bisa membakar lemak yang ada dalam pipi.

14. Hindari makan menjelang tidur

cara meniruskan pipi
Detik

Berkaitan dengan pola tidur, hindari makan menjelang tidur. Sama halnya dengan upaya menurunkan berat badan, makan sebelum tidur akan memicu lebih banyak lemak mengendap di tubuh. Pada dasarnya, untuk mengecilkan pipi, Sedulur juga harus berupaya untuk menyeimbangkan tubuh agar memiliki berat badan yang cukup.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Buka Klinik Kecantikan yang Sukses? Baca Ini!

Cara meniruskan pipi lainnya

Ada beberapa cara meniruskan pipi lainnya yang bisa Sedulur lakukan, berikut ini beberapa cara yang perlu Sedulur ketahui:

1. Membuat wajah ikan

Wow Keren

Serupa dengan cara mengecilkan pipi menggunakan metode senam rahang, membuat wajah ikan juga bisa membuat pipi Sedulur lebih aktif. Caranya adalah dengan mengempotkan bagian pipi ke dalam mulut. Langkah ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih terlatih sehingga bisa mengempiskan pipi yang chubby.

2. Sering tersenyum

Kompas

Selain nyaman dipandang, memberikan efek baik pada mental, sering tersenyum juga menjadi senam tersendiri bagi pipi. Hal ini  berkaitan dengan otot pipi yang sering meregang sehingga bagian pipi yang tembem bisa menjadi lebih sering digerakan.

3. Manfaatkan es batu

Grid

Cara mengecilkan pipi yang terbilang modern adalah dengan menggunakan es batu. Cara ini biasanya didukung dengan treatment spa wajah agar hasilnya maksimal. Caranya adalah bungkus es batu menggunakan kain, oleskan serum atau minyak wajah pada area pipi dan dagu. Kemudian, pijatlah pipi dan dagu menggunakan bungkusan es batu tersebut.

4. Hindari stres

iStock

Keadaan stres bisa memicu banyak hal yang tidak baik untuk tubuh. Efek yang terjadi akibat stres bisa jadi sulit tidur hingga makan berlebihan. Jika Sedulur menyimak  cara mengecilkan pipi dengan tidur yang cukup, Sedulur tentu akan menemukan korelasi antara masalah tidur dengan nafsu makan. Maka, hindari stres sebisa mungkin ya, Sedulur.

5. Kumur air hangat

Detik

Air hangat digunakan untuk membuat lemak yang mengendap dalam bagian pipi menjadi lebih cair. Hal itu sama halnya dengan metode sedot lemak menggunakan uap hangat. Dengan demikian, cobalah lakukan kumur-kumur air hangat dan gerakan rahang Sedulur secara aktif, namun jangan sampai berlebihan.

Nah itulah beberapa cara meniruskan pipi yang bisa Sedulur lakukan, semoga Sedulur bisa mendapatkan pipi yang tirus sehingga diet yang Sedulur lakukan berhasil dan Sedulur mendapatkan wajah yang tirus dan cantik serta tentu saja sehat.