Cara mengecilkan pipi masih diburu oleh muda mudi agar wajah tidak terlihat tembem. Inilah cara diet pipi yang Sedulur cari!

Masalah mengontrol ukuran dan berat badan selalu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Beberapa anggota tubuh bahkan memiliki kesulitan yang lebih tinggi untuk dikontrol, seperti pipi. Cara meniruskan pipi bukan perkara mudah. Banyak sekali kiat cara meniruskan pipi dengan cepat hingga cara mengecilkan pipi tembem dalam seminggu. Sungguh waktu yang cepat, bukan?

Sebelum mengetahui cara meniruskan pipi yang tembem, sebaiknya Sedulur mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui asal mula pipi tembem, Sedulur bisa melakukan diet pipi yang lebih sesuai sebagai cara mengecilkan pipi atau cara meniruskan wajah yang lebar.

Penyebab pipi tembem bisa karena banyak faktor. Diantaranya adalah faktor keturunan, konsumsi makanan dan minuman manis, retensi air, alergi, kelebihan atau kekurangan tidur, serta terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Bagaimana, apakah Sedulur juga mengalami saah satu dari faktor tersebut?

-->

Untuk mengatasinya, langsung saja menuju ulasan cara meniruskan wajah secara alami untuk mendapatkan tips mengecilkan pipi. Berikut ini adalah cara mengecilkan pipi yang bisa Sedulur lakukan dengan cara yang natural.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Masker Kopi yang Bikin Wajah Glowing

Cara Mengecilkan Pipi Melalui Diet dan Senam

1. Olahraga Teratur

1. Olahraga Teratur
okezone.com

Cara cepat meniruskan pipi yang wajib Sedulur lakukan dengan berolahraga. Sesungguhnya gemuk yang ada pada pipi sendiri berasal dari lemak. Maka, hal pertama yang biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara normal tentunya adalah olahraga. Sedulur bisa melakukan olahraga yang membutuhkan banyak energi seperti berlari hingga cardio.

Meski demikian, untuk cara mengecilkan pipi, Sedulur harus terlebih dahulu melakukan rutinitas yang sehat. Olahraga yang dilakukan juga tidak harus selalu berat, namun tetap memungkinkan Sedulur untuk menggerakan tubuh dan membakar lemak di dalamnya.

2. Diet Gula dan Karbohidrat Olahan

2. Diet Gula dan Karbohidrat Olahan
merdeka.com

Masih seputar penyebab berat badan, sebelum pada cara mengecilkan pipi, sebaiknya Sedulur perhatikan dulu asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Jangankan pada pipi, memakan banyak makanan manis seperti kue, cookies, es krim, bisa membuat berat badan cepat naik loh. Begitu pula dengan konsumsi karbohidrat berlebih, terutama yang buatan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

3. Perbanyak Minum Air Putih
inews.id

Sedulur masih berani meragukan kekuatan air putih? Jika iya, maka Sedulur sudah salah besar. Banyak mengonsumsi air putih bisa menjadi salah satu cara mengecilkan pipi dan dagu. Mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu mengurangi asupan kalori tubuh dan memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

4. Tidur yang Cukup

4. Tidur yang Cukup
alodokter.com

Permasalahan pola hidup berikutnya adalah jam tidur. Kurangnya jam tidur akan memicu bertambahnya berat badan dengan cara tidak sehat. Kurang tidur akan memicu peningkatan kadar kortisol yakni hormon yang merangsang nafsu makan, sehingga akan sering membuat Sedulur menjadi mudah lapar.

5. Kumur-Kumur Air Hangat

5. Kumur-Kumur Air Hangat
detik.com

Air hangat digunakan untuk membuat lemak yang mengendap dalam bagian pipi menjadi lebih cair. Hal itu sama halnya dengan metode sedot lemak menggunakan uap hangat. Dengan demikian, cobalah lakukan kumur-kumur air hangat dan gerakan rahang Sedulur secara aktif, namun jangan sampai berlebihan.

6. Menghindari Stress

6. Menghindari Stress
civimi.com

Keadaan stress bisa memicu banyak hal yang tidak baik untuk tubuh. Efek yang terjadi akibat stress bisa jadi sulit tidur hingga makan berlebihan. Jika Sedulur menyimak  cara mengecilkan pipi dengan tidur yang cukup, Sedulur tentu akan menemukan korelasi antara masalah tidur dengan nafsu makan. Maka, hindari stress sebisa mungkin ya, Sedulur.

7. Olahraga Rahang

7. Olahraga Rahang
hellominata.com

Masih seputar bagaimana cara meniruskan pipi? Kali ini dilakukan dengan cara mengolahragakan rahang. Caranya adalah dengan membuat rahang tetap beraktivitas dengan aktif. Kegiatan yang bisa dilakukan seperti mengunyah permen karet tanpa gula atau menggunakan alat bantu seperti chin shaper.

8. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

8. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat
liputan6.com

Cara merampingkan pipi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Makanan yang mengandung serat yang dibutuhkan tubuh seperti papaya, alpukat, brokoli, pisang, pir, kacang-kacangan, beras merah, sayuran hijau, dan buah-buahan lainnya.

Makanan kaya serat juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit usus, menghilangkan lemak dalam pembuluh darah dan menurunkan gula darah tinggi. Khasiat-khasiat tersebut tidak kalah bermanfaatnya dari menurunkan berat badan. Maka, pastikan Sedulur selalu mengonsumsi sayur demi tubuh yang lebih sehat.

9. Senam Lidah

9. Senam Lidah
suara.com

Selain menggerakan rahang, senam lidah juga biasa dilakukan oleh orang-orang untuk sebagai cara mengecilkan pipi loh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggerakan lidah ke kanan, ke kiri, dan ke atas. Biasanya dilakukan sesaat sebelum dan setelah tidur.

10. Memanfaatkan Es Batu

10. Memanfaatkan Es Batu
grid.id

Cara mengecilkan pipi yang terbilang modern adalah dengan menggunakan es batu. Cara ini biasanya didukung dengan treatment spa wajah agar hasilnya maksimal. Caranya adalah bungkus es batu menggunakan kain, oleskan serum atau minyak wajah pada area pipi dan dagu. Kemudian, pijatlah pipi dan dagu menggunakan bungkusan es batu tersebut.

11. Membatasi Konsumsi Alkohol

11. Membatasi Konsumsi Alkohol
kompas.com

Cara agar pipi tidak tembem berikutnya dengan memastikan bahwa Sedulur tidak banyak atau sebaiknya tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali. Selain buruk untuk bentuk tubuh, alkohol juga berdampak buruk pada organ yang ada di dalam tubuh.

12. Senam Meniup Pipi

12. Senam Meniup Pipi
sultranow.com

Senam unik berikutnya untuk cara mengecilkan pipi adalah dengan meregangkan pipi. Buatlah pipi menggembung dan lakukan secara berulang, minimal 15 kali sehari pada satu waktu.

13. Meniup Balon

13. Meniup Balon
tribunnews.com

Sama halnya dengan senam meniup pipi, kali ini cara mengecilkan pipi dengan menggunakan balon sebagai propertinya. Dengan meniup balon, otot-otot di pipi akan lebih aktif sehingga diharapkan bisa membakar lemak yang ada dalam pipi.

14. Menggunakan Alat Pijat

14. Menggunakan Alat Pijat
youtube.com

Alat pijat untuk meniruskan pipi merupakan salah satu alternatif yang bisa Sedulur pilih. Bentuknya beragam, namun salah satu yang biasa orang lain gunakan dinamakan dengan chin shaper. Alat ini dipasang di sekitar pipi dan dagu untuk membantu proses meniruskan pipi.

15. Menjaga Kesehatan

15. Menjaga Kesehatan
alodokter.com

Loh loh, ada apa hubungan kesehatan dengan pipi tembem? Tentu ada! beberapa gangguan kesehatan bisa memicu kegemukan pada pipi atau tembem. Beberapa gangguannya adalah sakit gigi, gangguan kelenjar liur, trauma pada pipi, dan gangguan ginjal atau nefrotik.

16. Menutupi Pipi dengan Potongan Rambut

16. Menutupi Pipi dengan Potongan Rambut
smartmama.com

Cara mengecilkan pipi termudah dan instan adalah dengan mengatur gaya rambut sehingga dapat menyamarkan pipi yang  besar. Potongan rambut yang cocok tentunya adalah dengan cara diurai sehingga menutupi bagian pipi atau menemui penata rambut agar potongan rambut bisa ditata mengikuti bentuk wajah Sedulur.

17. Tidak Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

17. Tidak Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam
detik.com

Kelebihan konsumsi natrium dapat meningkatkan cairan yang ditahan di dalam tubuh sehingga membuat beberapa bagian tubuh menjadi bengkak, tak terkecuali pipi. Hal ini paling harus diwaspadai oleh sahabat micin agar tidak memakan asupan micin berlebihan ya.

18. Sering Tersenyum

18. Sering Tersenyum
kompas.com

Selain nyaman dipandang, memberikan efek baik pada mental, sering tersenyum juga menjadi senam tersendiri bagi pipi. Hal ini  berkaitan dengan otot pipi yang sering meregang sehingga bagian pipi yang tembem bisa menjadi lebih sering digerakan.

19. Membuat Wajah Ikan

19. Membuat Wajah Ikan
wowkeren.com

Serupa dengan cara mengecilkan pipi menggunakan metode senam rahang, membuat wajah ikan juga bisa membuat pipi Sedulur lebih aktif. Caranya adalah dengan mengempotkan bagian pipi ke dalam mulut. Langkah ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih terlatih sehingga bisa mengempiskan pipi yang chubby.

20. Hindari Makan Menjelang Tidur

20. Hindari Makan Menjelang Tidur
detik.com

Berkaitan dengan pola tidur, hindari makan menjelang tidur. Sama halnya dengan upaya menurunkan berat badan, makan sebelum tidur akan memicu lebih banyak lemak mengendap di tubuh. Pada dasarnya, untuk mengecilkan pipi, Sedulur juga harus berupaya untuk menyeimbangkan tubuh agar memiliki berat badan yang cukup.

Demikian cara mengecilkan pipi yang bisa Sedulur praktikan. Tak hanya dari segi olahraga, cara mengecilkan pipi juga berkaitan dengan pola hidup. Meski demikian, menjadi chubby tidak selalu buruk. Selalu ada kelebihan dari penampilan fisik seseorang, tinggal bagaimana setiap orang menerima keadaan fisiknya dan melihatnya dari sisi yang positif.

Agar kesehatan tetap terjaga dan bentuk pipi menjadi kecil alami, Sedulur juga wajib menyediakan makanan bergizi untuk dikonsumsi setiap hari. Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli di Aplikasi Super. Klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.