cara menghilangkan komedo di pipi

Tidak hanya di area hidung dan sekitar bibir, ternyata komedo juga sering muncul di pipi. Ya, masalah kulit yang satu ini tentu harus diperhatikan, dan Sedulur perlu tahu penyebab serta bagaimana cara menghilangkan komedo di pipi tersebut.

Komedo sendiri merupakan salah satu kondisi kulit yang muncul, pada saat pori-pori di wajah tersumbat. Komedo tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih (whitehead) dan juga komedo hitam (blackhead). Sementara jenis komedo yang biasa muncul di pipi adalah blackhead.

Nah, komedo di pipi memang rentan muncul bagi Sedulur yang mempunyai wajah berminyak. Lantas, sebenarnya apa yang menjadi penyebab masalah kulit ini? Bagaimana cara menghilangkan komedo di pipi? Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai AHA BHA dengan Vitamin C!

-->

Penyebab Kemunculan Komedo di Pipi

cara menghilangkan komedo di pipi
Pexels/Anna Nekrashevich

Pada dasarnya, kemunculan komedo di area pipi terjadi karena kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Banyaknya minyak berlebih, kotoran, bakteri, dan juga sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit dari waktu ke waktu, dapat membuat pori-pori tersumbat dan akhirnya menjadi komedo hitam.

Apabila pori-pori ini tersumbat, sel-sel kulit mati yang ada pada pori-pori terbuka. Kemudian bereaksi dengan oksigen di udara, lalu menjadi hitam, dan membentuk komedo hitam. Sederhananya, berkumpulnya sel-sel kulit mati dan minyak berlebih akan membentuk komedo.

Selain itu, beberapa kebiasaan lain yang mungkin tanpa disadari dapat menyebabkan komedo di pipi yakni seperti penggunaan produk skincare dan makeup yang salah. Hal ini karena kesalahan dalam memilih produk skincare dan makeup, bisa memunculkan berbagai masalah kulit, salah satunya komedo di pipi.

Penyebab lain munculnya komedo di pipi yakni paparan sinar matahari (sinar UV) pada kulit. Kebiasaan memencet jerawat atau memegang pipi saat tangan kotor juga bisa memunculkan komedo di pipi. Bahkan, kebiasaan merokok dan makanan berminyak juga berkontribusi dalam munculnya jenis komedo ini.

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Masker Brightening Terbaik, Bikin Kulit Makin Cerah!

Cara Menghilangkan Komedo di Pipi

masker brightening terbaik
Pexels/Sora Shimazaki

Nah, bisa dibilang sebenarnya cara menghilangkan komedo di pipi hampir sama seperti mengatasi komedo di area wajah yang lain. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo di pipi yang dapat Sedulur coba.

1. Menggunakan asam salisilat

Cara menghilangkan komedo di pipi yang pertama, yakni dengan menggunakan asam salisilat. Mungkin ada beberapa dari Sedulur yang belum tahu dengan bahan ini. Jadi, asam salisilat sendiri adalah zat yang dapat membantu memecah pori-pori yang tersumbat.

Selain itu, zat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah pembentukan komedo. Tak perlu khawatir, zat ini tersedia dalam produk pembersih, astringent, dan toner. Tetapi, hindari penggunaan yang berlebihan.

2. Lakukan eksfoliasi

Berikutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi sendiri merupakan proses yang mana akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit wajah. Hal ini memang sering dilakukan untuk menghilangkan komedo yang cukup membandel.

Akan tetapi seperti sebelumnya, jangan lakukan eksfoliasi kulit secara berlebihan dan terlalu sering. Pasalnya, eksfoliasi sendiri bisa merusak kulit jika dilakukan secara berlebihan.

3. Gunakan masker pelembab

Tidak hanya rutin melakukan eksfoliasi paling tidak selama seminggu sekali, penting untuk menggunakan masker 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga pori-pori agar tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang bisa menyebabkan munculnya komedo.

Masker yang terbuat dari tanah liat (clay mask) dapat jadi pilihan yang tepat, karena dinilai mampu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang berkaitan erat dengan komedo.

4. Coba chemical peeling

Chemical peeling sendiri akan bekerja dengan cara menghilangkan lapisan luar pada kulit. Jika dilakukan secara teratur, mungkin Sedulur bisa memiliki kulit yang lebih bersih dan tentu saja lebih kencang setelah perawatan beberapa minggu.

Selain itu, perawatan yang satu ini juga terbukti mampu mengatasi komedo pipi dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga mengurangi pori-pori menjadi lebih besar.

5. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Cara menghilangkan komedo di pipi yang berikutnya, yakni jangan pernah membiarkan kulit menjadi kering ketika melakukan berbagai cara untuk menghilangkan komedo. Di setiap harinya, Sedulur harus minum air dalam jumlah yang cukup.

Bukan hanya itu, pastikan juga untuk rutin menggunakan pelembab berbasis air pada wajah. Dengan begitu, maka kulit wajah akan tetap terhidrasi sepanjang waktu.

6. Ekstraksi profesional

Seperti yang telah diketahui, memegang wajah dan memencet komedo secara asal memang tidak boleh dilakukan. Ya, walaupun Sedulur mungkin pernah mendengar mengenai bagaimana alat ekstraksi yang bisa digunakan di rumah untuk membantu membuka pori-pori, sebaiknya hindari hal ini.

Jika Sedulur merasa benar-benar butuh ekstraksi, alangkah baiknya untuk berkunjung menemui profesional demi mendapatkan perawatan yang terbaik dan paling aman.

7. Rutin membersihkan wajah

Cara menghilangkan komedo di pipi yang selanjutnya ini sebenarnya sangat umum, yakni membersihkan wajah secara rutin. Sedulur perlu membersihkan wajah paling tidak dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut.

Hindari penggunaan produk yang terlalu keras, karena dapat membuat kulit kering dan merangsang produksi minyak berlebih.

8. Gunakan produk non-komedogenik

Sedulur juga memastikan jika semua produk perawatan kulit yang digunakan seperti pelembab, sunscreen, maupun produk-produk perawatan yang lainnya, bertuliskan non-komedogenik. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyumbatan pori-pori akibat produk skincare tersebut.

Oleh sebab itu, pilih produk berbasis air atau gel yang ringan daripada produk berbasis minyak, terutama jika Sedulur memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak.

9. Konsultasikan dengan profesional kulit

Jika komedo sulit diatasi dengan perawatan secara mandiri, jangan rugi konsultasikan dengan dokter kulit atau profesional untuk mendapatkan saran dan perawatan yang lebih spesifik.

Beberapa perawatan profesional seperti facial, chemical peel, atau perawatan laser dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengatasi komedo. Konsultasikan opsi perawatan yang cocok dengan kebutuhan kulit Sedulur.

Itulah informasi mengenai penyebab dan juga cara menghilangkan komedo di pipi. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir lagi dengan komedo di pipi yang membandel, ya! Coba beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Dan jika Sedulur merasa ragu, langsung saja konsultasikan dengan dokter atau ahli profesional!