model rambut pria ikal

Di era fashion dan gaya yang terus berkembang, rambut menjadi salah satu elemen penting yang menunjang penampilan seseorang, terutama bagi para pria. Tidak semua pria beruntung memiliki rambut lurus yang mudah diatur. Ada sebagian yang memiliki rambut ikal dengan tekstur kasar dan susah untuk ditata. Namun, dengan makin berkembangnya teknologi, model rambut pria ikal ternyata makin beragam dan mudah untuk diatur lho.

Tentu Sedulur tidak perlu khawatir lagi karena cukup datang ke tukang cukur, mereka sudah bisa memberikan potongan terbaik untuk kamu yang memiliki rambut ikal. Agar tampilan rambut makin keren, Sedulur jangan lupa untuk mencoba beberapa model rambut pria ikal terbaik dan sedang tren berikut ini!

BACA JUGA: 12 Model Rambut Anak Laki Laki Korea Paling Trend 2023

1. Curly man bun

gaya rambut man bun
All Things Hair

Untuk para pria yang memiliki rambut ikal namun tidak ingin terganggu dengan rambut yang berjuntai dan seringkali mengenai mata, ada solusi menarik yang bisa Sedulur coba, yaitu gaya Curly Man Bun. 

-->

Seperti namanya, gaya ini mengacu pada teknik mengikat rambut di bagian atas kepala, menciptakan sebuah ‘bun’ atau sanggul pria. Ini bukan hanya cara efektif untuk menjaga rambut Sedulur tetap rapi dan tidak menghalangi pandangan, namun juga merupakan pilihan gaya yang kini sedang tren di kalangan pria.

Man Bun dengan rambut ikal memberikan sentuhan unik. Tekstur ikal rambut menambah dimensi dan karakter pada tampilan sanggul Sedulur, sehingga meskipun Sedulur mengikat rambut, Sedulur tetap mempertahankan identitas dan pesona alami dari rambut keriting.

2. Side part

Model rambut keriting pria bisa terlihat lebih menawan dengan tambahan poni samping yang berjuntai. Untuk menata gaya rambut keriting ini, gunakanlah hair cream yang dirancang khusus untuk rambut keriting, yang dapat membantu mempertahankan kelembaban rambut.

Poni pada rambut ikal tidak selalu harus pendek, untuk memberikan nuansa yang berbeda, arahkanlah poni Sedulur ke arah telinga. Penambahan undercut di bagian belakang juga dapat meningkatkan estetika gaya rambut keriting pendek pria Sedulur.

3. Curly with undercut

Menambahkan elemen undercut pada rambut keriting Sedulur dapat mengubah tampilan Sedulur menjadi lebih modern dan rapi. Teknik fade ini mengurangi ketebalan rambut di sisi kanan dan kiri kepala, sehingga memberikan kontras dengan bagian atas yang lebih tebal.

Bagi Sedulur yang memiliki rambut kribo, gaya ini bisa memberikan dimensi baru pada tampilan Sedulur.  Di Indonesia, banyak pria berambut ikal yang memilih undercut untuk memberikan kesan rapi dan tertata pada rambut mereka.

4. Korean wavy look

Gaya rambut yang dikenal dengan Korean Wavy Look kini tengah menjadi tren di kalangan pria. Ini adalah representasi sempurna dari model rambut ikal khas pria Korea yang telah mencuri perhatian banyak orang. Elemen kunci dari gaya ini adalah potongan rambut medium yang memungkinkan rambut bergelombang untuk jatuh dengan lembut, menciptakan tampilan alami yang sangat menawan.

Untuk mendapatkan tampilan maksimal dari gaya rambut ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, saat mengeringkan rambut, teknik yang Sedulur gunakan sangat penting. Daripada menggosoknya dengan kasar menggunakan handuk, lebih baik tekan-tekan dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air.

Menggosok rambut dengan keras dapat menyebabkan rambut menjadi kusut dan merusak struktur ikal alami. Selain itu, hal ini juga dapat mempengaruhi akar rambut, membuatnya tampak lemas dan tidak berisi.

5. Messy comb over

Gaya comb over pada dasarnya adalah mengkombinasikan rambut ke satu sisi kepala. Ketika digabungkan dengan tekstur ikal, hasilnya adalah tampilan yang elegan namun dengan sentuhan messy yang membuatnya terlihat alami dan tidak terlalu kaku. Ini adalah tampilan yang sempurna bagi mereka yang ingin terlihat rapi namun tetap santai, terutama saat menghadiri acara-acara spesial.

Tidak hanya itu, gaya messy comb over juga memberikan kesan yang muda dan modern. Ini adalah tampilan yang cocok untuk pria yang ingin mengkombinasikan gaya klasik dengan sentuhan kontemporer. Bagi pria dengan rambut ikal, ini adalah cara yang sempurna untuk memamerkan tekstur alami rambut mereka sambil tetap menjaga tampilan yang rapi dan berkelas. Sebagai tambahan, gunakan sedikit pomade atau krim rambut untuk memberikan kilau alami dan memastikan rambut tetap di tempatnya sepanjang hari.

6. Boyfriend bob

model rambut pria ikal
The Times

Potongan bob, meskipun kerap diidentikkan dengan gaya rambut wanita, sebenarnya bisa menjadi pilihan yang menarik dan keren untuk pria, terutama bagi mereka yang memiliki tekstur rambut ikal. Panjang rambut yang berada di antara rahang dan bahu ini memberikan tampilan yang segar, dinamis, dan tentunya berbeda.

Dengan potongan bob pada rambut ikal, Sedulur akan mendapatkan kombinasi antara volume alami dari ikal rambut Sedulur dengan garis potongan yang jelas dari bob. Ini menghasilkan kesan yang santai namun tetap terstruktur. Bagi pria yang ingin terlihat beda dan tidak mainstream, potongan bob bisa menjadi solusi yang tepat.

7. Medium curly

Model rambut medium slick back memang telah menjadi pilihan bagi banyak pria yang ingin tampil dengan kesan yang segar namun tetap maskulin. Meskipun rambut keriting mungkin bagi sebagian orang dianggap sulit untuk diatur, dengan sentuhan yang tepat, Sedulur bisa mendapatkan tampilan yang stylish dan menarik.

Salah satu keuntungan dari gaya rambut keriting medium yang sedikit messy adalah memberikan kesan yang alami dan dinamis. Tekstur alami rambut ikal akan menambah kedalaman dan dimensi pada rambut Sedulur, membuat Sedulur tampak lebih berkarisma. Bahkan, dengan tekstur ini, Sedulur tidak perlu berusaha keras untuk mendapatkan tampilan yang perfect, karena kesan ‘tidak sempurna’ dari rambut ikal justru menambah keunikan tampilan Sedulur.

8. Rambut ikal sebahu

Memiliki rambut ikal sebahu memang memberikan banyak pilihan dalam hal styling. Salah satu gaya yang sedang tren adalah rambut gondrong ikal yang dibiarkan tampak sedikit berantakan, menciptakan tampilan yang santai namun tetap stylish. Setelah keramas dan saat rambut Sedulur masih dalam keadaan setengah basah, aplikasikan sedikit gel atau wax. 

Kemudian, alih-alih menggunakan sisir, gunakan jari-jari tangan Sedulur untuk menata rambut. Teknik ini akan memberikan kesan lebih alami pada rambut Sedulur, seakan-akan Sedulur baru saja bangun tidur dengan rambut yang tetap terlihat menarik. Namun, bagi Sedulur yang khawatir gaya rambut berantakan ini kurang cocok untuk acara formal, jangan berkecil hati. 

Rambut gondrong ikal sebahu Sedulur tetap bisa disulap menjadi tampilan yang elegan dan rapi. Dengan menggunakan pomade, Sedulur bisa mengatur volume rambut agar tidak terlalu mengembang. 

9. E-Boy cut

Timothee Chalamet memukau banyak orang dengan gaya rambut keriting E-boy-nya. Jika Sedulur ingin terlihat modern dan up-to-date, cobalah model rambut E-boy yang populer seperti yang dikenakan oleh Timothee Chalamet. 

Model rambut ini dikenal dengan pemeliharaan yang minimal tetapi tetap menarik, terutama bagi generasi Gen-Z. Gaya E-Boy dengan poni ala curtain bangs ini tidak hanya stylish, tapi juga dapat membantu menyeimbangkan bentuk wajah yang cenderung kotak.

10. The flow hairstyle

Aktor Charles Melton muncul dengan gaya rambut ikal yang diinspirasi oleh flow hairstyle. Model rambut ikal ini sempat menjadi tren pada era 90-an. The flow hairstyle, atau yang sering disebut juga dengan wings hairstyle, kerap diidentikkan dengan skateboarder dan surfer. Untuk gaya rambut ini, panjang rambut biasanya dibiarkan hingga sebatas mata. Menata gaya rambut ini cukup mudah. 

Jika Sedulur tertarik untuk mengeksplorasi variasi lain dari the flow hairstyle, ada video yang bisa Sedulur tonton untuk mendapatkan ide. Pastikan Sedulur menunjukkannya pada diri Sedulur agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

BACA JUGA: 25 Model Rambut Keriting Pria yang Bikin Penampilan Keren!

11. Low fade

gaya rambut pria 2023
Pxfuel

Bagi mereka yang enggan merasa tidak terlalu nyaman dengan rambut pendek untuk gaya ikal. Sedulur bisa mencoba model Low Fade. Gaya ini bisa menjadi alternatif yang aman dan menarik untuk potongan rambutmu agar terlihat lebih fresh. Dalam gaya ini, penipisan rambut hanya terjadi di bagian samping bawah kepala. Penipisan ini tidak merata, dan hanya sebatas area telinga. Panjang rambut bagian atas tetap bisa disesuaikan dengan selera Sedulur.

Tampilan Low Fade memberikan efek gradasi yang tidak terlalu mencolok, namun tetap memberikan dimensi pada tampilan rambut. Ini adalah opsi yang cocok bagi mereka yang ingin tampil stylish tanpa harus merasa terlalu eksperimental.

12. Afro buzz cut

Potongan rambut Afro Buzz Cut menawarkan solusi bagi mereka yang memiliki rambut ikal yang cukup bertekstur keriting. Umumnya rambut semacam itu akan lebih mudah kusut, sehingga memotongnya menjadi rambut dengan model yang tepat bisa menjadi jalan keluar praktis.

Untuk menangani rambut keriting, solusi terbaik adalah mencukur bagian atas sedikit saja. Dengan cara ini, rambut tetap pendek namun tidak terlalu pendek, dan menghindari efek kembang yang berlebihan. Bagi yang memiliki brewok, model rambut ini bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk melengkapi penampilan.

13. Curly fade

Berikut adalah satu rekomendasi lagi untuk Sedulur yang mencari model rambut ikal pendek. Pertimbangkan untuk memotong rambut ikal Sedulur dengan teknik fade pada bagian sisi dan belakang yang dirapikan hingga tipis. Model rambut keriting ini sangat sesuai bagi Sedulur yang menginginkan tampilan sederhana dan memiliki preferensi terhadap rambut pendek.

Potongan yang lebih pendek di bagian sisi dan belakang ini memastikan wajah Sedulur tetap terlihat jelas. Selain itu, gaya rambut ikal pria seperti ini menawarkan tampilan yang netral, rapi, dan memberi aura kesegaran.

14. Wavy mohawk

Siapapun yang berpendapat bahwa pria berambut ikal tidak cocok dengan gaya rambut mohawk, harus berpikir ulang. Dengan pemilihan teknik potong yang akurat, gaya rambut ikal pria ini bisa terlihat sangat rapi sekaligus memiliki daya tarik khusus.

Untuk gaya mohawk pada rambut ikal, Sedulur tidak memerlukan rambut dengan panjang ekstrem. Hal kunci di sini adalah memastikan bagian atas rambut dibiarkan lebih panjang untuk menciptakan kesan mohawk yang khas. Untuk menambahkan sentuhan estetika dan karakter yang lebih kuat, kombinasikan gaya ini dengan teknik burst fade yang memang dikenal stylish dan modern. 

15. Crop cut

Crop cut mungkin sesuai dengan yang Sedulur cari. Dengan karakteristiknya yang memiliki tekstur acak di bagian atas, gaya rambut ini memberikan nuansa yang santai namun masih elegan. Kepraktisan menjadi salah satu daya tarik utama dari crop cut.

Dalam hitungan menit, dengan sedikit usaha penataan, Sedulur dapat memiliki tampilan yang fresh dan siap menyambut aktivitas Sedulur dengan penuh percaya diri. Rambut ini juga sedang banyak digandrungi oleh anak muda yang memiliki jiwa bebas.

16. Classic middle part

Pinterest

Pria beretnis Kaukasia sering terlihat dengan model rambut ikal yang dibelah tengah. Sebagai alternatif referensi untuk gaya rambut ikal pria, classic middle part menjadi salah satu pilihan. Rambut ini bisa memberikan kesan santai tapi tetap stylish. 

Gaya ini mengambil inspirasi dari model rambut keriting yang populer di kalangan anak laki-laki pada dekade 90-an. Karakteristik utamanya adalah poni yang melengkung tepat di bagian belahan rambut tengah, memberikan kesan yang mirip dengan curtain haircut.

17. Pompadour

Mendapatkan gaya rambut keriting pria yang trendy memang bukan hal yang sulit. Salah satu gaya yang sedang populer saat ini bisa Sedulur coba dengan memangkas sisi kiri dan kanan rambut Sedulur hingga pendek, sementara membiarkan bagian atas dengan panjang yang lebih. 

Keuntungan dari gaya rambut ini adalah fleksibilitasnya. Sedulur dapat dengan mudah menyesuaikan tingkat volume dan tekstur sesuai keinginan, dan dengan pemilihan produk yang tepat, Sedulur bisa menjaga gaya Sedulur tetap segar sepanjang hari.

18. Comma hair

Gaya rambut comma hair, dengan bentuk poni yang khas mirip tanda koma, bisa menjadi pilihan Sedulur untuk tampil berbeda. Untuk bagian lain dari rambut, Sedulur bisa memilih antara membiarkannya alami dengan ombak ikalnya atau memberikan finishing touch dengan pomade untuk tampilan yang lebih sleek dan berkilau.

Tidak hanya di Indonesia, gaya rambut comma hair ini juga populer di kalangan selebriti pria Korea dan telah menjadi salah satu tren gaya rambut di sana. Dengan popularitasnya yang meningkat, banyak tutorial yang tersedia, khususnya yang menampilkan teknik-teknik dari para ahli tata rambut Korea.

19. Top knot

Gaya rambut top knot bukan hanya tentang mengikat rambut ke atas. Ini juga tentang bagaimana Sedulur bisa memaksimalkan tampilan dengan apa yang Sedulur miliki. Dengan mengikat rambut panjang di bagian atas kepala, 

Sedulur bisa mendapatkan tampilan yang bersih dan teratur tanpa banyak usaha. Tak hanya itu, sensasi sejuk yang diberikan oleh gaya ini pasti akan sangat dihargai, terutama di hari-hari yang panas atau saat Sedulur beraktivitas yang memerlukan banyak gerakan.

20. Slicked back man bun

Gaya rambut slicked back man bun menawarkan estetika yang bersih dan tersusun dengan rambut yang ditarik kembali dan diikat rapi. Sebagaimana namanya, rambut Sedulur ditarik ke belakang dengan gaya yang sleek

Apa yang membuat gaya ini unik adalah kemampuannya untuk bertransformasi sesuai dengan kesempatan. Saat Sedulur memiliki acara formal, seperti presentasi atau pertemuan bisnis, gaya ini akan memastikan rambut Sedulur tetap rapi sepanjang hari. Namun, tidak hanya itu, gaya ini juga cocok untuk momen-momen santai seperti ketika Sedulur berkumpul bersama teman-teman atau sekadar menikmati waktu luang.

BACA JUGA: 27 Model Rambut Cepak ala Tentara, Dijamin Keren dan Stylish!

21. Low man bun

Pinterest

Low man bun hadir sebagai solusi untuk mereka yang rambutnya sedang dalam proses pertumbuhan. Dengan mengikat rambut di bagian bawah kepala, Sedulur akan mendapatkan tampilan yang sederhana namun tetap modis. 

Tipsnya, gunakan karet rambut yang berwarna senada dengan rambut Sedulur untuk hasil yang lebih alami dan harmonis. Selain itu, pastikan juga ikatan tidak terlalu ketat untuk menghindari ketegangan di kulit kepala.

22. Medium man bun ponytail

Agar rambut Sedulur tetap berada dalam kondisi prima, penting untuk menjaga kebersihannya dengan keramas secara rutin. Pemilihan shampoo juga memegang peranan penting dalam perawatan rambut. 

Produk shampo yang khusus dirancang untuk pria umumnya mengandung bahan-bahan aktif yang mampu membersihkan kulit kepala secara intensif. Dengan pemakaian yang benar, rambut Sedulur bukan hanya akan terlihat bersih, tapi juga akan menjadi lebih sehat dan berkilau.

23. Curly man bun

Memiliki model rambut pria ikal kadang memang memerlukan perhatian khusus dalam pemilihan gaya rambut. Namun, buat Sedulur yang beruntung dengan keunikan rambut keriting ini, ada gaya man bun yang bisa menjadi opsi menarik. Mengikat rambut keriting ke atas, tidak hanya memberikan tampilan yang lebih rapi dan terorganisir, tapi juga menonjolkan karakter modis yang dimiliki oleh Sedulur.

Kelebihan lain dari gaya man bun ini adalah kemudahannya dalam perawatan. Tanpa perlu ribet, rambut Sedulur tetap terlihat keren dalam berbagai situasi, baik itu saat beraktivitas sehari-hari atau acara khusus. 

24. Caesar cut

Salah satu variasi dari gaya rambut ikal super pendek ini adalah Caesar cut. Dinamai demikian, gaya ini memiliki ciri khas potongan yang sangat pendek, hanya sekitar 1-2 cm, namun tetap menyisakan bagian poni yang sedikit lebih panjang. 

Gaya rambut seperti ini tentunya sangat praktis untuk perawatan sehari-hari. Selain itu, dengan panjang rambut yang minimalis, Sedulur bisa terhindar dari rasa gerah, terutama di cuaca yang panas. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi Sedulur yang ingin tampil rapi, sejuk, dan tentunya tetap stylish.

25. Rambut brokoli

Mengingat kembali era musik dan gaya 70-an hingga 80-an, salah satu tampilan rambut yang menonjol adalah gaya rambut brokoli. Gaya ini memiliki kemiripan dengan tampilan rambut Bruno Mars yang lebat dan mengembang. 

Bagi Sedulur yang ingin mereplikasi tampilan vintage ini, penting untuk memastikan bahwa Sedulur mendapatkan potongan yang tepat untuk jenis rambut Sedulur. Ketika rambut ikal dibiarkan tumbuh dengan lebat, gaya brokoli ini akan memunculkan aura nostalgia sekaligus menarik.

BACA JUGA: 17 Model Rambut Anak Laki Laki yang Keren dan Terkini 2023!

26. Sloppy man bun

model rambut pria ikal
All Things Hair

Mungkin bagi sebagian orang, gaya rambut man bun yang tidak diikat dengan sempurna bisa terlihat acak-acakan, namun Sedulur akan terkejut betapa menariknya tampilan ini. Meskipun tampak santai, penting untuk memastikan bahwa bagian atas rambut Sedulur tetap terjaga kerapiannya.

27. Messy man bun

Model rambut pria ikal yang messy ini sangat ideal untuk menampilkan unsur maskulin lainnya, seperti jenggot, yang tentu saja menambah kesan kharisma dan ketegasan pada penampilan Sedulur. Rambut ikal memang memiliki tantangan tersendiri dalam perawatan dan styling, namun dengan pemilihan model yang tepat, rambut ikal bisa menjadi daya tarik tersendiri yang menambah kepercayaan diri. 

28. Cornrow Man Bun

Memilih gaya rambut cornrow yang mengarah dan terikat ke belakang memang mampu menonjolkan sisi kejantanan Sedulur. Untuk memberikan kesan yang lebih dinamis dan modern, pertimbangkan untuk menambahkan teknik potongan fade di bagian sisi rambut Sedulur. Kombinasi dari kedua gaya ini pasti akan memberikan penampilan yang berbeda dan menarik bagi Sedulur.

Semoga daftar model rambut pria ikal yang telah kami sajikan dapat menginspirasi Sedulur untuk tampil lebih percaya diri dengan gaya rambut Sedulur.