Bagi seorang muslim perempuan, menjaga aurat adalah sebuah kewajiban. Hal ini cukup menyulitkan ketika ingin menjalankan aktivitas olahraga seperti berenang. Beruntung, sekarang sudah ada banyak sekali pilihan baju renang muslimah syar’i yang bisa dipilih.

Renang sendiri merupakan salah satu olahraga yang sangat baik dan dianjurkan oleh Rasulullah. Jadi tidak heran jika banyak muslim yang menjadikan olahraga ini sebagai kegiatan utama untuk menjaga kesehatan.

Nah, bagi yang ingin mencari baju renang muslimah syar’i berikut ini deretan rekomendasi merek terbaik yang bisa Sedulur coba!

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Celana Training Nyaman dengan Harga Miring

-->

Tips Memilih Baju Renang Muslimah

Vogue/Nike

Sebelum menentukan merek baju renang muslimah syar’i terbaik untuk digunakan. Sedulur perlu mengetahui beberapa tips memilih baju renang yang baik untuk seorang muslim. Berikut ini beberapa hal yang bisa diperhatikan.

1. Cari baju renang dengan rok

Jika Sedulur ingin menutupi bagian bokong, maka rekomendasikan set baju renang muslimah yang bisa digunakan adalah yang memiliki rok rimpel. Rok rimpel tersebut biasanya menyatu langsung dengan atasannya.

Sekilas memang terlihat seperti tunic, tetapi bagian bawah baju ini berlipat-lipat serta bergelombang membentuk rok rimpel. Dengan model seperti ini, bagian bokong pun akan tertutup sempurna.

2. Ada kerudung panjang menutup dada

Selain bagian bokong, dada adalah bagian tubuh yang menjadi perhatian, terutama bagi muslimah. Bagian ini tentunya perlu ditutup agar tidak mengundang hal yang berlawanan dari syar’i.

Karena itu, model hijab renang dengan menggunakan hijab yang lebar dan memanjang hingga dada adalah pilihan terbaik. Bentuknya seperti rompi yang menutup dada. Sedulur dapat memadukan hijab ini dengan manset dan celana legging.

Dengan penggunaan legging tunic dan penutup dada, tentu lekuk tubuh bisa ditutup dengan maksimal oleh baju renang. Sedulur juga bisa memilih tunic berpotongan lurus agar lekuk tubuh dapat disamarkan.

3. Perhatikan bahan baju renang

pilihlah baju renang wanita muslimah dengan bahan stretch dan anti air. Baju renang yang ringan dan tahan air dapat meningkatkan kecepatan Sedulur berenang. Sementara itu, baju renang yang stretch akan lebih mudah sesuai dengan postur tubuh.

Supaya Sedulur bisa merasakan kedua manfaat tersebut, baju renang hijab dengan kombinasi bahan nylon dan spandex adalah pilihan terbaik. 

Pakaian renang berbahan nylon cukup ringan, tahan abrasi, dan tidak mudah menyerap air. Sedangkan dengan bahan spandeks, Sedulur bisa merasakan manfaat elastisnya sehingga bajunya tidak terlalu kaku dan nyaman dipakai.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Outfit Jogging Hijab, Tetap Stylish Saat Olahraga

Rekomendasi Merek Baju Renang Muslimah

Setelah memahami cara memilih baju renang muslimah, berikut ini rekomendasi yang bisa Sedulur coba. Tak hanya menutup aurat, baju renang di bawah ini memiliki kualitas bahan yang aman dan kuat.

1. N Sports by Nay Khirani Swimwear

baju renang muslimah syar'i
Vogue/Nike

Model baju renang muslimah satu ini dibuat dengan desain yang syar’i. Jilbab renangnya yang terpisah dengan bagian baju dibuat panjang hingga mencapai garis pinggang, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir bagian dada akan terlihat.

Dengan kombinasi warna hitam dan biru langit, baju renang wanita muslimah dari N Sports ini membuat Sedulur tetap nampak cantik dan modis meski sedang berenang. Seperti swimwear lainnya, baju renang muslimah ini memanfaatkan bahan spandex nylon yang sangat waterproof, elastis, dan halus menyentuh kulit.

Meski begitu, produk baju renang muslimah ini sama sekali tidak ketat untuk menjaga aurat. Dengan bahan elastisnya, seri Khirani ini bisa digunakan untuk Sedulur yang bertubuh sedikit lebih besar karena baju renang ini mampu mengikuti bentuk tubuh.

2. HIA EveryWear Adeeva Hijab

Jika Sedulur menginginkan sport hijab yang serbaguna, ini dia rekomendasi produk dari kami! Adeeva Hijab dari HIA EveryWear dapat Sedulur pakai untuk berenang dan olahraga lainnya, seperti lari atau yoga. Desainnya unik dengan sepasang lubang lengan yang menyerupai kombinasi hijab dan sweater.

Dengan hijab ini, pergerakan Sedulur lebih leluasa tanpa khawatir hijab akan tersingkap. Bagian wajahnya juga didesain antem atau anti tembem sehingga wajah akan terlihat lebih tirus.

Produk ini cocok untuk Sedulur yang membutuhkan hijab olahraga modis yang menutup dada. Sedulur bisa memakai Adeeva Hijab bersama manset dan celana legging.

3. TD Active LSA68

TD Active adalah salah satu brand pakaian olahraga ternama dengan desain mereka yang unik dan simpel. Keunikan tersebut terlihat pada produk baju renang wanita muslimah mereka. Baju renang muslimah dari TD Active memiliki tampilan jumpsuit dimana atasan dan bawahan sudah menyatu.

Selain terlihat modis, ini akan memudahkan Sedulur dalam melepaskan baju renang muslimah tersebut. Apalagi bukaannya menggunakan zipper di bagian depan. Menggunakan material instadry yang sama sekali tidak transparan, sangat ringan di badan dan stretchable.

Baju renang wanita muslimah ini juga dilapisi dengan sun protection, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir paparan sinar UV akan membuat kulit jadi belang. Terbuat dari bahan livina yang lentur, baju renang muslimah dewasa ini terjamin keawetannya untuk dipakai dalam jangka waktu lama.

Bahkan tahan juga terhadap air kaporit. Pastinya, kegiatan renang Sedulur jadi lebih menyenangkan terlebih baju renang muslimah ini juga dibanderol dengan harga cukup murah.

4. Sporte Damla Swimwear

Membicarakan baju renang muslimah terbaik, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan baju renang muslimah dari Sporte. Baju renang muslimah ini dirancang dengan bahan-bahan berkualitas yang mendukung dinamika renang.

Terbuat dari bahan Spandex Nylon Creora yang bersifat elastis dan nyaman digunakan. Selain mempunyai lengan dan celana yang panjang, baju renang muslimah sporte juga dilengkapi penutup kepala. Tentunya penutup kepala ini akan menjaga agar rambut Sedulur tidak nampak sekecil apapun.

Selain itu, baju renang muslimah ini dibuat longgar agar tidak menampilkan lekuk tubuh dengan jahitan zig-zag yang membuatnya semakin kuat. Di bagian panty pun terdapat pengait yang bisa dilepas pasang sesuai keinginan.

5. Lee Vierra Swimwear Classic Burquni

Jika Sedulur ingin baju renang yang sedikit boyish dengan desain sederhana tetapi juga modis, maka jawabannya adalah baju renang wanita muslimah dari Lee Vierra ini. Sesuai dengan motto mereka “sederhana namun modis”, brand ini benar-benar memanjakan Sedulur dengan baju renang muslimahnya.

Apalagi kombinasi abu-abu dan hitam sangat menyatu dengan lingkungan sekitar kamu. Perlindungan maksimal dengan bahan elastis yang memiliki sun protection untuk menghindarkan Sedulur dari kulit belang.

Selain itu, bagi Sedulur yang punya kulit sensitif dengan bahan kimia, bahan baju renang muslimah ini juga telah dilindungi fitur tahan klorin atau kaporit. Sudah terjamin aman dan mudah dibersihkan.

BACA JUGA: 21 Alat Olahraga di Rumah yang Wajib Dimiliki

6. Bimu Swimsuit Buttonscarves

Instagram/Buttonscarves

Jika Sedulur sedang mencari baju renang muslimah dewasa, baju renang hijab dari Bimu Swimsuit Buttonscarves dapat jadi pertimbanganmu. Bimu Swimsuit didesain untuk membuat kegiatan berenang Sedulur jadi nyaman karena terbuat dari 82% bahan nylon yang ringan dan cepat kering serta 18% terbuat dari bahan spandex yang stretch. 

Baju renang yang mudah dipakai dan dilepas ini terdiri dari atasan renang dengan resleting depan, legging renang, jilbab, dan topi renang. Selain itu, Bimu Swimsuit dilengkapi dengan pengait antara celana dan atasan sehingga aman dipakai berenang.

Bimu Swimsuit Buttonscarves hadir dalam berbagai pilihan warna, mulai dari warna hijau, pink, cokelat, dan hitam. Dari atas sampai bawah, baju Renang motif Bimu Monogram cantik ini berwarna serasi sehingga membuat OOTD olahragamu tetap modis.

7. Alivia Swimwear

Sulit mencari pakaian renang karena badan Sedulur terlalu kurus atau terlalu besar? Dengan baju renang dari Alivia ini Sedulur tak perlu khawatir akan ukuran lagi. Baju renang muslimah ini tersedia dalam varian ukuran yang sangat beragam, yaitu XXS hingga ukuran jumbo.

Jadi, bagi Sedulur yang bertubuh besar dan ingin menutup aurat tanpa terlihat lekukan, jangan ragu untuk mencoba baju renang ini. 

8. Opelon Swimsuit

Produk dari Opelon ini cocok untuk Sedulur yang gemar berenang dan menyelam. Potongannya slim-fit dengan bahan yang ringan sehingga pas di badan dan memudahkan Sedulur bergerak. Selain itu, ada detail resleting di bagian dada sehingga baju ini lebih mudah dilepas pasang.

Di samping fungsional, produk ini juga memiliki desain menarik dengan kombinasi tiga warna. Penggunaan warna ini dijamin akan membuat Sedulur tetap modis. Namun, Sedulur perlu melakukan perawatan khusus agar baju renang ini awet. Misalnya, dengan mencuci baju secara terpisah dan mengeringkannya di tempat teduh.

9. Syama Baju Renang Muslimah

Beberapa baju renang muslimah umumnya dibedakan menjadi tiga bagian, jilbab, atasan, dan bawahan. Namun, jenis baju renang seperti itu meski menutup aurat tetap punya risiko terangkat atau tersingkap saat Sedulur berenang. 

Jika Sedulur punya pengalaman buruk seperti itu, Sedulur harus mencoba baju renang Prilly ini. Baju dan legging-nya menjadi satu seperti jumpsuit sehingga lebih aman. Terdapat penutup dada model layer dan rok juga untuk menutupi aurat sehingga lekuk tubuh tidak terekspos. Selain itu, baju renang ini juga sangat busui friendly, lho!

10. Rocella Swimwear Lovina

Baju renang kebanyakan hadir dalam warna gelap atau netral. Namun, produk ini menghadirkan baju renang dengan warna-warni colorful yang kalem, yaitu warna pastel. 

Jika Sedulur penyuka warna pastel atau suka dengan gaya feminin, Sedulur bisa membeli produk Rocella ini. Model baju renangnya sendiri sangat syar’i, yaitu rok panjang hingga bawah lutut. Ditambah lagi, terdapat bolero lebar menutupi dada, pundak, dan lengan sebagai penutup aurat atas.

11. Elite Baju Renang Muslimah Luxury

baju renang muslimah syar'i
Vogue/Nike

Banyak baju renang muslimah bahannya menjadi berat ketika terserap air. Hal ini bisa membebani Sedulur sehingga Sedulur jadi terasa berat di dalam air. Jika Sedulur memang mencari baju renang yang ringan meski terserap air kami rekomendasikan produk ini.

Selain bahannya, modelnya pun dirancang sedemikian rupa agar Sedulur tetap bebas berenang, tetapi tetap sopan dan menutup aurat. 

12. Mivva+ Sunset Swimwear

Pakai burkini juga tetap bisa membuat Sedulur tampil fashionable dan stylish, kok, apalagi jika Sedulur memakai burkini dari Mivva+. Burkini ini terbuat dari bahan yang tebal sehingga tidak menerawang. 

Model atasan yang dibuat A-line tidak akan memperlihatkan lekuk tubuh Sedulur sehingga aurat tetap terjaga. Di bagian paha, terdapat kancing jepret yang berfungsi mempertahankan atasan supaya tidak mudah terbuka saat dipakai berenang. Jadi, jangan lewatkan untuk membawa burkini ini saat pergi liburan ke pantai, ya!

Nah, itu tadi deretan rekomendasi baju renang muslimah syar’i yang bisa Sedulur miliki. Tak hanya bisa menutup aurat dengan maksimal, bahan dari baju renang di atas juga dijamin nyaman saat menunjang aktivitas di dalam air.

Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur dan bisa menjadi referensi untuk mendapatkan merek baju renang terbaik ya.