resep sambal goang

Menjelang bulan puasa, aneka resep praktis mulai banyak memenuhi kolom pencarian internet. Salah satunya adalah resep sambal goang, yakni sambal khas Jawa Barat tepatnya dari Tasikmalaya yang bisa dibuat dadakan hanya dengan 4 bahan. Sambal mentah ini memiliki rasa yang nikmat dan tentunya sangat menyegarkan.

Resep sambal goang sangat cocok untuk Sedulur yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Tanpa perlu menumisnya, Sedulur sudah bisa merasakan kenikmatan sambal goang untuk dipadukan dengan aneka masakan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Inilah resep sambal goang yang bisa Sedulur coba di rumah!

BACA JUGA: 20 Resep Bekal Sehat yang Praktis Tanpa Ribet, Dijamin Enak!

Resep Sambal Goang Khas Jawa Barat

resep sambal goang
iStock

Untuk membuat sambal goang yang nikmat, Sedulur bisa menggunakan empat bahan utama dan satu bahan tambahan sesuai resep di bawah ini. Sedulur juga bisa menyesuaikan jumlah cabai rawit yang akan digunakan dengan tingkat kepedasan maupun jumlah orang yang akan menyantapnya. 

-->

Bahan yang dibutuhkan 

Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat sambal goang.

  • 20 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 ruas jari kencur  
  • ½ sendok teh garam  
  • 3 sdm minyak goreng  

BACA JUGA: Resep Kentang Spiral Bikin Di Rumah, Rasanya Gurih dan Renyah!

Cara membuat

resep sambal goang
Kompas

Setelah menyiapkan semua bahan, saatnya membuat sambal goang yang nikmat. Sedulur bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Kupas kencur dan bawang putih, kemudian cuci bersih bersama cabai rawit yang sudah dipisahkan dari tangkainya.
  2. Haluskan cabai rawit, bawang putih, kencur, dan garam hingga halus menggunakan ulekan. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Panaskan 3 sdm minyak goreng sebentar, atau sampai timbul gelembung-gelembung kecil pada bagian pinggirnya.
  4. Siramkan minyak panas tersebut pada ulekan sambal mentah, lalu aduk rata.
  5. Sambal goang siap disajikan dengan lalapan ataupun lauk favorit Sedulur.

Itu dia resep sambal goang khas Tasikmalaya, Jawa Barat yang bisa dibuat dadakan cukup dengan 4 bahan saja. Selain cocok dijadikan menu pelengkap makan di hari-hari biasa, Sedulur juga bisa menjadikannya menu pelengkap makan sahur atau berbuka puasa. Tak hanya lezat, Sedulur juga tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Nah, jika Sedulur tertarik mencobanya, Sedulur bisa membuatnya sendiri di rumah. Jangan lupa untuk membeli aneka bahan memasak dan bumbu dapur melalui Aplikasi Super untuk mendapatkan harga yang murah dengan berbagai cashback dan promo meriah. Ada juga harga grosir yang akan memanjakan dompet Sedulur ketika belanja.

Belanja di Aplikasi Super menjadi pilihan cerdas jika Sedulur memiliki kesibukan yang padat. Selain bisa bebas biaya ongkir, barang pesanan juga akan diantar sampai ke depan rumah. Waktu pengirimannya juga cepat, sehingga bisa Sedulur andalkan untuk waktu-waktu mendesak. Tunggu apalagi? Segera download aplikasinya di PlayStore, ya!