bahan baju yang paling adem

Setiap kain atau bahan baju tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun melihat kondisi cuaca di Indonesia yang cenderung panas, tidak heran kain atau bahan baju yang paling adem menjadi yang paling sering dicari.

Pernah memperhatikan jika badan menjadi lebih bau ketika mengenakan pakaian tertentu? Tidak hanya karena cuaca panas, hal ini juga bisa terjadi karena keringat yang keluar tidak terserap dengan baik. Selain itu, hal itu biasanya juga membuat kulit gatal dan terasa tak nyaman.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan kain atau bahan baju yang paling adem merupakan pilihan yang paling tepat. Lantas jenis kain apa saja yang dimaksud, berikut ini daftarnya!

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

1. Katun

Unsplash/Phil Monte

Bahan baju yang paling adem pertama adalah katun. Katun mempunyai kemampuan yang baik untuk menyerap kelembaban dari tubuh, seperti keringat. Serat katun juga bersifat breathable, sehingga memberikan sirkulasi udara yang membantu mendinginkan kulit.

2. Linen

Linen memiliki struktur yang menciptakan ruang diantara serat-seratnya, sehingga membuat sirkulasi udara yang baik. Udara dapat mengalir bebas melalui kain, tentu saja akan membantu menjaga tubuh tetap dingin.

3. Rayon

Kain rayon dikenal dengan struktur longgar yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, maka udara bisa mengalir melalui serat-serat rayon dengan mudah, dan memberikan rasa kesejukan pada tubuh.

4. Bambu

Kain yang terbuat dari serat bambu diklaim dapat menyerap dan mengeluarkan keringat dengan baik. Struktur serat bambu juga memiliki celah-celah kecil yang membuat sirkulasi udara lebih baik, memberikan rasa kesejukan.

5. Tencel

Dengan kelembaban yang baik, kain tencel dapat menyerap keringat dari tubuh dan menjaga kulit tetap kering. Serat pada kain ini juga memiliki struktur yang mengalirkan udara melalui serat-seratnya, dan membuat pengguna tetap merasa sejuk.

6. Modal

Unsplash/Oriol Hausmann

Struktur dari serat kain modal juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Udara bisa mengalir melalui kain, dan memberikan kenyamanan dan kesejukan saat dikenakan. Selain itu, serat dari kain ini juga ringan dan lembut, sehingga memberikan rasa nyaman pada kulit.

7. Serat Serut Kelapa

Struktur serat kelapa mempunyai celah-celah yang membentuk sirkulasi udara yang baik. Serat kelapa juga bersifat antibakteri dan antijamur alami, yang akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada pakaian.

8. Chambray

Chambray terbuat dari katun yang merupakan serat alami. Salah satu bahan baju yang paling adem ini, memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap kelembaban, sehingga mengurangi rasa lengket dan memberikan rasa segar saat dipakai.

9. Poplin

Poplin dibuat dari katun atau campuran serat alami lainnya. Katun ini memiliki bobot yang ringan dan cocok digunakan sebagai bahan pakaian musim panas. Katun dalam kain poplin memiliki kemampuan menyerap kelembaban dengan baik, yang membantu menjaga tubuh tetap nyaman dan segar.

10. Seersucker

Ciri khas seersucker ada pada struktur berlipat-lipat atau berkerut yang terbentuk selama proses produksi. Lipatan ini membentuk celah udara di antara kain dan kulit, sehingga memberikan sirkulasi udara yang baik dan memberikan kesejukan.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Jenis Bahan Jaket Parasut Terbaik 2023

11. Voile

bahan baju yang paling adem
Unsplash/Allesia C

Bobot dari voile yang ringan, membuatnya terasa nyaman dan cocok untuk penggunaan dalam cuaca panas. Voile juga mampu menyerap kelembaban dengan baik, membantu menjaga tubuh agar tetap kering dalam waktu yang lama.

12. Organza

Bahan baju yang paling adem berikutnya adalah organza. Organza mempunyai struktur yang tipis dan transparan, sehingga memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Kelebihan ruang antar serat membuatnya nyaman dan memberikan efek sejuk saat dikenakan.

13. Jersey

Kain jersey merupakan jenis kain yang sering digunakan untuk pembuatan pakaian olahraga. Hal ini karena kain tersebut memiliki sifat yang elastis dan fleksibel. Selain itu, jersey juga memiliki kemampuan menyerap kelembaban yang baik.

14. Sutra

Kain sutra memiliki struktur yang ringan dan juga terbuka. Struktur itulah yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Udara bisa mengalir melalui serat-serat sutra, dan memberikan rasa sejuk pada saat dipakai.

15. Mesh

Adanya lubang-lubang kecil di antara serat-serat dari kain Mesh, akan membuat udara dengan mudah mengalir. Selain itu, kain ini juga memiliki kemampuan untuk kering dengan lebih cepat setelah terkena kelembaban, seperti keringat.

16. Coolmax

bahan baju yang paling adem
Unsplash/Nimble Made

Kain Coolmax menggunakan teknologi moisture-wicking yang unggul. Kain ini dirancang dengan kemampuan untuk menarik kelembaban dari kulit ke permukaan kain dengan cepat. Dengan begitu, maka tubuh akan tetap kering dan terasa sejuk.

Itu dia beberapa bahan baju yang paling adem dan paling cocok digunakan untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Kendati demikian, kenyamanan bahan baju tidak selalu sama, tergantung pada preferensi pribadi dan juga kondisi cuaca setempat.

Selain itu, desain baju juga memiliki peranan yang penting dalam memberikan kenyamanan secara keseluruhan. Jadi, pastikan terlebih dahulu Sedulur mengetahui setiap karakter dari kain atau bahan baju yang paling cocok.