tugas admin sekolah privat adalah

Di setiap sekolah terdapat beberapa pekerjaan yang berperan penting. Salah satunya yaitu tugas staff admin. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama beberapa tugas admin sekolah privat adalah penting bagi berjalannya sekolah.

Karena, tanpa adanya tugas admin sekolah privat adalah sekolah yang biasa saja. Dengan kinerja staff admin, sekolah privat bisa memiliki kualitas yang baik. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas segala hal tentang tugas admin beserta dengan gaji dan pekerjaannya. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ke Sekolah

Tentang Admin Sekolah

tugas admin sekolah privat adalah
Pexels/Mizuno K

Secara sederhana, tugas admin sekolah privat adalah memastikan urusan administrasi sekolah privat berjalan dengan baik. Keberadaan status administrasi sekolah tidak lepas dari efektivitas program sekolah. Mereka bukan staf pengajar atau biasa disebut staf administrasi/tata usaha.

Tanpa tenaga kerja ini, sekolah menjadi rumit, terutama dalam urusan administrasi. Tugas admin sekolah adalah menunjang jalannya semua proses belajar mengajar di sekolah. Salah satunya langsung ke layanan administrasi.

Sehingga proses belajar mengajar yang efisien dan efektif dapat berjalan dengan lancar. Baik guru dan tenaga sekolah beserta siswa segala urusan administrasinya dijalankan oleh seorang admin sekolah privat itu sendiri.

Tugas Staff Admin di Sekolah

tugas admin sekolah privat adalah
Unsplash/Gaurav Dhwaj Khadka

Terdapat beberapa tugas pokok yang menjadi tugas seorang admin sekolah. Tugas pokok seorang administrator adalah melakukan dan menjalankan ketatausahaan sekolah serta bertanggung jawab kepada kepala tata suaha.

Adapun secara lengkap, berikut ini adalah penjelasan terkait tugas seorang staff admin sekolah, terutama sekolah privat yaitu:

1. Urusan administrasi sekolah

Pada pengurusan administrasi sekolah pada umumnya berkaitan dengan penyusunan program kerja, pengelolaan keuangan, administrasi ketenagaan dan siswa, penyusunan administrasi perlengkapan sekolah, penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah, dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan ketatausahaan secara berkala.

2. Menyusun data statistik sekolah

Administrasi sekolah juga bertanggung jawab untuk menyusun data statistik sekolah untuk dilaporkan ke Pusat Data dan Teknologi Informasi seperti yang ditunjukkan pada alamat ini di http://statistik.data.kemdikbud.go.id/.

Data statistik ini harus disiapkan oleh pegawai administrasi sekolah. Jika data ini tidak disusun, sekolah tempat dia bekerja tidak akan direkap oleh sistem Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Data-data yang perlu dimasukkan bisa mulai dari jenis kelamin siswa, alamat, prestasi, umur, hingga data tentang fasilitas yang dimiliki sekolah seperti toilet, perpustakaan, ruang kelas, perpustakaan, tempat ibadah dan lain sebagainya.

3. Urusan administrasi kesiswaan

Tugas administrator khususnya administrasi kesiswaan berkaitan dengan membuat nomor induk, mengisi buku induk, mengisi buku mutasi, membuat daftar siswa perkelas, menyimpan data alumni, rekap presensi siswa, pendataan siswa baru, menyiapkan surat izin keluar masuk, membuat surat keterangan dan mutasi siswa, dan kegiatan kesiswaan lainnya.

4. Urusan administrasi keuangan

Administrator yang bertanggung jawab dalam administrasi keuangan memiliki tugas menyimpan dokumen, rekening giro atau bank, mengajukan pembayaran, membuat laporan  penggunaan keuangan, menyimpan arsip dan SPJ keuangan, dan tugas lainnya.

5. Pengelolaan sumber daya guru

Pengelolaan Sumber Daya Guru yang Tepat Tanggung jawab staf administrasi sekolah. Tidak hanya bertanggung jawab atas kerangka program kerja tetapi juga bekerja pada anggaran, logistik, jadwal guru, tindakan disiplin, evaluasi dan hubungan masyarakat di bawah pengawasan administrasi sekolah.

Administrasi sekolah juga memastikan bahwa guru memiliki alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyampaikan kurikulum yang efektif kepada siswa mereka.

6. Memelihara buku induk staf dan siswa

Administrator sekolah juga harus memelihara buku induk staf untuk karyawan sekolah, seperti guru dan staf lainnya, dan buku catatan siswa. Buku besar ini memiliki fitur yang hebat karena buku ini berisi catatan yang mencakup semua staf dan siswa di sekolah.

Buku ini mencatat keluar masuknya siswa dan karyawan setiap tahun dan berfungsi sebagai identitas pribadi sekolah dan sebagai dokumentasi penting untuk masa depan.

7. Urusan administrasi kepegawaian

Seorang administrator yang berhubungan dengan administrasi kepegawaian bertugas untuk mengisi buku induk pegawai, membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS, membuat daftar hadir guru/pegawai, membuat daftar gaji, menyimpan berkas data dan arsip pegawai, dan tugas lainnya.

8. Membuat kerangka program kerja staf administrasi di sekolah

Pada prinsipnya harus dapat membuat kerangka kerja agar tugas administrasi dapat berjalan dengan lancar. Tanpa kerangka kerja, administrasi sekolah tidak dapat menangani tugas-tugas yang berkaitan dengan keuangan, statistik sekolah, laporan pembelajaran, dll.

Jadi jika Sedulur ingin menjadi pegawai staf administrasi sekolah ini, Sedulur harus bisa membuat kerangka kerja untuk program kerja.

BACA JUGA: Jarang Diketahui, Ini Tugas Tata Usaha Sekolah SD di Indonesia!

Tugas Administrasi Sekolah Lainnya

kerja online mengetik yang digaji
Unsplash/Kaityln Baker

Selain beberapa tugas dan tanggung jawab di atas, terdapat beberapa tugas admin sekolah lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Menangani administrasi kepegawaian guru dan siswa
  • Siapkan data manajemen untuk perlengkapan sekolah
  • Pengumpulan dan penyajian data statistik sekolah
  • Pembuatan kerangka program kerja administrasi sekolah
  • Kelola data keuangan sekolah
  • Menangani administrasi tenaga kerja dan administrasi sekolah
  • Menyusun data administrasi peralatan sekolah
  • Menyusun semua data statistik sekolah
  • Mengkoordinir pelaksanaan
  • Pembuatan laporan pelaksanaan kegiatan
  • Melaksanakan pengurusan administrasi secara berkala
  • Kelola buku induk staf dan siswa
  • Terlibat dalam hubungan masyarakat
  • Menyusun RKAS bersama kepala sekolah
  • Melaksanakan kebijakan kepala sekolah yang disosialisasikan
  • Mengawasi penyusunan laporan dari setiap bagian

Tanggung Jawab Admin Sekolah

Adapun tanggung jawab admin sekolah sebagai berikut:

  • Mengawasi setiap pelaksanaan pekerjaan staf di bawahnya
  • Menerima dan membagikan beberapa surat yang ditujukan kepada kepala sekolah
  • Melakukan pendampingan dan pengembangan karir bagi staf administrasi sekolah
  • Seperti dapat dilihat dari semua pekerjaan dan tanggung jawab di atas, peran administrasi akademik cukup luas.

Menjangkau semua faktor, dari luar atau dalam sekolah. Staf administrasi sekolah di bawah pengawasan langsung kepala sekolah dan kepala tata usaha.

BACA JUGA: Gaji Guru Honorer SD-SMA Menurut Undang-Undang

Gaji dan Tunjangan Admin Sekolah

Unsplash/Becomes Co

Gaji pegawai administrasi sekolah masih memprihatinkan. Bahkan di beberapa daerah, mereka hanya mendapatkan separuh dari UMK kotanya masing-masing. Namun, kabarnya pemerintah saat ini sedang menggalakkan gagasan peningkatan kesejahteraan staf sekolah.

Namun di sejumlah daerah ada yang sudah menerima tunjangan sebesar Rp 750.000/bulan. Selain itu, dipermudah dengan pengajuan sertifikat guru honorer.

Persyaratan dan Kualifikasi Admin Sekolah

Bagi Sedulur yang tertarik menjadi seorang administrasi sekolah, tentu terdapat persyaratan yang perlu Sedulur penuhi. Adapun persyaratan administrasi yang perlu Sedulur penuhi, terutama dalam hal pendidikan dan pengalaman yaitu:

  • Pendidikan minimal D3 atau sederajat
  • Pendidikan minimal S1 jurusan terkait (jika ingin mengisi posisi Kepala Administrasi Sekolah)
  • Awalnya bertugas di jajaran staf sekolah (prioritas lebih tinggi)

Selain itu, skill dan kemampuan yang perlu dipenuhi yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki Surat Keterangan Kepegawaian Sekolah/Madrasah dari instansi resmi yang ditunjuk pemerintah
  • Dapat menguasai Microsoft Office

Kondisi di atas adalah pandangan umum. Tidak menutup kemungkinan lulusan SMA bisa diterima di program tersebut. Atau Sedulur juga bisa mencoba peruntungan melalui pendaftaran CPNS yang dibuka pemerintah.

Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu tugas admin sekolah privat adalah tugas yang penting. Semoga dari penjelasan yang lengkap di atas, bisa jadi motivasi bagi Sedulur terutama yang tertarik bekerja menjadi admin sekolah privat.