Dokumen tertulis yang dibuat oleh suatu lembaga, institusi, atau perusahaan yang menyebutkan bahwa seseorang sudah pernah bekerja di perusahaan selama periode tertentu merupakan definisi dari surat pengalaman kerja. Maka dari itu, syarat paling utama dan penting dari dokumen tertulis tersebut adalah sudah pernah bekerja. Fungsi dari dokumen tertulis ini adalah ketika seseorang hendak melamar pekerjaan di tempat lain.

Surat tersebut menjadi salah satu pertimbangan perusahaan baru akan merekrut atau tidak. Lantas, seperti apa format dokumen tertulis ini? Apa saja isinya? Simak penjelasan lengkap beserta contoh dari surat keterangan pengalaman kerja disini, ya.

BACA JUGA: Kumpulan Surat Resign Pengunduran Diri yang Baik & Benar

1. Apa saja isi dari surat pengalaman kerja?

surat pengalaman kerja
pixabay

Dokumen tertulis ini memiliki isi berupa pernyataan berakhirnya hubungan kerja antara perusahaan dengan karyawan. Isi dari surat pengalaman kerja adalah sebagai berikut:

-->
  • Seperti apa karyawan bisa melakukan pekerjaannya (kinerja pekerjaan)
  • Penyebab berakhirnya hubungan pekerjaan
  • Durasi hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan
  • Deskripsi singkat tentang pekerjaan yang dilakukan

Sementara itu, tujuan dari dokumen ini selain sebagai pertimbangan perusahaan baru adalah sebagai salah satu syarat untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan sebagai dana tunjangan sosial. Tak hanya itu saja, dokumen ini bisa menjadi salah satu syarat wajib ketika seseorang ingin mendaftar program beasiswa dari instansi swasta maupun pemerintah. 

Maka dari itu, jangan lupa untuk memintanya setelah memutuskan untuk melepaskan diri dari suatu instansi atau perusahaan. Hal itu merupakan bentuk rekomendasi dari perusahaan terhadap mantan pegawai secara tidak langsung.

2. Cara membuat surat pengalaman kerja

surat pengalaman kerja
pixabay

Tak hanya bisa dibuat oleh perusahaan melalui HRD atau personalia saja, dokumen tertulis ini juga bisa dibuat oleh karyawan itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cantumkan secara tepat posisi karyawan tersebut dalam perusahaan, tak lupa dengan data dirinya.
  • Cantumkan kelebihan, prestasi, dan kinerja karyawan yang bersangkutan secara rinci
  • Masukkan pula durasi karyawan yang bersangkutan telah bekerja dalam perusahaan.

Jika perusahaan menolak untuk memberikan surat pengalaman kerja untuk karyawan yang bersangkutan, maka karyawan tersebut berhak untuk bisa mengajukan gugatan ke Pengadilan Perdata tingkat Pengadilan Negeri. Namun, akan terjadi dampak buruk terhadap karyawan itu sendiri ketika mengajukan gugatan ke pengadilan. Maka dari itu, tindakan tersebut tidak disarankan.

BACA JUGA: Ini Cara & Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, Lengkap!

3. Contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan

surat pengalaman kerja
slideshare

Dokumen yang menerangkan bahwa seseorang pernah bekerja dengan tanggung jawab dan fungsi tertentu dari suatu perusahaan merupakan pengertian dari surat pengalaman kerja dari perusahaan. Diatas adalah contoh dokumennya yang merupakan seorang supervisor di suatu perusahaan.

4. Contoh surat pengalaman kerja bidan

surat pengalaman kerja
pinterest

Bidan juga merupakan sebuah pekerjaan, tidak hanya sebagai tamatan atau pendidikan saja. Seseorang yang cocok bekerja sebagai bidan adalah yang memiliki basis pendidikan sebagai bidan pula. Oleh karena itu, ketika melamar kerja di tempat lain di profesi yang sama, maka dokumen tertulis ini penting untuk dilampirkan. Diatas merupakan salah satu contoh surat pengalaman kerja simple sebagai bidan yang bisa dilampirkan. 

BACA JUGA: 20+Kerja Sampingan Online, Nambah Penghasilan Tanpa Modal!

5. Contoh surat pengalaman kerja guru

surat pengalaman kerja
pinterest

Dokumen tertulis ini dibutuhkan oleh seorang guru yang bersangkutan sebagai bukti bahwa ia memiliki kemampuan yang baik terhadap mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa. Pihak yang menandatangani surat pengalaman kerja tersebut adalah penanggung jawab instansi, pihak sekolah, atau pihak manajemen instansi yang terkait tempat guru mengajar para siswa. Beberapa jabatan yang bertanggung jawab misalnya adalah pimpinan lembaga pendidikan dan kepala sekolah.

6. Sebagai koordinator entri data

surat pengalaman kerja
99.co

Contoh surat pengalaman kerja simple sebagai koordinator entri data yang tidak bertele-tele adalah seperti diatas. Tak hanya singkat, isi dari dokumen ini juga memiliki kaidah bahasa indonesia yang baik. 

BACA JUGA: Tips & Cara Melamar Kerja Lewat Email yang Benar, Yuk Pelajari!

7. Sebagai administrasi umum bank

surat pengalaman kerja
maucash

Berikutnya adalah contoh surat pengalaman kerja perusahaan di bidang keuangan yaitu bank sebagai administrasi umum. Surat tersebut terlampir tanda tangan serta cap dari perusahaan yang bersangkutan di bagian bawahnya.

8. Sebagai manajer

pixabay

Berikut adalah contoh dokumen pendukung tertulisnya sebagai manager sebuah perusahaan;

PT. KEPALA BANTENG

Jl. Beringin Hijau No.2 Solo

Website: www.kepalabanteng.com

PAKLIRING

No. : 12/HRD/XI/2012

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Putri Maharini

Jabatan : Direktur PT. Kepala Banteng

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

Nama : Muhammad Sanusi

Alamat : Jl. Rengasdengklok No. 22 Solo

Dengan sebenarnya telah bekerja pada perusahaan PT. Putri Maharini terhitung sejak tanggal 01 Januari 2011 sampai dengan 01 Februari 2012, dengan jabatan terakhir Manager Information Technology Department. Selama menjadi staf kami, Saudara Muhammad Sanusi telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang terbaik kepada terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang sifatnya merugikan perusahaan.

Saat ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat semakin sukses dimasa yang akan datang.

Demikian dokumen ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Cirebon, 01 Maret 2012

Direktur PT. Kepala Banteng,

Putri Maharini

BACA JUGA: 40+ Kata-kata Motivasi Kerja Agar Kembali Semangat dan Fokus

9. Sebagai staff administrasi

surat pengalaman kerja
manajemenkeuangan

Adapun surat keterangan pengalaman kerja sebagai salah satu staff administrasi adalah sebagaimana contoh yang bisa dilihat diatas. 

10. Sebagai karyawan kontrak

pixabay

Tak hanya sebagai karyawan tetap saja, karyawan kontrak pun bisa mengajukan surat pengalaman kerja. Berikut adalah contohnya:

PT Mutiara Abadi

Jl. A. Yani No.12 Bandung

PAKLIRING

Certificate Of Employment

No : 12/SPK-CM/VIII 2021

Yang bertanda tangan di bawah ini  :

Nama: Sugiono

Alamat : Jl. A. Yani No. 12 Bali

Status : Pegawai Kontrak

Sesungguhnya merupakan karyawan PT. Mutiara Abadi. Yang bersangkutan mulai bekerja terhitung pada tanggal 11 Januari 2020 sampai dengan 20 April 2021.

Selama menjadi karyawan di perusahaan kami. Saudara Sugiono bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaannya. Loyalitas serta dedikasinya yang dikontribusikan bagi perusahaan kami sangat cemerlang.

Yang bersangkutan memiliki hasil kerjanya sangat memuaskan. Selama bekerja, yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan.

Demikian dokumen ini dibuat, agar digunakan sebagaimana mestinya.

Bali, 1 Mei 2021

PT Mutiara Abadi,

Andi Lau

BACA JUGA: 30+ Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Terbaik Menjawabnya!

11. Sebagai project manager

danain

Contoh surat pengalaman kerja atau disebut juga dengan paklaring sebagai project manager diatas bisa diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, itu dia beberapa contoh surat pengalaman kerja yang biasanya menjadi salah satu lampiran dalam sebuah dokumen berisi lamaran. Tak hanya dokumen itu saja yang dibutuhkan, namun Sedulur juga harus menyertakan juga dengan daftar riwayat hidup atau CV. Semoga bermanfaat!