Sedang membutuhkan kerja dan berniat untuk melamar kerja? Sedulur bisa melihat contoh surat lamaran kerja di bawah ini, beserta dengan langkah membuat surat lamaran kerja.

Mengetahui contoh surat lamaran pekerjaan merupakan hal penting. Dengan memiliki contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, Sedulur bisa melakukan cara membuat surat lamaran kerja. Superapp.id, dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan contoh cv lamaran kerja, berikut tips dan langkah cara membuat lamaran kerja yang harus ditempuh.

Memiliki contoh surat lamaran kerja di PT akan lebih memudahkan bagi Sedulur untuk membuat surat lamaran kerja. Karena melalui contoh surat lamaran kerja terbaru, Sedulur memiliki gambaran terkait format lamaran kerja, baik itu dalam contoh surat lamaran kerja umum atau dalam template surat lamaran kerja.

Seperti apa saja contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia? Sedulur bisa simak dalam penjelasan di artikel ini. Namun sebelum itu, ada baiknya Sedulur simak dulu langkah dalam contoh surat lamaran kerja pada umumnya.

Baca Juga: Cara Kerja Super Agen, Simpel, Mudah dan Untung

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat
beritasatu.com

Setiap surat, baik itu surat keputusan, surat pemberitahuan dan surat resmi lainnya harus memiliki identitas pembuatan, yaitu tempat dan tanggal penulisan surat. Dalam setiap contoh surat lamaran kerja, tempat dan tanggal penulisan surat merupakan hal pertama dan ditulis di pojok kanan atas sekaligus juga merupakan awalan dari surat lamaran kerja.

2. Penerima Surat

2. Penerima Surat
merdeka.com

Di bawah tempat dan tanggal surat, cantumkan penerima surat disertai dengan Yth (yang terhormat). Sedulur bisa mencantumkan nama seseorang beserta dengan gelarnya dan juga bisa menyertakan nama perusahaan tempat Sedulur akan melamar kerja.

3. Alamat Penerima Surat

3. Alamat Penerima Surat
okezone.com

Baik itu alamat perusahaan atau seseorang yang akan menerima surat kita, alamat merupakan faktor penting. Hal ini meyakinkan penerima surat bahwa surat lamaran kerja memang ditujukan kepada mereka. Dalam setiap contoh surat lamaran kerja, alamat penerima surat berada di bawah penerima surat.

4. Salam Pembuka dan Kata Pengantar

4. Salam Pembuka dan Kata Pengantar
detik.com

Selanjutnya masuk pada isi surat lamaran kerja. Dimulai dengan salam pembuka lalu masuk pada kata pengantar atau pembukaan.  Dalam kata pengantar dan pembukaan, jangan lupa untuk mencantumkan dari mana Sedulur mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang Sedulur lamar. Sebutkan juga posisi yang Sedulur inginkan. Hal ini sangat penting.

5. Biodata Pribadi

5. Biodata Pribadi
kumparan.com

Dalam setiap contoh surat lamaran kerja, biodata pribadi adalah hal yang sangat penting. Melalui biodata pribadi ini, perusahaan bisa mengetahui Sedulur. Cantumkan lama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor handphone, alamat email, dan pendidikan terakhir. Agar lebih meyakinkan, Sedulur bisa menyertai gelar akademik yang Sedulur miliki.

Baca Juga: Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Sambil Mengurus Rumah Tangga

6. Pengalaman Kerja dan Kemampuan Diri

6. Pengalaman Kerja dan Kemampuan Diri
pulung.net

Bagian ini merupakan bagian penting yang akan meyakinkan setiap perusahaan, yaitu pengalaman kerja dan kemampuan diri Sedulur itu sendiri. Dalam setiap lamaran kerja, pada bagian ini banyak yang menyampaikan pengalaman dan kemampuan diri dengan sangat baik agar meyakinkan perusahaan. Sedulur juga wajib melakukan hal tersebut.

7. Penutup

7. Penutup
suara.com

Bagian terakhir adalah penutup, gunakan bahasa yang sopan dan halus serta sampaikan bahwa Sedulur benar-benar berharap untuk bekerja di perusahaan yang dituju dan sampaikan secara yakin bahwa dengan adanya Sedulur di perusahaan tersebut dapat memberikan perubahan untuk perusahaan itu sendiri. Akhir surat dengan tanda tangan berikut nama lengkap Sedulur.

8. Lampiran

8. Lampiran
wowheboh.com

Ini juga bagian penting, dalam setiap contoh surat lamaran kerja pasti dilampirkan pas foto, KTP, CV atau daftar riwayat hidup, ijazah terakhir dan juga sertifikat kompetensi yang dimiliki. Tujuannya untuk semakin meyakinkan perusahaan agar dapat mempekerjakan Sedulur.

Setelah mengetahui daftar langkah membuat surat lamar kerja, tentu Sedulur ingin mengetahui bagaimana contoh surat untuk melamar kerja? Berikut ini terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa Sedulur gunakan.

Tips Ampuh Surat Lamaran Kerja Bagi Sedulur Super

Contoh Surat Melamar Kerja Bagi yang Berpengalaman

Contoh Surat Melamar Kerja Bagi yang Berpengalaman
dreambegins.com

Bagi Sedulur yang telah berpengalaman mungkin sudah sangat biasa dalam membuat surat lamaran, terlebih biasanya perusahaan yang mencari Sedulur dan meminta untuk bekerja. Bukan Sedulur yang mencari pekerjaan. Biasanya surat lamaran lebih kepada sebagai formalitas yang harus dilalui saja. Sedulur bisa melihat contoh surat pada gambar di atas.

Contoh Surat Kerja Bagi Fresh Graduate

Contoh Surat Kerja Bagi Fresh Graduate
dreambegins.com

Setiap orang yang baru lulus sangat minim pengalaman, maka dari itu panduan untuk membuat surat lamaran untuk kerja sangat penting. Sebenarnya tidak banyak yang berbeda dengan contoh lain, Sedulur bisa mengikutinya dengan melihat langkah di atas.

Contoh Surat Lamaran Magang

Contoh Surat Lamaran Magang
contohsurat.co

Berbeda dengan yang mencari kerja, biasanya magang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan salah satu syarat untuk lulus perkuliahan atau sekolah. Sedulur bisa melihat contohnya di atas. Perbedaan terletak pada tujuan dan perihal surat, yaitu untuk magang bukan untuk bekerja.

Lantas apakah ada tips lain untuk dapat bekerja tanpa ribet dan dengan proses yang cepat? Tentu saja jawabannya sangat ada. Sedulur tinggal melamar menjadi Super Agen di Aplikasi Super. Dengan menjadi Agen Aplikasi Super, Sedulur bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Daftar Jadi Super Agen dan Dapatkan Jutaan Rupiah Setiap Bulannya

Daftar Jadi Super Agen dan Dapatkan Jutaan Rupiah Setiap Bulannya
superapp.id

Terdapat lowongan Super Agen di Aplikasi Super. Dengan menjadi agen sembako dan agen Aplikasi Super, Sedulur bisa mendapatkan untung jutaan rupiah.

Super Agen merupakan program kemitraan dari Aplikasi Super yang bisa dilakukan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan. Super Agen akan menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Baik itu menjadi agen sembako super atau agen frozen food super, dan bahan lainnya. Bagi Sedulur yang tertarik, Sedulur bisa simak langkah untuk mendaftarnya di bawah ini. Tanpa ribet dan sangat mudah!

  • Pastikan Sedulur berdomisili di Kota Surabaya, Sidoarjo, Malang, Batu, Gresik, Pasuruan, Lamongan dan Mojokerto.
  • Hubungi nomor admin via WhatsApp di sini.
  • Isi form data diri Sedulur (nama, no telp, alamat, dan nomor KTP) melalui WhatsApp.
  • Admin aplikasi super akan menghubungi kamu untuk proses pendaftaran selanjutnya
  • Selamat! Sedulur sukses bergabung menjadi Super Agen!

Semoga dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dan penghasilan yang lebih layak. Manfaatkan setiap kesempatan dengan sebaik mungkin. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mempelajari lebih lanjut tentang Aplikasi Super. Selamat mencoba!