leaflets adalah

Leaflets adalah sarana publikasi yang berbentuk singkat dalam lebaran kertas yang berukuran kecil. Sebagaimana lembaran kertas yang ditemu dalam brosur. Jika dilihat sepintas, leaflets memiliki kesamaan dengan brosur. Namun kedua benda tersebut adalah hal yang berbeda.

Leaflets adalah sarana publikasi yang hanya terdiri dari 200-400 karakter dengan huruf yang ditata dan dilengkapi dengan visual yang mendukung kata-kata agar pembacanya lebih mudah menyerap informasi. Lebih lengkap terkait pengertian leaflets, simak info di bawah ini!

BACA JUGA: Apa itu Merchandise: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian leaflet

leaflet adalah dan contohnya
Unsplash

-->

Leaflets adalah lembaran kertas berukuran kecil yang mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada khalayak ramai dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu hal atau peristiwa. Biasanya, leaflet juga diberikan dalam sebuah kegiatan yang membutuhkan petunjuk, terutama penunjuk jalan.

Contohnya dalam kunjungan ke museum atau suatu pameran, leaflets adalah hal penting yang harus dipegang. Karena jika tidak memegang leaflets, kita tidak bisa mengikuti kegiatan di museum atau pameran yang dikunjungi. Kira-kira, hal ini merupakan gambaran penting dari sebuah leaflet itu sendiri.

Setelah mengertai leaflet adalah dan contohnya di atas, Sedulur juga harus mengetahui beberapa fungsi dari benda itu sendiri. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari leaflet.

1. Sarana promosi

Sarana promosi
Pinhome

Fungsi dari leaflets yang pertama adalah sebagai sarana promosi, sama dengan pamflet. Pamflet adalah selembar kertas yang dominan oleh teks yang berisi informasi padat. Media promosi menggunakan leaflet sangat efektif karena mudah dibawa kemana pun dan mudah mendapatkan informasi utama dari produk atau usaha yang dipromosikan.

2. Sarana informasi

informasi
Japracool

Fungsi dari leaflet yang kedua adalah sarana informasi yang sama dengan fungsi dari flyer. Flyer adalah lembaran kertas yang berisi informasi yang disebarkan untuk tujuan tertentu. Namun leaflet biasanya disebar untuk memberikan infromasi terkait barang dan memberikan informasi terkait kelebihan sebuah barang.

Bukan hanya itu, leaflet juga mengandung media informasi seperti penunjuk arah. Biasanya, informasi yang terkandung dalam leaflet adalah sebagai berikut:

  • Nama usaha atau brand, bisa juga suatu kegiatan
  • Produk atau jasa yang ditawarkan
  • Keunggulan dari produk atau jasa
  • Cara memesan produk atau jasa
  • Nomor kontak yang bisa dihubungi

3. Sarana identifikasi

flyer adalah
Pulau Pari

Salah satu perbedaan brosur dan leaflet terletak pada sarana identifikasi. Brosur adalah sebuah media lembaran yang hanya fokus pada informasi yang disampaikan, berbeda dengan leaflet.

Biasanya leaflet memiliki fungsi untuk memperkenalkan sebuah perusahaan dari logo yang terpampang dalam selebaran tersebut. Sehingga dapat memudahkan pembaca untuk mengenali perusahaan yang memberikan kertas itu.

Biasanya untuk yang satu ini dikeluarkan oleh pihak-pihak tertentu misalnya rumah sakit atau kantor kepolisian. Kontenyya berisikan informasi penting untuk penerima seperti nomor telepon dan alamat sebuah instansi pemerintahan.

Ukuran kertas leaflet

Ukuran kertas
Printerous

Setelah mengetahui pengertian leaflets adalah sebagai media informasi yang digunakan untuk beberapa tujuan, mungkin Sedulur ada yang bertanya berapa ukuran kertas yang digunakan untuk membuat leaflets. Ukuran leaflet yang umum digunakan sebelum dilipat adalah A4 atau setara dengan 21 cm x 29,7 cm.

Jika ingin bentuk leaflet memiliki 4 lipatan, kamu bisa menggunakan kertas yang lebih panjang, namun lebarnya tetap sama. Dengan adanya ukuran A4, bukan berarti jadi acuan dalam membuat leaflet. Bisa juga menggunakan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Berbeda lagi jika mengoptimalkan anggaran biaya cetak, maka ukuran A4 adalah pilihannya. Mengapa? Karena ukuran tersebut bisa dibentuk menjadi 2 atau 3 lipatan.

Ciri-ciri lipatan

perbedaan brosur dan leaflet
Seputar Ilmu

Jika melihat leaflet kesehatan, isinya terdapat beberapa ciri dan pola tersendiri. Bagi Sedulur yang saat ini masih kesulitan membedakan leaflet dan media lain, berikut ini adalah ciri-ciri dari leaflet. Ciri-ciri ini terutama untuk leaflet berbentuk selebaran. Ciri-ciri tersebut kurang lebih sebagai berikut:

  • Berisi informasi dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
  • Isi dari informasi pada umumnya adalah logo, produk atau sebuah perusahaan, alamat dan informasi atau program yang dicantumkan
  • Berupa lembaran yang memiliki ukuran kecil, dan bisa dilipat tapi ada juga yang tidak dilipat
  • Dicetak pada kedua sisi kertas, dan desain bisa menyesuaikan lipatan
  • Biasanya terdiri dari 200-400 kata
  • Gambar yang ada sesuai dengan informasi yang diberikan
  • Tampilan warna yang cerah untuk menarik perhatian
  • Pada umumnya, memiliki ukuran 20-30 cm

Sebagai media promosi penting, berikut ini adalah beberapa langkah dan cara membuat leaflet yang bisa dilakukan untuk membuatnya:

1. Menggunakan Corel Draw

cara membuat leaflet
Kredit Pintar

Leaflets adalah media promosi yang membutuhkan desain terlebih dahulu. Aplikasi yang bisa Sedulur gunakan yaitu aplikasi Corel Draw. Berikut langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membuat leaflet:

  1. Siapkan jaringan internet yang stabil pada perangkat yang akan digunakan untuk cara membuat leaflet
  2. Buka browser favorit dan buka halaman www.freepik.com
  3. Tuliskan leaflet dan filter dengan format vektor
  4. Kemudian akan muncul banyak desain template leaflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.
  5. Download dengan format EPS
  6. Jika sudah ter-download atau terunduh, buka dengan Corel Draw
  7. Secara otomatis file format Ilustrator bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu
  8. Lakukan beberapa perubahan pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya
  9. Jika sudah, lakukan penyimpanan sesuai format untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat leaflet
  10. Cara membuat leaflet dengan Corel Draw selesai

2. Menggunakan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop
Liputan6

Cara mudah membuat leaflets adalah dengan menggunakan Adobe Photoshop. Sedulur tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini: Kemudian akan muncul banyak desain template leaflet yang diinginkan dan bisa disesuaikan kebutuhan.

  1. Download terlebih dahulu template leaflet dengan fotmat Photoshop
  2. Jika sudah ter-download atau terunduh, buka dengan Photoshop.
  3. Secara otomatis file format Photoshop bisa diedit dengan ungroup terlebih dahulu
  4. Lakukan beberapa perubahan pada tulisan, warna, gambar, perpindahan posisi, dan lain sebagainya
  5. Jika sudah, lakukan penyimpanan sesuai format untuk mencetak atau yang dibutuhkan untuk mengakhiri cara membuat leaflet
  6. Cara membuat leaflet dengan Photoshop selesai

3. Canva online

Canva
Urban Asia

Cara mudah membuat leaflets adalah dengan menggunakan canva. Sedulur tidak perlu instal aplikasi, Sedulur hanya tinggal mengunjungi situs Canva dan membuatnya langsung. Berikut ini langkah membuatnya yang bisa dilakukan:

  1. Langkah pertama dalam cara membuat leaflets adalah dengan mengunjungi situs Canva
  2. Login atau signup
  3. Masuk dan pilih jenis desain leaflet yang diinginkan
  4. Pada halaman ini sudah tersedia banyak template lucu dan unik berbentuk layout untuk cara membuat leaflet
  5. Untuk memudahkan, pilih sesuai kategori yang akan dibuat
  6. Lakukan perbaikan atau pengeditan dengan gambar yang ada atau gambar yang sudah disediakan sendiri
  7. Perbaiki font, ukuran, filter, dan perpindahan yang lainnya
  8. Simpan dan bisa lakukan pencetakan untuk mengakhiri cara membuat leaflet
  9. Cara membuat leaflet di Canva pun selesai

Tips membuat leaflets

leaflet berbentuk
IDN Times

Setelah menyimak bebrapa cara membuat leaflets di atas, Sedulur juga wajib mengetahui tips membuat leaflet. Karena mengetahui tips ini leaflets adalah hal penting. Berikut adalah tips yang perlu dipertimbangkan:

  • Target sudah ditentukan
  • Membuat tujuan dari leaflet
  • Isi yang disampaikan harus singkat dan sudah ditentukan dalam leaflet
  • Subjek sudah dikumpulkan sebelum membuat leaflet
  • Konsep sudah dibuat
  • Membuat garis besar tampilan layout atau penataan teks dan gambar yang tepat
  • Menguji konsep yang sudah hampir mirip dengan sebuah target
  • Perbaiki dan membuat ilustrasi yang sesuai dengan isi leaflet

Jenis-jenis leaflets

jenis
Majoo

Jangan Sedulur kira, bahwa leaflets adalah media promosi yang hanya memiliki satu jenis saja. Terdapat beberapa jenis dari leaflets yang bisa Sedulur pilih untuk dibuat. Berikut ini adalah beberapa jenis dari bentuk leaflets yang perlu Sedulur ketahui.

1. Lipat dua/single fold

Ini adalah teknik lipat dua atau bisa disebut dengan single atau half fold. Teknik ini akan membentuk kertas menjadi dua lipatan dengan sisi dan luas yang sama. Bentuk ini merupakan yang paling sederhana. Bagi yang tidak memiliki banyak informasi, kamu bisa menggunakan bentuk satu ini agar tidak terlalu rumit untuk dibaca target atau sasaran.

2. Trifold

Seperti halnya dengan teknik pertama, teknik ini akan menjadikan kertas terlipat menjadi 3 dengan sisi yang sama luas. Setiap sisi yang ukurannya sama tersebut biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi secara berjenjang atau bertahap. Sisi pertama informasi pembuka, kedua informasi utama, ketiga informasi tambahan. Biasanya jenis leaflets ini digunakan untuk panduan sebuah kegiatan.

3. Gate fold/window fold

Leaflets adalah media promosi yang hanya terdiri dari satu lembar kertas. Bentuk ini memiliki empat sisi, dan hampir sama dengan bentuk sebelumnya. Caranya yaitu melipat bagian kanan dan kiri sedikit, jadi bagian tengahnya akan terlihat lebih besar. Biasanya bagian tengah ini mengandung informasi utama, seperti peta atau lokasi. Namun bisa juga yang berisikan sebuah rangkuman utama dan isi leaflet tersebut.

4. Lipat empat

Terakhir yaitu teknik melipat leaflet menjadi 4 sisi yang sama luasnya. Jumlah dari lipatan akan disesuaikan dengan kebutuhan informasi. Kebutuhan informasi yang disampaikan biasanya dalam bentuk teks dan visual. Teks dan visual tersebut yang menjadi pertimbangan dari sisi dalam lipatan empat ini.

BACA JUGA: Apa itu Desainer Grafis: Pengertian, Tugas, & Prospek Kerja

Penyesuaian lipatan leaflet

tips
Porinto

Bentuk-bentuk leaflet biasanya berbeda, sebagaimana yang dijelaskan dalam bentuk lipatan dalam penjelasan sebelumnya. Biasanay penyesuaian lipatan disebabkan oleh beberapa pertimbangan, seperti:

  • Tujuan leaflet apakah hanya sebagai perkenalan atas usaha/brand/acara, atau mempromosikan suatu produk atau jasa, atau bisa juga sebagai spesifikasi rinci dari suatu produk dan jasa.
  • Kepadatan materi, terutama materi tulisan, akan menentukan bagaimana sebaiknya suatu leaflet di desain
  • Konsep desain yang diinginkan juga sangat menentukan berapa banyak lipatan pada leaflet yang akan anda gunakan

Kelebihan leaflet

Kelebihan leaflet
In Alpha

Leaflets adalah media promosi yang hingga saat ini masih banyak digunakan, kendati sudah berkembang dengan pesat era digital sekalipun. Sebuah media, meskipun sangat bermanfaat pasti memiliki kekuarangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu juga dengan leaflet. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari leaflets itu sendiri:

  • Jangkauan dan target lebih luas
  • Materi dicetak secara unik
  • Bisa disimpan sampai kapanpun
  • Digunakan sebagai referensi
  • Lebih mudah dibawa kemana-mana
  • Isinya bisa digunakan sebagai bahan diskusi dan bisa dicetak kembali
  • Biaya cetak lebih murah

Kekurangan leaflet

Kekurangan leaflet
Porinto

Kelebihan leaflets adalah hal yang sudah diakui oleh setiap penggunanya. Namun leaflet juga memiliki kekurang, yang bisa sebagai bahan pertimbangan Sedulur, yaitu:

  • Jangkauan lebih luas, membuat leaflet ini kurang efektif dan efisien dengan calon konsumen baru
  • Bisa mengakibatkan limbah kertas, jika desain kurang menarik
  • Sangat bergantung pada desain, karena ini yang akan menentukan leaflet dibaca atau tidak
  • Memang biayanya lebih murah, tapi akan lebih mahal jika dibandingkan dengan promosi via sosmed, seperti FB atau IG

Sekian penjelasan terkait leaflets di atas, karena leaflets adalah media promosi tentu sangat bermanfaat dan akan sangat mudah untuk Sedulur gunakan untuk berbagai kepentingan. Terutama untuk kepentingan bisnis, leaflet akan sangat membantu perkembangan bisnis Sedulur, dan menarik pelanggan lebih luas lagi.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.