kelebihan dan kekurangan

Dalam interview kerja, biasanya salah satu pertanyaan yang sering diajukan yakni seperti “sebutkan 3 kelebihan dan kekurangan Anda”. Bagi beberapa kandidat terutama yang masih pemula, hal ini bisa menjadi bagian dari wawancara yang cukup menakutkan.

Pasalnya, jika tidak bisa memberikan jawaban tepat, bisa saja Sedulur gagal mendapatkan pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu, persiapkan diri dulu dengan test kelebihan dan kekurangan diri sebelum mengikuti interview kerja.

Nah, agar proses interview yang Sedulur bisa berjalan dengan lancar, langsung saja simak beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan seputar kekurangan dan kelebihan saat interview yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu Tes Wartegg: Pengertian, Teknis, dan Tips Mengerjakannya

Jawaban kelebihan diri sendiri

kelebihan dan kekurangan
Pexels

1. Percaya diri

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Jawaban pertama yang dapat Sedulur berikan saat interview terkait kelebihan adalah percaya diri. Untuk jawaban yang satu ini, bisa membuat Sedulur terlihat lebih ambisius dan siap untuk bekerja bagi perusahaan yang bersangkutan.

Agar terlihat lebih meyakinkan, Sedulur perlu menjawab pertanyaan ini dengan tegas dan juga gesture yang baik. Jangan sampai apa yang dikatakan itu berbanding terbalik dengan apa yang dibilang. Hal ini akan membuat pihak recruitment ragu untuk merekrut Sedulur.

Oh iya, jangan lupa juga untuk menyertakan contoh-contoh yang baik. Misalnya saja Sedulur merasa percaya diri dengan semua hasil pekerjaan yang bisa dilakukan.

2. Fleksibel

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Kelebihan diri yang dapat Sedulur katakan dalam proses interview yang berikutnya adalah fleksibel. Dilansir dari laman Easy Resume, mengakatan jawaban ini saat ditanya tentang kelebihan diri akan membuat Sedulur nampak “luwes”.

Maksudnya, Sedulur dapat ditempatkan di banyak posisi sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Jawaban fleksibel pun sering kali menjadi pilihan utama kandidat ketika diminta untuk menjelaskan kekuatan atau kelebihan yang ada di dalam diri mereka.

3. Rapi

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Sisi rapi alias kerapian juga bisa menjadi jawaban yang diinginkan oleh perusahaan. Mengapa demikian? Dilansir dari The Muse, hal ini dikarenakan perusahaan lebih suka dengan karyawan yang selalu bekerja sesuai aturan.

Bukan hanya itu, kerapian juga dapat menjadi tanda bahwa seorang pekerja mampu menjalankan setiap pekerjaannya dengan detail dan berhati-hati. Ya, bisa dibilang jika rapi dalam hal ini kurang lebih hampir sama seperti disiplin.

4. Mampu memimpin tim

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Nah, untuk yang satu ini, mungkin berkaitan erat dengan kelebihan dan kekurangan diri dalam organisasi. Jadi jika Sedulur pernah menjadi ketua atau pemimpin dari sebuah organisasi, entah itu saat kuliah ataupun di lingkungan, tidak ada salahnya untuk mengatakan jawaban ini.

Terutama bagi Sedulur yang hendak mendaftarkan diri dalam posisi manajerial atau kepemimpinan di perusahaan, jawaban ini wajib untuk diutarakan. Hampir sama seperti jawaban percaya diri, jangan lupa untuk menyertakan contoh pada saat sedang memaparkan jawaban tentang kepemimpinan ini, ya.

Misalnya saja, Sedulur mampu memimpin tim di kantor lama atau organisasi BEM di kampus, hingga meraih banyak prestasi yang membanggakan perusahaan atau universitas.

5. Kemampuan problem solving

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Jawaban yang terkait dengan kelebihan diri yang bisa Sedulur ketakan berikutnya adalah kemampuan dalam penyelesaian masalah atau yang sering disebut dengan problem solving. Di sini, Sedulur dapat menerangkan pada pihak rekruter jika Sedulur lihai dalam mengatasi berbagai masalah yang ditemui.

Jawaban yang satu ini ternyata cukup dicari oleh perusahaan, lho. Pasalnya, setiap orang pasti akan menemukan berbagai macam rintangan selama menjalani pekerjaannya. Akan tetapi, tidak semua orang mampu mengatasi masalah yang dihadapi dan menemukan solusinya sendiri.

Agar terlihat lebih meyakinkan, jangan lupa pula untuk memberikan contoh inisiatif problem solving di kantor lama atau dalam organisasi yang pernah diikuti sebelumnya.

6. Kemampuan interpersonal yang baik

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Menjawab pertanyaan kelebihan diri dengan kemampuan interpersonal yang baik, bisa menunjukkan jika Sedulur itu punya keunggulan yang layak untuk diperhitungkan. Hal ini karena jawaban tersebut secara tidak langsung akan menguraikan jika Sedulur mampu bergaul bersama semua rekan kerja dengan baik.

Selain itu, kemampuan interpersonal yang baik juga menandakan jika Sedulur dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik bersama teman-teman satu tim maupun atasan di kantor baru nanti. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak pekerjaan yang mengharuskan adanya kerja tim.

Walaupun kerja tim itu hanya dilakukan dalam event-event tertentu, namun perusahaan lebih suka dengan orang yang bisa melakukannya.

7. Kreatif

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Pada saat ditanya perihal kelebihan diri, Sedulur harus menyertakan jawaban sebagai seseorang yang kreatif. Jawaban yang satu ini, dapat membuat Sedulur terlihat istimewa di mata perusahaan. Hal ini karena, kebanyakan perusahaan di era modern selalu bekerja untuk meraih suatu inovasi yang baru.

Dengan karyawan yang memiliki jiwa kreatif, tentu saja mereka dapat memperoleh target bisnis dengan lebih cepat dan juga lebih banyak. Namun perlu untuk diingat, saat menjawab pertanyaan ini, jangan lupa sertakan contoh terkait hasil kreativitas Sedulur di kantor sebelumnya.

Walaupun kreativitas yang dilakukan cukup sederhana, namun hal ini diperlukan supaya tidak terlihat mengada-ada.

8. Aktif berkolaborasi

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Kemudian untuk jawaban satu ini, Sedulur perlu menerangkan pada pihak recruitment jika Sedulur dulunya sering berkolaborasi di kantor lama. Walaupun lebih memilih untuk bekerja secara mandiri, jawaban tersebut lebih disukai oleh pihak recruitment dari perusahaan.

Hal ini karena Sedulur nantinya akan diminta untuk bekerja bersama rekan kerja dari tim lain dengan tujuan untuk mengejar tujuan bisnis. Dengan menjelaskan jika Sedulur aktif berkolaborasi, maka perusahaan akan melihat Sedulur sebagai sosok calon karyawan yang mampu diajak bekerjasama dengan baik.

Jadi entah itu apapun posisi yang Sedulur lamar, jangan ragu untuk mengutarakan hal ini. Karena setiap perusahaan lebih memilih orang yang ahli dalam berkolaborasi.

9. Jujur

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Selanjutnya, Sedulur dapat jelaskan pada pihak recruitment jika Sedulur itu adalah seseorang yang jujur. Bisa dibilang jika setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan yang jujur. Tidak satupun perusahaan yang akan mempekerjakan orang yang tidak jujur alias pandai berbohong.

Selain itu, terangkan kepada mereka jika Sedulur tidak malu untuk mengajukan pertanyaan apabila tidak memahami suatu tugas yang diberikan oleh atasan. Jawaban yang satu ini, dijamin akan membuat perusahaan merasa lebih tertarik karena mereka tahu bahwa Sedulur merupakan seorang calon karyawan yang mampu menciptakan hasil kerja terbaik.

10. Kemampuan komunikasi yang baik

kelebihan dan kekurangan
Pexels

Seorang komunikator yang handal menjadi salah satu jawaban utama yang dicari-cari oleh pihak recruitment pada saat mengajukan pertanyaan kekuatan dan kelemahan dalam diri.

Ya, hal ini berlaku di setiap perusahaan membutuhkan, karena mereka membutuhkan karyawan yang bisa mengajukan pendapat dan juga saran tanpa rasa ragu sedikitpun.

Namun pada saat Sedulur mengutarakan jawaban ini, pastikan penjelasan yang diberikan tidak itu gamblang, bertele-tele, dan juga mudah untuk dipahami oleh pihak recruitment. Pasalnya, secara tidak langsung saat wawancara tersebut juga bisa menjadi bukti bahwa Sedulur mampu berkomunikasi dengan baik.

BACA JUGA: 10 Lowongan Kerja di Makassar Terbaru 2021

Jawaban kelemahan diri sendiri

Pexels

1. Kompetitif

Pexels

Setelah tahu 10 kelebihan diri sendiri seperti di atas, kini saatnya Sedulur tahu jawaban mengenai kelemahan diri sendiri. Nah, jawaban tentang kekurangan diri pertama yang bisa Sedulur utarakan adalah sifat kompetitif.

Ya, bisa dibilang sebenarnya ini adalah kelemahan diri yang positif. Namun meskipun begitu, kekurangan tetaplah menjadi hal yang harus diperbaiki. Dilansir dari laman Jobted, jawaban yang satu ini akan menunjukkan jika Sedulur hanya bekerja dengan baik apabila ada tujuan pribadi yang ingin dicapai atau adanya orang lain untuk dikalahkan.

Akan tetapi, jawaban ini juga bisa menjadi gambaran bagi pihak perusahaan jika Sedulur siap untuk bekerja di tempat kerja yang kompetitif. Namun agar lebih baik, jelaskan bahwa Sedulur mempunyai jiwa kompetitif yang adil, dan tidak akan mengalahkan seseorang dengan cara yang tidak baik.

2. Belum memiliki pengalaman yang cukup

Pexels

Kemudian, Sedulur bisa sampaikan pada mereka jika Sedulur itu belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Jawaban satu ini wajib untuk diutarakan oleh Sedulur yang merupakan seorang fresh graduate. Namun sebagai solusinya, Sedulur dapat menjabarkan pengalaman magang maupun kegiatan lain yang selaras dengan posisi yang sedang dilamar saat ini.

Oh iya, jangan lupa untuk menjelaskan jawaban tersebut dengan sikap yang baik dan suara yang tegas. Dengan ini, nantinya pihak recruitment akan melihat Sedulur sebagai calon karyawan yang ambisius dan mau belajar akan hal-hal baru.

3. Tidak sabaran

Pexels

Jawaban untuk pertanyaan seputar kekurangan yang berikutnya adalah sifat yang tidak sabaran. Di sini, Sedulur dapat menerangkan jika Sedulur kerap kali tidak sabar dalam menuntaskan berbagai pekerjaan yang diberikan oleh atasan.

Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan kalau Sedulur itu sering bekerja menggunakan metode to-do-list supaya tidak terhindar dari tanggung jawab yang dimiliki. Alih-alih terlihat lemah, pihak recruitment justru akan melihat Sedulur sebagai sosok orang yang cekatan dan juga penuh semangat.

4. Tidak memiliki skill di bidang yang dipilih

Pexels

Selanjutnya, Sedulur dapat menerangkan kelemahan berupa tidak memiliki skill khusus pada bidang yang dipilih. Misalnya saja, saat mendaftar bidang SEO content writing, Sedulur dapat menjelaskan jika pengetahuan terkait SEO yang dimiliki saat ini masih kurang.

Meskipun begitu, jangan lupa untuk menyertakan solusi dari kekurangan tersebut. Nah, dari contoh di atas, Sedulur dapat menjelaskan pengalaman kerja maupun studi lain yang membuat Sedulur merasa percaya diri untuk mendaftar pada lowongan tersebut.

Misalnya saja sebelumnya sudah memiliki blog, atau sudah pernah mengikuti seminar terkait SEO. Intinya, sertakan alasan-alasan yang terkait dengan solusi atas kekurangan yang dimiliki.

5. Kurang percaya diri

Pexels

Nah, untuk jawaban satu ini, mungkin sangat cocok bagi Sedulur yang mempunyai kepribadian tertutup. Sedulur dapat menyampaikannya kepada pihak recruitment jika Sedulur merasa kurang nyaman pada saat harus berbicara di tengah orang banyak.

Walaupun demikian, jangan lupa untuk menjelaskan juga kalau Sedulur selalu berusaha untuk memperbaiki diri sendiri. Sebagai contoh, Sedulur sudah mulai mengikuti kelas-kelas public speaking bersama teman-teman di kantor lama.

Namun untuk beberapa posisi tertentu yang tidak terlalu membutuhkan skill public speaking yang bagus, rasanya jawaban ini tidak perlu diutarakan. Takutnya, jawaban ini justru akan membuat Sedulur terlihat angkuh.

6. Keras kepala

Pexels

Keras kepala juga bisa menjadi jawaban kelemahan yang baik saat rekruter bertanya perihal kelebihan dan kekurangan diri. Sedulur dapat menerangkan jika tidak ada hal yang dapat mengubah pikiran Sedulur setelah mengambil sebuah keputusan.

Selain itu, jelaskan pula apabila hal ini terjadi karena tekad dan kemampuan juga perencanaan yang benar-benar matang. Intinya, walaupun Sedulur mempunyai sifat yang keras kepala, keputusan dan saran yang dimiliki itu kerap kali membawa keberhasilan dan jalan keluar.

Jadi bukan keras kepala dalam hal negatif, melainkan keras kepala dengan untuk keputusan dengan perhitungan yang matang dan juga penuh dengan tanggung jawab.

7. Impulsif

Pexels

Jawaban untuk kekurangan yang berikutnya adalah impulsif. Akan tetapi, jika Sedulur sudah mengutarakan jawaban yang sebelumnya yakni keras kepala, tidak perlu mengatakan jawaban satu ini. Pasalnya kedua jawaban tersebut adalah statement yang berbanding terbalik.

Jadi, Sedulur dapat sampaikan pada recruitment jika sikap impulsif ini terkadang membuat Sedulur lupa akan konsekuensi dari berbagai keputusan maupun pilihan yang telah diambil. Namun, kelemahan ini juga bisa menunjukkan jika Sedulur dapat bertindak cepat tanpa terlalu lama melakukan pertimbangan.

Seperti yang kita tahu, terkadang pengambilan sebuah keputusan dalam perusahaan itu harus dilakukan dalam waktu singkat. Hal ini mungkin saja akan terjadi perbedaan hasil yang signifikan dari setiap keputusan yang bisa diambil.

8. Kurang menguasai bahasa asing

Pexels

Dewasa ini, kemampuan bahasa asing seringkali menjadi kualifikasi utama dalam proses recruitment oleh perusahaan-perusahaan besar. Oleh sebab itu, menjawab kurang menguasai bahasa asing sebagai kekurangan ketika ditanya soal kelebihan dan kekurangan diri itu bisa saja merugikan.

Namun, Sedulur dapat membuat jawaban yang satu ini menjadi menguntungkan, lho. Misalnya saja, Sedulur dapat jelaskan bahwa Sedulur tidak mampu menggunakan suatu bahasa asing tertentu, seperti bahasa Mandarin.

Akan tetapi di sisi lain, jangan lupa untuk menyampaikan keahlian bahasa asing lain yang sudah tidak perlu diragukan lagi, contohnya bahasa Inggris.

9. Mudah merasa kecewa

Pexels

Mudah merasa kecewa bisa menjadi jawaban kelemahan yang baik pada saat pihak recruitment memberikan pertanyaan terkait kekuatan dan kelemahan diri. Sedulur dapat menyampaikan jawaban ini dengan jelas serta keterangan yang logis.

Sebagai contoh, Sedulur mudah merasa kecewa dengan pekerjaan yang dijalani. Dengan begitu, maka Sedulur bisa secara aktif selalu mencari cara agar kemampuan yang dimiliki selalu meningkat. Bukan hanya itu, jelaskan pula jika walau mudah kecewa, Sedulur tidak akan larut terlalu dalam penyesalan dan rasa sedih.

Sedulur akan terus berusaha agar pekerjaan yang dihasilkan dapat terlihat lebih baik, walaupun harus aktif bertanya pada atasan maupun rekan kerja yang lain.

10. Terlalu kritis dengan diri sendiri

Pexels

Dilansir dari laman Better Team, terlalu kritis dengan diri sendiri bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan soal kelemahan diri yang baik. Dalam hal ini, Sedulur dapat menerangkan jika Sedulur itu memiliki sifat yang sangat kritis dengan semua pekerjaan yang diberikan.

Sayangnya, terkadang kekurangan yang dimiliki ini dapat membuat Sedulur mudah merasa lelah atau enggan menerima bantuan dari rekan kerja yang lain. Sebagai solusinya, sampaikan juga jika Sedulur telah mencoba memperbaiki diri dengan lebih menghargai pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dengan ini, maka Sedulur akan terlihat lebih bertanggung jawab dan mampu menangani setiap masalah yang terjadi dalam pekerjaan.

11. Kurang rapi

Pexels

Jawaban yang berikutnya untuk contoh kelemahan diri ketika ditanya soal kelebihan dan kekurangan, adalah kurang rapi. Sedulur dapat sampaikan jika terkadang kurang andal dalam mengelola pekerjaan yang dimiliki. Hasilnya, terkadang ada banyak dokumen yang harus dibuat menjadi 2 salinan.

Nah, untuk solusinya, jelaskan juga jika Sedulur telah menemukan berbagai cara yang mumpuni untuk mengakali kekurangan yang satu ini. Misalnya saja, Sedulur dapat menemukan cara yang tepat untuk menata pekerjaan dengan lebih baik dan juga tertata secara rapi.

Sedulur juga bisa mengatakan jika tidak akan ragu untuk meminta bantuan kepada rekan kerja, untuk merapikan pekerjaan yang dirasa kurang tertata rapi.

12. Sulit mengambil keputusan

Pexels

Berikutnya, Sedulur bisa menjawab pertanyaan terkait kekurangan diri sendiri berupa sulit mengambil keputusan. Dalam hal ini, Sedulur dapat menyampaikan jika Sedulur tidak pernah merasa yakin soal apa pun, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan.

Rasa ragu ini dapat membuat Sedulur kesulitan pada saat dihadapi oleh berbagai keputusan. Nah, sebagai penggantinya, jelaskan kepada mereka bahwa Sedulur selalu memikirkan segala konsekuensi yang bisa terjadi sebelum mengambil sebuah keputusan.

Supaya lebih jelas, sertakan pula contoh-contoh yang tepat. Misalnya, di kantor lama Sedulur kerap membuat mind map ketika diminta untuk mengambil keputusan oleh atasan atau rekan kerja.

13. Terlalu introvert

Pexels

Terlalu introvert ternyata bisa juga menjadi salah satu alasan yang menarik saat ditanya tentang kelebihan dan kekurangan diri dalam proses interview kerja. Hal ini karena dalam lingkup dunia kerja, setiap karyawan tidak dapat membenamkan dirinya atau menjadi pribadi yang terlalu tertutup.

Mereka harus bisa beradaptasi di dalam lingkungan yang bersifat kolaboratif dengan pergerakan lini masa yang pesat. Walau hal itu menjadi hambatan bagi introvert, namun paparkan juga jika Sedulur telah mulai mencari cara supaya bisa menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Pada saat proses interview, jangan lupa pula untuk menunjukkan semangat dan kepribadian yang ramah supaya pihak recruitment bisa semakin yakin untuk merekrut Sedulur.

14. Terlalu extrovert

Pexels

Walaupun sifat introvert itu tidak baik, namun bukan berarti sifat extrovert akan disukai oleh perusahaan. Ya, sejatinya menjadi seorang yang extrovert dalam lingkungan kerja bisa menjadi sebuah keuntungan. Sebab, Sedulur dapat beradaptasi pada kondisi lingkungan yang baru dengan cepat.

Tetapi, terkadang karyawan harus bekerja secara remote, dan itu dapat menjadi penghambat bagi seorang yang extrovert. Untuk solusinya, katakan juga bahwa Sedulur telah menemukan cara terbaik untuk mengatasi rasa gelisah ketika diharuskan bekerja secara mandiri.

15. Suka menghindari konflik

Pexels

Untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan yang terakhir, Sedulur bisa mengatakan bahwa Sedulur itu adalah orang yang suka menghindari konflik. Ya, mungkin Sedulur merasa bingung mengapa hal ini termasuk dalam kekurangan.

Jadi, Sedulur itu nantinya akan menemui banyak konflik di tempat kerja. Mulai dari perdebatan sampai dengan tanggapan orang-orang yang kurang menyenangkan. Sayangnya, berbagai konflik tersebut tidak akan pernah bisa dihindarkan.

Ya, bisa dibilang jika karyawan yang selalu menghindar konflik akan sulit memiliki kemajuan di dalam kariernya. Untuk itu, jelaskan jika Sedulur sudah mulai memberanikan diri untuk menghadapi konflik.

BACA JUGA: 6 Cara Mudah Mencari Lowongan Kerja Terpercaya Secara Online

Sebenarnya masih ada banyak lagi jawaban kelebihan dan kekurangan wawancara yang bisa Sedulur katakan. Akan tetapi, jawaban-jawaban yang lain itu hanya Sedulur sendiri yang bisa menentukan.

Yang pasti, jangan pernah berkata jika Sedulur itu tidak memiliki kekurangan. Bukan tanpa sebab, pertanyaan perihal kekurangan tersebut biasanya diajukan untuk mengetahui seberapa kenal Sedulur dengan diri sendiri.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.