Selain pesawat terbang, profesi pramugari juga bisa dikaitkan dengan moda transportasi lain, yaitu kereta api. Pekerjaan ini mulai banyak dilirik oleh para lulusan SMA/SMK. Hal ini karena kabarnya gaji pramugari kereta api cukup besar, dengan tambahan tunjangan dan insentif lainnya.

Prama merupakan sebutan untuk pramugara laki-laki, sedangkan Prami merupakan sebutan untuk pramugari perempuan. Merekalah yang bertugas untuk melayani semua penumpang kereta api jarak jauh dari belasan gerbong selama perjalanan.  

Jika Sedulur tertarik untuk menjadi seorang Prama atau Prami setelah lulus nanti, simak informasi seputar gaji pramugari kereta api berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Daftar Gaji Masinis KAI dan KRL Indonesia Serta Tunjangannya!

-->

Syarat menjadi seorang pramugari kereta api

gaji pramugari kereta api
Kabar Jakarta

Sebelum membahas gaji, Sedulur perlu mengetahui apa saja syarat menjadi seorang pramugari kereta api. Berikut adalah beberapa syarat dan dokumen yang dibutuhkan.

Syarat-syarat:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat dengan rata-rata nilai UN 6.00.
  • Tinggi badan untuk perempuan minimal 160 cm.
  • Tinggi badan untuk laki-laki minimal 170 cm.
  • Berpenampilan menarik.
  • Berusia maksimal 27 tahun pada saat melamar
  • Tidak berkacamata.
  • Tidak buta warna.
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang aktif.
  • Memiliki gigi rapi atau tanpa kawat gigi.
  • Kuat secara jasmani dan rohani.

Dokumen yang dibutuhkan:

  • Pas foto ukuran 4×6
  • Foto close up ukuran postcard seluruh badan dengan latar belakang warna merah dengan pakaian kemeja atasan berwarna putih.
  • Fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotocopy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Melampirkan fotokopi SKHUN/SKHUN/NEM yang sudah dilegalisir.
  • Surat Lamaran Kerja.
  • Curriculum Vitae atau resume.
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit/klinik/puskesmas yang mencantumkan keterangan tinggi dan berat badan.
  • SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
  • Sertifikat Kelulusan Pelatihan yang dikeluarkan lembaga atau sekolah profesi. 

Biaya pendaftaran

gaji pramugari kereta api
MoneyKompas

Saat akan melamar pekerjaan, pertanyaan yang seringkali terlontar adalah berapa biaya pendaftaran yang dibutuhkan. Begitu juga mengenai profesi pramugari kereta api ini. Sebagai informasi, biaya pendaftaran pramugari dan pramugara kereta api, menurut PT KAI adalah gratis alias tidak dipungut biaya pendaftaran.

Akan tetapi, jika Sedulur tertarik mengikuti kursus menjadi seorang pramugari kereta api, Sedulur harus menyelesaikan proses pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga atau sekolah profesi. Nah, biaya inilah yang mungkin dianggap cukup besar, yakni berkisar antara Rp15 juta hingga Rp45 juta untuk masa studi satu hingga empat bulan. 

BACA JUGA: Berapa Gaji CPNS Lulusan SMA & SMK? Berikut Rinciannya!

Cara pendaftaran pramugari kereta api

gaji pramugari kereta api
TravelOkezone

Setelah mengetahui syarat, dokumen, dan biaya pendaftaran seorang pramugari kereta api, Sedulur bisa langsung melanjutkan proses pendaftaran melalui website PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) pada (https://recruitment.kai.id/) atau melalui laman resmi PT Reska Multi Usaha (https://karir.reska.id/).

Proses pendaftaran ini dilakukan secara online dan offline, dengan beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pendaftaran administrasi melalui website. Berikutnya adalah verifikasi berkas dan perfomance test. Lalu melakukan seleksi wawancara. Perlu diingat sekali lagi bahwa seluruh proses pendaftaran ini tidak dipungut biaya sepeserpun.

Tahap ujian pramugari kereta api

gaji pramugari kereta api
TopKarir

Lebih jelasnya, tahapan ujian untuk menjadi seorang pramugari kereta api ada lima tahap. Berikut adalah penjelasannya. 

Tahap pertama: Seleksi Administrasi

Pada tahap pertama ini, Sedulur akan diminta untuk melengkapi semua persyaratan dan dokumen yang tercantum untuk profesi. Lamaran ini bersifat online dan ada pada website PT KAI maupun PT Reska Multi Usaha.

Tahap kedua: Pemeriksaan Kesehatan Awal

Pada tahap ini, Sedulur akan diminta untuk menyelesaikan semua tes kebugaran fisik, mulai dari pengukuran tinggi badan, hingga tes buta warna. Meskipun sebelumnya Sedulur sudah melakukan tes kesehatan di klinik/puskesmas/rumah sakit, saat dinyatakan lolos seleksi administrasi, Sedulur harus melakukan tes kembali untuk memperkuat bukti. 

Tahap ketiga: Skrining Psikologis

Tahap berikutnya adalah mengikuti tes atau skrining psikologis. Tes ini dilaksanakan setelah Sedulur dinyatakan lolos dari seleksi administrasi dan tes kesehatan awal.

Tahap keempat: Pemeriksaan Kesehatan Akhir

Jika Sedulur dinyatakan lolos dari skrining psikologis, tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan akhir. Pada tahap ini, Sedulur akan diuji lebih lanjut, dengan pemeriksaan sampel urin dan pengambilan X-optik. 

Tahap kelima: Seleksi Wawancara

Jika semua tahap di atas sudah dinyatakan lolos, langkah terakhir yang harus Sedulur lalui adalah seleksi wawancara. Sedulur harus membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk memperkuat bukti pada saat proses wawancara berlangsung. 

BACA JUGA: Store Crew: Pengertian, Tugas, Gaji & Tanggung Jawabnya

Gaji pramugari kereta api

gaji pramugari kereta api
Rumah123

Dikutip dari laman resmi PT Kereta Api Indonesia, seorang pramugari memiliki gaji pokok sebesar Rp4.000.000 per bulan dengan tunjangan kinerja hingga Rp3.000.000 bergantung pada posisinya. 

Selain itu, Prama dan Prami juga akan mendapatkan tunjangan kinerja senilai Rp3.000.000, serta insentif perawatan wajah dan makeup senilai Rp1.5.000.000 hingga Rp2.000.000. Gaji ini tentunya memiliki perbedaan antara pramugari junior dan pramugari senior. Agar pendapatan bisa semakin meningkat, maka dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang sangat tinggi. 

Keuntungan menjadi pramugari kereta api

pramugari
Regional Kompas

Menjadi seorang Prama atau Prami juga memiliki keuntungan seperti pekerjaan lainnya. Terlepas dari gaji yang cukup besar, Sedulur juga bisa menikmati wisata gratis ke beberapa wilayah di Indonesia. Pengalaman mengunjungi satu kota ke kota lainnya tentu akan semakin bertambah.

Selain itu, Sedulur juga bisa lebih mandiri dan bisa menghadapi masalah dengan lebih baik. Hal ini karena Sedulur telah terbiasa dengan beragam sifat manusia dari berbagai lapisan masyarakat yang bisa ditemui di dalam rangkaian gerbong kereta api. Pengalaman mengevakuasi penumpang dalam keadaan darurat juga membuat Sedulur menjadi lebih kuat. 

Keuntungan lainnya adalah bisa selalu tampil sempurna dengan riasan yang menawan di hadapan banyak orang. Sedulur juga bisa memperluas pengetahuan dan wawasan mengenai dunia pelayanan masyarakat. 

Tugas pramugari kereta api

pramugari
Mikael Rinto

Selain mengetahui keuntungan menjadi seorang pramugari kereta api, Sedulur juga harus memahami apa saja tugas seorang pramugari kereta api. Bukan hanya sekadar berlalu lalang di dalam gerbong kereka, Prama dan Prami juga harus melayani penumpang kereta dengan baik selama perjalanan.

Lebih jelasnya, tugas pramugari kereta api, antara lain:

  • Mengawasi proses boarding penumpang kereta api.
  • Menjual makanan dan minuman untuk penumpang di atas kereta.
  • Menjaga kebersihan kereta, terutama pada bagian gerbong makan.
  • Menawarkan layanan penyewaan pendukung kenyamanan, seperti selimut dan bantal.
  • Membagikan layanan pendukung kenyamanan pada gerbong kereta kelas eksekutif.

BACA JUGA: Berapa Gaji Polwan? Ini Besaran Gaji Berdasarkan Pangkatnya

Sistem kerja pramugari kereta api

 pramugari
KuninganTalk

Bagi Sedulur yang tertarik dengan profesi ini, perlu diketahui bahwa sistem kerja pramugari kereta api adalah kontrak dengan peluang jenjang karir. Dengan sistem kerja semacam ini, Sedulur bisa dipromosikan untuk bekerja di kantor milik PT KAI sesuai dengan lowongan yang tersedia. Untuk itu, menjaga performa kerja, lama waktu bekerja, atau hal lain yang sesuai dengan standar pusat harus selalu dilakukan. 

Nah, itulah gaji pramugari kereta api beserta syarat pendaftaran dan tugas-tugas yang harus dilakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang tertarik menjadi seorang Prama atau Prami, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna layanan kereta api.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.