jurusan otkp adalah

Ada banyak jurusan yang bisa Sedulur pilih di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Satu di antaranya adalah jurusan OTKP. Apa itu? OTKP adalah singkatan dari Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari tentang keterampilan yang berkaitan dengan pengelolaan kantor atau perusahaan.

Jurusan ini juga dikenal dengan nama Administrasi Perkantoran (AP). Ingin tahu lebih jauh tentang jurusan OTKP? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya, mulai dari definisi, keunggulan, prospek kerja, hingga pilihan jurusan saat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Baca sampai habis, ya, Sedulur!

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Kerja Online Dibayar Dollar, Terbukti Untung!

Definisi Jurusan OTKP

jurusan otkp adalah
Axiom Law

Dihimpun dari berbagai sumber, jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran atau OTKP adalah salah satu jurusan di SMK. Jurusan yang dulunya dikenal sebagai Administrasi Perkantoran atau AP ini mempelajari tentang masalah tata kelola dalam perusahaan. Jurusan ini memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada siswa dalam rangka menyelesaikan pekerjaan terkait pengelolaan perusahaan atau kantor.

Jurusan OTKP sendiri merupakan salah satu bagian dari Ilmu Manajemen khususnya Manajemen Perkantoran yang berfokus pada bidang keahlian Bisnis dan Manajemen. Jurusan ini mempelajari berbagai jenis kegiatan kantor, di antaranya pembukuan, pengarsipan, hingga hubungan masyarakat atau public relations.

Di sisi lain, jurusan OTKP juga memanfaatkan pengetahuan teknologi informasi dalam melakukan pekerjaan kantor di mana tata kelola kantor dibuat secara otomatisasi. Sehingga pekerjaan administrasi kantor akan dipermudah dengan bantuan teknologi. 

BACA JUGA: Apa itu Side Hustle? Berikut Definisi, Perbedaan dan Tipsnya!

Keunggulan Jurusan OTKP

Wolters Kluwer

Ada sejumlah alasan mengapa jurus OTKP adalah salah satu jurusan di SMK yang patut Sedulur pertimbangan. Seperti diketahui, pendidikan SMK didasarkan pada kurikulum yang bertujuan memberikan bekal keterampilan bagi lulusannya untuk dapat mengisi lapangan kerja ataupun membuka lapangan kerja. Sementara itu secara khusus lulusan jurusan OTKP diharapkan menguasai pengetahuan maupun keterampilan berbagai jenis kegiatan kantor sehingga nantinya bisa mengelola operasional kantor.

Bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut diperoleh siswa melalui sejumlah mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan, di antaranya sebagai berikut.

  • Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian, membahas tentang administrasi kepegawaian, perencanaan kebutuhan pegawai, pengadaan pegawai, serta penilaian kinerja pegawai.
  • Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan, membahas tentang regulasi bidang kehumasan termasuk etika dan kode etiknya.
  • Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, membahas tentang administrasi dan regulasi sarana prasarana kantor dan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja).
  • Otomatisasi Tata Kelola Keuangan, membahas tentang administrasi keuangan berdasarkan kondisi nyata di kantor.

BACA JUGA: Profesi Office Boy: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Prospek Kerja

cara kerja di Singapura
Freepik

Sedulur tentu ingin tahu bagaimana prospek atau peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan OTKP. Sebagaimana diketahui, lulusan SMK diharapkan memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja sehingga mereka pun juga dibekali dengan pengetahuan maupun keterampilan yang terkait dengan bidang pekerjaan. Khusus untuk lulusan OTKP, ada sejumlah peluang pekerjaan yang bisa diisi dengan berbagai bekal yang telah diperoleh di bangku SMK. Berikut beberapa bidang atau posisi yang memiliki peluang untuk lulusan OTKP.

  • Staff administrasi, baik di bidang produksi, dokumentasi, operasional, hingga ekspor dan impor.
  • Resepsionis atau front office. Posisi ini bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang juga memiliki kelebihan berupa kemampuan komunikasi yang baik.
  • Staff personalia. Posisi ini bertanggung jawab dalam hal terkait karyawan, seperti database, payroll, serta presensi dan pencatatan cuti setiap karyawan.
  • Sekretaris. Bertanggung jawab mengurus berbagai hal terkait perusahaan, termasuk jadwal atasan.

BACA JUGA: 6 Aplikasi untuk Membuat Struktur Organisasi

Jurusan Kuliah untuk Lulusan OTKP

jurusan otkp adalah
Live Tiles

Beberapa tahun belakangan, tidak sedikit lulusan SMK yang juga berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni perguruan tinggi atau universitas. Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk kuliah setelah merampungkan pendidikan SMK di jurusan OTKP, ada beberapa jurusan kuliah yang bisa menjadi pilihan. Satu di antaranya adalah jurusan Administrasi Perkantoran.

Sesuai namanya, jurusan Administrasi Perkantoran mempelajari masalah operasional perusahaan, termasuk masalah manajemen dan perencanaan. Sama halnya dengan lulusan OTKP di SMK, lulusan Administrasi Perkantoran di tingkat perguruan tinggi juga dinilai memiliki kompetensi unggul untuk bersaing di dunia kerja.

Itu dia rangkuman informasi mengenai jurusan OTKP yang bisa menjadi pilihan Sedulur jika ingin melanjutkan pendidikan ke SMK. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi Sedulur dalam mengenal jurusan tersebut, ya!