Jika mendengar office boy atau OB, mungkin Sedulur langsung terbayang dengan tugas dan perannya. Office boy adalah pekerjaan penting yang membantu dalam menyiapkan banyak hal dan membersihkan kantor. Sifat pekerjaanya supportif atau membantu dan mendukung.

Office boy adalah pekerjaan yang sangat penting bagi setiap kantor. Banyak hal yang harus di siapkan oleh setiap kantor. Tanpa keberdaan OB semua hal yang dibutuhkan tidak bisa terpenuh dengan baik, maka dari itu pekerjaan ini sangat penting. Nah, karena office boy adalah pekerjaan penting, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama segala hal terkait office boy itu sendiri. Yuk, mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer Profesional

Apa itu Office Boy?

office boy adalah
Unsplash

Sebagaimana yang dijelaskan secara singkat di atas, disunggung bahwa office boy adalah pekerja yang bertanggung jawab memenuhi berbagai kebutuhan harian dalam kantor, mulai dari membersihkan kantor hingga membantu keperluan mendasar.

Membantu keperluan yang mendasar tersebut adalah keperluan yang berkaitan dengan pekerjaan karyawan kantor lainnya. Mulai dari kebutuhan rapat, kebutuhan konsumsi, alat tulis kantor dan lain sebagainya.

Secara istilah, office boy berawal dari kata office yang artinya kantor, sedangkan kata boy berarti laki-laki. Namun bukan berarti pekerjaan ini tidak boleh dilakukan oleh perempuan, istilah boy di atas bisa diartikan juga pekerja yang membantu.

Biasanya OB sendiri seringkali sulit dibedakan dengan cleaning service, hal tersebut karena peran, tugas dan fungsinya yang hampir sama sehingga menjadi sulit dibedakan.

Tugas dan Tanggung Jawab

Pinterest

Nah, setelah mengetahui pengertian dari office boy di atas, Sedulur juga harus tahu apa saja tugas dan fungsi dari office boy itu sendiri. Karena tugas dan tanggung jawabnya sangat besar dan luas. Maka tidak boleh menganggap remeh pekerjaan ini.

Adapun beberapa dari tugas dan fungsi OB itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Membantu memenuhi kebutuhan harian karyawan kantor.
  • Menjaga kebersihan ruangan kerja kantor, membersihkan peralatan kantor, serta lingkungan kantor.
  • Membantu soal surat menyurat. Seorang office boy akan membantu setiap karyawan untuk membantu memberikan surat kepada setiap karyawan.
  • Membantu merapikan ruang kantor. Setiap orang akan bekerja dengan baik jika ruangan kantor tetap bersih. Pekerjaan juga akan cepat dikerjakan jika suasana kantor menyenangkan.
  • Membuatkan minuman untuk tamu. Jika ada tamu kantor yang bertandang, office boy bisa membuatkan minuman untuk tamu tersebut.
  • Membantu pekerjaan karyawan. Jika karyawan memiliki banyak pekerjaan dan ingin melakukan foto kopi, karyawan tersebut bisa minta tolong untuk melakukannya untuk dia. Pekerjaan yang sederhana ini sangat menolong kinerja di dalam kantor tersebut.
  • Membantu mencuci piring dan gelas. Jika karyawan membutuhkan bantuan untuk mencuci gelas dan piring yang sudah dipakai, mereka bisa meminta bantuan office boy untuk melakukannya. Gelas dan piring yang bersih bisa digunakan kembali oleh para karyawan.

Dari penjelasan di atas, dapat diartikan bahwa tugas dari office boy sendiri pada dasarnya mirip dan tumpang tindih dengan cleaning service. Biasanya ada kantor yang menggunakan istilah office boy, ada juga yang menggunakan cleaning service.

Jika diperhatikan dari posisi dan tugas OB sendiri, OB berada dalam naungan Departemen General Affair (GA). Saat ini banyak perusahaan menempatkan posisi tersebut sebagai cleaning service, namun tugas OB dan cleaning service sendiri sebenarnya cukup berbeda.

OB sendiri biasanya dipimpin oleh Koordinator. Lalu koordinator tersebut ada di bawah hierarki staf GA. Meski posisi OB berada di paling bawah, tetap saja memiliki wewenang dalam kebersihan kantor. Posisi ini berwenang menjadi asisten dadakan bagi para staff, terutama ketika sedang banyak jobdesk yang harus dikerjakan.

Selain soal kebersihan, tanggungjawab office boy juga termasuk memenuhi berbagai kebutuhan teknis para karyawan, mulai dari membersihkan perangkat dan ruangan kerja, serta memastikan lingkungan kantor bersih. BIla memiliki performa bagus, kemungkinan OB bisa naik jabatan.

Jadwal Pekerjaan Office Boy

Pinterest

Dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya, OB memiliki jadwal pekerjaan, sebagaimana yang dijelaskan pada tugas dan tanggung jawab OB di atas, penjelasan di atas merupakan pekerjaan harian dari OB yang rutin dan dikerjakan tiap hari.

Sementara itu, ada juga tugas mingguan dari OB yang menjadi jadwal pekerjaan OB itu sendiri. Jadwal mingguan tersebut seperti melakukan perawatan tanaman selama 2x setiap minggu, membersihkan ruangan menjelang liburan, serta membersihkan kaca-kaca setiap ruangan dalam 2x setiap minggu.

OB juga harus menyiapkan makan minum jika ada tamu perusahaan, menyediakan kebutuhan teknis ruang rapat, mengambil dokumen atau fotokopi bila diminta karyawan, serta melaksanakan instruksi dari koordinator maupun GA.

Pengetahuan dan Keahlian

Sedulur tentu harus tahu, apa saja pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan oleh seorang OB agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya. Beberapa hal yang menjadi poin penting sebagai pengetahuan dan keahlian dari OB adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Konsisten dalam pekerjaan yang dilakukan
  • Fleksibilitas
  • Mengoperasikan peralatan kantor
  • Kemampuan mengatur waktu
  • Jujur dan memiliki tekad yang tinggi

Kemampuan sebagai pengetahuan dan keahlian di atas menjadi dasar untuk dapat melakukan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari office boy.

Sementara itu, Dari segi kualifikasi pendidikan, untuk menjadi seorang OB sebenarnya tidak terlalu tinggi. Cukup memiliki mental kuat serta mampu konsisten dalam mengerjakan pekerjaannya. Ijazah yang dibutuhkan minimal SMA saja.

BACA JUGA: Tugas, Jenjang Karir dan Gaji Receptionist Hotel Terbaru 2023

Gaji dan Jenjang Karir

Coverall

Nah, tentu ini yang menjadi pertanyaan yang dicari jawabannya. Berapakah rata-rata gaji dari office boy? Tentu setiap kantor atau perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ditambah lagi perihal gaji bergantung juga para UMR setiap daerah.

Jika berbicara rata-rata, gaji dari OB sendiri mencapai Rp3jt. Beberapa perusahaan juga menanggung BPJS dan jatah makan. Jika Sedulur  sudah menjadi supervisor atau koordinator Office Boy, Sedulur mungkin bisa mendapat gaji hingga di atas Rp5 juta.

Kesimpulan

Pada dasarnya, tugas yang dimiliki oleh office boy ini cukup banyak mulai dari membantu mengurus kebutuhan surat menyurat. Selain itu office boy juga akan membantu untuk merapikan ruang kantor. Seperti yang kita ketahui, setiap orang akan dapat bekerja dengan baik bila ruangan kantor bersih.

Selain membantu karyawan, office boy juga memiliki tugas harian. Tugas harian yang harus dilakukan office boy ini seperti membereskan kursi, meja, komputer. Kemudian office boy juga memiliki tugas membersihkan karpet, melakukan vacuum lantai serta karpet.

Tugas harian office boy yang lainnya adalah membantu menyiapkan minum karyawan, menyiapkan makan siang karyawan, hingga membereskan perlengkapan makan jika sudah selesai makan siang. emudian, tugas mingguan yang dimiliki office boy seperti membersihkan kaca yang berada di ruang kerja.

Jangan salah, office boy juga memiliki tugas insidental. Tugas insidental yang dimiliki office boy ini seperti menyediakan serta menyiapkan makan minum bila terdapat tamu perusahaan yang datang, kemudian melakukan tugas sesuai dengan permintaan karyawan. Bahkan, office boy juga memiliki tugas sesuai dengan instruksi atau coordinator staf GA.

Meskipun memiliki posisi sebagai office boy, tetapi jangan salah. office boy juga memiliki jenjang karirnya tersendiri. Jika nantinya Sedulur berkarya di perusahaan besar, dan sudah menekuni pekerjaan ini selama bertahun-tahun, Sedulur memiliki kesempatan untuk menjadi koordinator office boy.

Tentu saja berbeda dengan tugas office boy, coordinator office boy memiliki tugas mengawasi dan mengatur pekerjaan harian office boy yang dibawahinya. Selain menjadi coordinator office boy, nantinya office boy juga memiliki jenjang karir seperti SPV kebersihan.

Tugas yang dimiliki akan lebih kompleks lagi, karena bukan hanya mengatur office boy tetapi juga memiliki tanggungjawab menjaga kebersihan kantor. Office boy memiliki sistem kerja rotasi shift. Tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan office boy untuk standby selama 24 jam, sehingga sistem rotasi shift sering digunakan.

Secara umum, jam kerja normal dari office boy mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Namun, tidak bisa dipungkiri bila jam kerja office boy bisa menjadi lebih fleksibel. office boy dituntut datang lebih pagi dibandingkan dengan pegawai kantor lain serta pulang paling akhir. Tetapi, bila perusahaan menggunakan sistem kerja standby selama 24 jam, karyawan office boy akan masuk dengan sistem shift jadwal pagi serta malam.

Office boy adalah pekerjaan yang memberikan peran besar dan pengaruh yang dapat membuat sebuah kantor menjalankan tugasnya dengan baik. Dari penjelasan di atas, Sedulur telah tahu bahwa pekerjaan OB sangat penting dan barangkali bisa membuat Sedulur tertarik untuk menjalankannya.