aplikasi untuk membuat struktur organisasi

Mungkin sebelumnya Sedulur hanya mengandalkan Microsoft Office ketika membuat struktur organisasi. Namun tidak dengan saat ini, dimana terdapat banyak aplikasi untuk membuat struktur organisasi yang tersedia, baik itu secara gratis maupun berbayar.

Struktur organisasi menjadi suatu hal yang sangat penting bagi berbagai perusahaan. Struktur organisasi ini menunjukkan direktori dari anggota staf, yang mana setiap karyawan memiliki kecocokan dan saling berpadu dalam sebuah organisasi.

Terlebih untuk bisnis besar yang terdiri dari beberapa divisi, tentu saja dibutuhkan struktur organisasi yang jelas. Nah, bagi yang ingin membuat bagan struktur organisasi dengan mudah, bisa menggunakan salah satu aplikasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 10+ Aplikasi Membuat CV Terbaik Favorit HRD, Freshgrad Wajib Coba!

-->

1. Canva

aplikasi untuk membuat struktur organisasi
Canva

Di urutan pertama aplikasi untuk membuat struktur organisasi ada Canva. Canva sendiri adalah sebuah platform desain grafis yang sifatnya intuitif serta mudah untuk digunakan. Platform ini memang ditujukan bagi pada profesional kreatif untuk menghasilkan produk visual terbaik dengan mudah dan cepat.

Canva tersedia dalam dua versi, yakni versi aplikasi dan website, dimana keduanya menyediakan berbagai macam fitur yang canggih. Ya, sebenarnya Canva adalah aplikasi desain visual yang memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi para penggunanya.

Sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat struktur organisasi, terdapat beberapa fitur yang praktis untuk digunakan. Mulai dari garis, bubble, tabel, hingga beragam template, yang mana setiap unsur bisa disesuaikan seperti keinginan pengguna.

2. SmartDraw

SmartDraw merupakan aplikasi yang akan memudahkan Sedulur untuk membuat visual dari struktur organisasi secara profesional. Di dalam aplikasi satu ini, tersedia berbagai macam template struktur organisasi yang siap untuk digunakan.

Tentu saja template tersebut akan memudahkan proses pembuatan struktur organisasi yang dibutuhkan. Sedulur bisa dengan lebih mudah dan cepat untuk menciptakan visual atau melakukan penyesuaian pada sebuah struktur organisasi.

3. Edrawsoft

aplikasi untuk membuat struktur organisasi
ChartHop

Berikutnya adalah Edrawsoft, aplikasi yang memang dirancang untuk membantu para pengguna untuk memvisualisasikan informasi dengan cara membuat diagram, alur kerja, dan tentu saja struktur organisasi. Aplikasi ini menghadirkan beragam template yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Hal ini akan memudahkan Sedulur ketika membuat atau mengedit struktur organisasi agar sesuai dengan kebutuhan. Sehingga nantinya Sedulur bisa dengan lebih mudah dalam mengatur informasi, visualisasi, serta meningkatkan kolaborasi antar anggota tim atau divisi.

Edrawsoft juga menyediakan beberapa fitur lain, seperti halnya kompatibilitas dengan Microsoft Office, ekspor ke berbagai format, dan juga dukungan beragam bahasa. Aplikasi ini menjadi solusi terbaik pada saat membuat struktur organisasi yang efektif.

4. Organimi

Sesuai dengan namanya, Organimi merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu organisasi dalam pembuatan serta pengelolaan struktur organisasi. Aplikasi yang satu ini hadir dengan membawa beragam template struktur organisasi yang berbeda-beda.

Setiap template tersebut tentu dapat dimanfaatkan untuk membantu organisasi dalam membangun suatu struktur organisasi yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, template ini juga dapat membantu organisasi untuk memetakan eksposisi dari berbagai posisi pekerjaan dan struktur kepemimpinan secara visual.

Menariknya lagi, Orgamini juga memungkinkan sebuah organisasi untuk mengelola dan mengontrol informasi yang berkaitan dengan semua pekerja. Termasuk dengan informasi jabatan, bagian atau divisi, jadwal kerja, hingga informasi-informasi tambahan.

5. Lucid Chart

aplikasi untuk membuat struktur organisasi
Miss MegaBug

Selanjutnya ada Lucid Chart, salah satu aplikasi untuk membuat bagan organisasi yang paling banyak digunakan. Terbukti sudah ada banyak bisnis dari 180 negara yang mengandalkan aplikasi ini. Bukan tanpa alasan, Lucidchart dikenal dengan fitur diagram alurnya yang sangat lengkap.

Bagian bagan organisasi yang dihadirkan sama sekali bukan produk recehan. Selain itu, Lucidchart juga menawarkan hamparan data, filter, serta tata letak otomatis yang bisa diandalkan. Jadi tidak heran jika banyak sekali pengguna yang merasa nyaman dengan fitur-fiturnya.

6. Creately

Aplikasi terakhir yang menarik untuk dicoba adalah Creately. Aplikasi ini memudahkan para penggunanya untuk bisa membuat serta mengelola struktur organisasi dengan mudah dan tentu saja cepat. Sedulur bisa memanfaatkan berbagai macam template yang sudah disediakan di dalamnya.

Creately memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah struktur organisasi secara lebih kompleks dengan mudah. Sedulur bisa menambahkan beragam elemen dan juga aspek ke dalam struktur organisasi yang dibuat, sehingga struktur organisasi tersebut terlihat lebih menarik.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna untuk membagikan secara langsung struktur organisasi yang dibuat ke berbagai macam organisasi lain. Jadinya struktur organisasi tersebut bisa terus mengikuti perkembangan alias up-to-date.

Itulah deretan aplikasi untuk membuat struktur organisasi terbaik yang bisa Sedulur andalkan untuk saat ini. Ya, pentingnya struktur organisasi tentu saja mengharuskan Sedulur untuk memilih aplikasi yang terbaik untuk membuatnya.

Jadi, silahkan pilih aplikasi mana yang paling sesuai, untuk membuat, menyusun, dan juga menyesuaikan struktur organisasi bisnis yang dimiliki!